Kenali 12+ Jenis Sabun Batang dari Bahan, Karakteristik, dan Manfaatnya!

jenis sabun batang

Sabun merupakan barang wajib bagi setiap rumah tangga saat ini. Hal ini berkaitan, karena sabun sebagai produk penghasil busa yang menjadi salah satu elemen terpenting dari kebersihan pribadi. 

Ketika seseorang mendengar kata “sabun”, umumnya akan memunculkan gambar sabun mandi biasa yang digunakan untuk mandi. Tetapi bukan itu saja kegunaan sabun.

Sabun sendiri adalah garam dari asam lemak. Benda ini bukan hanya bahan pembersih yang digunakan untuk kebersihan badan, melainkan juga dapat digunakan untuk membersihkan hampir semua anggota tubuh. 

Selain itu, dengan adanya sabun dapat membasmi berbagai mikroorganisme yang menempel di kulit, mengatasi berbagai masalah kulit, dan memberikan aroma wangi pada tubuh setelah menggunakan.

Berdasarkan kegunaan dan kebutuhan, banyak orang yang masih bingung dalam memilih dan menentukan penggunaan sabun. Meski begitu, semua jenis sabun masih memiliki fungsi dasar yang sama, yakni untuk membersihkan tubuh.

Namun, karena dari segi bentuk saja sudah berbeda, tentu baik sabun batang atau sabun cair memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tak terlepas dari kelebihanya, beberapa orang masih setia menggunakan produk sabun batang hingga sekarang. Apa saja manfaat penggunaan sabun batang?

Berbagai Manfaat Penggunaan Sabun Batang

Di pasaran banyak jenis sabun batang dengan berbagai pilihan dan manfaat. Baik yang dibuat dari bahan-bahan organic, hingga yang memiliki bahan-bahan aktif yang dapat meningkatkan kecantikan kulit.

Nah, belakangan ini masyarakat kembali menggunakan sabun batang. Ini karena sabun batang memiliki banyak manfaat dan memenuhi kebutuhan kulit penggunananya.

Penasaran, apa saja manfaat sabun batang tersebut? Tetap baca penjelasannya sampai habis, ya!

Lebih Ramah Lingkungan

Alasan kenapa kita perlu beralih kembali menggunakan sabun batang karena sabun ini lebih ramah terhadap lingkungan. Sabun batang cenderung dikemas dalam wadah yang terbuat dari kertas dan bisa didaur ulang.

Sabun batang juga biasanya tidak mengandung microbeads, butiran-butiran halus yang terdiri atas partikel plastik dan biasa ditemukan dalam produk perawatan kulit.

Lebih Ramah di Kantong

Hal yang paling diminati masyarakat adalah dari segi ekonomi. Harga sabun batang tentunya lebih hemat daripada sabun cair.

Saat menggunakan sabun batang cenderung tidak akan memakainya secara berlebihan dibandingkan memakai sabun cair karena sering berlebihan saat menuangkannya ke tangan. Oleh karena itu, penggunaan sabun batang juga dinilai lebih irit.

Menggunakan Bahan-bahan Alami

Sabun batangan dibuat dengan mencampurkan alkali dengan minyak atau lemak dalam proses yang dikenal sebagai saponifikasi. Minyak yang digunakan dalam pembuatan sabun batangan memiliki pengaruh paling besar dalam menentukan karakteristik sabun. 

Minyak ini dapat berupa minyak nabati seperti minyak kelapa sawit, minyak kacang tanah, minyak dedak padi, minyak jarak, minyak kelapa, minyak inti sawit dan masih banyak lagi.

Adapula minyak non-nabati seperti lemak sapi atau lemak babi. Karakteristik sabun batangan ditentukan tidak hanya oleh minyak, tetapi juga oleh perlakuan yang diberikan pada minyak ini selama saponifikasi. Karena karakteristiknya yang beragam, jenis sabun batang juga beragam.

Pilihan yang Semakin Beragam

Tak hanya sabun cair, bar soap atau sabun batangan juga mengalami banyak perkembangan. Sekarang ini, banyak sekali cosmetic home industry yang memproduksi berbagai jenis sabun batang dengan variasi warna, aroma, dan manfaat.

Jenis-jenis sabun batang ini tentunya sangat menarik bagi konsumen yang ingin beralih menggunakan kosmetik ramah lingkungan. Tak hanya itu, tak sedikit juga rumah produksi yang membuat sabun batang atas dasar permintaan konsumen mereka, atau secara custom.

12 Jenis Sabun Batang yang Harus Kamu Tahu

Berikut ulasan tentang beberapa jenis sabun batang yang bisa dijadikan pilihan. Apa saja? Coba baca selengkapnya setelah ini!

Jenis Sabun Batang Berdasarkan Pembuatan dan Bahan

Jenis sabun batang yang akan kita bahas pertama sesuai dengan proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan.

Common Bar Soap

Sabun batangan dasar yang pada umumnya mengandung surfaktan paling agresif. Karena kandungannya, sabun ini mampu membersihkan kotoran dari kulit dengan sangat baik meskipun terkadang tidak menghilangkan kotoran sepenuhnya saat mandi.

Sabun jenis ini memiliki tingkat pH tinggi yang terkadang bisa mengiritasi kulit bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Contoh bahan yang ditemukan di sabun batangan biasa adalah sodium tallowate, sodium cocoate, dan lainnya.

Superfatted Soap Bars

Ketika pembuatan sabun batangan, proses saponifikasi tidak selesai begitu saja. Terkadang dalam prosesnya juga menghasilkan sabun batangan yang memiliki lemak ekstra dibandingkan sabun batangan biasa. 

Sabun jenis ini membutuhkan bahan kimia tertentu yang digunakan selama pembuatan sabun batangan tersebut. Hal ini mencegah sebagian minyak atau lemak diproses agar tidak berlebihan. 

Sehingga, super fatting meningkatkan kelembapan sabun dan membuatnya tidak terlalu mengiritasi kulit.

Transparent Soap Bars

Sabun transparan – Sesuai dengan namanya, jenis sabun ini memiliki struktur yang bening. Hal ini karena, gliserin yang kerap masuk dalam komposisi sabun batangan biasa.

Penambahan gliserin membuat sabun ini sedikit lebih lembut. Namun terkadang masih mengiritasi kulit, daripada ketika kamu menggunakan sabun batangan superfatted.

Syndent Soap Bar

Sabun jenis ini terbuat dari minyak, lemak, atau produk minyak bumi yang prosesnya tidak melalui saponifikasi. 

Surfaktan sintetis sebagai salah satu komponen penyusunnya membuat syndet bar menjadi sabun batangan yang paling ringan untuk kulit.

Bahan-bahan yang umumnya ada dalam pembuatan syndet bar antara lain natrium cocoyl isethionate (paling populer), sulfosuksinat, alfa olefin sulfonat, alkil gliseril eter sulfonat, natrium cocoyl monogliserida sulfat, dan betain.

Jenis Sabun Batang Berdasarkan Tipe Kulit

Selain dari kandungan dan proses pembuatan, ada juga beberapa jenis sabun batang berdasarkan tipe kulit penggunanya. Apa saja? Simak baik-baik penjelasannya, ya!

Bar Soap untuk Kulit Sensitif

Orang yang rentan terhadap alergi kulit harus menggunakan sabun organik yang berbentuk sabun batangan juga. 

Sabun ini memiliki bahan alami yang ramah kulit. Beberapa sabun batangan juga memiliki herbal yang cocok untuk kulit sensitif mereka. 

Orang dengan jenis kulit campuran yang sensitif harus memilih sabun antibakteri untuk kulit sensitif daripada yang mengandung obat. Jenis sabun ini membantu mengurangi iritasi kulit. 

Sabun dengan bahan dasar tallow (dari lemak hewani seperti susu kambing) sangat bagus untuk melembabkan kulit dan sangat lembut. Jenis sabun dengan bahan dasar tersebut bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang dengan gangguan kulit seperti eksim.

Bar Soap untuk Kulit Kering

Sabun paling ringan dan baik untuk orang dengan kulit kering adalah sabun yang berbahan dasar seperti lidah buaya, vitamin E, shea, cocoa butter, almond atau minyak zaitun. 

Lemak nabati seperti minyak kelapa sawit, zaitun atau kelapa dan shea butter menghasilkan busa yang sangat lembut dan memiliki sifat pelembab yang baik. Hal-hal ini adalah emolien baik yang membantu melembabkan kulit kering. 

Ada baiknya untukmu memilih produk yang bebas dari pewangi karena tidak mengandung bahan kimia keras seperti sodium laureth sulfate.

Bar Soap untuk Kulit Berminyak

Untuk kulit berminyak, sabun gliserin adalah sabun batangan terbaik. Mereka dapat membersihkan kulit berminyak dengan baik karena formula pemurniannya. Agar tetap sehat, sabun yang bisa kamu pilih adalah non-comodegenic guna untuk mencegah pori-pori tersumbat.

Bar Soap untuk Kulit Berjerawat

Para ahli mengemukakan, bahwa orang dengan kulit berminyak, rentan iritasi, dan berjerawat akan lebih cocok menggunakan sabun yang mengandung obat atau antibakteri. 

Sabun dengan kandungan obat ini menjadi piliha yang terbaik karena membantu mengekang jerawat. Bahan-bahan seperti triclosan yang bersifat anti bakteri dan salicylic acid yang merupakan formula pengobatan jerawat. Keduanya dapat membantu mengobati jerawat di tubuh.

Jenis Sabun Batang Berdasarkan Manfaat dan Penggunaannya

Penggolong jenis sabun batang selanjutnya berdasarkan manfaat dan penggunaannya. Apa saja jenis sabun batang yang kita maksudkan tadi? Lihat penjelasannya berikut ini, yuk!

Sabun Antiseptik

Sabun antiseptik dirancang dengan bahan antimicrobial atau antibakteri khusus yang tidak dapat ditemukan pada sabun biasa. Bahan yang sering ada dalam jenis sabun batang ini antara lain, triclosan dan triclocarban

Meski pada dasarnya terbukti aman untuk kamu gunakan, masyarakat perlahan meninggalkan penggunaan dua jenis bahan antimicrobial tersebut.

Mereka justru beralih pada produk-produk dengan bahan antibakteri natural yang terinspirasi dari alam. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari infeksi kuman dan bakteri, keluarga pun akan selalu sehat.

Sabun Batang untuk Kulit Tubuh

Memiliki kulit putih, bersih, dan sehat menjadi impian bagi banyak orang. Nah, selanjutnya ada jenis sabun batang yang khusus untuk kulit tubuh.

Jenis ini kurang direkomendasikan untuk kamu gunakan di wajah. Karena sifat basanya yang tinggi dan berpotensi membuat kulit wajah jadi lebih kering, serta rentan mengalami iritasi.

Sabun Batang untuk Kulit Wajah

Pilih sabun batangan khusus untuk membersihkan wajah. Konsultasikan daftar sabun batangan terbaik kami jika Anda kesulitan memilihnya!

Untuk mendapatkan pengalaman yang paling higienis, pastikan tangan Anda bersih sebelum mulai menyabuni.

Setelah membasahi wajah Anda secara menyeluruh, gunakan sabun batangan menjadi busa yang bagus di antara kedua tangan Anda, pastikan untuk menggunakan cukup untuk seluruh wajah dan décolletage Anda. 

Pijat sabun ke kulit Anda selama 30 detik, menggunakan gerakan melingkar. Anda juga bisa menggunakan waslap atau scrubber wajah, tetapi jangan terlalu kasar. 

Sabun Batang untuk Rambut

Beberapa orang memiliki masalah lengket atau lilin dan sifat berminyak di rambut dan kulit kepala.  

Sabun batang untuk sampo menjadi salah satu pilihan karena mampu bekerja dengan baik dan tidak mengandung  sulfat  dan silicon. Kemasan bar shampoo yang minimalis dalam kertas dapat mengurangi kebutuhan botol plastik.

Nah, itu adalah jenis-jenis sabun batang yang perlu kamu tahu. Adakah dari salah satu jenis di atas yang ingin kamu gunakan sebagai ide produk ketika maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia?

Tak perlu khawatir, kamu bisa membuat berbagai jenis sabun dan beragam bahan bersama kami. Karena tim RnD kami selalu melakukan inovasi dan berpengalaman dalam bidang pembuatan kosmetik selama bertahun-tahun.

Selain berkualitas, produk yang kamu buat bersama kami pun akan lebih inovatif dan dapat bersaing di pasar Nasional maupun Internasional.

Yuk, hubungi tim kami melalui Contact Us untuk mulai melakukan konsultasi maklon kosmetik!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

heat protection spray apa itu

Manfaat Heat Protection Spray, Cara Penggunaan, dan Komposisi Produk

Rambut sering kali dianggap sebagai salah satu hal yang sangat memengaruhi penampilan seseorang. Baik buruknya kondisi rambut akan merubah looks seseorang secara signifikan. Oleh sebab itu, banyak orang berlomba-lomba untuk mempercantik tampilan rambutnya, mulai dari potongan rambut, warna rambut,...

Continue Reading