Jasa Maklon Kosmetik Bersertifikat CPKB – A, Aman dan Lengkap!

Kini pembuatan kosmetik tidaklah serumit dulu, kamu tidak perlu membangun pabrik atau merekrut karyawan sendiri. Ya, semua hal yang kamu butuhkan untuk membuat suatu brand dan produk kosmetik ada dalam jasa maklon.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan jasa maklon kosmetik yang berkembang dan bermunculan. Penawaran dan keunggulan dari perusahaan ini pun sangat beragam, jadi kamu bisa bebas memilih yang mana.

Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati untuk menentukan jasa maklon kosmetik yang tepat. Karena rupanya enggak sedikit juga pabrik-pabrik kosmetik illegal yang masih berjalan.

Seperti yang dilansir dari detik.com, dikatakan bahwa pada tahun 2020 lalu sebuah pabrik kosmetik illegal digrebek polisi. Pabrik kosmetik ini pun diklaim tidak memiliki izin edar, izin produksi, atau jenis-jenis sertifikasi keamanan apapun dari Badan POM.

Karena itulah kamu harus lebih selektif untuk menilai dan memilih penyedia jasa maklon kosmetik terbaik, salah satunya dengan mempertimbangkan adanya sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yang Benar (CPKB).

PT. Mash Moshem Indonesia telah mengantongi sertifikasi ini bahkan yang bertipe A. Sehingga bisa membantumu membuat berbagai jenis kosmetik dengan aman dan berkualitas tinggi.

Lantas, apa sih yang dimaksudkan dengan sertifikat CPKB dan apa manfaatnya untuk bisnis kosmetik yang kamu jalankan? Simak baik-baik ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

CPKB, Apa sih Maksudnya?

Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik atau CPKB, merupakan jenis sertifikat yang penting untuk dapat menghasilkan sebuah produk kosmetik dengan standar mutu dan keamanan yang telah disesuaikan oleh Badan POM.

Dengan kata lain, penerapan CPKB ini merupakan syarat kelayakan dasar yang harus dimiliki oleh tiap pabrik kosmetik. Demi menjamin mutu, keamanan, dan kualitas dari produk kosmetik yang telah diakui oleh dunia internasional.

Tak hanya itu, perijinan ini juga sangat berguna utnuk mengantisipasi pasar bebas di era globalisasi. Karena produk kosmetik yang dibuat akan memiliki value tambahan, sehingga mampu bersaing dengan kosmetik lain, baik di luar negeri maupun dalam negeri.

Pengurusan CPKB ini terbilang sangat rumit, karena tidak hanya memperbaiki infrastruktur pabrik kosmetik yang kamu miliki. Tetapi juga meningkatkan mutu sumber daya manusia, manajemen, dan masih banyak hal penting lainnya yang perlu diperhatikan.

Untuk itu, nilai CPKB pada perusahaan maklon kosmetik merupakan hal yang kamu pertimbangkan. Untungnya, Mash Moshem Indonesia sudah mengantongi sertifikat ini, jadi kamu enggak perlu khawatir kalau maklon kosmetik bersama kami.

Jenis-Jenis Tingkatan CPKB

Selain berbagai hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan sertifikat CPKB bagi pabrik kosmetik. Sebenarnya, CPKB ini enggak hanya punya satu jenis, artinya ada tinkatan sertifikat yang juga akan disesuaikan dengan kelayakan pabrik kosmetik tersebut.

CPKB Golongan A

Yang pertama adalah CPKB golongan A, yang memiliki struktur cukup lengkap dan kemampuan pembuatan kosmetik dari berbagai sediaan.

Agar dapat memiliki izin sertifikasi CPKB golongan A ini, sebuah industri kosmetik haruslah memiliki apoteker sebagai penanggung jawab, mempunyai fasilitas produksi kosmetik sesuai dengan produk apa saja yang akan dibuat, pun dapat memproduksi semua bentuk dan jenis sediaan.

Selain itu, pabrik kosmetik ini juga harus memiliki fasilitas laboratorium dan wajib menerapkan seluruh aspek yang ada dalam aturan CPKB.

Mash Moshem Indonesia sendiri telah mengantongi sertifikasi CPKB Golongan A ini. Dengan demikian, artinya kami dapat membantumu menciptakan berbagai jenis kosmetik dengan beragam sediaan. Mulai dari yang padat, cair, krim, bubuk, dan semi padat.

CPKB Golongan B

Jenis sertifikasi CPKB selanjutnya adalah CPKB Golongan B, yang struktrunya tidak selengkap golongan A.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, industri kosmetik perlu memiliki tim atau Teknis Kermasian debagai penanggung jawab, juga memiiki fasilitas produksi dengan teknologi sederhana seseuai dengan kebutuhan produk.

Berbeda dengan golongan A, sertifikat ini memiliki batasan tersendiri untuk membuat produk kosmetik tertentu. Seperti tidak diperbolehkannya memproduksi sediaan untuk bayi, berbagai jenis antiseptic, anti ketombe, pencerah kulit, dan tabir surya.

Jadi hanya boleh membuat kosmetika dengan sediaan dan teknologi yang sederhana, namun tetap menerapkan kebersihan sanitasi dan dokumentasi.

Manfaat Jasa Maklon Kosmetik Bersertifikat CPKB Golongan A

Setelah membaca sekilas mengenai definisi CPKB, keperluannya dalam industri kosmetik, hingga jenis-jenisnya di atas. Kamu mungkin sudah memiliki gambaran manfaat apa saja yang kamu dapatkan bila bekerja bersama jasa maklon bersertifikat CPKB A seperti Mash Moshem Indonesia.

Yap! Tentunya kamu akan bisa merasakan beberapa manfaat berikut ini!

Bisa Menciptakan Produk Kosmetik dari Berbagai Sediaan

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sebuah perusahaan jasa maklon kosmetik bersertifikat CPKB Golongan A dapat membuat produk dari berbagai sediaan. Termasuk membuat produk untuk bayi dan anak-anak, produk antiseptic, serta whitening.

Nah, Mash Moshem Indonesia yang telah mengantongi izin ini juga artinya layak dan mampu membuat berbagai jenis produk kosmetik yang kamu inginkan.

Mulai dari krim wajah dengan kemampuan antiaging, pencerah, bahkan pemutih sekalipun. Tak hanya itu, kami juga dapat memproduksi kebutuhan kosmetika lain, seperti produk makeup (riasan wajah), breast oil, intimate hygiene product, parfum, dan banyak lainnya.

Terjamin Aman dan Higenis

Salah satu aspek yang paling diperhatikan dalam pendaftaran CPKB adalah terjaganya keamanan dan nilai higenis proses pembuatan produk.

Seperti yang kamu tahu, sediaan kosmetik sangat rawan terkontaminasi bakteri dan mengalami oksidasi di ruangan terbuka. Karenanya, jika pabrik kosmetik tersebut tidak bisa memberikan jaminan akan kedua hal ini, bisa dibayangkan bagaimana mutu produk kosmetik yang akan kamu buat.

Tim Research and Development (RnD) yang Ahli

Salah satu aspek yang juga diperhatikan dan dijadikan syarat pengajuan sertifikasi CPKB adalah adanya seorang apoteker yang menjabat sebagai kepala formulator, juga laboratorium yang mumpuni, dan berbagai mesin yang mumpuni kebutuhan pembuatan kosmetik.

Nah, Mash Moshem Indonesia memiliki tim RnD yang ahli dan berpengalaman di bidang formulasi kosmetik. Kamu bisa menciptakan berbagai produk dengan bahan-bahan yang sesuai keinginan kamu.

Menjaga Standar Mutu Kosmetik

Tujuan utama adanya sertifikasi CPKB adalah untuk menjaga standar mutu dari produk kosmetik itu sendiri. Karenanya, untuk mendapatkan sertifikasi ini sebuha perusahaan maklon kosmetik harus memenuhi persyaratan cukup rumit.

Sebab itu, kalau kamu bekerja dengan perusahaan jasa maklon kosmetik bersertifikat CPKB Golongan A seperti Mash Moshem Indonesia, maka mutu produk yang dihasilkan pun akan lebih terjamin.

Baik dari kriteria keamanan sediaan, kehigenisan pembuatan dan pengemasan produk kosmetik, pun bagaimana regulasi kosmetik tersebut telah tertata rapi.

Memiliki Daya Saing di Pasar Lokal Maupun Internasional

Karena mutu produk kosmetik ini telah terjamin secara konstitusional, maka produk kosmetik tersebut pun memiliki nilai lebih. Sehingga dapat bersaing dengan produk sejenisnya, baik di pasar kosmetik lokal maupun internasional.

Ini tentunya memberikan banyak keuntungan bagi para pemilik brand owner kosmetik. Didukung dengan tim multimedia dan digital marketing yang kami miliki, Mash Moshem Indonesia bahkan dapat memberikan pelayanan aftersales untuk keperluan promosi yang kamu butuhkan.

Termasuk membuat media promosi seperti, FAQ, foto dan video produk, katalog dan brosur produk kosmetik yang kamu miliki, serta memberikan jaringan distribusi dan reseller yang luas.

Nah, setelah membaca berbagai hal mengenai jasa maklon kosmetik bersertifikat CPKB A di atas, apakah kamu tertarik untuk membuat brand kosmetikmu bersama kami?

Karena jumlah MOQ yang rendah, kamu pun enggak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar ketika akan maklon kosmetik dengan Mash Moshem Indonesia.

Sistem kerja kami juga berorientasi untuk mempermudah kebutuhanmu dalam membuat produk kosmetik. Jadi, kamu enggak perlu khawatir dengan sistem yang terlalu berbelit-belit atau memakan waktu yang lama.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuat produk kosmetik bersama Mash Moshem Indonesia? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Cari Tahu Keuntungan dan Cara Daftar Iklan Pencarian di Shopee Berikut Ini

Shopee menjadi salah satu e-commerce terbesar di dunia, dengan jumlah pengunduhan aplikasi di playstore paling tinggi dan mendapatkan jumlah kunjungan ratusan juta tiap tahunnya. Dilansir Databoks, pada kuartal dua tahun 2021 ini dikatakan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang paling...

Continue Reading

Leave a Comment