Jarang Diketahui, Ini Dia Manfaat Abu Vulkanik untuk Kecantikan Wajah

manfaat abu vulkanik untuk kecantikan

Selain charcoal (arang hitam), clay (tanah liat), rupanya ada satu bahan alami lain yang cukup unik digunakan sebagai perawatan kulit. Yap! Yang sedang kita bicarakan saat ini adalah abu vulkanik dan manfaatnya buat kecantikan.

Tren penggunaan abu vulkanik sebagai perawatan wajah ini dimulai dari Korea Selatan. Namun, sejak tahun 2017 lalu, tren ini menjadi begitu meledak hingga ke Indonesia. Kenapa begitu?

Usut punya usut, formula dalam kandungan abu vulkanik memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Termasuk dalam membersihkan wajah dan mengangkat kotoran dari bagian terdalam pori-pori kulit.

Hingga kini, abu vulkanik masih cukup banyak digunakan sebagai kandungan dalam skincare dan masker wajah.

Lantas, apa saja manfaat abu vulkanik untuk kecantikan kulit? Sampai-sampai kandungan ini sangat digemari dan sempat jadi perbincangan para beauty enthusiast selama beberapa tahun.

Langsung simak ulasan lengkap soal manfaat abu vulkanik untuk kecantikan kulit di bawah ini, agar kamu enggak ketinggalan!

Beragam Manfaat Abu Vulkanik untuk Kecantikan Kulit

manfaat kentang untuk kecantikan (1)

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa abu vulkanik dapat bekerja mengangkat kotoran dan membersihkan pori-pori kulit.

Namun, lebih dari itu, bahan alami ini bisa memberikan banyak manfaat kecantikan pada kulit wajahmu. Seperti yang telah dijelaskan dalam uraian berikut ini.

Mencegah Kemunculan Jerawat

jenis bekas jerawat (1)

Manfaat abu vulkanik untuk kecantikan kulit yang pertama adalah dapat mencegah kemunculan jerawat. Tak hanya itu, bahan alami ini juga bisa membantu meringankan jerawat membandel yang kamu alami.

Salah satu penyebab kemunculan jerawat di wajah adalah karena menumpuknya kotoran pada pori-pori, serta produksi minyak berlebihan.

Nah, di sinilah peran abu vulkanik yang sebenarnya. Kandungan ini bisa membantu membersihkan wajah dan menyerap minyak berlebih dari permukaan kulit.

Hasilnya penyumbatan pori-pori pun akan dapat dicegah, dan tidak aka nada infeksi bakteri penyebab jerawat.

Membantu Meremajakan Kulit Wajah

bubble mask

Siapa sih, yang tak ingin tampil awet muda setiap saat? Tentu kita semua menginginkan keajaiban ini, mengingat hampir setiap hari kulit kita terpapar radikal bebas yang dapat memicu penuaan dini.

Kabar baiknya, manfaat abu vulkanik untuk kecantikan wajah selanjutnya bisa membantu merawat keremajaan kulit.

Yap! Kemampuannya ini dapat dari kandungan sulfur dalam abu vulkanik, yang dapat bekerja memperlambat proses penuaan sel kulit.

Tak hanya itu, sulfur juga dapat bekerja sebagai antioksidan alami, sehingga mampu mendetoksifikasi kulit dari racun dan radikal bebas.

Mengangkat Minyak Berlebih dari Wajah

Manfaat abu vulkanik untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah membantu mengangkat minyak berlebihan dari wajah kamu.

Memiliki kulit wajah yang berminyak membuat kita harus berhati-hati terhadap produk yang akan dipilih. Karena takutnya akan menyeebabkan penumpukan lebih banyak minya, yang akhirnya akan memicu jerawat dan komedo.

Nah, kabar baiknya lagi, abu vulkanik bisa membantu mengangkat minyak berlebih dari wajah kamu tanpa membuat kulit terlalu kering bahkan mengalami dehidrasi.

Membantu Mengecilkan Pori-pori Kulit

Memiliki pori-pori kulit yang terlalu besar bisa memicu masalah kulit berminyak, dan membuat wajah lebih mudah berjerawat.

Karena selain membuat produksi minyak menjadi lebih banyak, pori-pori yang besar pun akan rawan tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati. Akhirnya, wajah akan rentan mengalami masalah jerawat dan komedo.

Nah, untungnya manfaat abu vulkanik untuk kecantikan lainnya adalah membantu mengecilkan pori-pori wajah. Partikel yang ada dalam abu vulkanik akan menyerap minyak berlebihan, mengangkat kotoran yang menyumbat pori, dan membantu mengurangi ukurannya.

Dapat Bekerja Sebagai Eksfoliator Alami

manfaat abu vulkanik untuk kecantikan wajah (9)

Selain mengangkat kotoran dan minyak, rupanya kemampuan membersihkan abu vulkanik lebih ampuh daripada yang kita bayangkan.

Ya, bahan alami ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan racun yang ada dalam lapisan kulit.

Karenanya, abu vulkanik pun dikenal dapat membuat wajah menjadi tampak lebih sehat dan cerah secara alami.

Penggunaan abu vulkanik sebagai masker wajah pun akan mendorong pengelupasan sel mati dan mencerahkan bagian kulit yang kusam, serta meremajakan kulit yang terasa kasar dan kering.

Membantu Membersihkan Kulit

Salah satu cara meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit yang cukup efektif adalah dengan menjaga kebersihan kulit.

Nah, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan abu vulkanik sebagai bagian dari perawatan kecantikan kulit yang kamu lakukan secara rutin.

Karena abu vulkanik dapat membantu membersihkan kulit secara menyeluruh. Mulai dari menyingkirkan kotoran, sel kulit mati, hingga membersihkan racun dari polusi lingkungan.

Selain itu, abu vulkanik ini pun dapat bekerja dengan mengangkat kotoran hingga bagian terdalam pori-pori kulit. Hasilnya wajahmu akan bersih maksimal!

Kulit yang bersih dapat memberikan banyak keuntungan, yakni membuat kandungan skincare terserap dengan optimal, kulit terhidrasi dengan baik, juga mencegah pembentukan bakteri penyebab jerawat.

Mengembalikan Elastisitas Kulit Wajah

Manfaat abu vulkanik untuk kecantikan wajah lainnya adalah membantu mengembalikan elastisitas kulit. Masih berkaitan dengan kemampuannya menjaga keremajaan kulit, bahan alami ini bisa menjaga kulit tetap terasa kenyal dan kencang?

Ini dikarenakan, abu vulkanik mengandung enzim dan mineral aktif yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di bawah lapisan kulit. Selain membuat wajah jadi lebih kencang, juga akan membuat warna kulit jadi lebih bercahaya.

Ramah untuk Semua Jenis Kulit

Nilai lebih dari abu vulkanik ini adalah sifatnya yang ramah untuk semua jenis kulit. Berbeda dengan clay mask, abu vulkanik tidak akan menyebabkan kulit dehidrasi dan iritasi bila digunakan oleh orang dengan jenis kulit kering.

Selain itu, bahan alami ini juga bisa bekerja dengan lebih optimal jika digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Abu vulkanik dapat digunakan oleh semua kalangan. Karena bahan alami ini memiliki sifat antiinflamasi yang menenangkan, sehingga cocok untuk digunakan pada berbagai jenis kulit dan usia. Termasuk ketika kamu beramasalah dengan jerawa, kulit kering, hingga wajah yang berminyak.

Bahkan orang-orang dengan jenis kulit kombinasi juga dapat menggunakan campuran abu vulkanik dan tanah liat sebagai masker alami, lho. Dengan begitu, kedua bahan alami ini akan dapat bekerja membantu menyeimbangkan tingkat hidrasi pada kulit wajah kamu.

Nah, setelah membaca ulasan mengenai manfaat abu vulkanik untuk kecantikan kulit di atas, apakah kamu tertarik menggunakannya sebagai bagian dari perawatan wajah yang kamu lakukan secara rutin?

Well, selain menggunakannya untuk diri sendiri, kamu pun bisa menggunakan abu vulkanik sebagai bahan kandungan dalam skincare. Kemudian memproduksinya secara massal dengan brand kosmetik pribadimu sendiri.

Mash Moshem Indonesia bisa membantumu mewujdukan impian tersebut lewat jasa maklon kosmetik. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar dan menghabiskan waktu yang lama untuk memproduksi skincare dengan label sendiri.

Karena kami bisa membantumu menghemat biaya dan waktu, dengan menyediakan tim formulator yang handal dan karyawan berpengalaman, juga pabrik kosmetik dengan mesin-mesin canggih, serta tim pengurus legalitas kosmetik.

Selain itu, kami juga dapat mmeberikan pelayanan aftersales khusus untuk mendukung perkembangan brand kosmetik yang kamu rintis. Seperti memberikan jasa foto produk, company profile, pembuatan brosur, katalog dan FAQ.

Tunggu apalagi, segera buat brand kosmetik pribadimu bersama PT. Mash Moshem Indonesia!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Unik Banget! Manfaat Akar Yacon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Melihat banyaknya produk perawatan kecantikan rambut yang belakangan ini menggunakan bahan-bahan organik, pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa banyak bahan alami yang punya kemampuan ini? Well, sebenarnya alam bisa memberikan banyak bahan untuk membantu kebutuhan manusia. Termasuk untuk menjaga kesehatan dan...

Continue Reading

Ingin Punya Rambut Keriting yang Sehat dan Cantik? Hindari 7 Kandungan Ini Dulu!

Merawat rambut keriting sebenarnya cukup sulit, terlebih kalau kamu tidak tahu bagaimana perawatan yang tepat dan menemukan bahan yang benar-benar dibutuhkan rambutmu agar selalu sehat. Apalagi belakangan ini banyak produk-produk perawatan rambut baru yang dibuat dari brand baru juga....

Continue Reading

Leave a Comment