10 Manfaat Beeswax untuk Kecantikan Kulit yang Perlu Kamu Tahu

manfaat beeswax untuk kecantikan (2)

Salah satu jenis bahan skincare yang diambil dari binatang adalah beeswax atau lilin lebah. Kamu pasti sudah enggak asing dengan kandungan ini, bukan?

Beeswax lebih tepatnya diambil dari polimer sarang lebah, artinya enggak dari hewannya langsung, ya, Guys. Karena, lebah mengeluarkan lilin dan kelenjar khas yang akan digunakannya untuk membentuk sisir madu.

Meski cukup sering digunakan dalam produk perawatan kecantikan, ternyata masih banyak orang yang belum paham betul soal manfaat beeswax untuk kecantikan kulit, lho!

Nah, agar bisa lebih kenal, langsung baca ulasan mengenai manfaat beeswax untuk kecantikan kulit berikut ini, ya!

Sekilas Soal Beeswax dan Penggunaannya Dalam Industri Kosmetik

manfaat propolis untuk kecantikan

Sebelum terlalu jauh membahas manfaat beeswax untuk kecantikan kulit, enggak ada salahnya untuk cari tahu tentang asal usul bahan alami ini dan penggunaannya di industry kosmetik.

Beeswax adalah liquid lilin alami yang dihasilkan lebah, khususnya yang beradal dari genus apis. Liquid inilah yang kemudian digunakan untuk membentuk sel-sel segi enam yang digunakan untuk menampung dan menyimpan madu lebah.

Tak hanya digunakan untuk melindungi telur dan madu lebah secara fisik, penggunaan beeswax ini pun memungkinkan penjagaan sarang madu dari infeksi serta kontaminasi zat berbahaya lainnya.

Penggunaan beeswax untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh manusia sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi. Dilansir dari Healthline, bahan alami ini bahkan telah lama digunakan sebagai obat-obatan, makanan, dan perawatan kulit topical sejak zaman Mesir Kuna.

Kini, pemanfaatan beeswax untuk merawat kecantikan kulit juga enggak kalah beragamnya. Kamu bisa dengan mudah menemukan bahan alami ini di berbagai jenis produk kosmetik yang dijual di pasaran.

Mulai pelembap wajah, lip balm, lotion, essence, body butter, bahkan produk kecantikan rambut pun enggak jarang menggunakan bahan ini untuk menjaga kesehatan rambut.

10+ Manfaat Beeswax untuk Kecantikan Kulit

manfaat beeswax untuk kecantikan (1)

Penggunaan beeswax dalam produk perawatan wajah sudah sangat umum. Bahkan, banyak juga tips dan beauty hack, yang menggunakan bahan alami ini untuk dicoba secara mandiri di rumah.

Nah, kira-kira apa saja manfaat beeswax untuk kecantikan kulit? Langsung cek daftar dan ulasannya di bawah ini, ya, Guys!

Membantu Menghidrasi Kulit

Manfaat beeswax untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membantu menghidrasi kulit dan mengikat kandungan air yang ada agar tidak mudah menghilang.

Beeswax merupakan bahan alami yang tergolong sebagai humektan, karenanya ia mampu menarik air dari udara dan menguncinya ke dalam kulit wajah kamu. Hal ini akan menjadikan kulit lebih lembap dan tidak mudah kering.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Penumpukan sel kulit mati pada epidermis akan memicu penyumbatan pori-pori, menyebabkan wajah tampak kusam, serta mendorong kemunculan jerawat maupun komedor.

Karena itulah, kamu direkomendasikan untuk rajin melakukan eksfoliasi kulit, maksimal sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Nah, untuk mengeksfoliasi sel kulit mati ini akmu bisa menggunakan beeswax. Bahan alami ini terbilang sangat ideal jika digubakan untuk mengangkat sel-sel yang tidak sehat, kotoran, dan bahkan minyak berlebih dari epidermis.

Membantu Meredakan Peradangan Akibat Luka Bakar

Selain membantu memberikan hidrasi tambahan untuk kulit, rupanya beeswax dapat membantu meredakan peradangan akibat luka bakar ringan.

Luka bakar biasanya menimbulkan rasa perih, panas, gatal, bahkan membuat kulit melepuh. Nah, untuk meredakan berbagai gejala peradangan ini, kamu bisa menggunakan beeswax.

Manfaat beeswax untuk kecantikan ini didapatkan dari kandungan antiallergen yang dimilikinya. Sehingga bisa membantu mengurangi adanya risiko iritasi dan menenangkan kulit.

Mengatasi Kerutan Kulit dan Menyamarkan Stretch Mark

menghilangkan stretch mark

Manfaat beeswax untuk kecantikan lainnya adlaah mengatasi kerutan pada kulit dan bekerja untuk menyamarkan stretch mark.

Kandungan vitamin A dalam lilin lebah akan membantu mendorong produksi kolagen, sehingga sel-sel kulit baru dapat diproduksi dan tekstur kulit dapat berubah lebih lembut.

Tak hanya itu, sifatnya yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit pun membuta beeswax sangat cocok untuk merekonstruksi kulit, dengan menyamarkan kerutan dan stretch mark.

Memberikan Perlindungan Tambahan pada Kulit

Pada dasarnya beeswax merupakan lapisan pelindung dalam sarang lebah, untuk menangkal infeksi atau kontaminasi zat tertentu pada telur dan madu lebah.

Nah, karena kemampuannya ini, beeswax pun dipercaya dapat berperan sama baiknya dalam memberikan perlindungan tambahan pada kulit wajah kamu.

Tak hanya bisa menangkal berbagai jenis racun akibat stressor lingkungan, melainkan bisa melindungi kulit dari bahan-bahan kimiawi yang dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit.

Mengatasi Masalah Jerawat Membandel

perbedaan purging dan breakout (1)

Memiliki masalah dengan jerawat membandel memang menjengkelkan, apalagi kalau disertai dengan peradangan dan rasa tidak nyaman di kulit.

Well, tahukah kamu kalau manfaat beeswax untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah jerawat yang membandel?

Ya, vitamin A dalam beeswax diketahui dapat membantu mengatasi jerawat dengan mendorong proses penyembuhannya.

Selain itu, bahan alami ini pun mengandung senyawa antiseptic dan antiinflamasi, yang sangat baik untuk merawat kulit berjerawat dan mencegah masalah kulit satu ini muncul kembali.

Nilai lebihnya lagi, beeswax dapat membantu mengatasi bekas jerawat, dengan menghaluskan tekstur kulit dan menyamarkan noda hitam.

Melihat manfaatnya untuk kecantikan ini, enggak heran kalau kamu bisa dengan mudah menemukan beeswax dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Bersifat Non-comedogenic

Meski umumnya digunakan untuk melembapkan kulit, namun tahukah kamu kalau beeswax juga bisa digunakan untuk merawat kulit berminyak?

Bahan alami satu ini memiliki sifat noncomedogenic, artinya enggak akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulir dan tidak akan memicu kemunculan jerawat maupun komedo.

Ini tentu saja menjadi nilai lebih untuk beeswax, sebab bahan alami ini lebih memungkinkan kulit untuk tetap bernapas. Berbeda dengan petroleum jelly yang bisa menyumbat pori-pori dan tidak dapat larut dalam air.

Membantu Proses Regenerasi Sel Kulit

Salah satu manfaat beeswax untuk kecantikan lain adalah mendorong proses regenerasi sel kulit, yang bisa memberikan perubahan dan peningkatan vitalitas kulitmu dengan signifikan.

Manfaatnya ini didapatkan dari kandungan vitamin A yang dimiliki beeswax. Kandungan ini akan membantu kulit kembali terhidrasi dan mengoptimalkan proses regenerasi sel sehat.

Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Untuk membuat kulit tetap sehat, terntu kamu harus memperhatikan kebersihan wajah. Dengan demikian, kemungkinan adanya infeksi bakteri dan jamur bisa bisa dengan mudah dikontrol.

Nah, tahukah kamu kalau beeswax juga bisa membantu menjaga kebersihan kulit wajah? Yap! Sama halnya dengan madu, beeswax pun mengandung senyawa antibakteri sehingga dapat merawat kebersihan kulit.

Bahkan dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa campuran beeswax dalam produk kecantikan, bisa membantu mencegah kemunculan jamur dan adanya infeksi bakteri pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan antiinflamasi dan antiseptic kuat yang ada dalam beeswax pun bisa bekerja untuk merawat kesehatan kulit. Yakni dengan menekan reaksi peradangan kulit, menenangkan, dan merevitalisasi sel yang bermasalah.

Membantu Melembutkan Kulit Bibir

liptint untuk bibir hitam

Selain bikin enggak nyaman, bibir pecah-pecah pun bisa dibilang mengangganggu penampilan. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mengoleskan lip balm berkandungan beeswas dalam formulanya.

Ini dikarenakan beeswax dapat mengembalikan kelembapan alami kulit bibir dan menguncinya agar tidak mudah menghilang. Beeswax pun bisa meluruhkan sel-sel kulit mati di bibir kamu, sehingga dapat memberikan rona alami di bibir.

Manfaat beeswax untuk kecantikan ini dapat kamu peroleh dengan maksimal, jika mengombinasikannya dengan beberapa minyak alami. Misalnya dengan menambahkan minyak kelapa, minyak zaitun, bahkan mencampurnya dengan vitamin E.

Cocok Digunakan untuk Merawat Kulit Sensitif

Satu lagi nilai lebih dari kandungan beeswax, yakni bahan alami ini bisa digunakan untuk merawat kulit sensitif. Bahkan, beeswax bisa bekerja untuk menyembuhan dan meredakan peradangan pada kulit sensitif.

Sebagai humektan alami, beeswax juga bisa memberikan hidrasi tambahan pada kulit. Karenanya, bahan ini bisa membantu mencegah kondisi kulit sensitif semakin parah.

Nah, itu adalah beberapa manfaat beeswax untuk kecantikan dan kesehatan kulit yang perlu kamu tahu. Ada banyak dan sangat menarik, bukan?

Sebagian besar manfaat beeswax untuk kecantikan ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian, yang juga menyebutkan bahwa penggunaan produk perawatan kesehatan dan kecantikan kulit dari beeswax juga lebih baik daripada bahan sintetis lainnya.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment