8 Manfaat Bergamot Oil untuk Kulit dan Rambut, Apa Saja?

manfaat bergamot oil untuk kulit

Penggunaan bahan-bahan organic dalam kosmetik bukanlah hal baru lagi. Ada banyak bahan baru yang bermunculan dan menawarkan beragam khasiat yang menggiurkan untuk kecantikan. Salah satunya bergamot oil yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut.

Beauty enthusiast saat ini sangat tertarik dengan bahan-bahan nabati dalam skincare. Sebab, banyak klaim yang menyatakan bahwa bahan-bahan ini cenderung lebih aman untuk penggunaan jangka panjang.

Enggak heran, kalau dari waktu ke waktu ada saja bahan alami baru yang kemudian diformulasikan dalam skincare. Termasuk bergamot oil yang belakangan cukup popular dan marak dalam industry kosmetik.

Nah, penasaran kan, mengapa bahan ini cukup popular? Simak asal usul dan manfaat minyak bergamot untuk kulit dan rambut berikut ini, ya!

Asal Usul Minyak Bergamot

Minyak bergamot diperoleh dari proses ekstraksi dari kulit Citrus bergamia (jeruk) yang tumbuh di pohon jeruk bergamot. Kalau kamu penggemar teah Earl Grey, rasa khas bergamot juga sangat umum digunakan sebagai bumbu dalam minuman tersebut.

Pohon bergamot berasal dari beberapa wilayah di Asia Tenggara. Namun sekarang banyak tumbuh di seluruh bagian dunia, tetapi bahan ini menjadi popular dan mulai banyak digunakan saat dibudidayakan di kota Bergamo di Italia Selatan.

Bahan ini memiliki banyak peminat karena aromanya yang menenangkan dan segar, rasanya yang khas,  dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan maupun kecantikan.

Misalnya ketika kamu menggunakannya sebagai aroma terapi, minyak ini terbukti memberikan efek meningkatkan semangat, energi tambahan, sistem saraf pusat, menenangkan kecemasan, dan memperbaiki pikiran.

Bahan ini juga efektif untuk membantu mengatasi masalah perapasan tertentu. Seperi, membersihkan sistem pernapasan yang tersumbat, membuka dada dan meningkatkan sirkulasi.

Tak hanya itu, belakangan bergamot juga banyak ditemukan dalam formulasi kosmetik. Baik untuk produk perawatan kecantikan kulit, maupun perawatan rambut.

Ini karena manfaat bergamot untuk kulit dan rambut sangatlah beragam. Penasaran, kan? Keep scrolling, ya, Guys!

Berbagai Manfaat Bergamot Oil untuk Kulit

Berikut ini beberapa manfaat bergamot oil untuk kulit yang harus kamu tahu. Apa saja? Simak penjelasannya, yuk!

Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Manfaat bergamot oil untuk kulit yang pertama adalah mengatasi masalah kulit berminyak. Bahan alami satu ini memiliki sifat untuk mengurangi minyak di wajah.

Bergamot bekerja dengan menembus dan membuka pori-pori kulit. Sambil tetap menjaga skin barrier alami di kulit, bahan ini akan mencegah produksi sebum berlebih tanpa membuat wajahmu jadi terlalu kering maupun dehidrasi.

Mengurangi Noda Gelap di Wajah

Selain mencegah produksi sebum berlebihan, manfaat bergamot oil untuk kulit selanjutnya adalah mengurangi noda gelap di wajah dan menyamarkan hiperpigmentasi.

Ini karena minyak bergamot dapat merangsang proses regenerasi sel kulit, sehingga mampu mendistribusikan kembali pigmen alami kulit wajahmu.

Mencegah dan Meredakan Jerawat Membandel

Jerawat adalah salah satu masalah kecantikan kulit yang sangat umum terjadi. Tak hanya di wajah, kadang kala jerawat dapat tumbuh di bagian tubuh yang lain, seperti punggung. Nah, kemunculan jerawat ini kadang memberikan rasa tak nyaman akibat adanya peradangan.

Kabar baiknya, bergamot oil dapat membantu mencegah dan meredakan jerawat membandel, lho. Apalagi kalau kamu memiliki jerawat meradang, bahan alami dapat membantu mempercepat proses penyembuhannya dan menenangkan kulit.

Manfaat bergamot oil untuk kulit ini diperoleh dari kandungan antibacterial dan antiradang yang dimilikinya. Keduanya tak hanya mampu meredakan jerawat yang ada, namun mencegahnya untuk datang kembali.

Selain menyembuhkan, bergamot juga bisa bekerja efektif untuk mengurangi noda bekas jerawat. Multifungsi banget, kan?

Melembapkan dan Mengencangkan Kulit

Selanjutnya, manfaat bergamot untuk kulit adalah melembapkan dan mengencangkan wajah. Yap! Karena mampu mendorong proses regenerasi sel baru, kulit wajah akan tampak lebih kencang.

Beragam Manfaat Bergamot Oil untuk Rambut

manfaat bergamot oil untuk kulit dan rambut

Selain untuk kulit, manfaat bergamot oil untuk rambut juga enggak kalah beragamnya, lho. Langsung simak penjelasan soal manfaat bergamot oil untuk rambut berikut ini, ya!

Menambah Kilau Alami yang Cantik pada Rambut

Manfaat bergamot untuk rambut yang pertama adalah membantu menambah kilau alami nan cantik pada helaian rambut. Yap! Minyak ini dapat merangsang dan meregenerasi kesehatan rambut.

Sehingga mampu menambah kilau alami dan mengatasi masalah rambut kusam, akibat kering dan kerusakan rambut.

Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Karena kemampuaannya dalam meregenerasi, minyak bergamot juga mampu mendorong kesehatan kulit kepala. Sebab, bergamot oil juga akan membantu mempromosikan pengelupasan sel kulit mati dan mendorong sel baru yang lebih sehat.

Tentu ini akan menjadikan kulit kepala jadi lebih terawat dan mudah menyerap nutrisi dari berbagai produk perawatan yang kamu aplikasikan.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Tindakan pengelupasan lembut ini secara efektif membuka folikel rambut di kulit kepala, memungkinkan pertumbuhan yang lebih kuat.

Hal ini tentu akan membantumu mengatasi masalah kebotakan dini, juga membuat rambutmu tampak lebih bervolume dengan kilau alami yang cantik.

Melindungi Rambut dari Stres Oksidatif

Manfaat bergamot oil untuk kulit dan rambut selanjutnya adalah melindungi dari stres oksidatif. Sebab, bahan alami ini memiliki komponen vitamin C yang sangat tinggi.

Sehingga selain melindungi rambut dari radikal bebas, ia juga efektif merangsang produksi kolagen yang penting dalam struktur rambut.

Kamu bisa menggunakan bergamot oil ini secara topical dan memijat kulit kepala secara lembut. Bahan ini membantu tubuh menyerap zat besi dan mineral, menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih tebal dan sehat dari waktu ke waktu.

Ciptakan Produk Perawatan Kecantikan dengan Bergamot Oil

Setelah mempelajari berbagai manfaat minyak bergamot untuk kulit dan rambut di atas, kamu pasti setuju kalau bahan alami ini sangat cocok jika jadi formula kosmetik. Khususnya dalam produk perawatan kulit dan rambut.

Nah, Mash Moshem Indonesia dapat membantumu menciptakan berbagai produk perawatan rambut dan kulit dengan kandungan bergamot oil ini, lho.

Kamu bahkan bisa mengombinasikan bergamot oil dengan berbagai bahan yang kamu inginkan. Tim Research and Development kami akan membantu meracik formulanya sampai kamu puas dengan hasilnya.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan spesifikasi produk kecantikan tersebut sesuai keinginan dan preferensi pribadimu. Baik dari segi aroma, tekstur, warna, hingga bagaimana produk tersebut nantinya dikemas.

Lewat maklon kosmetik, kamu juga enggak hanya memperoleh produk dengan mudah. Namun, bisa juga mendapatkan berbagai pelayanan menarik lainnya.

Seperti pembuatan desain logo, desain kemasan, brosur dan katalog promosi, hingga video produksi produk kosmetik dari brand-mu.

Bagaimana cara maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia?

Untuk maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, kamu hanya perlu melalui empat langkah sederhana. Dari konsultasi bersama tim pemasaran kami, pembuatan sampel, desain kemasan dan pengurusan legalitas, hingga produksi massal.

Nah, kamu bisa langsung mulai cara maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia dengan menghubungi nomor di contact us ini.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading

Leave a Comment