6+ Manfaat Charcoal untuk Rambut, Bikin Tebal dan Kuat!

manfaat charcoal untuk rambut

Charcoal atau arang aktif biasa digunakan untuk menjadi masker wajah. Lalu bagaimana kalau charcoal digunakan sebagai bahan perawatan rambut? Yup! benar, arang aktif atau charcoal ternyata bisa membantu mengubah rambut yang tadinya kasar dan kusam menjadi terawat. 

Selain mampu merawat rambut, penggunaan charcoal dalam produk perawatan juga berguna bagi kesehatan kulit kepala. Arang aktif ini juga memiliki kemampuan mengangkat kotoran pada kulit kepala seperti ketombe. 

Terutama untuk orang yang rentan terhadap efek debu dan kotoran yang menempel di kulit kepala. Mungkin kamu pernah menemui beberapa produk perawatan rambut yang di dalamnya mengandung charcoal? 

Arang aktif ini juga tidak beracun bila digunakan sebagai salah satu bahan produk perawatan rambut. Dan tentunya ada banyak manfaat dalam kandungan charcoal yang berguna untuk perawatan rambut serta kulit kepala.

Nah, apa saja manfaat charcoal untuk rambut? Serta bagaimana cara membuat produk perawatan rambut menggunakan bahan satu ini? Simak penjelasannya berikut ini, ya, Beautypreneurs!

Apa itu Charcoal?

Charcoal tidak hanya ditemui dalam kandungan produk perawatan wajah dan gigi, tetapi juga banyak digunakan dalam produk makanan. Seiring berkembangnya teknologi charcoal juga telah dimanfaatkan untuk perawatan rambut serta kulit kepala. Lalu apa itu charcoal atau arang aktif?

Jadi Charcoal atau arang ini merupakan arang aktif yang berasal dari produk sampingan bahan yang mengandung karbon. Pengolahan bahan karbon ini bisa didapat dari hasil pembakaran yang menggunakan suhu sangat tinggi, apa saja yang dibakar? Ada tempurung kelapa, batu bara, arang tulang, gambut, serbuk gergaji, dan biji buah.

Tetapi perlu diketahui bahwa arang ini berbeda dengan arang biasanya yang diperoleh dari pembakaran batu bara atau zat lainnya, sebab arang jenis itu dibuat dengan menggunakan metode aktivasi gas juga aktivasi kimia.

Charcoal atau arang aktif juga berguna sebagai detoksifikasi. Biasanya digunakan secara oral untuk menyerap adanya racun dari perut maupun ginjal. Sedangkan secara topikal memang sering digunakan untuk membersihkan kulit, gigi, dan rambut. Tidak heran bukan, mengapa charcoal ini bisa populer dalam industri kosmetik.

Manfaat Charcoal untuk Rambut

charcoal untuk kosmetik

Penggunaan charcoal atau arang aktif dalam produk perawatan rambut dan kulit kepala ini juga memiliki manfaat seperti berikut:

Agen Deep Cleanser

Charcoal atau arang aktif biasanya mudah kamu jumpai dalam produk detoksifikasi, ternyata hal ini juga berguna bagi proses perawatan rambut. 

Jadi charcoal bisa membantu kamu yang memiliki masalah minyak berlebih pada rambut atau kulit kepala. Rambut rawan minyak biasanya menjadi tempat penumpukan bekas penggunaan produk perawatan. 

Di sinilah charcoal akan membantu menarik minyak tersebut serta menjebak sel kulit mati dari dalam kulit kepala sehingga bisa membersihkan bagian kulit kepala secara mendalam sampai ke akar.

Menyerap Minyak Berlebih di Kulit Kepala

Orang yang memproduksi minyak berlebih atau sebum biasanya cenderung memiliki masalah ketombe. Nah, charcoal ini juga akan membantu menyerap sebum berlebih untuk menyeimbangkan kulit kepala serta menjaga akar dan batang rambut agar tidak terlalu berminyak.

Selain itu, charcoal juga bisa menjadi agen deep cleanser yang berarti  membantu menghilangkan penumpukan kotoran di pangkal rambut dan kulit kepala dari penggunaan produk perawatan berlebih.

Mengeksfoliasi Sel Mati

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan charcoal sebagai agen pembersih juga berguna untuk menarik sel kulit mati di dalam kulit kepala. 

Jadi arang aktif ini akan bertindak sebagai magnet yang memang dapat menarik elemen tertentu untuk diangkat kemudian dihilangkan mulai dari kulit kepala, batang, sampai akar rambut. Mantap bukan?

Membuat Aroma Rambut Lebih Segar

Siapa nih yang kadang nggak PD dengan bau rambut? apalagi kalau sedang berkegiatan yang membuat kamu banyak berkeringat? Eitss! tenang, charcoal bisa mengatasi masalahmu. 

Selain bermanfaat untuk menghilangkan bau badan, charcoal juga bisa menghilangkan masalah bau rambut. Jadi arang aktif tidak hanya mampu menghilangkan kotoran dalam rambut serta kulit kepala saja tetapi efek dari pengangkatan kotoran itu juga berpengaruh terhadap hilangnya bau pada rambut.

Menenangkan Rasa Gatal di Kulit Kepala

Selain masalah ketombe, masalah gatal pada kulit kepala juga sangat mengganggu. Gatal ini bisa saja terjadi karena adanya kotoran, bakteri, atau bekas penggunaan produk yang menumpuk di kulit kepala. 

Nah, charcoal juga dapat meredakan kondisi ini, bahkan penderita dermatitis seboroik yang memiliki minyak berlebih juga bisa menggunakan charcoal untuk mengurangi gatal tersebut.

Meningkatkan Volume Rambut

Biasanya orang memiliki tipe rambut yang berbeda-beda, ada yang merasa rambutnya cenderung tipis atau lebih lebat. Bagi kamu yang memiliki rambut tipis, pasti suka bingung nggak sih bagaimana caranya agar rambut terlihat lebat dan bervolume? 

Arang aktif atau charcoal ini juga bisa kamu gunakan untuk menambah volume pada rambut, lho. Charcoal akan membantu mengangkat residu dari produk rambut yang kamu gunakan sehingga akan membuat rambut tampak lebih bervolume dan tebal secara bersamaan. 

Melansir dari laman Stylecraze.com, charcoal akan membantu membuka sumbatan folikel rambut yang nantinya dapat mendorong pertumbuhan rambut. Gimana? mau mencobanya?

Jenis Rambut yang Cocok Menggunakan Charcoal

Selain memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut. Penggunaan charcoal ini akan lebih cocok bila untuk merawat jenis rambut berminyak. 

Mengapa? Dari penjelasan sebelumnya, bahwa charcoal atau arang aktif ini sangat bagus untuk menyeimbangkan kulit kepala, terutama bagi beberapa orang yang mengalami masalah seperti kulit kepala berjerawat, produksi minyak berlebih, hingga ketombe. 

Masalah-masalah rambut tersebut biasanya banyak dialami oleh orang yang memiliki jenis rambut berminyak. Jadi, charcoal di sini akan membantu membersihkan serta mengurangi adanya produksi sebum berlebih dari kulit kepala. 

Selain itu, penggunaan charcoal juga mampu membantu  menghilangkan kotoran serta bekas penggunaan produk perawatan yang akhirnya menumpuk di kulit kepala. 

Namun, sebagian besar produk perawatan rambut yang menggunakan charcoal bisa digunakan oleh semua jenis rambut tanpa harus mengeringkan kulit kepala atau helai rambutnya terlebih dahulu. 

Namun jika kamu merasa tidak yakin menggunakan charcoal sebagai perawatan rambut karena jenis rambutmu yang mungkin tidak terlalu berminyak. Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu atau mencobanya sedikit untuk melihatnya apakah charcoal aman untuk kamu gunakan, ya.

Cara Menggunakan Charcoal dalam Produk Perawatan Rambut

Charcoal atau arang aktif ini bisa kamu jadikan pilihan perawatan rambut. Mungkin kamu bisa membeli beberapa produk perawatan rambut yang mengandung arang aktif. 

Selain itu, kamu juga bisa  membuat produk perawatan rambut dari brandmu sendiri, atau bisa menggunakan cara berikut untuk membuat DIY perawatan rambut sendiri di rumah, seperti cara di bawah ini:

Menggunakan Charcoal sebagai Scrub

Membuat scrub sendiri di rumah menggunakan charcoal juga bisa kamu lakukan, lho. Jadi kamu bisa mulai membuat scrub rambut DIY dengan mencampurkan dua sendok makan bubuk charcoal dan minyak kelapa. 

Setelah scrub rambut jadi, kamu bisa mulai mengaplikasikannya ke rambut sambil memberikan pijatan secara pelan di area kulit kepala. Kemudian kamu bisa mendiamkannya selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Membuat Sampo Detoksifikasi

Selain membuat scrub rambut DIY, kamu juga bisa membuat produk sampo yang mengandung charcoal agar hasil scrub sebelumnya menjadi lebih efektif. 

Di samping itu, kamu juga bisa kok menambahkan bubuk charcoal ke dalam produk sampomu tapi sebelumnya kamu harus mengocok dan mencampurnya terlebih dahulu.

Mencampur Produk dengan Charcoal

Charcoal memiliki permukaan yang bergerigi dan bergelombang sehingga membuat racun cepat menempel sebelum dicuci. Melansir dari Byrdie, charcoal juga bisa kamu campur dengan obat kulit kepala untuk mengurangi reaksi alergi, dan charcoal di sini bertugas untuk menyerap efek obat tersebut.

Memilih Charcoal Binchotan

Arang binchotan bisa kamu jadikan pilihan nih, jadi arang binchotan ini  memiliki kemampuan dalam menarik kotoran dalam kulit kepala serta memberikan fondasi optimal pada kesehatan kulit kepala kamu. 

Setelah itu, folikel yang terbebas dari kotoran akan membuat siklus rambut menjadi bersih dan tidak terhalang di fase pertumbuhan maupun pelepasan. Jadi dengan arti lain, kalau kamu rajin membersihkan kulit kepala maka rambut akan lebih cepat untuk tumbuh lebat.

Arang binchotan sendiri merupakan arang aktif yang terbuat dari pembakaran pohon oak. Proses pembakaran tersebut harus menggunakan suhu tinggi dan memiliki efek alkali. 

Biasanya, arang binchotan ini masyarakat gunakan untuk menjernihkan air karena sifatnya yang mampu menyerap kandungan klorin dan zat-zat berbahaya lainnya.

Mau Buat Hair Care Berkandungan Charcoal, Bisa Banget!

cara membuat hair care dari charcoal

Itulah beberapa hal mengenai charcoal atau arang aktif yang ternyata tak hanya bermanfaat bagi wajah dan perawatan gigi saja. Siapa sangka jika charcoal juga memiliki manfaat untuk perawatan rambut?

Nah, Beautypreneurs, kamu bisa menggunakan charcoal ini sebagai bahan baku produk perawatan rambut dari brand kosmetikmu, loh. Yap, dalam hal ini Mash Moshem Indonesia bisa membantumu.

Bersama tim ahli kami, kamu dapat menciptakan dan mengembangkan formula hair care menggunakan charcoal, ataupun bahan alami lain sesuai keinginanmu. Kamu bahkan bisa menggunakan inovasi atau teknologi terbaru untuk membuat hair care tersebut kian trendi.

Menariknya lagi, di Mash Moshem Indonesia juga sedang ada promo maklon mulai 100 pcs saja. Artinya, kamu bisa menciptakan hair care dengan kuantiti atau jumlah produk lebih rendah, harga lebih murah, namun kualitas produk tetap terjamin dan ada legalitas BPOM.

Penasaran bagaimana cara maklon hair care 100 pcs ini? Langsung klik tombol di bawah ini sebelum penawarannya berakhir!

maklon hair care

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading