Manfaat Google Review Untuk Bisnis dan Cara Memaksimalkannya!
Kepuasan pembeli menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Kepuasan itu bisa dituangkan melalui beberapa hal, salah satunya adalah dengan memberi review atau ulasan tentang penjualan melalui berbagai macam platform, seperti Google Review.
Mesin pencarian nomor satu di dunia ini memberi kemudahan bagi pembeli untuk mengutarakan pendapat mereka tentang penjual. Yakni melalui Google review. Melalui platform yang satu ini pula penjual dapat mengetahui kualitas produk mereka dipasaran.
Sehingga apabila konsumen kurang merasa puas dengan produk yang ditawarkan, penjual bisa langsung mengambil tindakan untuk memperbaiki produk tersebut.
Selain itu, penggunaan Google Review juga diklaim memberikan dampak keuntungan yang sangat besar dalam bisnis. Termasuk dalam urusan branding.
Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat Google Review untuk bisnis dan cara memaksimalkannya, kamu harus mengikuti artikel ini hingga selesai. Selamat membaca!
Apa Itu Google Review?
Jika kamu mencari suatu tempat atau produk di mesin pencarian, biasanya akan muncul bintang di samping kanan tampilan. Selain itu ada disertai beberapa ulasan dari pengguna. Nah, itulah yang disebut dengan Google Review. Yakni fitur yang digunakan pelanggan untuk memberi umpan balik kepada penjual.
Fitur ini sudah terintegrasi dengan Google My Business dan Google Maps. Jadi tak heran bila kamu mencari suatu tempat di maps, Google akan menampilkan beberapa review. Mulai dari bintang hingga ulasan secara langsung.
Google Review juga sangat berpengaruh dalam local search. Yakni semua ulasan akan ditampilkan dalam mesin pencarian dan disisipkan dalam Google Maps. Umumnya Google akan menampilkan tiga jenis bisnis dalam mesin pencarian. Dan bisnis dengan ulasan terbaik akan menjadi rekomendasi pertama dari Google.
Umpan balik dari pelanggan ini tidak bisa dianggap sepele. Jika mereka memberi review yang cukup bagus, itu akan berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnismu untuk ke depannya. Review bagus tersebut akan membawa pengaruh bagi calon konsumen baru.
Begitu pun sebaliknya. Apabila konsumen memberi review yang cukup buruk, perusahaanmu pun berpotensi akan mendapat citra buruk pula. Sehingga memberi pengaruh keraguan bagi calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Tak hanya itu saja, Google Review juga membawa dampak atau pengaruh tersendiri bagi Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO. Apa saja pengaruh tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.
Pengaruh Google Review untuk SEO
Pengaruh terbesar terhadap online reputation management adalah ulasan atau review sangat memberi pengaruh besar terhadap SEO. Hal ini bisa dilihat bahwa Google akan menampilkan bisnis di halaman pertama dan menjadi nomor satu bila memiliki ulasan yang cukup bagus dari konsumen.
Ulasan sangat berpengaruh terhadap rank dan local seach. Studi ini sudah diakui oleh Brightloca bahwa Google Review bisa mendorong peringkat dalam mesin pencarian.
Tak heran bila selama ini pebisnis mati-matian membuat para konsumen senyaman mungkin agar mereka memberi review yang cukup baik di Google.
Tentu saja tidak hanya ulasan positif yang membawa pengaruh terhadap peringkat di mesin pencarian. Namun semua variable juga dilibatkan. Mulai dari ulasan yang kurang puas, negatif, positif, ulasan baru hingga kecepatan memberikan ulasan yang dilakukan oleh pelanggan.
Semua hal itu akan sangat berpengaruh dalam mendorong peringkat suatu bisnis dalam mesin pencarian. Tak berhenti di situ. Google Review mempunyai beragam manfaat yang untuk bisnis. Apa saja? berikut daftarnya.
Manfaat Google Review Untuk Bisnis
Setelah mengetahui definisi dan pengaruhnya, Google Review memang diklaim dapat mendatangkan beragam manfaat bagi suatu bisnis. Tak heran bila para pebisnis melakukan beragam cara untuk memperbaiki citra diri agar mendapat review yang cukup bagus dari konsumen. Berikut manfaat dari Google Review yang wajib kamu ketahui:
Meningkatkan Kepercayaan Customer Pada Review
Manfaat yang pertama adalah Google Review dapat meningkatkan kepercayan customer pada review atau ulasan. Sebelum membeli, konsumen cenderung akan mencari tahu segala sesuatu tentang produk yang mereka incar. Salah satunya dengan melihat review di Google.
Sebagai contoh kamu akan mengunjungi sebuah klinik kecantikan. Sebelum memastikan akan membeli dan menggunakan produk kosmetik dari klinik tersebut, kamu akan menggali beberapa infomasi terlebih dahulu tentang hal tersebut.
Jika ulasan yang ada di Google Review cukup bagus, pasti kamu tidak akan ragu untuk melakukan melakukan perawatan di klinik itu. Begitu juga sebaliknya, jika review terhadap produk dan kinik tersebut buruk, pasti kamu akan berpikir berulang kali untuk datang.
Memperluas Paparan Bisnis Secara Online
Seperti yang kamu ketahui bahwa segala sesuatu yang berbasis online tidak terbatas. Baik dalam jarak maupun waktu. Jadi ini merupakan hal yang cukup menguntungkan dalam berbisnis. Sebab kamu dapat menjangkau konsumen dari berbagai wilayah dalam waktu kapan pun.
Google Review tidak berkutat pada wilayah tertentu. Oleh karena itu bila kamu ingin menjangkau konsumen secara internasional juga sangat bisa. Seperti yang telah kita singgung sebelumnya bahwa ulasan sangat berpengaruh terhadap SEO.
Semakin banyak ulasan yang kamu dapat, website atau produkmu akan semakin mudah pengguna internet temukan. Tentu saja hal tersebut akan sangat berpotensi tinggi untuk memperluas paparan bisnismu secara online.
Membantu Bisnis Mendapatkan Umpan Balik yang Relevan
Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari Google Review adalah dapat membantu mendapatkan umpan balik yang relevan. Tentu saja ulasan menjadi elemen yang cukup penting dalam mengembangkan kepercayaan konsumen.
Semakin bagus dan positif review yang kamu dapatkan, akan semakin berpotensi tinggi pula bagi para konsumen untuk mempercayai bisnis yang sedang kamu kelola. Begitu juga sebaliknya.
Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk memberi edukasi bagi para konsumen untuk memberikan review setelah mereka membeli produk atau mengunjungi tempatmu.
Jangan sungkan atau ragu menanyakan review kepada konsumen. Namun perlu kamu ketahui juga bahwa menggunakan bahasa yang sopan ketika menanyakan review adalah sebuah keharusan. Jangan lupa pula untuk menanggapi review tersebut dengan positif.
Sebab review atau umpan balik ini sangat penting dalam bisnis. Selain meningkatkan kepercayaan konsumen, umpan balik ini juga dapat kamu jadikan sebagai bahan evaluasi.
Misalnya mengenai hal-hal yang perlu kamu tingkatkan dan kembangkan dari produk jualanmu. Jadi untuk ke depannya kamu bisa membuat strategi pemasaran yang lebih matang lagi.
Meningkatkan Click-Through Rate
Selain untuk membantu bisnis mendapatkan umpan balik yang relevan, Google Review juga bermanfaat untuk meningkatkan CTR atau Click Through Rate. CTR merupakan indicator pengunjung yang datang karena iklan yang sedang kita jalankan.
Semakin banyak review yang didapatkan, Google pun akan mendorong peringkat website di mesin pencarian. Termasuk iklan yang dijalankan di website. Nah, jadi secara tidak langsung click through rate juga akan ikut terangkat.
Bisnis Mampu Mengonversi Lebih Banyak Pelanggan
Jika CTR meningkat, itu artinya pengunjung website juga meningkat. Nah dengan adanya Google Review ini juga sangat efektif untuk mengonversi lebih banyak pelanggan. Hah, kok bisa?
Pengunjung website mempunyai kecenderungan untuk melakukan sesuatu. Dengan adanya review yang postitif akan memberi pengaruh pula bagi pengunjung tersebut untuk terkonversi menjadi pelanggan.
Sebagai contoh kamu sedang mencari tahu tentang produk kosmetik dari suatu klinik. Tentunya kamu akan mencari tahu tentang produk tersebut di Google. Mesin pencarian akan menampilkan website produk tersebut sebagairekomendasi teraratas.
Setelah kamu mengunjungi website itu, kamu melihat review dari konsumen yang cukup positif. Dari review tersebut lantas kamu yakin untuk melakukan pembelian dan menggunakan produk itu. Nah, inilah yang kemudian kita sebut dengan konversi. Sebelumnya kamu yang hanya pengunjung, lantas menjadi pelanggan setelah melihat review dan membeli produk yang kamu tawarkan.
Itulah beragam manfaat Google Review untuk bisnis online-mu. Lantas bagaimana cara mendapatkan review di Google? Well, kamu nggak perlu bingung. Sebab selanjutnya kamu akan mengetahui cara mendapatkan review di Google.
Cara Mendapatkan Review di Google
Hingga saat ini Google Review merupakan platform yang cukup mumpuni dalam digital marketing. Sebab Google masih menjadi mesin pencarian nomor satu dengan jumlah pengguna paling besar di dunia. Jadi dengan meningkatkan ulasan di Google, juga akan membantu bisnismu berkembang secara pesat.
Lalu bagaimana sih cara mendapatkan review di Google? Berikut adalah cara yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan review di Google agar bisnismu bisa berkembang secara pesat.
Ajukan Secara Langsung Kepada Customer
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan review dari konsumen adalah dengan mengajukannya secara langsung.
Tentu saja kamu bisa memintanya dengan bahasa yang sopan dan baik. Berikan mereka pengertian tentang pentingnya review untuk kemajuan bisnis. Tak hanya itu, mereka juga bebas mengekspresikan kesan sebuah produk melalui review.
Namun bila pelayanan dan produk memuaskan, konsumen biasanya akan dengan senang hati memberi review. Mulai di Google hingga platform yang lainnya. Tapi, kamu juga tidak bisa mengandalkan semua konsumen akan melakukannya.
Ada juga konsumen yang malas atau tidak tahu cara memberikan review. Oleh karena itu kamu tidak perlu sungkan untuk meminta mereka untuk meninggalkan ulasan.
Berikan Alasan yang Baik
Tidak hanya sekedar meminta bantuan untuk memberikan review. Namun pebisnis juga harus mempuanyai alasan terbaik mengapa konsumen sangat penting memberikan review.
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh professor di Harvard, mereka mengatakan bahwa alasan yang terbaik dari pebisnis bisa meningkatkan minat konsumen untuk memberikan review.
Mulai dari penggunaan bahasa dalam permintaan tersebut dan masih banyak yang lainnya. Sebagai contoh kamu bisa memasang kalimat-kalimat positif yang mengatakan seberapa pentinya ulasan untuk bisnis.
Misalnya dengan mengungkapkan bahwa ulasan atau feedback dari mereka sangat penting bagi bisnismu, utamanya dalam upaya memperbaiki layanan konsumen dan fitur belanja tokomu. Kalimat tersebut terbilang sangat membantu untuk meningkatkan review dalam bisnismu.
Gunakan Software Review yang Bisa Otomatisasi Proses
Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan software review yang bisa otomatisasi proses. Beberapa rekomendasi software review yang dapat kamu gunakan adalah BirdEye, TrustPilot, Yotpo, dan lain-lain.
Dengan menggunakan softaware tersebut kamu bisa mendapatkan review dengan segera. Tentu saja kamu harus menyertakan link yang dapat konsumen temukan dan klik. Link tersebut juga untuk memudahkan mereka dalam memberikan review.
Nah itulah ulasan mengenai manfaat Google Review untuk bisnis yang bisa kamu terapkan dalam strategi pemasaran brand atau produk kosmetikmu. Dengan mempraktekkan beberapa langkah di atas, kamu tak hanya bisa meningkatkan awareness brand, namun juga bisa menjaring konsumen potensial.
Well, Beautypreneurs, selain tips menggunakan Google Review ini, kamu bisa menemukan berbagai kiat digital marketing lain di laman Berita Terkini. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Webinar Eksklusif dari Mash Moshem Indonesia yang akan diadakan tiap bulannya.