12 Manfaat Phytosphingosine untuk Kecantikan, Bisa Kurangi Jerawat!

manfaat phytosphingosine untuk kecantikan

Pecinta skincare pasti sudah tidak asing dengan kandungan Phytosphingosine. Yep, kandungan yang satu ini memang seperti bahan pokok yang harus tersedia dalam berbagai produk skincare. Lantas apa saja manfaat phytosphingosine untuk kecantikan?

Phytosphingosine sering ditemukan pada berbagai jenis produk perawatan wajah. Seperti pelembab, sunscreen, serum, toner hingga sabun cuci muka. Nggak tanggung-tanggung, kandungan yang satu ini ternyata juga cocok untuk semua jenis kulit. Mulai dari berminyak, berjerawat, sensitif hingga normal.

Nggak heran jika para produsen kosmetik selalu memasukkan phytosphingosine pada produk skincare yang mereka buat.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan produk skincare dengan kandungan yang satu ini, alangkah baiknya kamu tahu definisi dari phytosphingosine terlebih dahulu.

Apa itu phytosphingosine? Dan apa saja manfaafnya untuk kecantikan? Baca penjelasan selengkapnya berikut. Happy reading!

Apa Itu Phytosphingosine? 

Phytosphingosine adalah lipid, yaitu lapisan lemak alami yang terdapat pada tumbuhan, hewan dan bagian kulit terluar manusia atau biasa disebut dengan epidermis.

Jenis lipis yang satu ini sering dijadikan sebagai bahan produk skincare karena dipercaya dapat mengatasi dan mencegah iritan maupun alergen pada kulit.

Jika dianalogikan, fungsi dari phytosphingosine itu hampir sama dengan semen. Bahan ini bisa bekerja untuk melindungi dan mengalangi kulit dari paparan luar yang bisa merusak kulit.

Nggak cuma itu, phytosphingosine juga berfungsi mengikat air dalam kulit. Sehingga kelembaban akan tetap terjaga dan membuat kulit tidak mudah kering.

Bahan yang satu ini juga mengandung anti-mikroba dan anti-inflamasi yang tinggi. Sehingga dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Termasuk jerawat.

Lantas apa saja sih manfaat dari phytosphingosine untuk kecantikan? Apakah semua permasalahan kulit bisa teratasi dengan menggunakan produk yang satu ini? Well, berikut adalah daftar manfaat dari phytosphingosine. Simak baik-baik ya!

Manfaat Phytosphingosine Untuk Kecantikan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kini para konsumen sangat teliti memilih kandungan bahan pada skincare yang akan mereka beli. Nah, belakangan ini bahan phytosphingosine menjadi populer di kalangan mereka. Sebab bahan yang satu itu diklaim mempunyai beragam manfaat untuk kulit.

Melembabkan Kulit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa salah satu fungsi dari phytosphingosine adalah untuk melembabkan kulit. Bahan yang satu ini ampuh untuk menghidrasi kulit dan membuatnya tampak kenyal serta lembut. Selain itu masalah kulit kering juga akan mudah diatasi dengan bahan yang satu ini.

Phytosphingosine bekerja mengunci dan menahan air pada lapisan kulit agar tidak keluar. Sebab jika kulit kehilangan banyak air akan mudah kering. Hal ini bisa berakibat fatal. Sebab jika kulit kering, penuaan akan mudah terjadi.

Tanpa adanya phytosphingosine dalam tubuh, kulit akan mudah kering karena tidak terhidrasi dengan baik. Bahkan bisa juga rentan terhadap iritasi dan dehidrasi. Selain itu, kehadiran phytosphingosine juga mampu menutrisi, memperbaiki dan memperkuat lapizan zat pelembab pada kulit.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat phytosphingosine untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Masalah kulit yang satu ini akan dialami oleh seluruh manusia. Yakni kondisi dimana kulit akan berubah menjadi keriput dan menua.

Penentunya tidak hanya faktor usia saja. Anak muda juga dapat terserang masalah yang satu ini jika tidak pandai merawat kulit. Kehadiran phytosphingosine dipercaya dapat mengatasi penuaan dini. Sebab phytosphingosine mempunyai kandungan anti aging yang sangat baik untuk kulit.

Semakin bertambahnya usia, semakin melemah pula perlindungan kulit. Oleh karena itu tak heran jika kulit akan semakin kering dan rentan terhadap keriput. Sehingga dibutuhkan banyak phytosphingosine untuk mengunci air pada kulit agar kelembabannya tetap terjaga.

Mengobati Eksim

Kamu pasti sudah tidak asing dengan permasalahan kulit yang satu ini. Eksim merupakan kondisi di mana kulit mengalami ruam merah, gatal dan kering pecah-pecah. Selain membuat rasa tidak nyaman pada penderitanya, eksim juga sering kali membuat kita tidak percaya diri.

Kondisi ini bisa terjadi apabila produksi lipid dalam kulit berkurang, sehingga meninggalkan bekas yang tampak kasar dan kusam pada wajah. Di sinilah peran dari phytosphigosine yang membantu melembapkan dan meredakan gejala eksim.

Phytosphingosine juga mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri yang tinggi. Dua kandungan ini sangat efektif untuk membunuh bakteri dan kuman yang terdapat pada eksim. Sehingga dapat mengurangi rasa gatalnya dan juga cepat menyembuhkan luka.

Tak hanya itu, sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam phytosphingosine juga efektif untuk menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh eksim. Kamu hanya perlu menggunakannya secara rutin dan teratur untuk hasil yang lebih makasimal.

Mengurangi Jerawat

Manfaat phytosphingosine untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengurangi jerawat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa phytosphingosine sangat efektif digunakan bagi pemilik kulit berjerawat.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa phytosphingosine mempunyai anti-inflamasi dan anti-bakteri yang tinggi. Dua kandungan ini sangat cocok digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan jerawat.

Mulai dari jerawat pasir, meradang hingga jerawat batu, semua bisa diatasi. Phytosphingosineakan membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Sehingga selain efektif untuk mengobati juga bisa mencegah munculnya jerawat itu.

Sifatnya sebagai anti-inflamasi juga sangat cocok untuk menghilangkan bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan serum, pelembab ataupun sabun wajah yang mempunyai kandungan phytosphingosine. Gunakan secara rutin dan teratur untuk hasil yang lebih maksimal. 

Menenangkan Peradangan

Selain ampuh untuk menghilangkan dan mencegah munculnya jerawat, manfaat lain dari phytosphingosine untuk kecantikan adalah menenangkan peradangan. Peradangan bisa terjadi lantaran kulit terlalu kering.

Kulit yang terlalu kering sangat rentan terhadap masalah peradangan. Seperti eksim, psoriasis, iritasi hingga bruntusan. Selain membuat tubuh tidak nyaman, permasalahan kulit yang satu ini juga membuat penderitanya tidak percaya diri.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya dibutuhkan phytosphingosine yang cukup pada tubuh. Jika pasokan phytosphingosine tercukupi, kulit akan lebih terhidrasi. Sifatnya yang mengunci air, dapat melembabkan kulit. Sehingga resiko terkena peradangan pun akan minim.

Anti-infkamasi yang terkandung di dalamnya juga diklaim sangat ampuh untuk menangkan kulit yang gatal karena peradangan.

Melembutkan dan Menghaluskan Kulit

Siapa sih yang nggak mau kulit lembut dan halus? Tentu saja ini menjadi dambaan bagi semua orang. Kondisi kulit yang lembut dan halus juga menjadi petanda bahwa kulit tersebut sehat. Nutrisi yang dibutuhkan cukup terpenuhi.

Untuk mendapatkan kulit yang lembut dan halus dibutuhkan nutrisi yang cukup. Salah satunya adalah phytosphingosine. Jika phytosphingosine cukup, maka kulit akan tetap lembab dan terhidrasi. Sehingga kulit akan terlihat lebih kenyal.

Penggunaan phytosphingosine juga mampu mengembalikan minyak yang hilang pada kulit. Juga akan membantumu untuk tampil lebih percaya diri. Sebab kulit bisa kembali ternutrisi, halut dan lembut.

Memperbaiki Sel Kulit Yang Rusak

Paparan sinar matahari dan polusi membawa radikal bebas yang bisa membawa dampak cukup berbahaya pada tubuh.  Salah satunya adalah dapat merusak sel pada kulit. Jika dibiarkan begitu saja, kerusakan sel ini bisa memicu timbulnya kanker kulit.

Kerusakan sel kulit biasanya ditandai dengan  kering dan mengelupas. Untuk mencegahnya, penggunaan sunscreen atau tabir surya  bisa jadi solusi utama. Selain itu, sel kulit yang rusak juga menjadi salah satu tanda jika phytosphingosine berkurang pada tubuh.

Kebutuhan phytosphingosine yang cukup akan memperbaiki sel kulit yang rusak akibat radikal bebas. Selain memperbaiki, phytosphingosine juga berguna untuk mencegah kerusakan sel itu sendiri. Sebab lemak dalam lapisan epidermis akan tetap terjaga. Sehingga kulit tidak mudah kering dan tetap ternutrisi.

Mengatasi Iritasi

Manfaat phytosphingosine untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengatasi iritasi, yang dapat timbul karena beberapa hal. Beberapa di antaranya adalah kulit kering, eksim hingga psoariasis.

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam phytosphingosine sangat efetif untuk mengatasi permasalahan tersebut.  

Selain itu phytosphingosine juga dapat menenangkan kulit kemerahan yang akibat iritasi. Sebab selain memiliki sifat anti inflamasi, antiseptik, anti-fungal juga bersifat antiseptic dan anti-fungal. Sehingga sangat efektif untuk mengatasi iritasi pada kulit.

Meregenerasi Kulit

Selain dapat mengatasi masalah iritasi, phytosphingosine juga bermanfaat untuk meregenerasi kulit. Pasca iritasi, kulit memerlukan pemulihan untuk meregenerasi sel-selnya. Untungnya phytosphingosine mampu membantu meregenerasi dan menumbuhkan sel kulit baru yang lebih sehat.

Pasca iritasi, kulit cenderung lebih kering dan mengelupas. Phytosphingosine akan membantu menahan air di kulit dan menjaga kelembapannya. Jika kelembapan terjaga, sel kulit baru akan lebih mudah teregenerasi. Kulit akan jadi semakin sehat kembali.

Kamu bisa menggunakan beberapa produk skincare phytosphingosine, seperti serum, pelembab, toner hingga face wash. Gunakan secara rutin setiap hari dengan teratur untuk hasil yang lebih optimal.

Mengatasi Kulit dari Alergen

Manfaat phytosphingosine untuk kecantikan selanjutnya adalah mengatasi kulit dari alergen. Saat mengalami alergi, kulit akan cenderung mengalami gatal dan ruam. Salah satu fungsi dari phytosphingosine adalah mengatasi hal tersebut.

Anti-inflamasi dan anti-alergen dalam phytosphingosine sangat efektif untuk menyembuhkan peradangan pada kulit yang oleh alergi tersebut.

Mengembalikan Lapisan Kulit Yang Hilang

Tahu nggak sih kalau lapisan kulit dapat hilang atau terkikis akibat ekfoliasi yang berlebihan. Lapisan sel kulit terluar dari kulit akan terkikis sehingga akan terlihat semakin tipis. Hal ini akan memberikan dampak yang cukup buruk bagi kulit.

Kulit dapat terkena iritasi dan menimbulkan rasa perih. Tak hanya itu, ekfoliasi berlebihan juga akan membuat kulit mengelupas dan kering. Sehingga bakteri dan kotoran akan mudah masuk ke dalam kulit dan menyumbat pori-pori.

Dengan menggunakan skincare berbahan phytosphingosine, lapisan pelindung kulit akan kembali lagi. Sehingga bakteri dan polutan dari luar tidak akan mudah masuk ke dalam kulit. Sehingga kulit akan tetap sehat dan tidak rentan akan iritan.

Menghilangkan Bekas Luka

Nggak hanya itu, phytosphingosine juga diklaim sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka yang diakibatkan oleh goresan. Bekas luka akibat hal ini mungkin bisa dikaregorikan menjadi yang paling susah hilang. Sebab bisa jadi bekas yang dihasilkan sangat dalam.

Namun dengan menggunakan obat atau salep dengan bahan phytosphingosine, bekas lukamu perlahan akan memudar. Sebab kandungan anti inflamasinya yang tinggi sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka yang terdapat pada kulit.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakannya setiap hari tiga kali. Gunakan secara teratur.

Nah, itulah beberapa manfaat dari phytosphingosine untuk kecantikan yang wajib kamu ketahui. Tapi tunggu dulu, meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata phytosphingosine juga memiliki beberapa efek samping.

Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh phytosphingosine. Selamat membaca!

Efek Samping Phytosphingosine

Sebenarnya phytosphingosine sangat aman untuk semua jenis kulit. Mulai dari yang berjerawat, berminyak, normal hingga sensitif. Terlebih lagi bahan yang satu ini juga cukup efektif untuk jika dicampur dengan bahan aktif lainnya.

Fungsinya utamanya sebagai penghidrasi kulit tidak akan berubah. Juga tidak akan memberikan efek iritasi jika kamu kombinasikan dengan bahan yang lain.

Seperti yang kamu tahu, jika setiap kulit orang memiliki reaksi yang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan hal ini. Meskipun minim adanya efek samping, pemilik kulit sensitive tetap harus waspada. Apalagi saat pemakaian merasakan perih hingga terbakar, itu akan sangat berbahaya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika setiap penggunaan produk phytosphingosine melalui konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan kondisi kulit. Apakah benar-benar cocok dengan phytosphingosine atau tidak.

Untuk menghindari resiko efek samping yang mungkin saja terjsdi akibat phytosphingosine, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan lakukan.

Perhatikan Ini Sebelum Menggunakan Phytosphingosine

Sebenarnya penggunaan phytosphingosine memang sangat minim efek samping. Meskipun produk yang kamu gunakan tersebut tidak cocok untuk kondisi kulitmu, hal itu pasti tidak berasal dari phytosphingosine. Melainkan bahan yang lain.

Nah, untuk mengetahui apakah kulitmu itu cocok atau tidak, ada beberapa hal atau uji coba yang perlu kamu lakukan. Berikut daftarnya.

Konsultasi ke Dokter

Sebelum memutuskan untuk menggunakan skincare dengan kandungan dan bahan apapun, alangkah baiknya kau melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pasti kondisi kulitmu benar-benar siap untuk menerima atau menggunakan skincare dengan bahan phytosphingosine.

Selain itu, dengan melakukan konsultasi ke dokter, kamu juga bisa meminta saran rekomendasi produk dan bahan skin care yang cocok untuk kulitmu. Hal ini akan sangat efektif membantumu untuk mengatasi permasalah yang sedang kamu alami.

Pastikan Tidak Mempunyai Alergi

Hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah kamu harus memastikan apakah kamu memiliki alergi terhadap kandungan tertentu atau tidak. Untuk mengetesnya kamu perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Lakukan uji tempel dengan mengoles tipis skincare pada bagian kecil kulit kamu.
  2. Tunggu selama 24 jam. Waktu ini akan sangat efektif untuk menunggu reaksi yang muncul pada kulit.
  3. Apabila kulitmu mengalami gatal, iritasi hingga kemerahan, segera bilas dengan bersih dan berhentikan pemakaian.
  4. Namun apabila tidak ada reaksi apapun terhadap kulitmu, pemakaian tetap bisa kamu lanjutkan.

Perhatikan Dosis

Selain menjadi bahan pada beberapa produk skincare, phytosphingosine juga biasa kerap ada dalam obat salep. Jika kamu menggunakan phytosphingosine sebagai salep, perhatikan dulu kandungan dosis di dalamnya. Yaitu dengan melakukakan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jika tidak, kamu bisa mengeceknya dengan melakukan uji coba seperti langkah di atas. Sebab penggunaan bahan yang satu ini tidak bisa sembarangan. Meskipun mempunyai sifat menghidrasi dan banyak manfaatnya, dosis phytosphingosine pun harus kamu perhatikan dalam penggunaannya.

Jika tidak, akan rentan terkena efek samping. Apalagi untuk kamu pemilik kulit sensitive. So, be aware.

Selain menggunakan produk orang lain, kamu bisa membuat skincare dari phytosphingosine dengan brand kosmetikmu sendiri. Gimana caranya?

Well, kamu bisa maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia. Prosesnya yang mudah, harga maklon yang fleksibel, pengurusan legalitas yang cepat, membuat proses produksi skincare-mu jadi lebih efisien dan pastinya akan menguntungkan buatmu.

Penasaran? Langsung hubungi tim kami lewat Contact Us, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment