Kaya Vitamin, Simak Berbagai Manfaat Plum Oil untuk Kulit Berikut Ini

manfaat plum oil untuk kulit

Siapa sangka jika buah plum memiliki khasiat bagus untuk kulit. Mungkin kamu sudah tak asing dengan nama buah yang satu ini. Plum oil  ini ternyata banyak menyimpan manfaat, terutama bagi perawatan kulit wajah.

Tak heran jika banyak produk kesehatan dan beberapa produk kecantikan yang memanfaatkan buah plum sebagai formula mereka. Salah satunya dengan cara ekstraksi hingga menghasilkan plum oil.

Sebagian orang mungkin belum tahu jika buah plum memiliki segudang khasiat. Salah satunya membantu mencerahkan kulit wajah.Tentunya hal ini diperoleh dari kandungan-kandungan terbaik di dalamnya.

Apa saja yang terkandung dalam buah plum dan apa saja manfaatnya untuk kulit? Pengen tau? Nah, kalau begitu simak ulasannya berikut ini, ya. 

Apa itu Minyak Plum?

Buah plum juga dijuluki sebagai superfruit. Buah ini masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot. Di dalam buah plum terdapat berbagai macam vitamin,  maka tidak heran jika buah plum sudah dimanfaatkan sejak 2000 tahun lalu sebagai bahan pengobatan tradisional Tiongkok, Korea, dan Jepang sejak 2000 tahun yang lalu. 

Dahulu buah plum digunakan dengan cara diekstraksi sehingga menghasilkan plum oil. Di dalam plum oil tersebut terdapat kandungan vitamin A, C, E, B, asam lemak, polifenol, potassium, magnesium dan bersifat anti inflamasi, antioksidan juga antibakteri. 

Itulah alasan kenapa plum oil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga untuk kesehatan kulit wajah. Utamanya untuk membantu mengencangkan kulit, mencerahkan secara alami, dan membuat kulit tampak sehat.

Kandungan dalam Minyak Plum yang Baik untuk Kecantikan Kulit

Dalam plum oil terdapat banyak kandungan vitamin baik yang tentunya bermanfaat bagi kulit, seperti:

Vitamin A

Di dalam plum oil terdapat konsentrasi vitamin A yang sangat bagus untuk kulit. Di antaranya membantu menghaluskan kulit dari kerutan tanda penuaan, meningkatkan elastisitas kulit, dan membantu meningkatkan pergantian sel yang akan membuat kulit wajah menjadi halus dan kencang.

Vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi, kalau vitamin C bagus untuk perawatan kulit. Begitu pula kandungan vitamin C yang ada di dalam plum oil. 

Vitamin C terbukti ampuh untuk memperbaiki kulit pada sel ketika kamu mengalami hiperpigmentasi, bertugas sebagai pelembap, mampu mengontrol produksi sebum, dan menjadi agen anti jerawat.

Vitamin E

Selain vitamin C, plum oil juga mengandung vitamin E yang dapat membantu menyembuhkan serta memperbaiki kulit wajah yang rusak. Selain itu, kandungan vitamin E ini juga mampu mencerahkan noda hitam pada wajah.

Vitamin B

Vitamin B dalam plum oil juga memiliki manfaat yakni dapat membantu memudarkan bekas jerawat pada kulit, memperbaiki lapisan sel kulit yang rusak, dan membuat warna kulit jadi lebih merata. 

Asam Lemak Esensial

Tidak hanya mengandung vitamin B, E, C, dan A saja. Plum oil juga mengandung asam lemak esensial yang mampu meremajakan kulit, mengontrol produksi sebum berlebih penyebab jerawat, dan mendorong proses pergantian kulit untuk mencegah folikel rambut tersumbat atau mati.

Agen Antioksidan

Plum oil juga diperkaya antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Dengan adanya perlindungan tersebut maka kulit akan terhindar dari efek stresor lingkungan.

Ditambah, perawatan kulit yang mengandung antioksidan juga bagus untuk mencerahkan kulit, memberikan efek kenyal, menghidrasi kulit, dan menyamarkan bintik coklat pada wajah.

Mineral

Terakhir, plum oil mengandung potasium dan magnesium. Kandungan magnesium sendiri berguna untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kulit wajah menjadi kenyal.

Sementara potassium berguna untuk membantu menyeimbangkan kadar air dalam sel kulit. Dan kedua kandungan tersebut sangat berguna bagi proses perawatan kulit kamu.

Manfaat Minyak Plum untuk Kecantikan

Adanya kandungan-kandungan baik dalam plum oil tersebut tentu membawa banyak manfaat  yang dibutuhkan oleh kulit, di antaranya: 

Menghidrasi Kulit

Bagi orang yang memiliki tipe kulit kering, plum oil ini sangat bagus. Mengapa? Karena di dalam plum oil mengandung asam lemak esensial, vitamin A, dan vitamin E yang mampu menghidrasi kulit. Kulit yang cukup terhidrasi akan membuat wajah menjadi elastis dan tampak lembap.

Menenangkan Kulit (Antiinflamasi)

Plum oil penuh dengan kandungan polifenol yang dikenal sebagai anti inflamasi. Kandungan tersebut berguna untuk membantu mencegah adanya efek radikal bebas. 

Menyembuhkan Kulit yang Rusak

Jangan lupakan kandungan vitamin E yang ada di dalam plum oil. Karena kandungan tersebut dapat membantu menyembuhkan serta mempercepat perbaikan kulit yang rusak. Dengan begitu, noda hitam di wajah juga dapat tersamarkan.

Meningkatkan Pergantian Sel

Konsentrasi vitamin A pada plum oil dapat membantu meningkatkan pergantian sel kulit wajah, meningkatkan elastisitas, dan menghaluskan kerutan akibat tanda-tanda penuaan.

Tentunya manfaat-manfaat tersebut akan membuat wajah menjadi lebih kencang, halus, dan tampak sehat.

Memerangi Radikal Bebas

Plum oil juga diperkaya antioksidan seperti vitamin C yang mampu melawan efek buruk dari radikal bebas. Plus, perawatan kulit dengan antioksidan yang tinggi akan membuat kulit wajah menjadi cerah, membantu menghidrasi, dan memberikan efek kenyal pada kulit.

Mengatur Produksi Minyak di Wajah

Kamu pemilik tipe kulit berminyak? Biasanya orang dengan tipe kulit berminyak lebih rentan mengalami jerawat karena adanya produksi sebum pada kulit yang tidak terkontrol. Sehingga minyak akan menumpuk dan menyumbat pori-pori dan memicu jerawat juga komedo.

Kabar baiknya, bahwa plum oil ini mengandung asam lemak esensial yang dapat membantu mengontrol produksi sebum berlebih. Selain itu, kandungan ini juga membantu mempercepat pergantian sel kulit yang rusak.

Memiliki Sifat Anti-Aging

Seiring bertambahnya usia, pasti akan memunculkan tanda-tanda penuaan. Terutama di beberapa spot, seperti area mata, dan dahi. Tapi hal tersebut dapat diatasi dengan kandungan plum oil.

Plum oil sendiri mengandung konsentrasi antioksidan tinggi yang efektif dalam mempercepat produksi kolagen dan elastin pada kulit sehingga dapat menyamarkan munculnya tanda-tanda penuaan. 

Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit

Memiliki wajah cerah dan kulit yang kencang tentu menjadi dambaan siapa saja. Untuk mendapatkannya kamu bisa memanfaatkan plum oil. 

Karena di dalamnya terdapat vitamin A yang  dapat menghaluskan kerutan di wajah, meningkatkan elastisitas, serta membantu mempercepat proses pergantian sel. Dengan begitu, kulit akan membuat kulit menjadi tampak halus dan kencang.

Gampang Dikombinasikan dengan Kandungan Lain

Plum oil memiliki tekstur yang ringan sehingga memudahkan diaplikasikan. Dengan tekstur tersebut kamu juga bisa mengkombinasikan plum oil dengan produk lain seperti pelembab dan serum. 

Tidak hanya bisa dikombinasikan dengan skincare lain, plum oil juga dapat dikombinasikan bersama kandungan lain yang sama-sama memiliki tekstur ringan.  Misalnya bersama kandungan minyak biji delima atau minyak seabuckthorn. 

Karena kandungan yang memiliki tekstur ringan tersebut nantinya tidak akan menyumbat proi-pori kulit jadi tidak akan membuat wajah berminyak ataupun menimbulkan jerawat.

Dapat Digunakan di Siang maupun Malam Hari

Menariknya lagi plum oil ini bisa digunakan sebagai skincare harian. Baik untuk penggunaan di pagi hari, jadi kamu bisa menggunakannya sebelum pelembap dan make up. 

Lalu, kamu juga bisa menggunakannya pada malam hari sebelum tidur. Jadi, hampir sama ketika kamu menggunakan rangkaian skincare pada umumnya.

Sesuaikan Penggunaan Plum Oil dengan Jenis Kulit

Tiap-tiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Jadi penggunaan plum oil ini harus benar-benar kita perhatikan dengan baik. Karena kita juga harus bijak dalam memakai sesuatu, termasuk skincare agar nantinya tidak menimbulkan efek samping.

Untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif, maka bisa menggunakan plum oil secara berhati-hati. Cukup oleskan sedikit saja di area kulit, tetapi jika menimbulkan efek kemerahan atau iritasi, segera hentikan penggunaan.

Sementara untuk jenis kulit normal, kamu bisa membersihkan wajah terlebih dahulu, setelah itu keringkan wajah kemudian aplikasikan plum oil secara merata. Hal ini untuk mempermudah kandungan plum oil untuk terserap secara optimal pada kulit.  Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengkombinasikan plum oil ini bersama produk pelembap lain agar hasilnya maksimal.

Dan untuk jenis kulit berjerawat, plum oil ini juga bisa kamu gunakan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa plum oil memiliki kandungan yang dapat mengontrol produksi sebum. Jadi tidak perlu khawatir plum oil yang kamu aplikasikan akan membuat kulit jadi berjerawat atau berminyak.

Terakhir, jika kamu memiliki jenis kulit kombinasi, penggunaan plum oil ini juga cocok. Sebab di dalam plum oil terdapat vitamin A yang dapat mendorong proses pergantian sel, membantu melawan efek radikal bebas, serta membantu mengurangi kerusakan pada kulit. 

Alangkah lebih baik jika kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada tenaga ahli agar tidak menimbulkan efek berbahaya lainnya. 

Membuat Skincare dengan Kandungan Minyak Plum 

Setelah menyimak ulasan mengenai manfaat serta kandungan bagus yang ada pada plum oil ini. Tentu kamu akan sepakat jika kandungan plum oil ini cocok untuk dibuat menjadi formula skincare.

Jadi Beautypreneurs, untuk menciptakan produk skincare dengan kandungan plum oil tentu kamu membutuhkan tim yang tepat dan terpercaya bukan? Tenang! Kamu bisa mengajak Mash Moshem Indonesia sebagai partner yang tepat.

Dalam membuat skincare yang mengandung plum oil, pasti kamu juga harus memilih bahan-bahan terbaik dan bagus. Maka dari itu kami menyediakan formulator ahli yang akan membantu kamu dalam membuat sampel yang unik dengan bahan-bahan terbaik.

Pastinya formula skincare milik kamu tidak akan sama dengan formula dari brand lain yang pernah bekerjasama dengan kami. Selain itu, kamu juga akan dibantu penuh dalam pengurusan legalitas seperti BPOM, sertifikasi Halal, dan HAKI.

Menariknya lagi kamu akan mendapat free desain logo dan pembuatan kemasan. Jadi kamu bisa request sesuai keinginan pada tim multimedia kami, yang tentunya telah berpengalaman dalam menghasilkan desain-desain menarik dan unik.

Tidak perlu khawatir mengenai harga menggunakan jasa maklon di Mash Moshem Indonesia, karena akan disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Last but not least, akan ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika melakukan maklon di Mash Moshem Indonesia. Menarik bukan?

Langsung klik tombol di bawah untuk memulai diskusi bersama tim pemasaran kami!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading