Manfaat Sunscreen Spray untuk Kulit & Prospek Bisnisnya 

manfaat sunscreen spray

Familier dengan sunscreen spray? Produk skincare yang satu ini memang menjadi salah satu inovasi baru di industri kecantikan tanah air. Daya tarik utama dari jenis sunscreen ini adalah lebih simpel dan praktis, meski dari segi manfaat sunscreen spray hampir sama dengan sunscreen pada umumnya. 

Menurut data yang dihimpun oleh Databoks, produk kecantikan sunscreen menempati peringkat empat dalam daftar produk kecantikan terlaris di e-commerce. Ini membuktikan bahwa produk-produk sunscreen memiliki banyak peminat. 

Mengingat potensi pasarnya yang tinggi, sayang kalau kamu nggak membuat produk sunscreen pakai brand sendiri. Agar lebih unik dan sedikit kompetitor, buatlah produk sunscreen spray sebagai pilihan bisnis kamu. 

Sebelum membahas lebih detail mengenai sunscreen spray, coba kenali dulu manfaat dan formulasinya. Lalu, pertimbangkan peluang bisnis sunscreen spray kedepannya melalui pembahasan berikut ini! 

Mengenal Apa Itu Sunscreen Spray 

Sebelum beranjak ke pembahasan tentang manfaat sunscreen spray, apa kamu tahu apa itu produk sunscreen yang satu ini? Belakangan, sunscreen spray cukup populer dan menarik perhatian banyak orang. 

Selain karena formulanya yang ampuh, jenis sunscreen ini juga lebih praktis saat dipakai. Sunscreen spray juga punya kemampuan unik, yaitu lebih cepat kering setelah disemprotkan. 

Walaupun praktis dan cepat kering, sunscreen memiliki kelemahan yang perlu kamu perhatikan. Menurut Vivian Chin, seorang dokter perawatan kulit dan kosmetik, produk sunscreen berbentuk semprot sulit rata saat kamu aplikasikan. 

Karenanya, beberapa bagian kulit kerap nggak menyisakan perlindungan tabir surya secara optimal, sehingga rawan terpapar sinar UV. Selain itu, sunscreen spray yang belum menyerap sempurna ke dalam kulit cenderung lebih cepat hilang saat terkena air. 

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, sunscreen spray merupakan produk inovatif yang menarik untuk dijual. Meski begitu, produk ini juga cukup praktis dan bisa melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UV. 

5 Klaim Manfaat Sunscreen Spray untuk Kulit 

manfaat sunscreen spray untuk kulit

Apapun jenis produk sunscreen yang kamu pakai, pasti bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tapi, apa cum aitu saja manfaat mekakai tabir surya untuk kulit? 

Daripada menerka-neerka, lebih baik kmau cek dsendiri manfaat sunscreen dalam bentuk spray berikut ini! 

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar  UV 

Sunscreen spray termasuk salah satu produk perlindungan kulit yang ampuh menangkal paparan sinar matahari (UVA dan UVB). Pemakaian sunscreen secara rutin sudah menjadi suatu keharusan, karena sinar UV bisa memberikan dampak negatif untuk kulit.  

Dalam jangka waktu pendek, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan kulit wajah menjadi memerah, kering, belang, mengelupas, dan terasa perih. 

Efek buruk itu tentu bisa mengganggu penampilan dan kesehatan kulit kamu. Namun, risiko jangka panjang yang lebih parah juga bisa muncul akibat paparan sinar UV yang terlalu sering. 

Manfaat Sunscreen Spray untuk Meminimalisir Resiko Kanker Kulit 

Melindungi kulit dengan memakai sunscreen spray juga berpotensi meminimalisir resiko kanker kulit. Tahu sendiri ‘kan kalau sinar UV sangat berbahaya buat  kulit, terutama di siang hari. 

Produk-produk perlindungan kulit semacam ini memang dirancang khusus untuk melindungi kulit dari dampak negatif sinar matahari, terutama radiasi UVB. Radiasi UVB bisa menyebabkan sunburn, yang nantinya bisa berdampak pada kerusakan DNA di sel kulit. 

Terlalu lama terpapar sinar UV juga berpeluang bear meningkatkan risiko DNA menjadi rusak. Alhasil, persentase resiko kamu untuk penderita kanker kulit juga akan semakin besar. 

Salah satu manfaat utama dari pemakaian sunscreen spray secara rutin adalah mencegah pengaruh buruk paparan sinar matahari yang terlalu lama. Dengan begitu, kulit akan lebih terlindungi dari radiasi UVB yang merusak. 

Baca juga “Scalp Sunscreen untuk Lindungi Kulit Kepala dari Sinar UV, Berikut Keunggulannya!

Tidak Menimbulkan White Cast 

Memakai sunscreen krim memang kerap menimbulkan efek white cast di kulit, apalagi saat kamu menimpanya dengan makeup. Tapi, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi! 

Hadirnya sunscreen spray membawa solusi praktis yang sanggup mengatasi masalah ini. Salah satu manfaat dari memakai sunscreen spray adalah praktis dan nggak akan menimbulkan efek white cast di kulit wajah. 

Dengan memakai sunscreen spray yang mengandung formulasi khusus, resiko whitecast yang kamu takutkan nggak akn terjadi.  Lagipula, sunscreen ini berkhasiat untuk melindungi kulit tanpa merusak tampilan makeup.

Manfaat Sunscreen Spray untuk Mencegah Kulit Terbakar 

Pada dasarnya, paparan sinar UV yang berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan kulit lain seperti sensasi kulit terbakar. Sinar ultraviolet (UV) akan merusak struktur kulit dan menyebabkan reaksi fotokimia yang bisa merusak DNA sel-sel kulit. 

Nah, salah satu efek samping yang umum terjadi adalah kulit kamu akan terasa terbakar, apalagi kalau paparan sinar mataharinya terlalu intens di kulit kamu. Kulit yang terbakar nggak cuma menyebabkan sensasi perih dan gatal, tetapi juga meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. 

Maka dari itu, pakailah produk sunscreen spray dengan tingkat SPF 50. Selain meminimalisir risiko kulit terbakar, produk ini dirancang khusus untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar UVB. 

Mencegah Timbulnya Gejala Penuaan Dini

Selain mencegah kulit terbakar, memakai sunscreen spray secara rutin juga terbukti efektif meminimalisir terjadinya masalah-masalah kulit lain, salah satunya mencegah penuaan dini. 

Pentingnya memakai sunscreen nggak cuma berkaitan untuk menjaga keindahan kulit, tetapi juga melindungi kesehatan kulit dalam jangka panjang. Paparan sinar UV yang terlalu sering bisa mempercepat proses penuaan kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini yang lebih parah. 

Beberapa contoh gejala penuaan dini akibat paparan sinar UV adalah kulit kering dan kasar, muncul flek dan bintik hitam, garis halus, dan kerutan di wajah. Dengan memakai sunscreen spray setiap hari, kamu bisa mengurangi terjadinya tanda-tanda penuaan dini tersebut. 

Formulasi Bahan Aktif dalam Sunscreen Spray 

Di balik manfaat sunscreen spray yang mengagumkan, terdapat kandungan bahan yang nggak kalah luar biasa. Kandungan formulasi yang dipakai dalam produk sunscreen spray akan berpengaruh besar untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang timbul akibat radiasi sinar UV. 

Walauoun kandunga tambahan yang dipakai di setiap produk sunscreen spray berbeda-beda, tapi beberapa kandungan bahan di bawah ini paling sering dipakai. Apa saja kandungannya? Yuk, simak! 

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat, adalah jenis senyawa polisakarida yang terdiri dari rantai panjang ikatan molekul air dan gula. Secara alami, tubuh manusia, bisa memproduksi senyawa ini untuk menjaga kelembaban, elastisitas, dan kekenyalan kulit. 

Meskipun tubuh bisa menghasilkan senyawa ini secara alami, tapi produksi hyaluronic acid cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia kamu. Sebagai upaya meningkatkan senyawa asam hialuronat dalam tubuh, kamu bisa gunakan produ -produk skincare yang mengandung senyawa ini. 

Peran utama hyaluronic acid dalam sunscreen spray adalah untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit. Saat kamu memakai sunscreen ini, maka kandungan hyaluronic acid di dalamnya mampu membantu menjaga kelembaban kulit agar tetap terhidrasi. 

Ekstrak Green Tea 

Bahan utama lain yang  kerap ada dalam sunscreen spray adalah ekstrak green tea. Ekstrak green tea umumnya memiliki kandungan polyphenol yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari risiko kanker kulit. 

Selain itu, senyawa polyphenol juga berperan sebagai agen antioksidan yang efektif, sehingga mampu menjaga kulit dari bahaya radikal bebas. Seiring waktu, pemakaian sunscreen spray yang mengandung green tea juga bisa membantu mempertahankan kekencangan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. 

Selain berperan sebagai antioksidan, ekstrak green tea juga mengandung sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan pada kulit. Bahakna, senyawa ini juga bisa membantu mengurangi jerawat yang muncul di kulit wajah. 

Ceramide 

Kandungan bahan seperti ceramide juga kerap dipakai dalam pembuatan produk sunscreen spray. Walaupun bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, ternyata kandungan in juga berperan penting dalam menjaga kulit tetap sehat. 

Menurut informasi yang dilansir oleh situs WebMD, ceramide bisa ditemukan di sel-sel kulit dan bisa membentuk sekitar 30% hingga 40% dari komposisi lapisan epidermis. Fungsi utamanya adalah menjaga keutuhan skin barrier dan melindungi kulit dari berbagai resiko kulit berbahaya. 

Nah, manfaat sunscreen spray yang mengandung ceramide adalah bisa memperbaiki skin barrier kamu, sehingga terhindar dari bakteri, polusi, dan zat-zat berbahaya di udara. 

Ceramide mampu berkontribusi dalam mempertahankan kekuatan skin barrier. Makanya, saat kulit kehilangan ceramide akibat penuaan atau paparan radikal bebas, kulit akan lebih rentan mengalami kerusakan. 

Cica 

Last but not least, ada kandungan cica atau centella asiatica yang kerap dipakai dalam produk-produk sunscreen spray. Zat ini mampu bekerja dengan cara menyerap dan memantulkan sinar matahari supaya nggak menyerap ke dalam kulit. 

Baca juga “Berkenalan dengan Sunscreen Generasi Terbaru: Hybrid Sunscreen!

Prospek Bisnis Sunscreen Spray dengan Brand Sendiri

Mengingat manfaat sunscreen spray yang beragam, sayang kalau kamu nggak mencoba membuat produk tabir surya menggunakan brand sendiri. Prospek bisnis produk sunscreen spray ini memang sedang hits. 

Buktinya, penjualan produk tabir surya di tahun 2023 mencapai angka 4,6%. Artinya, peluang untuk memulai bisnis produk sunscreen masih cukup besar. Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnisnya untuk bikin brand sunscreen spray sendiri. 

Mash Moshem Indonesia bisa menjadi solusi terbaik buat mewujudkan impianmu untuk bikin brand sunscreen spray sendiri. Nggak tanggung-tanggung, kami juga akan meracik formulasi dengan dosis yang tepat dan memakai bahan berkualitas, sehingga produk sunscreen spray-mu dijamin aman. 

Lalu, berapa biaya maklon kosmetik di tempat kami? Umumnya, biaya yang kami tetapkan untuk setiap jenis produk kosmetik dan skincare berbeda-beda. Tapi, secara keseluruhan harganya relatif terjangkau buat BeautyPreneur pemula. 

Mau tanya-tanya seputar informasi lainnya? Yuk, konsultasi bareng tim kami sekarang! 

Jangan lupa klik tombol hijau di bawah ini, ya! 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading