Zinc Pyrithione untuk Rambut: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Tanda yang paling umum ketika kulit kepalamu sedang tidak baik-baik saja adalah dengan munculnya ketombe berlebihan. Bahkan, pada beberapa kasus, serpihan ketombe ini bisa sangat besar dan menyerupai kulit yang terkelupas.

Well, kalau mengalami kondisi ini, siapa juga yang tidak khawatir? Selain rasa yang tidak nyaman di kulit kepala, kadang serpihan ketombe ini bisa jatuh di pundak ataupun baju yang kita kenakan.

Meski kadang sangat menjengkelkan, ketombe bisa diatasi dengan perawatan rumahan. Perawatan untuk ketombe berkisar dari sampo yang dijual bebas hingga krim yang diresepkan oleh dokter kulit, tetapi hampir semua produk ini memiliki bahan yang sama: zinc pyrithione.

Kalau kamu perhatikan, beberapa produk perawatan rambut yang dikhususkan untuk mengatasi ketombe, pasti sering mengandung zinc pyrithione dalam daftar komposisinya.

Tapi apakah kamu pernah mempertanyakan, apakah bahan aktif satu ini memang sebegitu efektifnya? Ataukah justru bisa menimbulkan efek samping lain pada kesehatan kulit kepala dan rambut kamu?

Nah, untuk itulah kami mengumpulkan berbagai informasi dari banyak sumber soal kegunaan zinc pyrithione untuk rambutmu. Termasuk apa saja efek sampingnya dan bagaimana cara penggunaannya yang aman.

Kalau kamu penasaran, langsung simak penjelasan lengkap soal zinc pyrithione untuk rambut berikut ini!

Apakah yang Dimaksud dengan Zinc Pyrithione?

Zinc pyrithione merupakan bahan aktif yang banyak ditemukan dalam produk perawatan rambut dan kulit kepala. Umumnya, bahan ini ditemukan dalam produk yang melawan adanya bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Dilansir dari … Zinc pyrithione dapat bekerja sebagai antijamur dan antibacterial. Sehingga dapat membantu meredakan jumlah jamur yang dapat memicu adanya inflamasi pada kulit kepala.

Uniknya, tak hanya bisa memberikan manfaat untuk kulit kepala dan rambut, bahan aktif ini disinyalir dapat memberikan manfaat sama baiknya untuk wajah.

Karena, Zinc pyrithione dapat digunakan untuk mengobati pityrosporum folliculitis (jerawat jamur) dan kondisi karena ragi pada kulit yang dikenal sebagai tinea versicolor.

Beragam Manfaat Zinc Pyrithione untuk Rambut

Salah satu yang membuat suatu bahan aktif begitu marak digunakan adalah karena keberagaman manfaatnya. Hal yang sama pun dapat kamu temukan dalam kandungan zinc pyrithione, lho!

Yap! Bahan aktif satu ini tidak hanya dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Melainkan diklaim memiliki banyak  manfaat lainnya yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Nah, kira-kira apa saja manfaat zinc pyrithione untuk rambut? Baca terus untuk tahu jawabannya!

Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Manfaat zinc pyrithione untuk rambut yang pertama adalah meningkatkan kesehatan kulit kepala. Ini secara otomatis pun akan berdampak pada kesehatan rambut kamu, yang juga akan turut meningkat lho, Ladies.

Zinc pyrithione memiliki kekuatan untuk mengobati berbagai masalah, termasuk ketombe, gatal, jerawat, dan psoriasis kulit kepala dengan menargetkan ragi/jamur yang menyebabkan masalah.

Produksi ketombe yang berlebihan diketahui dapat menyumbat folikel rambut, menyebabkan mucnulnya peradangan dan iritasi pada kulit kepala.

Nah, inilah yang membuat zinc pyrithione dikatakan mampu meningkatkan kesehatan kulti kepala secara keseluruhan. Karena dengan menghalangi terbentuknya ketombe, bahan aktif ini dapat mencegah kemunculan masalah kesehatan rambut lainnya.

Melawan Jamur Penyebab Ketombe

Manfaat zinc pyrithione untuk rambut ini telah banyak disinggung sebelumnya. Yah, zinc pyrithione merupakan bahan aktif yang berperan sebagai antimikroba dan antijamur dalam produk perawatan rambut.

Karena inilah, zinc pyrithione dapat mengatasi masalah ketombe yang kamu alami dengan langsung menyerang sumbernya. Bahan aktif ini, secara alami dapat bekerja sebagai anti peradangan, antimikroba, dan antijamur.

Sehingga dapat mencegah kemunculan ketombe dari berbagai faktor penyebab kemunculannya. Bahkan, kamu pun dapat mengurangi penumpukan jamur di kulit kepala dan mengurangi rasa tidak nyaman yang menyertainya dengan menggunakan produk berkandungan zinc pyrithione, lho.                                                                                                         

Mencegah Inflamasi dan Mengurangi Rasa Gatal

Sedikit dibahas dalam point sebelumnya, zinc pyrithione pun dapat bekerja sebagai antiradang. Sehingga dapat meredakan rasa tidak nyaman pada kulit kepala akibat ketombe, seperti rasa gatal, perih, dan mencegah terjadinya inflamasi lebih lanjut.

Nah, tak jarang juga ketombe muncul ketika kulit kepala mengalami peradangan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan ukuran ketombe yang lebar dan besar.

Mengontrol Produksi Minyak Berlebihan di Kulit Kepala

Tak hanya menyingkirkan ketombe yang mengganggu dan rasa tidak nyaman yang menyertainya, manfaat zinc pyrithione untuk rambut lainnya adalah mengontrol produksi minyak di kulit kepala.

Produksi sebum secara berlebihan bisa memicu banyak masalah lain pada kulit kepala, teramsuk munculnya ketombe, juga membuat rambut lepek dan beraroma tidak sedap.

Mendukung Pertumbuhan Rambut Baru

Zinc pyrithione memiliki potensi untuk mempengaruhi pertumbuhan rambut. Karena sejumlah masalah penipisan rambut dan kerontokan rambut terkait dengan kulit kepala yang kotor dan berketombe

Zinc pyrithione dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati atau kondisi yang mencegah pertumbuhan rambut (folikel rambut tersumbat, psoriasis, dll.).

Dengan demikian membuat rambut lebih penuh dan lebih sehat. Beberapa penlitian pun menunjukkan bahwa penggunaan sehari-hari dari 1 persen sampo zinc pyrithione selama 26 minggu, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat secara signifikan.

Membuat Rambut Tampak Lebih Sehat dan Berkilau Alami

Untuk membuat rambut tampak indah dan berkilau alami sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Misalnya dengan menjaga kesehatan kulit kepala dan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkannya.

Manfaat zinc pyrithione untuk rambut selanjutnya bisa membantumu mendapatkan rambut yang indah dan berkilau alami. Ini dikarenakan berbagai masalah kerontokan rambut, warna yang kusam, dan tekstur kasar dari rambut biasanya juga dipengaruhi oleh sifat berminyak pada kulit kepala.

Nah, dengan mengatur produksi sebum agar tidak terlalu berlebihan, zinc pyrithione dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada kecantikan rambut secara keseluruhan.

Jenis Rambut dan Kulit Kepala yang Cocok Menggunakan Zinc Pyrithione

Setelah mengetahui manfaat zinc pyrithione untuk rambut, kamu pasti juga bertanya-tanya: apakah bahan aktif ini aman digunakan untuk semua jenis kulit kepala dan rambut?

Well, para ahli menyebutkan bahwa zinc pyrithione tergolong aman digunakan untuk semua jenis rambut dan kulit kepala.

Akan tetapi, bahan aktif ini akan dapat bekerja optimal dan menunjukkan efek terbaik untuk mengatasi masalah ketombe, dermatitis seboroik, atau kondisi kulit kepala lainnya yang diperburuk oleh jamur/ragi.

Sekarang ada beberapa formulasi sampo dan produk kulit kepala topikal yang mengandung zinc pyrithione bersama dengan bahan penghidrasi dan pelembab. Bahan-bahan kombinasi ini akan meringankan efek samping dari zinc pyrithione dengan menjaga hidrasi kulit kepala.

Meski begitu beberpa ahli juga menyebutkan bahwa, ketika tidak memiliki masalah ketombe yang serius atau kulit kepala yang sangat berminyak, kamu dapat melewatkan zinc pyrithione.

Efek Samping Zinc Pyrithione untuk Kulit Kepala dan Rambut

Mempertimbangkan keamanan produk dengan menelisik efek samping kandungannya buat kulit, adalah langkah yang patut kamu lakukan ketika akan menggunakan produk perawatan baru.

Begitu juga ketika akan menggunakan produk perawatan rambut denagn kandungan zinc pyrithione. Tapi, apakah kandungan zinc pyrithione bisa memberikan efek buruk pada rambut ataupun kulit kepala kita?

Dilansir dari Healthline, satu-satunya kekurangan dari kandungan ini adalah sifatnya yang dapat mengangkat minyak alami pada rambut dan kadang membuat kulit kepala kamu terlalu kering.

Ini juga akan berdampak pada mikrobioma alami pada kulit kepala, yang sebenarnya dapat bekerja untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala dan menjaga protein rambut.

Karenanya, bagi orang yang memiliki jenis kulit kepala sensitif sebaiknya menggunakan produk berkandungan zinc pyrithione secara bertahap.

Artinya, kamu harus membatasi dosisnya agar kondisi kulit kepala tidak semakin kering dan malah memicu adanya inflamasi.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk yang bisa mengembalikan kelembapan dan hidrasi pada kulit kepala maupun rambut. Seperti hair oil, hair serum, dan juga hair mask yang kaya minyak alami.

Cara Mendapatkan Manfaat Zinc Pyrithione untuk Rambut

Zinc pyrithione sangat mudah ditemukan dalam formula produk perawatan rambut dan kulit kepala yang dijual di supermarket, maupun toko-toko kecantikan tertentu.

Tergantung pada tingkat keparahan masalah kesehatan kulit kepala yang kamu alamiu, dokter kulit bisa merekomendasikan perawatan yang lebih kuat yang mungkin memerlukan resep.

Namun secara umum, untuk medapatkan manfaat zinc pyrithione untuk rambut bisa lewat beberapa cara di bawah ini.

Gunakan Sebagai Sampo Anti-Ketombe

Zinc pyrithione paling sering ditemukan dalam sampo anti-ketombe. Untuk hasil terbaik, kamu harus membasahi rambut dan memijat sampo ke kulit kepala.

Biarkan selama sekitar satu menit (atau seperti yang diinstruksikan pada label sampo) sebelum keramas sisa rambut dan kemudian bilas.

Penggunaan sampo dengan zinc pyrithione ini bisa memberikan efek yang berbeda-beda pada tiap orang. Karena pada dasarnya kita memiliki kebutuhan dan jenis kulit kepala yang juga berberda.

Namun, menurut ahli, kamu enggak perlu menggunakan sampo ini tiap hari. Melainkan cukup dua hingga tiga kali dalam seminggu, agar kulit kepala dan helaian rambut tidak terlalu kering.

Untuk beberapa individu yang berurusan dengan dermatitis seboroik atau ketombe, direkomendasikan untuk mencuci kulit kepala setiap hari untuk membantu menghilangkan penumpukan minyak atau kulit mati, yang dapat menyebabkan penskalaan atau pengelupasan.

Jika kamu khawatir tentang kekeringan pada kulit kepala, boleh saja menggunakan sampo zinc pyrithione beberapa hari per minggu dan sampo non-obat pada kulit kepala, pada waktu selanjutnya.

Gunakan Sebagai Kondisioner

Kondisioner dengan zinc pyrithione dapat membantu melawan ketombe, gatal dan mengelupas, sekaligus mengembalikan keseimbangan pada kulit kepala dan memberikan hidrasi.

Setelah keramas, pijat kondisioner ke kulit kepala dan rambut kamu dan tutup dengan topi mandi. Biarkan selama 3 menit dan bilas. Ikuti petunjuk pada label atau kemasan produk perawatan rambut yang kamu gunakan untuk hasil terbaik.

Serum Rambut untuk Meredakan Peradangan

Serum dengan zinc pyrithione sangat bagus digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kepala berminyak atau pengelupasan parah dan ketombe.

Oleskan serum ke kulit kepala di sela-sela mencuci untuk membantu mengatasi gatal dan serpihan. Ikuti petunjuk pada produk, tetapi sebagian besar dapat diterapkan beberapa kali sehari.

Sebagai Kondisioner Rambut Tanpa Bilas

Jika kulit kepala cenderung kering, krim tanpa bilas seringkali lebih menenangkan dan melembapkan daripada serum.

Krim sering diresapi dengan produk hidrasi seperti vitamin E dan minyak argan untuk melindungi dan melembabkan, sedangkan seng pyrithione mengurangi ketombe, gatal dan iritasi.

Setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti jadi tahu kalau ternyata banyak sekali manfaat zinc pyrithione untuk rambut.

Nah, apakah kamu tertarik untuk membuat produk perawatan rambut dengan kandungan ini? Mash Moshem Indonesia bisa membantumu, lho!

Karena kami memiliki tim RnD yang ahli dalam bidang formulasi kosmetik, kami dapat membuat sample produk dari bahan-bahan yang kamu inginkan.

Mulai dari bahan-bahan aktif yang sangat populer di pasaran, maupun bahan alami yang tak kalah baiknya untuk kecantikan dan kesehatan rambut.

Yuk! Mulai brand kosmetikmu dengan maklon kosmetik bersama Mash Moshem Indonesia!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment