Perusahaan Manufaktur: Ciri, Ruang Lingkup, dan Contoh
Beautypreneurs, kamu pasti sudah tak asing dengan yang namanya perusahaan manufaktur, bukan? Pasalnya, banyak juga brand owner kosmetik baru yang memulai usahanya menggunakan jasa manufaktur kosmetik.
Meski terbilang cukup menjamur dan sangat mudah kita jumpai, bagi pebisnis baru mungkin manufaktur terbilang asing di telinga. Terlebih perusahaan manufaktur umumnya diasosiasikan dengan perusahaan pembuatan mesin otomotif dan teknologi komunikasi. Padahal manufaktur ini bisa juga kita temui dalam industri makanan, obat-obatan, hingga kosmetik, loh.
Melansir dari laman Kompas, perusahaan manufaktur ini adalah sebuah badan usaha yang memproduksi barang jadi dari bahan baku mentah. Dalam prosesnya, perusahaan ini menggunakan alat, mesin produksi, dan tim yang ahli sehingga dapat menciptakan produk dalam skala besar.
Nah, Beautypreneurs, sebagai seorang brand owner kamu juga harus mengetahui karakteristik perusahaan manufaktur. Sehingga kamu bisa memilih partner bisnis terbaik untuk memproduksi produk kosmetik dengan brand pribadimu sendiri.
Yuk, segera simak ulasan soal perusahaan manufaktur, ciri, dan jenisnya berikut ini. Happy reading!
Apa Itu Perusahaan Manufaktur?
Sebelum membicarakan contoh dan cirinya, pertama mari kita bahas dulu soal definisi dan konsep dasar dari perusahaan manufaktur, ya.
Mengutip dari The Balance manufaktur merupakan proses pembuatan sebuah produk yang mengandalkan bahan baku mentah. Proses ini biasa ditemukan di dalam lingkup industri peternakan, pabrik dan juga pembangkit tenaga listrik.
Bukan hanya berhenti di situ, proses dari manufaktur juga dapat di lakukan di rumah. Asalkan masih ada produk yang dapat perusahaan ciptakan dari hasil bahan mentah yang ada.
Walaupun begitu proses manufaktur ini akan sangat berbeda dengan proses produksi. Manufaktur akan berfokus pada proses pengubahan bahan mentah menjadi produk solid. Hal tersebut berbeda dengan proses produksi yang ridak hanya berfokus pada produk solid saja.
Berasal dari pengertian manufaktur ini kemudian munculah perusahaan manufaktur, yang merupakan suatu bisnis atau badan usaha yang dapat mengolah bahan baku atau barang mentah menjadi produk setengah jadi maupun produk yang sudah jadi dengan memiliki harga jual. Perusahaan manufaktur akan melakukan proses produksi dengan skala yang masif.
Kemudian tidak sedikit perusahaan manufaktur yang menggunakan mesin besar untuk membantu operasional kinerja produksi. Ini menjadikan kehadiran perusahaan manufaktur menjadi amat penting keberadaannya pada sebuah negara. Sebab, mampu meningkatkan jumlah lapangan kerja di wiliayah terkait.
Pada sektor proses pengolahannya perusahaan manufaktur akan mengelaborasikan seluruh elemen produksi yang tersedia secara optimal. Mulai dari mesin, peralatan sampai tenaga kerja pada sebuah medium yang sama. Semua alur proses dan juga tahapan yang dijalankan pada aktivitas manufaktur akan berpedoman pada SOP (Standar Operasional Prosedur).
Di Indonesia seringkali masryarakat menyebut perusahaan manufaktur ini sebagai pabrik. Di mana pabrik ini akan terdapat di wilayah tertentu dan biasa disebut sebagai area industri.
Simpulannya, perusahaan manufaktur merupakan badan usaha yang berkutat pada proses manufaktur. Jenis perusahaan ini akan lebih berfokus pada bidan pembuatan produk-produk solid yang nantinya akan masyarakat gunakan.
Lantas apa itu manufacturing?
Secara garis besar pengertian manufacturing merupakan proses pengolahan barang mentah melalui proses kimia dan juga fisika yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengubah bentuk, sifat dan juga tampilan produk.
Aktivitas dari manufaktur ini melingkupi proses perakitan pada suatu komponen sampai bisa menjadi sebuah produk yang utuh dan juga siap jual.
Ditinjau dari segi ekonimis, manufacturing memilki pengertian di mana proses transformasi dari barang mentah menjadi produk dengan bentuk yang memilliki nilai tambah.
Proses transformasi ini dilaksanakan dengan cara melalui beberapa tahap seperti perakitan sampai pada akhirnya bisa terbuat sebuah produk dengan nilai jual.
Lalu setiap produk yang sudah siap untuk dijual akan ditawarkan dan didistribusikan kepada konsumen atau pembeli, baik dalam bentuk grosir sampai eceran.
Dengan ini setiap produk yang sudah dihasilkan oleh beberapa jenis perusahan dapat sampai kepada tangan konsumen atau pembeli.
Ciri-Ciri Perusahaan Manufaktur
Seperti yang dalam penjelasan sebelumnya, perusahaan manufaktur merupakan organisasi bisnis yang berfokus pada proses pengolahan bahan mentah menjadi produk yang solid.
Akan tetapi seringkali pengertian ini dibandingkan dengan perusahaan umum yang proses bisnisnya menghasilkan produk secara rutin.
Berikut ini adalah karakteristik serta ciri dari perusahaan manufaktur seperti;
Pendapatannya Berasal dari Penjualan
Perusahaan manufaktur akan cenderung melakukan kegiatan bisnis yang mencakup produksi, menciptakan sampai menjual barang dalam bentuk produk.
Produk yang kita maksudkan di sini dapat berupa produk setengah jadi dan juga produk sudah jadi contohnya peralatan rumah tanggan sampai produk minuman maupun makanan.
Karena proses penjualannya berupa sebuah produk, pemasukan utama dari perusahaan manufaktur sendiri adalah aktivitas penjualan produk dan barang yang sudah perusahaan produksi.
Pada umumnya perusahaan manufaktur akan mampu memproduksi satu atau lebih barang jadi dan juga barang setengah jadi.
Pastinya akan menjadi semakin banyak jenis barang yang dapat diproduksinya akan semakin besar pula pemasukan yang diperoleh perusahaan tersebut.
Memiliki Persediaan Fisik
Produk atau barang yang perusahaan manufaktur jual merupakan sebuah produk jadi. Dengan ini perusahaan manufaktur juga sudah pasti memiliki persediaan barang dan produk secara fisilk.
Tesedianya produk pada perusahaan ini dapat berupa stok barang yang telah siap untuk jual, maupun produk yang masih setengah jadi yang kedepannya akan perusahaan proses kembali menjadi sebuah produk jadi.
Stok produk pun juga wajib untuk diperbaharui datanya agar tidak mengganggu proses jalannya produksi.
Aktivitas Perusahaan Manufaktur
Seperti yang telah kita simak di atas, kegiatan operasional paling utama di dalam perusahaan manufaktur adalah menjalankan aktivitas produksi.
Kegiatan ini akan mencakup pengolahan bahan baku atau bahan mentah menjadi produk setengah jadi dan juga langsung menjadi barang jadi yang telah siap untuk dijuak.
Tidak adanya proses produksi seperti ini suatu perusahaan tidak akan dapat berjalan dan mendapatkan keuntungan.
Ruang Lingkup dan Contoh Perusahaan Manufaktur
Di sini industri manufaktur bisa kita bagi menjadi beragam jenis perusahaan dan bergerak pada beberapa bidang, seperti industri kimia dan dasar, aneka industri, dan juga aneka produk konsumsi.
Selain itu terdapat juga industri tekstil dan juga garmen, alat, otomotif serta mesin berat, logam, industri berbasis plastik dan farmasi, rokok dan juga lainnya.
Pastinya semua barang dan produk yang sudah perusahaan ini produksi umumnya merupakan produk yang sangat pasar butuhkan, atau yang memiliki peluang bisnis besar.
Semakin tingginya tingkat permintaan pasar terhadap barang tersebut, makan akan semakin banyak pula proses produksi yang akan perusahaan laksanakan.
Hal ini tidak menutup kemungkinan pula pada jumlah perusahaan atau pelaku manufaktur yang akan memproduksi barang tersebut.
Berikut ini adalah beberapa contoh perusahaan manufaktur yang dapat dengan mudah kamu temukan di Indonesia seperti berikut.
Industri Kimia dan Dasar
Jenis bidang manufaktur pertama ini adalah sektor industri dasar dan juga kimia. Perusahaan ini termasuk dalam ketegori ruang lingkup yang bergerak pada bidang produksi serta pengolahan keramik, semen, porselen, pakan ternak dan juga kertas.
Segmentasi dari industri ini juga menggabungkan penggunaan minyak mentah untuk memproduksi plastik tertentu layaknya bahan sintetis dan bahan bakar lainnya.
Berikut ini adalah contoh-contoh perusahaan manufaktur yang bergerak di industri kimia dan dasar:
- Holcim Indonesia Tbk
- Arwana Citra Mulia Tbk
- Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
- Barito Pacific Tbk
- Asahimas Flat Glass Tbk
- Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk
Aneka Industri
Jenis bidang manufaktur yang kedua ini adalah sektor aneka industri. Badan usaha yang bergerak pada bidang ini cenderung mengolah mesin dan juga berbagai peralatan berat.
Tidak hanya berhenti di situ saja, tekstil dan garmen, otomotoif, kabel, alas kaki dan juga alat elektronik lainnya juga termasuk dalam jenis manufaktur satu ini.
Berikut ini adalah contoh badan usaha Indonesia yang bergerak di sektor aneka industri sepert:
- Apac Citra Centertex
- Astra Otopart Tbk
- Sat Nusa Persada Tbk
- Kabelindo Murni Tbk
Industri Produk Konsumsi
Jenis bidang manufaktur yang ketiga ini adalah sektor badan usaha industri barang konsumsi. Berdasarkan Science Park, perusahaan yang bergerak di industri ini cenderung memanufaktur dan mengolah barang siap konsumsi.
Ada beberapa produk yang mereka manufakturkan antara lain seperti minuman dan juga makanan, kebutuhan famrasi, rokok, kosmetik dan juga peralatan rumah tangga.
Berikut ini adalah contoh perusahaan manufakturdi Indonseia yang berkecimpung pada sektor industir barang konsumsi seperti:
- Akasha Wira International Tbk
- Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbkk
- Indofoof CBP Sukse Makmutr Tbk
- Mandom Indonesia Tbk
- Unilever indoensia Tbk
- Mustika Ratu Tbk
- Mash Moshem Indonesia, PT
Mash Moshem Indonesia, One Stop Cosmetic Manufacturing
Membicarakan soal perusahaan manufaktur, enggak lengkap kalau tak menyinggung soal Mash Moshem Indonesia. Yap! Sebagai salah satu perusahaaan manufaktur kosmetik terbaik di Surabaya, kami telah memiliki pengalaman yang panjang dan berhasil menciptakan ribuan produk kosmetik di pasaran.
Berkonsep “One Stop Cosmetic Manufacturing”, kami berkomitmen untuk menyediakan pelayanan pembuatan dan produksi kosmetik terlengkap. Istilahnya, hanya dengan satu pemberhentian saja, kamu bisa mendapatkan segala pelayanan yang kamu butuhkan untuk penciptaan produk, dan bahkan pengembangan brand kosmetikmu.
Memang apa saja jenis pelayanan yang bisa kamu dapatkan dengan maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia?
Kamu bisa mendapatkan 8 keuntungan dan pelayanan sekaligus ketika maklon kosmetik bersama kami, yang terdiri dari:
Brainstorming ide dan konsep produk
Kamu baru mulai bikin brand kosmetik dan enggak punya cukup tim kreatif untuk melakukan brainstorming konsep produk? Tenang, deh, ada tim Business Development (BD) Mash Moshem Indonesia.
Tak hanya peka terhadap kebutuhan pasar, kami juga memiliki akses data tren terbaru mengenai peluang produk, segmentasi pasar yang sedang hype, juga berwawasan luas soal bahan-bahan terbaru.
Artinya kamu bisa mendiskusikan secara aktif bersama tim kami mengenai produk yang ingin kamu buat, entah dari bahan-bahannya, spesifikasi yang kamu inginkan, target pasar, hingga budget yang kamu miliki.
Tim kami akan memberikan feedback dan membantumu merumuskan konsep produk yang potensial dan menguntungkan, sesuai dengan perencanaan bisnismu. Menarik, kan?
Formula produk
Selain tim pemasaran yang peka tren, kamu juga bisa mengonsultasikan spesifikasi formula yang kamu inginkan dengan tim formulator kami. Setelah itu, tim kami akan menciptakan formulasi yang unik dan khas untuk produkmu.
Meski kami telah bekerja sama dengan lebih dari 900 brand kosmetik, dan menciptakan 2300 lebih produk yang terdaftar resmi di BPOM. Kamu tak perlu khawatir dengan orisinalitas dan karakteristik produk kosmetikmu.
Berkonsep “One Brand One Formula”, kami berkomitmen selalu menciptakan formula baru untuk tiap brand yang maklon bersama kami. Setelah itu, kami juga akan merahasiakan formulasi tersebut dan tak menggunakannya untuk klien kami lainnya.
Sample produk
Setelah menyetujui spesifikasi produk dan formulasinya, kami juga menyediakan fasilitas pembuatan sample produk. Dengan begitu, kamu dapat menilai apakah sample tersebut sudah sesuai dengan ekspektasimu.
Kami menyediakan layanan revisi sample hingga tiga kali. Artinya, bila ada aspek yang menurutmu kurang dan perlu adanya perbaikan, kamu bisa langsung mendiskusikannya bersama tim kami dan formulator akan kembali menyesuaikan sample dengan koreksimu.
Pengurusan legalitas
Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan maklon di Mash Moshem Indonesia adalah layanan pengurusan legalitas produk. Mulai dari legalitas BPOM, sertifikasi Halal Kosmetik, Vegan Kosmetik, hingga HSA Singapura.
Tak hanya produk, buat kamu yang baru mulai bikin brand, kami juga bisa membantumu menguruskan Hak Merk Dagang dan HKI Produk.
Semua legalitas dan sertifikasi ini dapat memberikan jaminan keamanan penggunaan produk, menambah nilai jual, serta melindungi brand kosmetikmu di mata hukum.
Penciptaan desain produk
Selain proses penciptaan produk, kami juga memiliki tim desain kreatif yang dapat membantumu menciptakan desain kemasan produk kekinian, eye catching, dan trendi.
Kamu juga bisa berkonsultasi secara aktif bersama tim kami untuk mendiskusikan preferensi desain yang kamu inginkan. Dari segi warna, kemudian karakter atau nilai yang ingin kamu tonjolkan, serta menyesuaikannya dengan target pasarmu.
Proses produksi massal
Perusahaan manufaktur kosmetik Mash Moshem Indonesia memiliki mesin produksi yang canggih dan diawasi oleh tim ahli di bidangnya. Dengan demikian, produk kosmetikmu dapat diproduksi dalam waktu yang relative cepat, serta memiliki nilai kualitas terbaik dan unggul di pasaran.
Digital marketing
Bertekad untuk memberikan pelayanan lengkap dan mendukung perkembangan brand kosmetikmu, kami juga menghadirkan layanan webinar digital marketing. Dengan begitu, kamu bisa memasarkan produkmu dengan tepat di berbagai media dan dapat menjangkau konsumen potensial untuk brand kosmetikmu.
Media promosi
Selain pengetahuan soal digital marketing, kami juga menyediakan layanan pembuatan media promosi untuk brand kosmetikmu. Mulai dari pembuatan video produksi dan company profile, brosur, product knowledge atau FAQ, dan banyak lainnya.
Nah, setelah membaca uraian di atas, apakah kamu berminat untuk membuat produk kosmetikmu lewat perusahaan manufaktur Mash Moshem Indonesia? Langsung klik tombol WhatsApp di bawah ini untuk mulai konsultasi. See you!