Pahami Analisis Motivasi Konsumen agar Strategi Pemasaran kian Efektif
Motivasi adalah kondisi dimana seseorang memiliki hasrat atau dorongan yang timbul secara sadar dan tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Dengan menganalisis motivasi konsumen, kamu bisa menciptakan strategi pemasaran terbaik dan efektif untuk bisnis kosmetikmu.
Selain itu motivasi juga didefinisikan sebagai suatu dorongan untuk mencapai kepuasan batin individu. Hal ini dapat menjadi motivasi seseorang ketika membeli sesuatu untuk mencapai kepuasan batin.
Mengutip dari pemaparan D.J Durdian, motivasi konsumen merupakan pengaruh atau pertimbangan yang memberikan dorongan untuk membeli dan juga dorongan untuk menentukan pilihan dalam membeli barang atau jasa.
Strategi pemasaran ini sangat berguna untuk meningkatkan kinerja pemasaran karena menggunakan analisis motivasi konsumen, terutama untuk produk-produk kosmetik lho!
Artikel ini akan mengulas cara menyusun strategi pemasaran produk kosmetik lewat analisis motivasi konsumen.
Sebelum mengetahuinya lebih lanjut, yuk sipak dulu ulasan satu persatu mengenai motivasi konsumen seperti berikut ini.
Apa Itu Motivasi Konsumen?
Motivasi adalah kondisi dimana seseorang secara sadar atau tidak memiliki hasrat atau dorongan untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.
Selain itu motivasi juga didefinisikan sebagai suatu dorongan untuk mencapai kepuasan batin individu. Hal ini dapat menjadi motivasi seseorang ketika membeli sesuatu untuk mencapai kepuasan batin.
Sedangkan motivasi konsumen adalah dimana suatu brand akan mencari berbagai cara untuk memotivasi konsumen agar terlibat, mempromosikan dan akhirnya membeli produk atau layanan tersebut.
Mengutip dari pemaparan D.J Durdian, motivasi konsumen merupakan pengaruh atau pertimbangan yang memberikan dorongan untuk membeli dan juga dorongan untuk menentukan pilihan dalam membeli barang atau jasa.
Motivasi konsumen merupakan salah satu ilmu pengambilan keputusan untuk memotivasi konsumen, ilmu ini sanagat penting untuk membangun brand equity dan pelanggan yang loyal.
Hal yang Mempengaruhi Motivasi Konsumen
Terdapat tiga faktor utma yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen yaitu emosi, situasi, dan juga kepribadian. Alasannya sebagai berikut:
Emosi
Manusia cenderung menggunakan emosi atau perasaan untuk mendapatkan informasi tentang objek, produk dan masyarakat.
Dalam hal ini emosi memiliki sifat yang fleksibel serta lebih spesifik kepada konteks. Contohnya ketika konsumen bisa merasa santai di spa dan merasa bersemangat di pertandingan bola basket.
Kedua contoh diatas memiliki sisi emosi positif namun berbeda pada takaran tingkat emosinya. Relaksasi bisa memotivasi seseorang untuk berlama-lama dan membiarkan pikirannya berpetualang.
Sementara kegembiraan bisa memotivasi seseorang untuk bersemangat, membeli produk kecantikan atau layanan lainya.
Situasi
Isyarat bisa melahirkan ide-ide baru yang lebih menonjol atau top of mind, dimana hal ini dapat menyebabkan seseorang bertindak dengan cara yang mungkin tidak mereka lakukan.
Jika kamu sedang berada di suatu bazzar makanan, coba perhatikan berapa banyak sampel gratis makanan yang sedang dicicipi orang-orang. Pastinya kamu juga ingin mencicipinya bukan.
Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat akan cenderung lebih banyak mencicipi banyak sampel saat mereka melihat mereka melihat orang lain mengambil sampel.
Personalitas
Kebutuhan masyarakat sangat bervariasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang benar-benar mereka butuhkan.
Bagi beberapa masyarakat, kebutuhan menjadi salah satu bagian untuk mempertahankan hidup mereka serta membangun hubungan yang kuat dengan keluarga dan juga teman mereka.
Semantara ada beberapa masyarakat lain yang didorong oleh kebutuhan untuk kepentingan mengeksplorasi dan melengkapi gaya hidup.
Dari perbedaan dominasi kebutuhan tersebut akan memengaruhi reaksi konsumen terhadap iklan, preferensi, dan juga strategi belanja.
Contohnya seperti seseorang yang memiliki “rasa memiliki” yang tinggi akan cenderung menghabiskan uang hasil jerih payahnya untuk perjalanan keluarga atau shoping untuk memuaskan hatinya sendiri.
Pentingnya Mempelajari Motivasi Konsumen untuk Brand
Keyakinan, persepsi dan emosi yang tidak masuk akal adalah inti dari motivasi konsumen untuk brand. Dengan cara memahami alasan spesifik brand di bawah persepsi dan perilaku orang sanagt penting untuk mengembangkan dan memperkuat keterlibatan, loyalitas dan kepercayaan konsumen.
Dari sini konsumen akan terhubung dengan brand milikmu menjadi lebih kuat, apalagi jika kamu memanfaatkan alasan lebih dalam untuk melakukan proses pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen agar mereka memberikan keputusan membeli produk.
Pengaruhnya pada Keputusan Pembelian Produk
Belum tentu. Manusia merupakan makhluk dengan sikap, keyakinan, dan perasaan yang tidak sadar yang diaktifkan oleh rangsangan dan isyarat halus di lingkungan sekitar kita. Kami menyebut rangsangan ini sebagai “bilangan prima.” Priming adalah cara ampuh untuk memotivasi konsumen untuk menyesuaikan perilaku mereka tanpa mereka sadari.
Misalnya, satu penelitian menunjukkan bahwa memainkan musik Prancis di toko menyebabkan peningkatan penjualan anggur Prancis. Mengapa? Karena ada hubungan antara apa yang dirasakan oleh pikiran yang tidak sadar (misalnya, musik Prancis), representasi mental yang mendasari persepsi itu (misalnya, Prancis) dan perilaku yang sesuai (misalnya, pembelian anggur Prancis).
Primes mengaktifkan emosi dan kepribadian kita yang mendasarinya, yang pada gilirannya menyebabkan kita bertindak dengan satu atau lain cara. Pikirkan terakhir kali kamu mengalami hari yang buruk di tempat kerja dan akhirnya membeli sebotol anggur, sekantong keripik, atau es krim yang tidak akan Anda miliki.
Manfaat Mengetahui Motivasi Konsumen
Perusahaan yang peka terhadap motivasi pembelian konsumen, hanya dengan melewati percakapan singkat akan dapat menarik pelanggan melakukan pembelian.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengetahui motivasi konsumen seperti:
Berpengaruh pada Kesuksesan Tim Sales
Tim sales bisa memperoleh pengetahuan perihal motivasi konsumen berdasarkan beberapa metode berikut ini:
- Mengintograsi Konsumen: seorang sales bisa mengetahui tentang motivasi konsumen dengan cara mengamati kepribadian konsumen, tingkat pendidikan konsumen, pakaian sampai percakapan dengan konsumen.
- Mengamati Konsumen: Seorang sales bisa mengetahui motivasi konsumen dengan cara mengamati kepirbadian, pakaian, tingkat pendidikan sampai dialog dengan konsumen.
- Mengetahui tujuan pembeli: tim sales bisa juga menanyakan perihal tujuan konsumen, dengan ini tim sales bisa mengakses motivasi pembelian konsumen.
Perencanaan Pembuatan Produk Lebih Matang
Dikarenakan produsen tidak bisa melakukan kontak langsung dengan konsumen, produsen harus mengambil bantuan dari hasil penelitian motivasi konsumen agar memperoleh informasi mengenai kelompok konsumen.
Survei dan penelitan motivasi konsumen akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk membantu sektor produsen membuat produk menjadi lebih matang.
Mengetahui Harga yang Tepat untuk Target Pasar
Dengan mengetahui motivasi konsumen, perusahaan dapat mengetahui harga yang tepat untuk target pasar yang dituju. Hal ini akan sangat mempengaruhi laju penjualan produk yang telah diproduksi. Jika perusahaan tidak melakukan analisis motivasi konsumen bukan tidak mungkin produk menjadi tidak laku dipasaran.
Dengan melakukan analisis motivasi konsumen kamu dapat mengetahui dan menetapkan berapa besaran harga yang tepat untuk produk sebelum dipasarkan kepada konsumen akan dapat terjual.
Memfasilitasi Proses Produksi Materi Promosi
Data hasil analisis motivasi konsumen dapat membantu perusahaan untuk memfasilitasi proses produksi materi promosi.
Proses produksi materi promosi tidak akan dapat berjalan dengan lancar jika tidak ada data mengenai motivasi konsumen. Maka dari itu motivasi konsumen sangat bermanfaat untuk memfasilitasi hal ini.
Mampu Menentukan Saluran Distribusi Bisnis yang Tepat
Selain memfasilitasi proses produksi materi promosi, motivasi konsumen juga dapat membantu perusahaan untuk menentukan saluran distribusi bisnis yang tepat.
Motivasi konsumen sangat bermanfaat untuk perusahaan, terutama untuk menentukan saluran distribusi bisnis. Perusahaan tidak akan dapat menentukan jika tidak ada kevalidan data mengenai konsumen.
Menciptakan Hasil Terbaik untuk Konsumen
Motivasi konsumen juga sangat bermanfaat untuk menciptakan hasil terbaik bagi konsumen. Hasil penelitian dan pendekatan yang dilakukan oleh sales bisa membantu perusahaan meningkatakan kualitas produk dengan cara meninjau kelebihan dan kekurangannya.
Menciptakan Strategi Pemasaran Brand Kosmetik Berdasarkan Analisis Motif Konsumen
Brand kosmetik merupakan salah satu bentuk brand yang memerlukan strategi pemasaran jitu. Agar brand kosmetik dapat dijangkau dan disenangi oleh konsumen, berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran brand kosmetik berdasarkan analisis motif konsumen seperti:
Lakukan Riset Peluang Pasar
Melakukan riset pasar adalah hal paling mendasar di dalam strategi ini. hal tersebut dikarenakan brand kosmetik akan memiliki persaingan pasar yang ketat.
Dengan adanya riset peluang pasar, perusahaan dapat melakukan langkah terbaik untuk pemasaran brand kosmetiknya, terutama meninjau calon konsumen yang dituju.
Kegiatan riset peluang pasar akan lebih banyak melakukan pendekatan dengan para audiens dan calon konsumen untuk memahami setiap keingan dan keluhan mereka.
Pilih dan Tentukan Target Pasar
Jika sudah melakukan riset pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar yang akan dituju.
Dari sini perusahaan akan menyasar calon konsumen yang sesuai dengan branddan juga produk kosmetik yang telah diproduksi.
Usahakan ketika menentukan target pasar, kamu benar-benar memahami keluhan dan kebutuhan calon konsumen agar brand dan produk kosmetik kamu dapat diterima oleh target pasar.
Susun Marketing Mix
Marketing mix merupakan kumpulan variabel pemasaran yang digabungkan kemudian dikendalikan oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target pasar. Berikut ini adalah konsep dari marketing mix yang dapat kamu gunakan di dalam strategi ini seperti:
Jenis Produk
Produk adalah sesuatu yang bisa dijual oleh perusahaan baik produk tersebut berupa layanan, jasa, barang serta produk digital.
Saat mengembangkan sebuah produk kosmetik, kamu perlu memastikan terlebih dahulu apakah produk yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.
Kemudian apakah produk yang kamu jual ini juga bisa memberikan solusi serta masalah yang sedang dialami oleh target pasar yang kamu tuju.
Harga
Harga merupakan satuan biaya yang harus dikeluarkan oleh target konsumen untuk membeli atau menggunakan suatu produk yang ditawarkan oleh penjual.
Untuk menetapkan harga ini bisa bergantung dari nilai produk yang bisa konsumen rasakan. Saat produk memiliki harga yang rendah maka produk bisa digunakan oleh lebih banyak calon konsumen.
Sedangkan harga yang tinggi cenderung akan menarik pelanggan untuk mencari kualitas dan juga ekslusivitas.
Harga yang ditetapkan lebih tinggi dari biaya produksi pada dasarnya memang harus dilakukan oleh perusahaan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena konsep price ini akan menentukan keuntungan dan juga kelangsungan bisnis yang dijalankan.
Tempat Penjualan
Tempat penjualan akan mengacu pada lokasi dimana konsumen bisa menemukan, mengakses, menggunakan atau membeli produk yang disediakan.
Selain bentuknya tempat fisik seperti pabrik, toko, kantor atau gudang, saat ini unsur tempat juga bisa di dapatkan dalam bentuk digital seperti marketplace, media sosial, website dan lainnya.
Saat kamu menentukan tempat penjualan, kamu harus memikiran dahulu dimana calon target pasar kamu berada.
Saluran dan Media Promosi
Jika kamu sudah menentukan price, product dan place selanjutnya kamu menerapkan strategi promosi.
Promosi merupakan cara untuk memperkenalkan dan memerkan produk kamu agar bisa dijangkau oleh target pasar sehingga bisa menghasilkan penjualan. Kegiatan promosi ini dapat menggunakan papan reklame, katalog, brosur, iklan di tv dan lain sebaiganya.
Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu analisis motivasi konsumen agar dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif bagi bisnis kosmetikmu. Apakah kamu artikel ini membantumu? Tulis pendapat, pertanyaan, dan tanggapanmu di kolom komentar, ya!
Selain informasi ini, kamu bisa menemukan berbagai artikel menarik lainnya di laman News. Juga, jangan lupa untuk selalu mengikuti informasi terbaru soal tren dan maklon kosmetik di media sosial Mash Moshem Indonesia. See you~