Branding Kosmetik

Paduan Lengkap Link Building, Manfaat dan Strategi Penerapannya

link building adalah

Ada beragam cara untuk meningkatkan performa website. Selain memaksimalkan strategi SEO, link building juga dinilai cukup efektif untuk membuat website banyak pengunjung. Sebenarnya teknik link building ini juga termasuk dalam strategi SEO. Yakni SEO off page.

Link building tidak bisa dipisahkan dari puncak kesuksesan penilaian Google. Dengan menggunakan link building, mesin pencarian bisa dengan mudah mengenali atau mengidentifikasi websiemu.

Jika demikian, potensi untuk masuk rangking atas Google pun semakin tinggi. Semakin banyak link yang menuju ke websitemu, akan semakin tinggi pula peluangmu untuk dikenal Google. Namun jangan salah, meskipun semakin banyak link semakin bagus, tetap tidak boleh sembarangan.

Apalagi jika link building yang kamu gunakan dari website abal-abal, justru akan berdampak buruk bagi websitemu untuk ke depannya. Bahkan jika Google telah menilai hal tersebut melanggar praktik SEO, bisa berdampak websitemu akan dihapus.

Agar tidak salah, kamu perlu mengetahui apa itu link building dan juga strategi yang efektif untuk mengembangkannya. Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa kamu ketahui.

Bagi pelaku atau pengembang website mungkin sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Link building merupakan link yang disematkan di website lain untuk menuju ke websitemu. Jenis link yang satu ini juga biasa disebut dengan back link.

Para pengembang website memang mengklaim bahwa link building dinilai sangat efektif untuk meningkatkan performa website dengan mendatangkan banyak pengunjung. Selain itu algoritma Google juga dengan mudah mengidentifikasi websitemu.

Semakin banyak link building yang kamu dapat, akan semakin bagus pula untuk websitemu. Namun perlu diketahui bahwa back link yang kamu gunakan juga harus berkualitas. Satu backlink berkualitas akan sangat berharga untuk performa websitemu dibandingkan back link 100 namun dari website yang abal-abal.

Untuk menentukan back link tersebut berkualitas atau tidak, kamu bisa melihat dari website yang kredibel, relevan hingga traffic yang stabil. Jika kamu mendapat backlink dari website yang kurang berkualitas, justru akan memberi dampak yang cukup buruk.

Bahkan bisa saja websitemu mendapat penalti dari Google. Yakni dengan cara tidak menampilkan websitemu pada halaman pencarian. Tentu hal ini akan membawa pengaruh buruk bagi performa website.

Oleh karena itu jika kamu ingin menggunakan strategi link building ini, kamu harus berfokus untuk mencari backlink yang berkualitas. Dengan begitu, performa SEO-mu juga akan semakin meningkat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Manfaatnya untuk Bisnis

Itulah pengertian dari link building yang perlu kamu ketahui. Lantas mengapa sih link building ini dinilai cukup penting untuk SEO? Berikut alasannya.

Seperti yang diketahui bahwa algoritma SEO Google selalu berubah. Namun yang jelas link building tidak pernah berubah dalam penilaian mesin pencarian. Link building akan menjadi prioritas utama Google untuk menilai sebuah website untuk ditampilkan di halaman pencarian.

Mengapa demikian? Semakin banyak backlink berkualitas yang kamu dapatkan, itu berarti artikelmu dinilai sangat bermanfaat. Sebab banyak orang yang mengklik link tersebut dari website sumber.

Sehingga Google akan menilai bahwa websitemu sangat diminati banyak orang dan layak untuk ditampilkan di peringkat teratas. Sehingga jika algoritma SEO berubah, dengan menggunakan link building websitemu tetap menjadi prioritas.

Itulah alasan mengapa link building sangat penting untuk SEO. Perlu diketahui juga bahwa ternyata link building memiliki banyak jenisnya. Apa saja? Berikut daftar dan penjelasan selengkapnya.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa semakin banyak backlink bukan berarti semakin bagus untuk website. Itu semua tergantung ada kualitas website backlink tersebut. Kualitas mengalahkan kuantitas. 

Oleh karena itu penting sekali buat kamu untuk mengetahui jenis-jenis link building berkualitas tersebut. Simak penjelasan selengkapnya ya.

Jenis link building yang pertama adalah natural. Jenis link yang satu ini merupakan building link terbaik. Yakni orang yang memasang link websitemu di website mereka tanpa kamu minta. Hal tersebut berarti mereka percaya bahwa kontenmu cukup berkualitas sehingga layak untuk dijadikan eksternal link.

Jenis backlink yang satu ini terjadi karena beberapa alasan. Berikut daftarnya:

  1. Orang memasukkan link dari kontenmu karena dianggap sebagai sumber informasi terpercaya.
  2. Orang menyinggung website milikmu karena menjadi sumber tambahan bagi konten miliknya.
  3. Orang Memasukkan websitemu sebagai pembuat infografis atau statistic.
  4. Melakukan interview dengan orang yang berkaitan dengan website.

Itulah beberapa alasan backlink natural terjadi. Sebagian besar alasan adalah orang dengan suka rela dan senang hati mencantumkan websitemu. Untuk membuat orang percaya dengan websitemu, kamu harus meningkatkan kualitas konten.

Jenis link selanjutnya adalah link building outreach. Ini adalah jenis backlink yang paling sering digunakan oleh pengembang website. Yakni backlink yang diperoleh dengan cara kerjasama atau menghubungi pihak pemilik website untuk memasang link website kita.

Kamu bisa menghubunginya secara langsung maupun online. Jenis yang satu ini paling sering digunakan oleh pemilik website baru. Hasilnya pun cukup efektif. Namun untuk meminta mereka agar setuju memasang link building, kamu harus menjelaskan tujuan dan manfaatnya.

Yakinkan mereka bahwa websitemu layak untuk dijadikan eksternal link. Jika dinilai websitemu cukup bermanfaat dan ada relevansi dengan website mereka, pasti pemilik website juga tidak akan ragu untuk memasang link.

Link buildng yang satu ini bisa terjadi apabila:

  1. Guest blogging di mana kamu menulis artikel untuk diterbitkan di website orang lain. Kemudian kamu mencantumkan link agar menuju website priadi.
  2. Selanjutnya kamu menjadi sponsor bagi suatu website. Sehingga websitemu akan disebut dalam website mereka.
  3. Kemudian press release mengenai berita terbaru terkait website/brand.

Nofollow vs. Dofollow 

Link building yang terakhir adalah nofollow dan dofollow. Apa itu? Nofollow merupakan atribut HTML yang memberi tugas atau kode pada mesin pencarian untuk mengabaikan link tertentu. Sedangkan dofollow adalah sebalinknya, yakni bertugas untuk mengizinkan Google untuk mengikuti link yang dicantumkan.

Dofollow biasanya akan terbentuk secara otomatis ketika kamu menyematkan link. Sedangkan untuk nofollow, kamu harus menambahkan atribut ‘no follow’ pada ke dalam kode link.

Itulah beberapa jenis link building yang perlu kamu ketahui. Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah strategi link building yang efektif. Strategi ini perlu kamu terapkan agar performa SEO-mu meningkat.

strategi link building adalah

Kualitas segalanya di atas kuantitas. Begitulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan link building ini. Semakin berkualitas backlink yang kamu peroleh, akan semakin bagus pula untuk meningkatkan performa websitemu.

Nah, untuk meningkatkan kualitas tersebut kamu perlu melakukan beberapa strategi. Berikut adalah strategi yang bisa kamu lakukan untuk membangun link building.

Buat Konten Berkualitas

Strategi pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Seperti yang telah kita singgung sebelumnya bahwa kualitas sangat berarti dalam system link building.

Dengan membuat konten berkualitas yang konsisten, orang akan menilai bahwa websitemu layak untuk dijadikan eksternal link. Sehingga kamu akan dengan mudah menerima banyak backlink naturan dari website-website yang berkualitas.

Jika kontenmu berkualitas, mereka dengan suka rela akan mencantumkan link websitemu. Oleh karena itu kualitas dan konsistensi sangatlah penting. Biasanya beberapa konten yang berkualitas itu meliputi infografis, video, statistic hingga paduan.

Lakukan Guest Blogging

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah guest blogging. Apa itu? Guest blogging adalah ketika kamu menjadi tamu di website orang lain, kemudian kamu bisa memasukkan link website sendiri. Dengan begitu kamu akan mendapatkan backlink.

Cara yang satu ini cukup popule di kalangan para blogger. Yakni dengan kerjasama menulis, kemudian mereka akan mencantumkan website sendiri. Namun perlu kamu ingat bahwa kamu bisa dengan mudah mencantumkan link, tetap harus dengan konten yang berkualitas.

Sebab jika konten yang kamu buat tidak berkualitas dan asal-asalnya, bisa saja Google akan mendeteksinya sebagai spam. Tentu ini akan sangat berbahaya. Sebab bisa saja kamu justru terkena pinalti. So, tetap buat yang berkualitas ya.

Cara ke tiga adalah dengan cara memperbaiki link yang rusak. Link rusak ini tidak bisa pengunjung akses. Nah, alih-alih membiarkannya begitu saja, kamu bisa memanfaatkannya menjadi link building.

Yakni dengan cara membantu pemilik website tersebut untuk memperbaiki link yang rusak. Sebagai gantinya, kamu bisa memberi link baru atau link yang kamu miliki untuk menuju website. Dengan begitu, link yang kamu bangun akan semakin banyak dan berkualitas.

Aktif di Media Sosial

Tak bisa kita pungkiri bahwa saat ini sosial media memiliki peranan yang cukup penting dalam digital marketing. Oleh karena itu kamu perlu sekali untuk memanfaatnya untuk promosi website. Dengan cara membagikan link melalui sosial media.

Kamu juga harus sangat aktif di sosial media untuk mengenalkan websitemu. Yakni dengan cara aktif membuat konten, berinteraksi dengan follower dan masih banyak lainnya. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan performa link tersebut melalui sosial media.

Tak lupa juga untuk selalu menambahkan link supaya pengguna bisa dengan mudah mengakses konten website yang telah kamu buat.

Ego Bait

Strategi yang satu ini disadarkan pada pendekatan psikologi manusia. Yakni dengan cara memancing ego mereka. Kok bisa? Ya, strategi yang satu ini memerlukan pendekatan emosianal. Kamu harus membuat mereka yakin memasang link websitemu di website mereka.

Untuk melakukannya, kamu perlu melakukan beberapa pendekatan. Seperti melakukan wawancara tunggal maupun grup. Dengan wawancara ini secara tidak langsung narasumber akan merasa menjadi sangat penting.

Seperti opini mereka akan audience dengar dan ikuti banyak orang. Nah, setelah kamu melakukan wawamcara dan artikelnya telah terbit, kamu bisa menghubungi pihak mereka untuk melakukan negosiasi. Yakni dengan memasang hasil wawancara tersebut di website mereka.

Cara ini terbilang 99 persen berhasil. Oleh karena itu penting sekali buat kamu untun melakukan strategi yang satu ini supaya link building sukses.

Strategi terakhir yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggunakan link reclamation. Apa itu? Yakni sebuah startegi yang bertujuan untuk mengklaim link yang seharusnya menjadi hak milikmu. Link reclamation sendiri dibedakan menjadi beberapa macam:

Ketika website lain memasang link webistemu, namun halaman tersebut sudah dihapus atau tidak ada, akan muncul link 404. Jika hal ini terjadi, kamu bisa melakukan dua cara. Yakni dengan cara menghubungi pemilik website untuk mengganti link. Ke dua kamu bisa memperbaiki link tersebut dengan menggunakan redirect 301.

Mungkin banyak di luar sana website yang menyebut websitemu namun tidak mencantumkan link. Nah, kamu bisa meminta kepada pemilik website tersebut untuk menyematkan link yang sesuai. Sebab hal itu sudah menjadi hakmu.

Lantas bagaimana cara mengetahui jika website kita dimention? Gampang saja. Kamu bisa memanfaatkan tools seperti Google Alerts, Mention.net, dan Fresh Web Explorer.

Hal selanjutnya yang melanggar hak adalah website yang menggunakan gambarmu tanpa mencantumkan link website. Kamu bisa meminta mereka secara baik-baik untuk memasang link website. Dengan begitu strategi ini akan berjalan dan menghasilkan efek yang kamu inginkan pada Website-mu.

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa menggunakan tools seperti TinEye dan Pencarian Gambar Google.

Itulah pengertian dan paduan link building yang perlu kamu ketahui. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa strategi link bulding ini menjadi hal yang cukup penting bagi algoritma Google untuk mengindeks website.

So, agar websitemu selalu muncul di halaman pertama penelusuran, jangan lupa untuk menerapkan strategi yang satu ini, ya. Selain itu, ada banyak manfaat saat Website-mu menempati posisi terbaik di Google, misalnya dapat menjangkau lebih banyak target konsumen dan membuat brand-mu makin populer di pasaran.

Nah, tak hanya soal optimasi SEO, kamu bisa menemukan berbagai tips promosi dan branding untuk bisnis kosmetikmu lainnya di laman Berita Terkini. Atau tinggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011