Beragam Manfaat Panthenol dalam Skincare untuk Kecantikan Kulit

panthenol dalam skincare (2)

Menjaga kelembaban kulit wajah dapat diatasi dengan beberapa kandungan, salah satunya menggunakan panthenol. Pernahkah kamu menemui bahan panthenol dalam skincare? 

Panthenol juga dikenal dengan  nama lain seperti dexpanthenol D-pantotenil alcohol, butanamide, dan provitamin B-5.

Kandungan panthenol sendiri berguna untuk menghidrasi kulit agar tetap lembap dan sehat. Selain banyak ditemukan di skincare, kandungan ini juga biasa digunakan dalam produk perawatan kulit, kosmetik, produk perawatan kuku, suplemen, hingga produk perawatan rambut.

Kandungan ini memang belum mendapat peran dalam produk skincare, jadi tak heran jika belum ada yang tahu apa manfaatnya bagi kulit. 

Sebagai calon pebisnis, terutama dalam membuat produk kecantikan atau skincare. Hal ini dapat kamu manfaatkan karena memang ada peluang menggunakan panthenol sebagai bagian dari bahan pembuatan skincaremu.

Penasaran apa itu panthenol dan bagaimana manfaatnya untuk kulit? Baca artikel ini sampai habis, ya, Beautypreneurs!

Apa itu Bahan Panthenol?

Panthenol merupakan senyawa kimia dari turunan asam pantotenat atau vitamin B5. Bahan ini juga biasa digunakan dalam produk kosmetik serta perawatan kulit dalam beberapa tahun terakhir ini. 

Jadi tidak heran jika bahan panthenol ini kadang bisa kalian jumpai di beberapa produk perawatan dan kosmetik khususnya.  

Bahan panthenol umumnya memiliki dua macam bentuk yakni berbentuk serbuk berwarna putih atau berbentuk seperti minyak yang tampak transparan.

Selain itu kandungan panthenol ini juga berfungsi untuk menahan serta mengikat air di dalam kulit, yang berarti dapat mempertahankan air pada kulit. 

Itulah mengapa panthenol ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk melembapkan dan menenangkan kulit dari beberapa faktor penyebab kulit kurang terhidrasi. Misalnya saja jenis kulit yang berada di lingkungan iklim keras, ruangan ber-AC, atau pemanas sentral. 

Kandungan panthenol juga memiliki manfaat lain yakni sebagai humektan dan emolien. Humektan yang berarti membantu menarik dan mengikat air ke dalam kulit. 

Sedangkan emolien berguna untuk menutup retakan di kulit serta membantu menjaga air agar tetap lembap dan sehat. Sifat emolien dalam panthenol ini akan menjaga penghalang kulit sehat.

Penghalang yang kita maksud di sini adalah kandungan minyak dan lipid yang melindungi kulit dari kehilangan air, alergen, serta bakteri. 

Baca Juga: Manfaat Minyak Azulene untuk Kulit, Cocok untuk Formula Skincare!

Manfaat Panthenol dalam Skincare

panthenol dalam skincare (1)

Sifat serta kandungan yang ada dalam bahan kimia panthenol juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, diantaranya:

Merawat Kelembapan Alami pada Kulit

Memiliki kulit lembap dan sehat secara alami tentu menjadi idaman semua orang. Untuk itu memanfaatkan kandungan tiap skincare juga menjadi salah satu solusinya, termasuk kandungan panthenol. 

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa panthenol memiliki kemampuan dalam mengikat serta mempertahankan air dalam kulit. Hal inilah yang membuat penggunaan panthenol dapat menjadikan kulit menjadi lembap secara alami.

Selain itu, panthenol juga memiliki kemampuan menembus lapisan bawah kulit dan mengalirkan air ke dalam sel hingga membuat kulit selalu lembap sampai bagian dalam jaringan. 

Tentunya kandungan panthenol ini cocok untuk seseorang yang memiliki masalah kulit kering akibat kurang terhidrasi.

Mencehah Kehilangan Air Transepidermal

Kandungan panthenol juga memiliki kemampuan untuk mencegah kehilangan air transepidermal (proses air yang menguap dari kulit) dalam kulit sehingga kelembapan kulit menjadi terjaga. 

Tidak hanya itu, panthenol juga membantu merangsang sel-sel yang dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit. 

Penghalang inilah yang nantinya berperan untuk membuat kulit menjadi sehat, sekaligus  membantunya mengunci kelembapan serta mencegahnya tidak keluar.  

Biasanya untuk masalah kulit kurang terhidrasi ini akan muncul ketika seseorang merasa kepanasan dengan suhu, yang akhirnya menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak lembap lagi. 

Membantu Memulihkan Luka

Penggunaan bahan panthenol ini juga bermanfaat bagi sel-sel yang berfungsi sebagai penghalang kulit. Dan penghalang ini juga yang nantinya akan berguna dalam proses penyembuhan luka. Dan itulah alasan kenapa kandungan panthenol bisa digunakan dalam produk perawatan kulit.

Memiliki Efek Antiinflamasi

Melansir dari laman Byrdie, bahwa panthenol juga memiliki efek anti-peradangan yang akibat paparan sinar UV. 

Jadi tidak heran juga jika kandungan panthenol digunakan dalam produk salep luka bakar, selain itu efek anti-peradangan ini juga dapat membantu mengurangi rasa gatal bagi pengidap dermatitis.

Merawat Skin Barrier

Banyaknya kandungan skincare yang berguna untuk menjaga skin barrier membuat beberapa brand lokal mencoba untuk menciptakan produk yang dapat mengatasi permasalahan kulit. Terutama untuk skincare-skincare sekarang. Salah satu kandungan yang dapat melakukan hal itu adalah panthenol.

Jadi kandungan panthenol ini nantinya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan skin barrier dengan menahan dan menarik air dalam lapisan kulit.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Adakah Efek Samping dari Penggunaan Panthenol untuk Kulit?

    Secara umum, panthenol ini dapat ditoleransi oleh semua jenis kulit banyak orang. Selain itu, panthenol aman serta efektif untuk semua orang.

    Namun sama seperti bahan lainnya, panthenol bisa saja memunculkan alergi meskipun persentase kemungkinannya sangat rendah. Tapi kamu tidak perlu terlalu khawatir akan hal itu, ya.

    Sebab untuk mengantisipasi terjadinya alergi, sebelum menggunakan bahan panthenol, kamu bisa mencobanya pada tangan atau mengoleskannya ke seluruh kulit.

    Sebagai salah satu kandungan yang bisa menjangkau semua jenis kulit. Menurut seorang ahli dalam laman Byrdie bahwa panthenol sebaiknya kamu gunakan setelah mencuci muka dan selepas mengaplikasikan toner di wajah. Ini karena panthenol ini banyak ditemukan di dalam banyak produk. 

    Membuat Produk Skincare Berkandungan Panthenol yang Aman di Kulit

    Hadir dengan banyak manfaat dan keunggulan tersendiri untuk perawatan kulit, panthenol adalah bahan yang sangat potensial untuk diolah ke dalam kosmetik, khususnya skincare.

    Tentu untuk mencegah adanya ketidakseimbangan dalam formulasi kosmetik, serta mencegah risiko adanya efek samping di kulit, pembuatan skincare panthenol ini enggak boleh sembarangan.

    Kamu bisa bekerja sama dengan ahlinya, misalnya lewat jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia. Bersama tim formulator kami yang berpengalaman, kamu bisa menciptakan produk skincare dengan kandungan panthenol dan aman untuk semua jenis kulit.

    Lebih dari itu, kamu juga bisa bereksperimen bersama tim formulator kami untuk menciptakan formula produk yang unik dan khas. Seperti mengombinasikan panthenol dengan bahan-bahan terbaik lainnya, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal pada kulit konsumen.

    Untuk membuatmu lebih leluasa bereksperimen, Mash Moshem Indonesia memberikan penawaran gratis revisi sampel produk, sebanyak tiga kali. Dengan begitu, kamu bisa berdiskusi aktif dengan formulator dan tim pemasaran terkait kesesuaian sampel dengan konsep produk yang kamu mau.

    Menarik, bukan? Di mana lagi kamu bisa mencari partner sefleksibel dan sepengertian ini kalau bukan di Mash Moshem Indonesia. 

    Yuk, segera buat janji temu dan diskusikan konsep skincare panthenol yang kamu mau bersama tim kami dengan klik Contact Us. See you!

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts