Produk Kosmetik yang Paling Populer di Indonesia Tahun 2021! Apa Saja?

produk kosmetik yang paling laris di Indonesia 2021

Hai guys! Ngomongin masalah produk kosmetik memang gak ada habisnya ya! Apalagi produk kosmetik sudah menjadi konsumsi yang gak bisa dilepaskan dari kebutuhan masyarakat saat ini.

Setiap hari pasti kita memakai produk kosmetik, mulai dari body care, skincare, hair care, bahkan produk dekorative lainnya. Rasanya gak pernah cukup kalo ngomongin kosmetik!

Dari tingginya minat kosmetik ini, tentunya produk kosmtik akan selalu berkembang dan berinovasi menjadi lebih keren lagi.

Apalagi produk lokalpun sekarang udah banyak peminat dan gak kalah bagus dengan produk luar. Bisa banget bersaing di pasaran, terlebih produk kosmetik lokal bisa memiliki harga lebih terjangkau dan ramah di kantong para konsumen!

Informasi dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2020 menyatakan jika industri kosmetik mengalami peningkatan sebesar 5,59 persen. Kemudian di tahun 2021, pertumbuhan kosmetik di Indonesia diperkirakan telah naik sebesar 7 persen.

Nah, tingginya peminat kosmetik ini bisa jadi alasan kamu untuk membuat produk kosmetikmu sendiri. Kamu bisa melihat kebutuhan pasar terhadap produk kosmetik melalui tingginya produk kosmetik yang telah terdata di tahun lalu.

Untuk mengetahui apa aja sih produk kosmetik yang paling populer di Indonesia tahun 2021, yuk simak artikel ini! Jangan diskip ya!

Produk Kosmetik Paling Populer di Indonesia Tahun 2021


Mengakhiri tahun 2021, penggunaan kosmetik di Indonesia nyatanya semakin meningkat. Mengambil survei dari JakPat mengenai produk kosmetik paling populer, mereka memberikan data berikut:

Produk Bibir

Dari data yang tertera di atas, produk perawatan bibir menempati peringkat unggul dan paling tinggi daripada dengan produk kosmetik lainnya. Produk bibir memiliki 97 persen responden yang mengatakan bahwa mereka menggunakan produk bibir ini.

Dengan vaiasi warna, jenis, tekstur, dan juga manfaat, produk bibir menjadi produk kosmetik yang paling populer di kalangan responden. Produk bibir ini bisa berupa: Lip tint, lip serum, lip mask, lip scrub, lipstick, lip matte, lip cream, lip balm, dan produk sejenis lainnya.

Jenis produk bibir tersebut bisa termasuk produk decorative dan juga produk yang merawat bibir. Jadi selain membantu memperindah bibir, produk lip care mampu menjaga kesehatan bibir mereka.

Dengan tampilan bibir yang indah, cute, dan cantik, tentunya akan menambah kepuasan dan rasa percaya diri terhadap bibir mereka. Selain menjadi daya tarik lebih, bibir nyatanya bisa memberikan kesan yang beragam untuk setiap penggunanya.

Mungkin inilah alasan mengapa produk bibir menjadi produk kosmetik yang paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Terlebih selama 2021, banyak sekali produk bibir buatan lokal yang super bagus untuk mempercantik bibir kamu.

Setiap orang selalu memiliki lebih dari satu produk bibir, agar bisa digunakan sesuai dengan agenda dan acara mereka. Jadi, produk bibir bisa menjadi salah satu indikasi produk kosmetik yang bisa kamu buat di tahun 2022 nih!

Karena tidak menutup kemungkinan jika produk bibir tetap menjadi produk paling populer di tahun ini. Buatlah variasi warna yang trendy dan menarik pada produk bibirmu. Serta, berikan manfaat yang baik juga untuk bibir.

Seperti, selain mempercantik tampilan bibir, produk tersebut juga tidak menjadikan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Sehingga para konsumen juga akan lebih tertarik untuk membeli produk kosmetikmu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk buat produk kosmetik bibir dengan brandmu sendiri!

Produk Muka

Berada di posisi ke-dua, produk muka nyatanya memiliki responden yang tidak kalah besar dibandingkan dengan produk bibir. Kosmetik yang membantu mempercantik area wajah ini memiliki 93 responden, loh!

Produk seperti compact powder, foundation, dan BB cream merupakan 3 jenis face complexion yang paling banyak digunakan. Hasil ini mencapai presentase sebesar 48 persen.

Kemudian, dari produk skincare sendiri, diambil dari responden laki-laki dan perempuan. Sebanyak 8 dari 10 responden menyatakan jika penggunaan skincare dipakai untuk memperoleh kulit yang lebih sehat.

Semakin bertambahnya usia, maka kulit juga membutuhkan perawatan yang lebi baik pula. Produk skincare yang paling banyak digunakan oleh responden adalah produk facial wash. Produk ini mencapai 72 persen responden perempuan dan 37 persen responden laki-laki.

Selain produk-produk yang disebutkan sebelumnya. Nyatanya produk wajah memiliki variasi yang sangat beragam. Mulai dari face serum, toner, face mist, essence, whitening cream, masker wajah, dan masih banyak lagi.

Produk skincare wajah juga bisa diperuntukkan untuk wajah berjerawat. Biasanya para produsen kosmetik akan membuat acne series product yang memberikan perawatan terbaik untuk membantu merawat kulit berjerawat.

Berbagai macam produk tersebut dibuat untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga kulit wajah agar selalu ternutrisi dengan baik. Dengan memiliki kulit wajah yang sehat, maka kamu tidak akan merasa insecure dengan penampilanmu.

Untuk kepuasan diri sendiri? Kenapa harus males buat merawat wajah? Iya gak?

Dan untuk kamu yang ingin membuat produk kosmetik sendiri. Kamu bisa banget memulainya dengan membuat produk wajah. Selain memiliki konsumen yang besar, produk wajah tentunya akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Jadi, gak rugi deh kalo mau buat produk perawatan kulit wajah. Yuk, mulai bisnis kosmetikmu sendiri dengan maklon skincare Mash Moshem Indonesia!

Produk Mata

Salah satu jenis produk kosmetik yang paling populer di Indonesia tahun 2021 yang ke tiga adalah produk mata. Produk mata menjadi produk yang paling sering digunakan oleh responden dengan presentase sebesar 88 persen.

Mirip dengan produk bibir, produk mata yang sering kita kenal dengan eyeshadow juga memiliki berbagai pilihan warna yang menarik. Eyeshadow juga akan memberi tampilan dan kesan yang beragam untuk setiap pemakaiannya.

Riasan mata ini bisa membuatmu terlihat lebih fresh, glamour, bahkan kamu bisa terlihat lebih elegan dengan pilihan warna tertentu. Kamu bisa menggunakan produk ini sesuai dengan kebutuhan dan acara tertentu ya!

Selain eyeshadow, produk mata lainnya bisa berupa eyeliner yang dapat membuat matamu tampak lebih besar dan indah. Produk eyeliner ini juga memiliki warna-warna tertentu, mengingat tren produk kosmetik decorative juga semakin bervariasi.

Jika kamu melihat media sosial, produk mata ini menjadi hal paling penting saat membuat konten tertentu. Seperti melakukan cosplay, make up rias, daily make up, ataupun tutorial lainnya.

Inilah alasan mengapa produk mata juga menjadi produk paling laris selama 2021. Kamu juga bisa buat produk mata dengan brandmu sendiri, loh!

Produk Alis dan Bulu Mata

Produk kosmetik yang paling populer di Indonesia tahun 2021 yang ke empat adalah produk alis dan bulu mata. Ada sekitar 88 persen responden yang mengatakan bahwa mereka menggunakan produk alis dan bulu mata ini.

Jenis produk untuk bulu mata dan alis juga beragam loh. Mungkin sebagian orang hanya mengetahui produk pensil alis dan mascara saja. Namun di era ini, produk kosmetik untuk bulu mata dan alis juga sudah berkembang.

Seperti produk eyelash serum yang dapat melentikan, mempertebal, dan menumbuhkan helaian bulu mata. Biasanya produk ini juga bisa digunakan untuk alis, dimana memiliki manfaat yang sama baiknya.

Karena masih banyak orang Indonesia yang menginginkan bulu mata yang lentik dan alis yang tebal dengan alami. Sehingga produk eyelash and brow serum ini juga memiliki penggemar tersendiri.

Dari perkembangan produk kosmetik yang semakin bervariasi dan inovatif, kamu juga bisa membuat produk alis dan bulu matamu sendiri.

Produk seperti mascara, pensil alis, ataupun eyelash and brow serum juga akan menjadi kebutuhan untuk para pecinta kosmetik untuk kedepannya.

Jadi, jangan ragu untuk membuat produk-produk ini ya!

Buat Produk Kosmetik Bersama Kami

mashmoshem tim

Saat kamu ingin memulai bisnis kosmetik, tentunya kebutuhan pasar tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Dengan data yang tertera di atas, kamu mungkin bisa membayangkan produk kosmetik apa saja yang bisa kamu buat untuk bisnis kosmetikmu.

Bersama PT. Mash Moshem Indonesia, kamu bisa bekerja bersama kami untuk menciptakan produk kosmetik impian. Dari formulasi, desain, kemasan, dan legalitas resmi lainnya, kami akan membantu mengurus semuanya.

Jadi, kamu gak perlu repot-repot menyiapkan bahan, tempat, ataupun membuat pabrik sendiri. Karena perusahaan kami sudah expert dalam bidang pembuatan jasa kosmetik dengan private label.

Kamu bisa menghubungi tim Business Development (BD) kami melalui nomor yang tertera di Contact Us, dan kamu bisa langsung berkonsultasi dengan mereka.

Yuk segera wujudkan impianmu membuat brand kosmetik sendiri! Terima kasih telah membaca artikel ini yaaa! Semoga bisa memberikan informasi dan manfaat lebih untuk kamu! Sampai jumpa di artikel yang lainnya, see youuuuu!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment