Panduan Lengkap Seo untuk Pemula, Trik Biar Toko Online Kian Ramai

SEO untuk pemula

Saat ini website memegang kendali penting untuk meningkatkan performa bisnis. Sebab alih-alih melakukan promosi secara konvensional, pebisnis lebih memilih secara online. Karena dampaknya terhadap produk jauh lebih menguntungkan. Selain itu juga lebih hemat biaya.

Kunci agar promosimu melalui website sukses adalah bisa masuk pada halaman utama mesin pencarian Google. Semakin atas ranking yang kamu dapat, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan banyak pengunjung. Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan rangking teratas Google?

Yakni dengan mengoptimasi SEO. Bagi yang sudah lama bergelut dengan dunia digital marketing pasti sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Namun bagaimana untuk pemula? Tenang, sebab kamu bisa mendapat penjelasan selengkapnya melalui artikel ini. Simak hingga selesai ya.

Sekilas Soal SEO

Search Engine Optimization atau yang lebih sering dikenal dengan SEO merupakan langkah untuk mengotimasi performa website agar mendapat peringkat teratas pada mesin pencarian. Semakin atas peringkat yang kamu dapat, maka semakin besar pula potensi untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Sebab pengguna internet lebih cenderung memilih website peringkat teratas daripada yang di bawah. Apalagi untuk halaman selanjutnya, pasti akan kecil potensinya untuk mendapat banyak pengunjung. Selain lebih menyingkat waktu, website dengan peringkat teratas juga dirasa sangat pas dengan apa yang kita butuhkan.

Berbeda dengan iklan berbayar yang juga bisa menampilkan website di bagian paling atas, SEO cenderung lebih organic dan tidak berbayar sama sekali. Yang kamu butuhkan adalah mempelajari algoritma Google.

Memang apa sih pentingnya SEO untuk bisnis? Tentunya search engine optimization ini sangat penting untuk meningkatkan performa bisnismu. Untuk penjelasan selengkapnya, ikuti panduan seo untuk pemula ini sampai habis, ya.

Pentingnya SEO untuk Bisnis

Tanpa memahami hubungan SEO dengan bisnis, pandungan untuk pemula ini tentu tak akan lengkap. Mengapa demikian?

Jika ditanya apakah SEO memegang peranan penting untuk bisnis, jawabannya adalah sangat penting. Dengan SEO kamu bisa meningkaykan traffic, lead, pelanggan baru, hingga peningkatan penjualan untuk bisnismu.

Bahkan menurut Google, daripada iklan, SEO dinilai sangat efektif. Sebab 80 % pengguna internet cenderung lebih memilih website yang organic daripada yang beriklan. Inilah salah satu alasan yang membuat SEO sangat penting untuk bisnis.

Jika kamu melakukan SEO dengan benar, maka traffic yang kamu dapat pun semakin tinggi. Namun SEO ini bukanlah sesuatu yang bersifat instan. Dibutuhkan kesabaran dan waktu untuk melihat hasilnya. Sebab mesin pencarian membutuhkan waktu untuk membaca artikel atau konten yang kamu buat.

Performa SEO ini dapat meningkat jika kamu memasukkan kata kunci yang benar dan tepat di setiap artikel. Namun jika kamu melakukan SEO dengan benar, ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Berikut daftarnya:

  • Produkmu akan terlihat oleh calon pelanggan di halaman utama Google.
  • Mendorong target traffic ke situs websitemu.
  • Menghasilkan peningkatan pendapatan organic.
  • Memberi produk dan perusahaanmu keunggulan kompetitif yang solid.

Nah itulah benefit yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan SEO. Lantas bagaimana langkah atau cara memulai SEO untuk pemula? Berikut langkah-langkahnya.

Langkah Memulai SEO untuk Pemula

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa SEO memegang peranan penting untuk kesusksesan promosimu secara online. Namun untuk kamu para pebisnis pemula dan ingin memulai belajar SEO tidak perlu khawatir. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

Cek Index Website Di Google

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek apakah websitemu sudah terindeks di Googe ataukah belum. Caranya dengan mengunjungi “site:yoursite.com” di Google. Situs tersebut akan menunjukkan apakah situsmu sudah terindeks ataukah belum.

Jika demikian kamu bisa melihat halaman mana saja yang sudah terindeks. Dan mana saja halaman yang belum. Dengan begitu kamu bisa mengetahui berapa halaman dari websitemu yang sudah terindeks oleh Google.

Jika banyak halamanmu yang sudah muncul, itu artinya sangat bagus. Yakni kamu sudah siap melangkah dan menggunakan SEO. Jika belum muncul, kamu harus bersabar, butuh waktu agar Google bisa menemukan halamanmu. Salah satu caranya adalah dengan konsisten mengupload banyak konten dan menggunakan kata kunci uang sesuai.

Hubungkan Website dengan Search Console

Setelah selesai mengecek index website, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghubungkan website dengan search console. Search Console sendiri merupakan perangkat tools gratis dari Google yang berfungsi untuk sebagai penghubung antara kamu dan Big G.

Dengan menghubungkan website dengan search console kamu akan mendapatkan beragam keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika memakai Search Console:

  1. Seberapa sering situsmu muncul dalam pencarian.
  2. Kata kunci mana yang kamu peringkatkan.
  3. Berapa banyak halaman dari situsmu yang telah diindeks oleh Google.
  4. Mengetahui masalah apa yang mengindeks, atau merender halaman Website-mu

Jadi ya, jika kamu ingin sukses dengan SEO, Google Search Console adalah hal besar yang harus kamu lakukan. Selamat mencoba.

Ciptakan dan Submit Sitemap

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menciptakan dan mensubmit sitemap. Sitemap merupakan sebuah peta untuk websitemu. Seperti yang diketahui bahwa Google menggunakan Sitemap untuk mengetahui halaman-halaman pada situmu.

Sitemap membantu memastikan bahwa Google telah mengetahui dan mengindeks semua halaman penting pada website. Lebih tepatnya kamu bisa membuat sitemap tersebut menggunakan WordPress, Shopify dan masih banyak lainnya.

Namun ada baiknya membuat peta situs XML. Dan mengirimkan peta situs itu ke Google melalui Search Console. Setelah dasar-dasar SEO itu selesai, saatnya untuk masuk ke inti panduan pemula SEO ini. Dimulai dengan salah satu elemen penting SEO: riset kata kunci.

Namun sebelum memulai inti dari inti SEO ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Apa saja? berikut adalah detail dan penjelasan selengkapnya.

Hal yang Harus Kamu Perhatikan dalam SEO

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa SEO merupakan elemen terpenting untuk meningkatkan performa website. Apalagi untuk para pebisnis, mengerti SEO adalah wajib hukumnya. Nah, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam SEO. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan.

Pencarian Kata Kunci

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pencarian kata kunci. Kata kunci adalah kunci utama Google untuk menemukan halamanmu dan menempatkannya pada pencarian utama. Lantas bagaimana cara menemukan kata kunci tersebut? Berikut caranya.

Temukan Kata Kunci Utama Situsmu

Kata kunci merupakan istilah yang dicari pengguna ketika mereka akan menelusuri informasi. Pengguna internet akan memasukkan kata kunci pada mesin pencarian Google.

Masalahnya, kata kunci utama biasanya kompetitif. Yang berarti akan membutuhkan waktu bagi situs baru untuk dapat menentukan peringkat untuk istilah-istilah ini. Jadi butuh waktu yang cukup panjang jika ingin sukses dalam bidang SEO. Tidak bisa instant begitu saja.

Berikut cara menemukan kata kunci utama situsmu:

Pertama, catat berbagai istilah yang memungkinkan para pengguna internet cari saat mencari bisnis yang serupa seperti yang kamu punya di Google Misalnya, kamu menjual berbagai produk kosmetik. Maka kata kunci utama yang muncul untuk situsmu adalah seperti:

  • Skincare untuk kulit berminyak.
  • Liptint yang cocok untuk kulit kering.
  • Facial foam untuk kulit berjerawat.

Tidak ada istilah benar atau salah di sini. Ini benar-benar lebih merupakan pendekatan brainstorming. Tujuannya adalah untuk membuat daftar kata kunci yang relevan sebanyak mungkin. Setelah kamu memiliki daftar kata kunci potensial, buka alat penelitian kata kunci yang kamu pilih.

Untuk contoh ini, kami akan menggunakan tools Keywords Overview. Masukkan istilah pencarian dari daftar dan pilih ‘Analyze’. Alat ini mengembalikan daftar metrik untuk setiap kata kunci, termasuk volume pencarian bulanan dan tingkat kesulitan kata kunci.

Temukan Long Tail Keyword dan Variasi Keyword

Tak cukup dengan kata kunci utama. Kamu juga harus menggunakan long-tail keyword. Yakni istilah pencarian yang lebih panjang yang biasanya memiliki volume pencarian yang lebih rendah tetapi tingkat niat yang lebih tinggi.

Long tail keyword juga dapat mengonversi persentase yang lebih tinggi dibandingkan dengan kata kunci utama. Plus, mereka cenderung memiliki tingkat persaingan halaman pertama yang lebih rendah. Potensi untuk masuk ke halaman utama Google pun akan semakin tinggi.

Pilih 5-10 Kata Kunci Pertama

Setelah mendapatkan beragam kata kunci pada halaman manager, lantas apa yang harus dilakukan? Pilihlah kata kunci yang paling popular dan relate dengan kontenmu. Ada dua jenis kata kata kunci yang dapat kamu gunakan. Yakni volume pencarian bulanan dan kompetisi.

Bangun Konten Berkualitas

Hal perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah konten yang berkualitas. Jangan membuat konten dengan abal-abal. Sebab kredibilitasmu akan dinilai dari kualitas konten yang kamu buat. Buatlah konten yang akurat dengan sumber-sumber terpercaya. Selain itu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan juga ketika membuat konten yang berkualitas.

Pahami Apa yang Pengguna Cari

Langkah pertama untuk membuat konten yang ramah SEO adalah mencari tahu maksud pencarian dari kata kunci tersebut. Apa sebenarnya maksud pencarian itu? Maksud pencarian adalah alasan yang mendasari mengapa seseorang mencari kata kunci tertentu.

Misalnya, ambil kata kunci “skincare untuk kulit berjerawat”. Apakah dari pencarian tersebut mereka ingin membeli sesuatu? Apakah mereka mencari informasi tentang skincare? Atau mungkin mereka ingin membuka website untuk kosmetik.

Mengapa ini penting? Google dapat mengetahui apakah situsmu memenuhi maksud pencarian atau tidak. Jika demikian, kamu akan mendapatkan peningkatan peringkat. Jika tidak, kamu akan kesulitan mendapatkan peringkat di halaman pertama Google.

Jadi sebelum menulis satu kata, kamu perlu mengetahui apakah seorang pencari bermaksud untuk melihat konten informatif dan mendidik atau halaman komersial (produk, kategori, atau layanan).

Buat Konten yang Cocok

Langkah yang perlu kamu lakukan dalam SEO untuk pemula selanjutnya adalah mempublikasikan konten yang cocok dengan maksud pencarian yang baru saja kamu identifikasi.Jadi, jika kamu menemukan bahwa kata kunci tersebut memiliki maksud komersial, maka kamu ingin membuat halaman navigasi.

Jika maksud pencarian bersifat informasi, maka kamu harus membuat postingan blog. Ini akan memastikan bahwa konten yang kamu buat setidaknya memenuhi kebutuhan dasar maksud pencarian. Jikaingin sedikit lebih dalam, kamu dapat memindai 10 hasil teratas di Google untuk melihat dengan tepat apa yang ingin dilihat oleh pencari untuk kata kunci tersebut.

Optimalkan Bagian Utama

Tak bisa dipungkiri bahwa bagian utama sebuah artikel menjadi penentu kesuksesan dari artikel itu sendiri. Bagian atas halaman mengacu pada hal pertama yang dilihat pengguna saat mengklik halaman web.

Ini adalah bagian penting karena kesan pertama akan terbangun dengan hal ini. Jika pengguna melihat konten yang menunjukkan bahwa mereka berada di tempat yang tepat, mereka cenderung melanjutkan untuk membaca sampai ke bawah.

Perhatikan User Experience

Selain konten, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan dalam SEO untuk pemula adalah pengalaman dari pengguna itu sendiri. Atau biasa disebut dengan user experience (UX). Pengalaman pengguna mengacu pada keseluruhan pengalaman pencari/pengguna menjelajahi situs webmu.

UX memiliki dampak langsung dan tidak langsung pada SEO.UX dapat berdampak langsung pada SEO karena UX yang buruk dapat berarti bahwa pengguna Google menghabiskan lebih sedikit waktu di website. Bahkan bisa juga dengan cepat mereka beralih dari situsmu ke yang lain.

Itulah yang membuat halamanmu justru bisa tidak bisa terbaca oleh Google dan tidak dapat masuk pada halaman pertama. Namun juga bisa sebaliknya, situs dengan UX yang solid mengirimkan sinyal ke Google bahwa websitemu dapat membuat pengguna senang.

UX secara tidak langsung dapat memengaruhi SEO karena UX yang bagus menunjukkan kepada orang lain bahwa situsmu adalah sumber daya yang bermanfaat. Jadi akan lebih banyak umpan balik yang kamu dapat dengan UX.

Ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan pada pengalaman pengguna ini. Yakni menggunakan CTA yang menarik, hindari dinding teks, gunakan listicles, bullets, dan numbered lists agar pengguna lebih mudah membaca, hingga gunakan daftar bantuan untuk pengguna.

On-Page SEO

Selain memperhatikan pengalaman pengguna, kamu juga harus memperhatikan on Page SEO. Apa itu? On Page SEO yakni mengoptimalisasi halaman pada kata kunci.

Bagaimana caranya? Tidak perlu khawatir, berikut adalah teknik yang bisa kamu gunakan dalam panduan SEO untuk pemula.

Mengoptimalkan Tag Judul

Tag judul muncul sebagai judul daftar SERP dan juga merupakan faktor peringkat utama.Pada tingkat paling dasar, pastikan bahwa tag judul pada halamanmu menyertakan kata kunci target utama untuk halaman tersebut (dan varian jika memungkinkan).

Tetapi ada lebih banyak hal untuk mengoptimalkan  hal tersebut daripada sekadar menambahkan kata kunci. Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan. Yakni sebagai berikut:

  • Pertahankan judul sekitar 55-60 karakter
  • Gunakan kata-kata seperti bagaimana, mengapa, apa dan dimana. Ini akan membantu orang memahami apa yang akan mereka temukan pada halamanmu.
  • Gunakan kata-kata seperti best, review, dan ultimate untuk menarik pengguna agar mengklik.
  • Tulis judul unik untuk setiap halaman.
  • Tetap sederhana.

Mengoptimalkan Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah teks yang ditampilkan di bawah judul halaman di SERPs. Ini adalah peluang bagus untuk mendorong pengguna mengeklik tautanmu daripada tautan kompetitor.

Deskripsi meta tidak lagi menjadi faktor peringkat langsung. Tetapi deskripsi yang menarik dapat berdampak positif pada  asio klik-tayang  yang sangat penting. Dalam panduan kami untuk deskripsi meta, kami merekomendasikan tips berikut untuk mengoptimalkannya dengan benar:

  • Panjangkan sekitar 1-2 kalimat (140-160 karakter).
  • Jangan lupa sertakan kata kunci.
  • Tambahkan CTA jika relevan.
  • Hindari deskripsi meta duplikat.
  • Jadikan itu bermakna dan deskriptif, sesuai dengan kontenmu.
  • Targetkan emosi.

Mengoptimalkan Tag Judul

Faktor kunci SEO on-page lainnya adalah tag heading, juga disebut sebagai tag H1–H6. Selain menggunakan sub headings untuk mengatur konten, kamu juga bisa memasukkan kata kunci target dan istilah terkait di dalam setiap subheading.

Mengoptimalkan URL Halaman

URL harus menjelaskan konten halaman websitemu secara ringkas. Berikut adalah bebera hal yang kamu harus perhatikan ketikan ingin membuat URL:

  • Harus deskriptif dan menyertakan kata kunci utama halaman.
  • Gunakan tanda hubung daripada garis bawah di antara kata-kata.
  • Gunakan huruf kecil, daripada mencampurnya dengan huruf capital.
  • Buatlah sesingkat mungkin sambil tetap menjelaskan konten halaman.

Mengoptimalkan Gambar

Mengoptimalkan gambar juga merupakan faktor penting dalam SEO. Semakin bagus kualitas gambar yang kamu berikan, akan semakin besar pula kepercayaan pengguna terhadap halaman websitemu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan gambar.

  • Beri nama gambar dengan benar agar deskriptif.
  • Ubah ukuran gambar ke dimensi yang akan muncul.
  • Kurangi ukuran file dan kompres gambar.
  • Optimalkan tag alt dengan teks deskriptif.

Menambahkan Tautan dari Halaman Lain di Situsmu

Tidak ada panduan dasar-dasar SEO yang lengkap tanpa setidaknya menyentuh tautan internal. Dengan menautkan halaman lain di websitemu akan membawa beberapa keuntungan. Berikut daftar selengkapnya:

  • Bantu mesin pencari memahami struktur website.
  • Lewati otoritas antar halaman.
  • Membantu pengguna menavigasi antar halaman.

Faktor penting selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah link bulding. Pilar utama kesuksesan SEO lainnya berasal dari membangun otoritas situs di mata Google. Bagaimana kamu melakukannya?  Yakni dengan backlink.

Singkatnya, backlink adalah satu situs web yang memberikan tautan “kembali” ke situs webmu. Pada dasarnya memberi kamu kepercayaan dan mendukung situs. Selama situs yang menautkan backlink ke situsmu adalah situs yang relevan. Tautan tersebut dapat membantu peringkat situsmu menjadi lebih tinggi di Google.

Bangun Tautan dari Asosiasi, Supplier dan Bisnis yang Terhubung

Salah satu kemenangan tercepat untuk membangun tautan adalah menjangkau koneksi di kehidupan nyata yang dimiliki bisnismu.Koneksi ini meliputi:

  • Suppliers.
  • Asosiasi tempatmu menjadi anggota.
  • Situs web blog kantor.
  • Hingga toko local bisnismu.

Kirim Situs Website-mu ke Quality Directories

Jika kamu adalah bisnis lokal atau bekerja di perusahaan tertentu, kamu mungkin akan menemukan bahwa ada direktori di ruanganmu. Ini bisa menjadi cara cepat untuk membangun beberapa tautan yang solid untuk situsmu.

Gunakan HARO untuk Mendapatkan Tautan dari Pers

HARO adalah platform yang menghubungkan jurnalis dengan pemilik bisnis. Tiga kali sehari, Senin sampai Jumat, HARO mengirimkan email yang berisi permintaan dari wartawan. Jika ada permintaan relevan yang masuk akal untuk bisnis yang kamu lakukan, kemudian lanjutkan dan lakukan.

Ini adalah pengantar yang sangat baik untuk membangun tautan otoritas dari situs berita dan memantau email ini setiap hari akan melihat peluang muncul setiap minggu untuk sebagian besar bisnis. HARO bisa sangat hit atau miss. Tetapi bahkan satu tautan dari situs yang relevan dapat membuat perbedaan dalam peringkat Google (terutama jika situsmu baru).

Technical SEO

Technical SEO adalah tentang memastikan bahwa situsmu dapat dirayapi dan diindeks. Jika mesin pencari tidak dapat merayapi atau mengindeks situsmu, itu akan kesulitan untuk menentukan peringkat. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan technical SEO.

Siapkan Google Search Console

Jika kamu belum melakukannya, sambungkan situs ke Google Search Console. Alat gratis ini membantu mengidentifikasi masalah apa pun yang mungkin dimiliki Google saat mengindeks atau merayapi situs nanti.

Periksa Apakah Situsmu Dapat Diindeks dan Temukan Masalah

Hal pertama yang ingin kamu lakukan dengan Search Console adalah memeriksa kembali apakah tidak ada masalah yang mencegah laman utama dijelajahi dan diindeks.

Periksa File Robot.txt

Bergantung pada CMS situs, kamu mungkin telah menyiapkan file robots.txt. Biasanya ditemukan di: https://www.domainanda.com/robots.txt. Jika kamu tidak memilikinya, kamu harus membuatnya. Tapi untuk apa sih Robots.txt sebenarnya?

Robots.txt menginstruksikan Googlebot (dan bot lainnya) tentang cara menjelajahi situs. Jikakamu mencegah laman situs utama dijelajahi, atasi dengan cepat. Ini dapat menyebabkan masalah pengindeksan.

Demikian pula, jika ada halaman yang tidak boleh dijelajahi oleh bot mesin pencari yang tidak diblokir, ini dapat mengakibatkan terlalu banyak halaman (baik duplikat atau bernilai rendah) yang diindeks.

Optimalkan Kecepatan Situs

Tidak ada yang ingin menelusuri situs web yang lambat. Itu termasuk pengguna dan mesin pencari. Kecepatan situs yang lambat dapat berdampak negatif pada kinerja SEO  dengan rasio  bounce rate yang lebih tinggi, waktu tunggu yang buruk, dan rasio konversi yang lebih rendah.

Juga, kecepatan situs adalah faktor peringkat langsung yang digunakan Google dalam algoritme mereka. Langkah yang harus kamu ambil adalah membandingkan kecepatan situs. Dengan begitu, kamu akan tahu persis apa yang perlu diperbaiki (jika ada).

Siapkan HTTPS

HTTPS telah menjadi faktor peringkat sejak 2014.Namun masih ada situs yang tidak aman dan masih menggunakan domain HTTP. Jalankan pemeriksaan apakah kamu dapat mengakses situs menggunakan https:// daripada http://.

Jika bagus, maka tidak ada tindakan lebih lanjut yang diperlukan. Jika kamu menemukan bahwa situs masih menggunakan HTTP, bicarakan dengan pengembang dan rencanakan migrasi ke HTTPS dengan hati-hati.

Mobile SEO

Google menggunakan kecepatan halaman di seluler sebagai metrik peringkat utama. Mereka juga menggunakan pengindeksan seluler.Jadi dapat dikatakan bahwa pengoptimalan untuk seluler adalah bagian penting dari SEO teknis.

Kamu dapat menggunakan Tes Google Mobile Friendly  untuk melihat bagaimana situs webmu ditampilkan kepada pengguna seluler. Dan jika ada masalah yang mungkin dialami pengguna seluler saat menggunakan situs webmu.

Berikut adalah beberapa panduan dasar untuk membuat situs web mobile-friendly:

  • Pastikan untuk menggunakan arsitektur situs web yang ramah seluler, seperti situs web responsif  atau situs web dinamis.
  • Jangan biarkan bilah navigasi terlalu berantakan atau terlalu panjang, karena ini akan lebih sulit bagi pengguna seluler untuk memilah-milah
  • Gunakan animasi dengan hemat karena ini dapat memperlambat kecepatan halaman seluler.

Analisis Keberhasilan SEO

Langkah terakhir dalam panduan SEO untuk pemula yang bisa kamu lakukan adalah menganalisis keberhasilan SEO. Tapi bagaimana mengukur kesuksesan SEO? Ini semudah melacak beberapa metrik utama secara teratur.

Traffic  Organik

Traffic organik mengacu pada jumlah pengunjung ke situs dari hasil organik Google.Cara terbaik untuk mengukur traffic organik adalah menggunakan Google Analytics (GA). Jika jumlah traffic organik naik, itu adalah indikator bagus bahwa kontenmu beresonansi dengan orang-orang. Kata kuncimu tidak terlalu kompetitif, dan tautan yang kamu buat berfungsi.

Jika angka trafficmu cenderung turun, situsmu mungkin mengalami masalah teknis SEO. Menargetkan kata kunci yang terlalu kompetitif, atau situsmu hanya perlu lebih banyak waktu untuk mulai melihat hasil SEO.

Durasi Sesi Rata-Rata dan Bounce Rate

Durasi sesi rata-rata dan rasio bounce rate adalah dua metrik yang membantu menentukan apakah konten sesuai dengan audiens atau tidak. Kamu dapat menemukan kedua metrik ini di Google Analytics.

Durasi sesi rata-rata mengukur waktu antara dua klik. Klik pertama yang mengarahkan pengguna ke halaman dan klik kedua yang mengarahkan mereka ke tempat lain. Jika pengguna tidak menemukan jawaban atas pertanyaan mereka, atau jika kontenmu membosankan, kemungkinan pengguna akan mengklik ke situs lain.

Bounce rate menjelaskan berapa banyak sesi satu halaman yang dimiliki halaman. Yaitu, berapa banyak orang yang datang ke satu halaman di situsmu dan segera pergi setelahnya. Bounce rate  yang tinggi dapat menunjukkan bahwa kontenmu tidak selaras dengan penelusuran pengguna. Kamu mungkin harus melakukan penelitian kata kunci lebih lanjut atau merampingkan konten untuk melayani pengunjung situs dengan lebih baik.

Conversion Rate

Konversi didefinisikan sebagai jumlah (atau persentase) pengguna yang melakukan tindakan yang diinginkan situs webmu. Tindakan yang diinginkan dalam konteks ini dapat mengirimkan alamat email dan informasi kontak mereka atau membeli halaman produk.

Untuk menghitung rasio konversi, bagi jumlah konversi dengan jumlah pengunjung situs. Setelah kamu memiliki angka tersebut, kalikan dengan 100. Persentase rate pun akan ketemu. Kamu bisa mendapatkan jumlah pengunjung unik ke situs dengan memasukkan domain ke alat traffic analyze.

Menentukan tindakan/konversi yang kamu inginkan akan bergantung pada sasaran bisnis. Ini bisa sesederhana mengatur rencana untuk sejumlah kunjungan halaman ke halaman kontak atau sesuatu yang lebih luas seperti melakukan pembelian.

Jika SEO berhasil, kamu akan lebih banyak mendapat traffic organic. Jika gagal mengonversi pengguna menjadi prospek dan pembeli, beriku adalah langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Konversi yang inginkan adalah sesuatu yang masuk akal (seperti pengunjung baru yang mendaftar untuk buletin).
  • Menargetkan kata kunci yang digunakan pelanggan target untuk menemukan info di Google.
  • Situs memiliki UX yang mendorong orang untuk tetap berada di website.

Itulah paduan lengkap menggunakan SEO untuk pemula yang perlu kamu ketahui. Mengikuti panduan SEO untuk pemula ini penting untuk kamu praktekkan, khususnya untuk menjaring konsumen baru bagi bisnismu.

Hal ini juga akan mendorong terjadinya konversi atau jumlah pembelian produk kosmetik yang kamu tawarkan. Selain itu, SEO juga akan membantu meningkatkan brand awareness toko online dan brand kosmetik yang kamu kelola.

Nah, Beautypreneurs, selain panduan SEO untuk pemula ini, kamu juga bisa menemukan berbagai tips digital marketing terbaik lainnya untuk brand kosmetikmu di laman Berita Terkini. Atau, pantau konten-konten terbaru di Official YouTube milik Mash Moshem Indonesia.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment