Bisnis Kosmetik, Maklon Kosmetik

10 Jenis Sertifikasi untuk Sustainable Beauty Brand. Apa Saja?

sertifikasi untuk sustainable beauty brand

Sustainable beauty belakangan sangat populer di industri kecantikan. Karena permintaan dan minat pasar yang tinggi, hampir setiap brand kosmetik menyematkan manfaat dan melabeli produk mereka dengan sifat alami dan ramah lingkungan.

Fenomena ini muncul karena masyarakat mulai peduli dan mengedukasi diri mereka akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Kosmetik sebagai salah satu produk yang paling banyak digunakan dan menyumbang limbah yang cukup besar di dunia.

Nah, menyadari hal ini, masyarakat dan komunitas lingkungan hidup menggalakkan kampanye beralih ke produk ramah lingkungan dan berkelanjutan (sustainable).

Dalam industri kosmetik sebenarnya hal ini sudah banyak dilakukan oleh brand-brand kosmetik indie dan populer. Salah satunya Nature Republic, Innisfree, dan Love Beauty and Planet.

Beautypreneurs, kamu juga bisa membuat brand kosmetik sustainable sendiri. Tentunya dengan melengkapi sertifikasi untuk sustainable brand beauty agar klaim produk berkelanjutan tersebut memiliki kekuatan di pasar.

Berikut ini kami rangkumkan berbagai jenis sertifikasi sustainable beauty brand yang bisa kamu pelajari. Simak baik-baik, ya!

10 JENIS SERTIFIKASI UNTUK SUSTAINABLE BEAUTY BRAND

Melansir dari Formula Botanica, berikut ada 15 jenis sertifikasi untuk sustainable beauty di seluruh dunia yang bisa kamu pelajari. Apa saja? Yuk, simak baik-baik!

SERTIFIKASI CARBON NEUTRAL

Jenis seritikasi untuk sustainable brand kosmetik yang pertama adalah Standar Global Neutral Karbon Bersertifikat. Badan yang telah ada selama 20 tahun ini dibuat dan dijalankan oleh Natural Capital Partners.

Tujuan sertifikasi ini untuk memastikan perusahaan mampu menekan adanya emisi karbon hingga nol persen. Untuk mencapai sertifikasi setidaknya ada lima langkah dalam skemanya, seperti penentuan, pengukuran, target, pengurangan, hingga komunikasi.

Bagi sebuah brand kecantikan, untuk mencapainya akan membutuhkan bantuan konsultan spesialis khusus mengukur dan menargetkan jejak karbon pada perusahaan. Serta untuk menemukan cara untuk mengurangi, menetralkan, dan mengolah emisi karbon agar dapat berada pada angka ‘nol’.

SERTIFIKASI CLIMATE NEUTRAL

Jenis sertifikasi untuk sustainable brand kosmetik selanjutnya adalah sertifikasi Climate Neutral. Organisasi nirlaba ini didirikan pada tahun 2019 dengan tujuan utnuk menghilangkan gas rumah kaca.

Misi utama adanya sertifikasi ini yakni untuk memungkinkan setiap konsumen dapat memperoleh merk netral iklim dengan mudah. Serta membantu tiap merk untuk memobilasasi alat jadi satu.

CRADLE TO CRADLE CERTIFIED®

Sertifikasi Cradle to Cradle mewujudkan prinsip ekonomi daur ulang, di mana bahan-bahan yang ada dalam pembuatan produk bisa disimpan dalam lingkaran tak terbatas, didaur ulang, ataupun digunakan kembali pada masa akhir penggunaannya.

Lembaga sertifikasi ini meyakini bahwa apa yang akan kita ciptakan saat ini akan berpengaruh dan membentuk dunia di masa mendatang.

Melansir dari Formula Botanica, lembaga ini juga telah membantu perusahaan lebih dari satu decade untuk berinovasi dalam pembuatan desain dan pengoptimalan bahan dari kegiatan manufaktur.

Karena itu, ide yang ada dalam sertifikasi ini adalah sebuah standar global utnuk produk yang aman, recylcling, serta perusahaan buat secara bertanggung jawab.

Hal yang paling penting dan jadi nilai utama yang harus brand perhatikan ketika akan meraih sertifikasi ini adalah nilai keamanan, sirkularitas, dan tanggung jawab bahan.

BIODINAMIKA DEMETER MARK

Selanjutnya ada Biodinamic Demeter Mark, sertifikasi ini terbentuk pada tahun 1928. Lembaga ini mengesahkan sejumlah standar dalam pertanian dan produksi biodinamik, seperti menjaga keanekaragaman hayati, pelestarian ekosistem, hingga pemeliharaan tanah.

Hal ini pada akhirnya akan memberikan jaminan pada konsumen untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi. Baik dari perawatan pribadi maupun produk-produk untuk mereka konsumsi.

Singkatnya, prinsip dari Demeter sendiri mencakup ruang regenerasi, integrasi alam dan manusia, serta tanggung jawab ekologis dan sosial.

Ketika ingin meraih sertifikasi ini, sebagai brand kosmetik ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Khususnya poin untuk menggunakan bahan-bahan yang dikembangkan dengan prinsip pertanian dan produksi biodinamik sesuai standar Biodinamic Demeter Mark.

STANDAR FAIRWILD®

Selanjutnya ada Standard Fairwild, yang dikeola oleh FairWild Foundation. Sertifikasi ini membantu mencegah adanya pemanenan liar pada habitat alami dan keanekaragaman hayati yang ada di alam.

Dengan kata lain Standard FairWild ini memungkinkan terbentuknya kerangka kerja di seluruh dunia untuk menerapkan sistem manajemen dan perdagangan yang berkelanjutan, adil, dan tidak eksploitatif.

Tak hanya mencakup pemanenan tanaman yang legal dan etis, namun juga perdagangan yang adil untuk para komunitas local.

Dalam mengaudit bisnis dengan sertifikasi FairWild ini, organisasi menganalisis seluruh rantai pasokan yang ada. Mulai dari operasi pengepulan liar, pedangan, pengolah, dan produsen produk jadi.

FOREST STEWARDSHIP COUNCIL

Selanjutnya ada simbol pohon dari Forest Stewardship Council (FSC), yang sebenarnya sudah tidak asing lagi di kemasan kertas. FSC adalah organisasi  non-pemerintah yang berdiri sejak 1993 untuk mempromosikan pengelolaan hutan dunia yang bertanggung jawab.

Sertifikasi FSC memungkinkan bisnis dan konsumen untuk mengidentifikasi, membeli dan menggunakan kayu, kertas, dan produk oalahan bahan-bahan dari hutan lainnya telah melalui proses produksi yang bijak.

Setidaknya ada 10 prinsip yang harus dipatuhi sebelum sertifikasi FSC ini diberikan pada suatu perusahaan atau brand. Termasuk dalam konservasi hutan berkualitas tinggi, hingga pemantauan dampak lingkungan dan sosial dari pengelolaan hutan. Juga hubungan masyarakat dan hak-hak pekerja yang terlibat.

Brand kecantikan dapat menggunakan tanda FSC pada kemasan produknya, ketika pemasok kertas dan kartu mereka memiliki rantai pasokan yang transparan dan mendapatkan izin logo dari lembaga ini.

NATRUE

Selanjutnya ada Natrue yang berdiri pada tahun 2007. Berkomitmen untuk mewadahi area industri kosmetik organic, Natrue adalah asosiasi nirlaba internasional yang mempromosikan, mengatur, serta mengadvokasi kosmetik alami secara resmi.

Label Natrue tercipta utnuk membantu meningkatkan transparansi di antara brand dan konsumen. Di mana untuk memilikinya, sebuah brand kosmetik harus memiliki bahan baku dan proses pembuatan produknya sesuai dengan prosedur internasional mereka.

Natrue menerapkan beberapa standar mencakup adanya presentase tertentu dari bahan alami dan turunannya, bebas dari turunan transgenic dan petrokimia, hingga melarang mikroplastik.

SERTIFIKASI COSMOS UNTUK PRRODUK ORGANIK DAN ALAMI

Jenis sertifikasi sustainable beauty brand senajutnya adalah COSMOS, yang merupakan sertifkasi internasional terkemuka utnuk kosmetik alami dan organic.

Lembaga ini dibentuk oleh lima anggota organisasi standar nasional besar, seperti BDIH Jerman, Cosmebio Prancis, Ecocert Prancis, ICEA dari Italia, dan Ground Association dari Inggris.

Standar COSMOS yang terdiri dari dua jenis sertifikasi, yakni untuk produk organic, serta untuk kosmetik alami. Untuk memperoleh sertifikasi ini kosmetik organic atau alami tersebut harus diproduksi dengan praktik berkelanjutan tinggi yang layak.

COSMOS memiliki popularitas sebagai badan standarisasi yang sangat ketat, namu paling terkenal dari jajarannya. Meski begitu, bagi brand-brand kosmetik indie, sertifikasi ini masih memungkinkan untuk mereka jangkau.

Sertifikasi organik ini tak hanya menjangkau persentase minimum bahan organik yang yang ada dalam suatu produk. Standar ini juga menelusuri lebih dalam soal merek kosmetik, manufaktur, pemasaran dan kontrol produk kosmetik, manajemen lingkungan dan banyak lagi.

PLASTIC FREE

Dari namanya saja kamu pasti sudah menebak apa tujuan dan konsep jenis sertifikasi untuk sustainable beauty brand satu ini, bukan? Ya, sertifikasi Plastic Free dibuat untuk mendukung kampanye mengurangi produksi dan konsumsi plastic.

Selain itu, A Plastic Planet, organisasi pembentuk Plastic Free juga menawarkan pengembangan alternatif bebas plastic. Tujuannya untuk mengganti penggunaan plastic yang susah terurai ke dalam tanah, dan akhirnya menjadi limbah nano atau micro plastic dalam ratusan tahun.

Sebagai salah satu jenis produk dengan pengguna terbesar di dunia, para brand owner juga harus mempertimbangkan dampak limbah microplastic dari produk mereka. Keberadaan sertifikat ini merupakan bentuk lain dari komitmen perusahaan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Innisfree, salah satunya, yang juga mencoba meraba konsep serupa dengan ide Plastic Free. Brand ini menciptakan produk dengan kemasan yang biodegradable, dan menghindari penggunaan plastic. Kamu juga bisa bereksperimen dengan hal yang sama, Beautypreneurs.

SERTIFIKASI RSPO

Jenis sertifikasi untuk sustainable beauty brand satu ini merupakan yang paling populer. Ya, RSPO merupakan organisasi nirlaba yang mempertemukan para pemangku kepentingan dari 7 sektor industri kelapa sawit. Meliputi para produsen, pengolah atau pedagang kelapa sawit, produsen barang konsumsi, pengecer, bank/investor, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan dan sosial.

Didirikan pada tahun 2004, RSPO telah mengembangkan serangkaian kriteria lingkungan dan sosial yang harus dipatuhi oleh perusahaan untuk menghasilkan Minyak Sawit Berkelanjutan Bersertifikat (CSPO).

Tujuannya untuk membantu meminimalisir dampak negatif budidaya kelapa sawit terhadap lingkungan dan masyarakat di daerah penghasil kelapa sawit. Produk yang menggunakan minyak sawit bersertifikasi RSPO dapat menggunakan merek dagang RSPO.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah 10 jenis sertifikasi untuk sustainable beauty brand yang harus kamu tahu. Khususnya kalau kamu ingin menciptakan brand kosmetik dengan karakter ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Penggunaan branding ini sebenarnya sangat berprospek besar. Mengingat green marketing tengah mendapatkan posisi gemilang dalam industri kosmetik beberapa tahun ini. Sebagai contoh, kamu bisa menemukan berbagai brand dengan kampanye serupa dan antusias masyarakat terhdapnya.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama dan menciptakan produk sustainable cosmetic dengan brand-mu sendiri. Pensaran bagaimana?

Mudah, kok. Kamu bisa menghubungi tim pemasaran Mash Moshem Indonesia dan mendiskusikan konsep produk impianmu bersama tim kami.

Enggak percaya? Langsung chat aja!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011