Perbedaan Skincare Drugstore dan High End yang Perlu Kamu Tahu

skincare drugstore dan high end

Pernahkah kamu melihat merek skincare dengan harga yang fantastis? Ketika melihat dari komposisinya sih tidak jauh berbeda dengan produk yang ada di drugstore, tapi kok bisa harganya setinggi langit?

Skincare drugstore yang biasanya kita lihat di pasaran umumnya menggunakan bahan-bahan efektif seperti retinol, vitamin C, maupun hyaluronic acid, begitupun dengan skincare high end.

Loh tapi kok bisa harganya jadi berbeda jauh?

Iya, karena merek drugstore biasanya menggunakan bahan-bahan tersebut dengan konsentrasi yang lebih rendah agar harganya bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

Namun, merek high end biasanya menggunakan bahan-bahan tersebut dengan konsentrasi yang lebh tinggi agar kinerja produk lebih efektif dan hasilnya tahan lama. 

Terkadang, merek high end ini menggunakan ekstrak alami tumbuhan langka yang sangat baik dan efektif hasilnya untuk kulit, dengan demikian produknya dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Apa itu Skincare Drugstore dan High End?

Jika diperhatikan dari segi harga dan tempat membeli, skincare terbagi menjadi dua yaitu skincare drugstore dan high end

Skincare drugstore merupakan skincare yang biasa kita jumpai di toko kosmetik atau toko perawatan tubuh, harganya pun dapat dijangkau, mudah diakses, dan dicintai banyak orang.

Skincare high end merupakan skincare yang memiliki klaim tinggi, kemasan yang mewah, hanya dijual di tempat tertentu, dan beberapa artis serta influencer beserta penggemar mereka menjadi pendukung produk ini.

Ada beberapa alasan mengapa skincare high end memiliki harga selangit dari skincare drugstore, seperti:

  1. Bahan-bahan yang ada dalam skincare high end berasal dari tumbuhan langka.
  2. Bahan atau formula yang digunakan unggul dan premium.
  3. Konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi.
  4. Proses penelitian yang mendalam dan lama.
  5. Proses pengembangan produk yang membutuhkan biaya besar.
  6. Untuk kepentingan prestige para penggunanya.

Perbedaan Skincare Drugstore dan High End

Kalau kata orang sih “ada harga ada rupa”. Begitupun dengan skincare drugstore dan high end. Hal itu bisa kita lihat dari hal-hal berikut.

Kemasan

Merek-merek high end cenderung memiliki desain kemasan yang minimalis namun terlihat elegan. Karena mereka berfokus untuk memenuhi tujuan dan fungsi produk. 

Berbeda dengan skincare drugstore, skincare jenis ini biasanya memiliki desain yang lebih berwarna agar menarik mata yang membeli. 

Namun, saat ini ada beberapa merek drugstore yang memiliki desain kemasan elegan dengan pemasaran yang unik. 

Formulasi dan Konsentrasi Produk

Formulasi yang ada dalam produk high end biasanya premium, unggul, bahkan menggunakan tumbuhan langka yang mahal, konsentrasi bahan pun tinggi sehingga lebih efektif pada kulit. 

Sedangkan produk drugstore biasanya menggunakan bahan yang lebih terjangkau daripada produk high end sehingga harga jual dapat lebih murah.

Pengembangan Produk

Pada produk high end biasanya penelitian dan pengembangan produk merupakan proses yang mendalam, membutuhkan banyak waktu, biaya, dan tenaga. 

Karenanya, biaya penelitian, pengembangan produk, pengujian klinis, produksi, hingga akhir membutuhkan banyak sekali uang. Itu sebabnya, harganya juga fantastis. 

Sedangkan pada merek drugstore waktu yang digunakan tidak selama itu, sehingga harga jualnya lebih terjangkau. Bahkan dapat meniru formula dari merek high end namun bahan yang mahal dapat diganti dengan bahan yang lebih murah.

Strategi Pemasaran

Bagi banyak orang, kemewahan berarti lebih dari sekedar produk. Ketika kamu menginap di hotel mewah, kamu tidak hanya membayar jasa penginapan kamar, namun kamu membayar untuk pengalaman kelas atas.

Begitu pula dengan membeli skincare high end. Kamu tidak hanya membeli produk skincare tapi membeli pengalaman menggunakan produk mewah.

Itu sebabnya, banyak selebriti atau influencer kelas atas yang didapuk sebagai brand ambassador. Sehingga ketika orang membeli, serasa menjadi bagian dari orang-orang atas tersebut. 

Biasanya produk ini menyasar pada kaum kelas atas, sehingga pemasarannya pun tertuju pada orang-orang tersebut. Sehingga tidak kita jumpai pada iklan televisi biasa.

Sedangkan merek drugstore biasanya memasarkannya melalui iklan maupun event di pusat perbelanjaan ataupun acara tertentu. Tentu, kita banyak menjumpainya di sosial media, televisi, dan media lainnya.

Apakah Skincare dengan Harga Mahal Lebih Baik untuk Kulit?

Jawabannya tidak selalu. Hanya kulitmu yang bisa menjawabnya. Baik barang maupun skincare semua itu “cocok-cocokan”. Kamu perlu memeriksa hal berikut sebelum memilih produk skincare:

  1. Apakah produk tersebut sudah lulus uji BPOM?
  2. Apakah produk tersebut dikembangkan atau diuji oleh profesional?
  3. Apakah produk tersebut dari merek yang terpercaya?
  4. Apakah formula dan bahan yang ada dalam produk telah terbukti secara klinis memberi manfaat yang baik untuk kulit?
  5. Bagaimanakah ulasan atau komentar pengguna lain tentang produk skincare tersebut?

Hal-hal di atas perlu kamu perhatikan sebelum membeli produk skincare agar kamu tidak menyesal setelah membeli.

Jika kamu sudah memutuskan untuk membeli, baik skincare high end maupun drugstore baiknya kamu membaca petunjuk penggunaan yang tercantum dalam kemasan sebelum menggunakan.

Untuk berhati-hati, kamu juga dapat melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui risiko alergi atau iritasi pada kulit. 

Apabila terdapat efek negatif saat menggunakan, segera cuci bersih kulitmu dan hentikan penggunaan.

Ciptakan Skincare Berkualitas dengan Merek Kosmetikmu Sendiri

cara membuat highlighter dengan jasa maklon

Nah, Beautypreneurs, sebagai orang yang tertarik di dunia skincare dan kosmetik, informasi mengenai skincare high end dan drug store di atas akan berguna untuk inspirasimu menciptakan produk.

Jika kamu memang memiliki ketertarikan dengan bisnis di dunia perawatan kecantikan, tentu akan bisa mempertimbangkan manakah produk yang sesuai denganmu, apakah produk high end atau produk drugstore yang memiliki potensi baik di pasaran. 

Untuk itu, kamu tentu membutuhkan jasa maklon kosmetik dan skincare untuk membantumu dalam hal konsultasi produk maupun penciptaan produk.

Jasa maklon skincare dan kosmetik Mash Moshem Indonesia, dapat kamu ajak untuk berpartner dan tentu akan sangat membantumu dalam menciptakan dan mengembangkan produk skincare yang kamu inginkan.

Mash Moshem Indonesia merupakan jasa maklon dan partner terbaik yang dapat kamu ajak kerja sama dalam penciptaan produk yang sesuai dengan preferensi dan minatmu. 

Bersama tim ahli kami yang handal dan berpengalaman, kamu dapat merencanakan dan menyusun konsep produk skincare terbaik yang pernah ada.

Apakah kamu memiliki ketertarikan dan minat untuk menggunakan jasa maklon skincare di Mash Moshem Indonesia? Yuk sini segera diskusikan produk perawatan kecantikan dan kosmetik yang ingin kamu ciptakan bersama tim profesional kami yang handal dan berpengalaman.

Kamu bisa lho menekan tombol WhatsApp di bawah ini. Atau kamu juga dapat menghubungi tim pemasaran kami melalui nomor yang tertera pada Contact Us, see you, Beautypreneurs!

cta skincare drugstore dan high end

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

strategi community marketing dalam bisnis

Strategi Community Marketing dalam Bisnis, Seberapa Ampuh? 

Berbagai upaya dan strategi marketing sudah kamu lakukan, tetapi masih nggak membuahkan hasil? Coba deh kamu pakai strategi community marketing dalam bisnis skincare yang sedang kamu rintis.  Strategi marketing yang satu ini bisa menjadi cara alternatif untuk membiasakan pelanggan-pelanggan...

Continue Reading