Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kombinasi, Boleh Dicoba!

Hal yang paling dasar untuk merawat wajah adalah dengan mengetahui jenis dan kondisi kulit terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan perawatan dan produk yang akan digunakan untuk menjaga kulit tetap sehat.

Jenis kulit wajah dibagi menjadi lima, yakni kulit normal, kering, sensitif, berminyak, dan kulit kombinasi. Nah, yang bakalan kita bahas kali ini adalah cara merawat kulit kombinasi.

Sama seperti namanya, ketika kamu memiliki kulit kombinasi artinya ada dua kondisi dalam wajah kamu. Yakni, ada bagian yang kering dan bagian kulit lain yang lebih berminyak, yang keduanya harus dijaga secara bersamaan agar tidak timbul masalah tertentu.

Bagi sebagian orang, mungkin kondisi kulit ini terbilang lebih tricky. Karena kamu enggak bisa menggunakan produk yang hanya condong pada salah satu jenis kulit tersebut.

Menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit kombinasi, berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah munculnya masalah tak diinginkan.

Ciri-ciri Kulit Kombinasi yang Perlu Kamu Tahu

Sebelum mencari tahu bagaimana cara merawatnya, ada baiknya untukmu mengetahui lebih jauh soal apa itu kulit kombinasi dan apa saja ciri-cirinya.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mengenal kulit wajahmu sendiri dan menentukan perawatan mana yang harusnya kamu lakukan.

Pada dasarnya, kulit kombinasi merupakan suatu kondisi ketika kulit wajah kamu memiliki beberapa jenis kulit sekaligus.

Ciri khas dari kulit wajah kombinasia dalah adanya area tertentu yang terasa sangat berminyak, namun dibagian lainnya justru terasa normal bahkan kering. Ada banyak orang juga yang memiliki jenis kulit ini, jadi bisa dibilang sangat umum, ya.

Minyak berlebihan biasanya ditemukan pada bagian T-zone. Area yang dimaksud adalah mencakup dahi, hidung, dan dagu kamu. Berbeda dengan area pipi, yang cenderung terasa lebih kering atau bebas minyak.  

Pipi mungkin kering atau berminyak, sebab hal ini ditentukan oleh seberapa banyak produksi minyak alami kulit. Pemilik kulit kombinasi juga kadang bermasalah dengan pori-pori besar, komedo, juga kulit yang tampak mengkilap karena minyak berlebihan.

Untuk merawat kulit wajah berminyak kamu pun enggak boleh sembarangan. Pasalnya, tiap area kulit bisa menimbulkan reaksi yang berbeda terhadap satu produk yang sama.

Jadi kenali juga ya, bagaimana cara menemukan skincare untuk kulit kombinasi yang tepat. Penasaran, kan? Baca sampai habis pokoknya!

Umumnya, ciri-ciri kulit kombinasi adalah sebagai berikut:

  1. Area T wajah, yang meliputi dahi, hidung, dan dagu cenderung berminyak atau bersinar.
  2. Area wajah lainnya, seperti pipi dan area bawah mata tampak kering.
  3. Pori-pori wajah membesar, terutama pada dahi, hidung, dan area dekat hidung.
  4. Anda memiliki masalah kulit wajah, seperti kerutan atau keriput serta garis halus, noda hitam, dan jerawat secara bersamaan.

Rekomendasi Rangkaian Skincare untuk Kulit Kombinasi

Meski memiliki masalah yang cukup berbeda, rangkaian skincare untuk kulit kombinasi umumnya sama dengan tipe kulit lainnya. Yang paling mempengaruhi adalah bahan-bahan apa saja yang ada dalam produk skincare tersebut.

Namun, sebagai gambaran berikut rekomendasi rangkaian skincare untuk kulit kombinasi yang bisa kamu coba.

Selalu Bersihkan Wajah

Langkah pertama dan harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan membersihkan wajah dengan teratur. Untuk itu, salah satu skincare routine untuk kulit kombinasi adalah menggunakan facial foam atau sabun wajah.

Pastikan kamu menggunakan facial foam yang berbahan dasar air, sehingga lebih efektif untuk menghilangkan kotoran sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan minyak dan pori-pori wajah.

Kamu pun perlu memilih sabun cuci muka dengan tekstur yang lebih lembut, seperti produk dengan tekstur gel dan krim.

Lakukan Eksfoliasi Sek Kulit Mati secara Rutin

Langkah selanjurnya dalam tahapan skincare untuk kulit kombinasi adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Tapi jangan setiap hari, cukup lakukan sebanyak sekali dalam seminggu.

Kamu bisa menggunakan eksfoliator yang mengandung BHA. Karena selain bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati, kandungan ini dapat melembutkan kulit dan meminimalisir adanya reaksi negative kulit wajah.

Sebaiknya hindari penggunaan scrub wajah dengan buliran yang terlalu kasar dan keras, karena bisa memicu iritasi pada kulit dan menyebabkan luka.

Merawat Wajah dengan Air Hangat

Dilansir dari Alodokter, kamu bisa menggunakan air hangat sebagai bagian dari perawatan kulit wajah kombinasi. Khususnya saat kamu mencuci atau membersihkan wajah.

Air hangat dapat membantu meluruhkan minyak berlebih pada permukaan kulit, pun memperlancar metabolisme darah yang ada di bawah kulit.

Tak cuma itu, uap panas pun diketahui dapat membantu membuka pori-pori, sehingga dapat memudahkan proses pengangkatan sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk.

Untuk menghindari adanya iritasi, ketika mengeringkan wajah usahakan untuk tidak menggosoknya dengan handuk. Melainkan menepukkan handuk tersebut dengan lembut, hingga air terserap ke dalamnya.

Pakai Shooting Gel Bebas Alcohol

Skincare untuk kulit kombinasi yang perlu kamu coba selanjutnya adalah shooting gel. Produk ini bisa membantu memberikan kelembapan pada kulit dan mempunyai efek menenangkan.

Namun, agar tidak menimbulkan iritasi, pilihlah shooting gel yang bersifat menghidrasi dan calming. Sebaiknya, hindari juga penggunaan toner dengan kandungan alcohol.

Kamu bisa mencari tahu jenis-jenis shooting gel yang cocok dengan kulitmu di sini.

Gunakan Pelembap Wajah

Meski ada beberapa area yang mungkin mudah berminyak, pelembap wajah juga masuk ke dalam daftar skincare untuk kulit kombinasi yang perlu kamu coba.

Sebagai catatan, ada baiknya untukmu menggunakan pelembap yang berbahan dasar air, baik yang memiliki sediaan krim, lotion, ataupun gel. Yang pasti, water based moisturized akan lebih ringan, lembut, dan mudah menyerap ke dalam kulit.

Namun, sebaliknya kamu perlu menghindari pelembap dengan bahan dasar minyak. Karena produk ini akan membuat minyak berlebih menumpuk pada kulit dan pori-pori di area T. Akhirnya, pori-pori akan tersumbat dan rentan terkena berbagai masalah kecantikan.

Lengkapi Skincare Routine Kamu dengan Sunscreen

Sunscreen adalah produk yang emang harus kamu miliki, tak peduli jenis kulit apa yang kamu punya. Karena dengan menggunakan sunscreen kamu dapat memberikan perlindungan untuk kulit wajahmu dari radiasi sinar Ultraviolet.

Seperti yang kamu ketahui, sinar UV bisa sangat berdampak buruk pada kulit. Menyebabkan masalah seperti hiperpigmentasi, kulit kering, kasar, kusam, dan muncul bintik-bintik penuaan.

Clay Mask untuk Perawatan Tambahan

Walaupun tak digunakan setiap hari, masker wajah tetap jadi salah satu skincare untuk kulit kombinasi yang perlu kamu miliki.

Sebab, produk ini bisa membantu menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan kulit, merawat elastisitas kulit, dan membuat kulitmu jadi terlihat awet muda.

Namun, enggak semua jenis masker bisa kamu gunakan, ya. Kamu harus memilih produk yang tidak akan menutup pori-pori, atau mengikis lapisan pelindung kulit, ataupun membuat produksi minyak jadi lebih banyak.

Ketahui berbagai jenis dan manfaat clay mask untuk kecantikan di sini.

Untuk itu, produk yang paling ideal untuk merawat kulit kombinasi adalah clay mask. Yap! Karena masker ini juga bisa membantu membersihkan penyumbatan pada pori-pori. Serta dapat menyerap minyak berlebihan di epidermis tanpa membuat kulitmu terluka atau teriritasi.

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi

Setelah mengetahui apa saja produk perawatan kecantikan yang bisa kamu coba di atas, kamu juga harus tahu apa saja tips memilih skincare untuk kulit kombinasi yang tepat.

Meski pada dasarnya reaksi skincare tersebut akan berbeda-beda pada tiap orang, namun secara umum begini tips memilih skincare untuk kulit kombinasi yang tepat dan ideal. Simak baik-baik, ya!

Hindari Produk dengan Kandungan Alcohol

Tips memilih skincare untuk kulit kombinasi adalah menghindari produk dengan kandungan alcohol. Yap! Kandungan ini bisa membuat kulit jadi lebih kering dan terasa ketata dengan menarik air dari sel-sel kulit.

Untuk itu, akan lebih baik bagimu menghindari produk skincare yang mengandung alcohol di dalamnya. Perhatikan kemasan produk dan teliti kandungan apa saja yang digunakan dalam produk perawatan tersebut.

Ketika menggunakan produk perawatan kecantikan dengan kandungan alcohol, kulit akan merespon kandungan ini dengan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengembalikan kelembapan yang dihilangkan oleh alcohol.

Ini tentunya akan membuat kondisi kulit kombinasi yang kamu miliki jadi lebih bermalasah. Karenanya, pastikan untuk selalu mengamati label pada setiap produk yang kamu gunakan, untuk menghindari kandungan-kandungan tertentu.

Pilih Produk dengan Kandungan yang Baik untuk Kombinasi

Salah satu tips memilih skincare untuk kulit kombinasi selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandungan dalam produk tersebut. Kamu harus menemukan kandungan yang tepat dan bisa memenuhi kebutuhan kulit kombinasi.

Untuk itu, pastikan kamu memilih skincare dengan bahan aktif yang dapat melembapkan, membersihkan kulit dengan optimal, menjaga kesimbangan kulit, juga merawat keseimbangan kulit.

Kandungan-kandungan yang direkomendasikan ada dalam skincare untuk kulit kombinasi adalah sebagai berikut.

Kombinasi Asam Hialuronat dan Vitamin C

Kombinasi antara asam hialuronat dan vitamin C bisa jadi kandungan yang sangat direkomendasikan untuk merawat kulit kombinasi.

Kedua kandungan ini akan membantu menjaga kadar kelembapan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, tanpa membaut kulit terlalu berminyak.

Tak hanya itu, vitamin C bahkan dapat mendorong produksi kolagen dan membuat pori-pori kian mengecil. Artinya, produksi minyak akan lebih terkontrol, tapi hidrasi kulit akan tetap terjaga dengan baik.

Vitamin A

Kandungan dalam skincare untuk kulit kombinasi selanjutnya adalah vitamin A. Senyawa yang juga dikenal baik dengan nama retinol atau tretinoin ini bisa menjaga kelembapan kulit sekaligus mencegah adanya penumpukan dan penyumbatan pada pori-pori kulit.

Karenanya, kandungan ini bisa bekerja baik dalam skincare untuk kulit kombinasi. Selain itu, vitamin A pun bisa bekerja sebagai antibakteri, mendorong regenerasi sel kulit, mengangkat sel mati dari epidermis, dan meningkatkan kecerahan kulit wajah kamu.

Asam Laktat

Kandungan lain yang baik dalam skincare untuk kulit kombinasai adalah asam laktat. Kandungan ini memiliki sifat yang lembut, sehingga tak akan menyebabkan iritasi pada bagian kulit yang lebih kering dan sensitif.

Namun, di sisi lain asam laktat pun dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Karena kandungan ini pun sebenarnya tergolong dalam AHA, sehingga memiliki sifat chemical exfoliant.

Sebagai catatan, kamu tidak boleh menggunakan dua produk yang memiliki bahan dengan sifat serupa. Sebab, akan memicu double exfoliation, sehingga akan membuat kulit jadi lebih sensitif.

Green Tea

Selain beberapa bahan aktif yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan bahan aktif yang baik dalam skincare untuk kulit kombinasi adalah green tea.

Ini dikarenakan dalam green tea terdapat berbagai senyawa antioksidan yang baik buat kulit, seperti polifenol, yang dapat membantu mengontrol sekresi sebum. Yang dapat membuat kulit kian berminyak dan jadi rentan berjerawat.

Prioritaskan Produk Skincare Water Based

Tips memilih skincare untuk kulit kombinasi selanjurnya adalah dengan memproritaskan produk water based skincare.

Produk dengan perawatan berbasis air akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak dengan lebih efektif. Sehingga dapat mencegah penumpukan kotoran dan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah kamu.

Selain itu, jenis produk ini akan lebih mudah diserap oleh kulit. Sehingga tidak akan menimbulkan penumpukan atau meninggalkan residu pada permukaan kulit.

Pilih Produk Berlabel Non-Comedogenic

Ketika kamu memilih skin care untuk kulit kombinasi, akan sangat baik kalau kamu mempertimbangkan produk dengan label non-comedogenic.

Karena, umumnya skincare dengan label ini akan cenderung bertekstur dan memuat kandungan yang ringan. Sehingga tidak akan membuat wajah mudah berminyak dan mencegah pembentukan jerawat di kulit.

Sebab, dalam jenis kulit kombinasi, tentu ada area yang sangat rentan mengalami jerawat karena produksi minyak yang lebih tinggi.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang cara merawat kulit kombinasi. Mulai dari memilih skincare untuk kulit kombinasi yang tepat, juga mengenali ciri-ciri kulit wajah kombinasi.

Well, sebenarnya rangkaian skincare untuk kulit kombinasi di atas bukanlah pakem yang harus selalu kamu ikuti. Karena, bisa saja kondisi kulit yang kamu alami sedikit lebih berbeda. Untuk itu, ada baiknya untuk selalu mengenal apa yang kulit wajahmu butuhkan sebelum membeli atau menggunkaan produk perawatan tertentu.

Sampai sini dulu artikel kali ini, sampai jumpa lagi!

About Author

Related posts

Leave a Comment