Staff Marketing, Penjelasan, Tugas, dan Skill yang Harus Mereka Miliki!

Setiap perusahaan yang menjalankan bisnis dan sudah berkembang dengan baik, akan membutuhkan beberapa staff untuk dipekerjakan. Salah satu staf yang penting untuk sebuah perusaan adalah staff marketing.

Staff marketing ini akan berpengaruh terhadap hubungan antara pelanggan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan dari perusahaanmu. Dengan demikian, kamu harus menemukan dan meng-hire seseorang yang pandai berkomunikasi. Karena merekalah yang akan menjelaskan dan menjadi citra dari perusahaan yang kamu bangun.

Dengan adanya staff marketing ini juga, akan membantu meningkatkan penjualan dan menjadi kunci sukses dari produk yang kamu jual. Staff marketing ini harus memiliki dampak positif untuk perkembangan bisnismu. Sehingga kamu tidak boleh mencari orang yang sembarangan untuk posisi terssebut.

Nah, kemudian bagaimana kamu mencari staff marketing yang baik untuk perusahaanmu? Dalam artikel ini akan di bahas mengenai penjelasan, tugas, dan skill yang harus dimiliki setiap staff marketing. Yuk simak baik-baik artikel ini, check it out!

Penjelasan Mengenai Staff Marketing

Staff marketing merupakan pekerja yang bertugas untuk membuat dan menjalankan strategi marketing. Pekerjaan dari staf ini menyangkut pelaksanaan kampanye pemasaran untuk perusahaanmu. Para staff marketing juga berperan penting dalam mengembangkan dan melaksanakan konsep strategi dari pemasaran yang telah direncanakan.

Tidak lupa, staff marketing juga berkontribusi pada rencana pemasaran, branding, dan periklanan yang ada. Serta membantu pengembangan inisiatif baru yang sejalan dengan tujuan perusahaanmu.

Dalam kegiatan staff marketing, mereka tidak hanya bekerja dalam ruang lingkum tim saja. Melainkan juga bekerja sama dengan lintas devisi, seperti tim produk, tim kreatif, dan lainnya. Kemudian, staff marketing memiliki tujuan yaitu bisa menjalankan proses kampanye produk, brand, atau jasa, agar meningkatkan penjualan dari perusahaan.

Staff marketing ini juga memiliki banyak sekali macamnya, seperti marketing assistand, brand marketing specialist, dan lainnya. Bidang pekerjaan tersebut kemudian bisa menjadi prospek karier bagi siapapun yang ingin bekerja sebagai marketer profesiona;.

Tanggung Jawab dan Tugas Staff Marketing dalam Bisnis

Aktivitas dari staff marketing tidak hanya sekedar promosi daja, namun ada banyak pekerjaan yang perlu mereka langkan. Berikut adalah beberapa tanggung jawab dan tugas yang harus dilakukan oleh staff marketing:

  1. Bisa mengelola dan mengembangkan kampanye pemasaran dari perusahaan.
  2. Dapat menganalisis data untuk mengidentifikasi dan menentukan konsumen.
  3. Melakukan kegiatan promosi produk, brand, atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
  4. Mengawasi dan mengevaluasi efektivitas dari kampanye atau promosi.
  5. Bisa melihat, meneliti, dan menganalisis tren pasar, kompetitor, demografis, dan informasi yang mempengaruhi strategi pemasaran.
  6. Bisa membuat proyek pemasaran yang akan datang, entah dari produk, pelayanan, ataupun strategi promosi secara keseluruhan.
  7. Memberikan laporan tentang tren statistik di semua platform media.
  8. Mengidentifikasi area, sehingga bisa melakukan perbaikan dalam promosi produk, taktik penjualan, strategi pemasaran, dan lainnya.
  9. Mampu mempertimbangkan keputusan yang tepat dalam melibatkan iklan, pengemasan, media, dan branding.

Nah, itulah gambaran besar mengenai beberapa tanggung jawab dan tugas dari staff marketing yang perlu diketahui. Kamu bisa mengira-ngira dan mempelajari sedikit mengenai profesi yang kamu inginkan ini.

Skill yang Harus Dimiliki oleh Staff Marketing untuk Bisnis

Sebelum kamu mendaftarkan diri sebagai staff marketing, kamu harus tahu apa saja skill yang sangat diperlukan untuk menjadi staff marketing di sebuah perusahaan Berikut adalah beberapa skill yang wajib kamu miliki sebagai staff marketing:

Hard Skill

Dalam hard skill ini ada beberapa beberapa kemampuan yang perlu kamu punya, diantaranya:

Customer knowlage

Seorang staff marketing harus memiliki kemampuan terhadap pemahaman dari pelanggan mereka. Hal ini menjadi faktor utama yang harus kamu miliki jika menjadi staff marketing. Karena jika kamu tidak bisa mengenal pelanggan atau konsumenmu sendiri, maka strategi pemasaran yang kamu buat tidak akan berjalan dengan baik.

Dengan memahami pelanggan, kamu bisa melakukan identifikasi perilaku pembelian dan melihat kebutuhan mereka. Hal ini bisa membantumu menyusun strategi pemasaran yang lebih baik untuk produk yang ditawarkan. Kemampuan ini juga akan membantu mengidentifikasi segmentasi pelannggan, seperti demografi, geografi, daya beli, dan tingkat keterlibatan konsumen.

Riset

Sebagai seorang staff marketing kamu harus bisa melakukan riset yang berhubungan dengan pasara dan pelangganmu. Dalam kegiatan ini, kamu harus sering melakuakn riset mengenai hal-hal baru yang dapat mempengaruhi rencana promosi atau kegiatan kampanye.

Salah satu contoh dari melakukan riset ini adalah dengan mencari tau tren yang sedag terhadi di masyarakat. Tentunya ini akan berpengaruh terhadap rencana marketing yang akan kamu lakukan kedepannya.

Melakukan Analisis dan Pemahaman Dasar

Skil yang harus dimiliki oleh staff marketing untuk bisnis selanjutnya adalah pengetaguan mengenai pasar dan industri. Kamu harus bisa melakukan analisis pasar agar bisa membantu perusahaan dalam mengembangkan produk.

Seperti mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan pelanggan, serta meningkatkan apa yang bisa dilakukan untuk mampu bersaing dengan kompetitor. Sehingga kedepannya akan mempermudah kamu dalam menyusun strategi pemasaran yang berikutnya.

Data Analisis

Skill melakukan data analisis harus sejalan dengan riset dan analisis apasar. Sebagai seorang staff marketing, kamu akan berhadapan dengan aktiviras penggunaan data, contohnya seperti kebiasaan konsumen yang bisa dianalisis melajukan data.

Data-data ini bisa berbentuk metriks-metriks, dan hal tersebut sangat bergua untuk strategi pemasaran. Selain itu, kamu juga menganalisis data untuk mengetahui konten dan kampanye apa yang bekerja dengan baik bagi penjualan produk. Kamu juga bisa melihat area mana saja yang perlu ditingkatkan untuk menjalankan promosi dari produk atau jasa perusahaan.

Project Management

Skill yang harus dimiliki oleh staff marketing untuk bisnis yang selanjutnya adalah kembampuan dala mengelola proyek. Kamu nantinya akan melakukan banyak kegiatan yang berkaitan dengan penyusunan rencana pemasaran, persiapan kampanye, mengawasi, dan mengevakuasi strategi yang sedang berlangsung.

Nah, untuk melakukan semua hal tersebut, kamu harus memiliki keterampilan manajement projek yang baik. Kamu harus bisa bekerja sesuai dengan tenggat waktu, bisa memprioritaskan pekerjaan, bisa melakukan kolaborasi, dan lainnya. Sehingga, sebagai staff marketing kamu bisa memberikan hasil akhir yang memuaskan untuk perusahaanmu.

Soft Skill

Selain mempiliki kemampuan di bagian hard skill, kamu juga harus memiliki kemampuan di bagian soft skill. Inilah penjelasan soft skill yang harus dimiliki oleh staff marketing:

Citical Thinking

Seorang staff marketing harus memiliki kemampuan untuk bisa berpikir kritis. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menjalani tigas dan projek dengan lebih baik. Kamu bisa mengambil keputusan dan mengidentifikasi solusi yang paking tepat untuk permasalahan yang kamu hadapi.

Seperti saat ada kedala dalam promosi produk, kamu harus berpikir secara kritis dan mengidentifikasi faktor urama pprmosi tersebut tidak berjalan baik. Apakah terjadi ketidak cocokan dari ide promosi produk dengan audiens, tidak sesuainya target, hingga konten yang kamu buat tidak menarik. Hal ini membutuhkankemampuan berpikir kritis yang baik sebagai staff marketing.

Problem Solving

Dalam dunia marketing, ada beberapa permasalahan yang akan datang dari waktu ke awaktu. Semua masalah tersebut tentunya tidak semudah yang kamu bayangkan. Jika ada masalah yang terjadi saat kamu menjadi staff marketing, kamu harus bisa menguasai masalah tersebut.

Kamu dituntuk memiliki kemampuan critical thinking yang baik, dan bisa menganalisa masalah tersebut satu-persatu. Tentunya akan harus menyelesaikan semua permasalahan yang datang dengan cara yang baik dan efektif.

Creative Thinking

Seorang staff marketing untuk bisnis kamu harus menghasilkan berbagai macam ide-ide yang kreatif. Hal ini tentunya berguna dalam pembuatan strategi yang menarik untuk melakukan kampanye dan promosi dari produk atau jasa perusahaan.

Kamu harus memikirkan ide-ide yang out of the box dengan sudut pandang yang tidak biasa. Sehingga kamu bisa menciptakan cara promosi yang menarik, inovatif, dan efktif untuk meningkatkan penjualan.

Bisa Kerja Tim dan Berkolaborasi

Saat seorang staff marketing sedang menjalankan strategi dan kampanye pemasaran. Banyak seklai tim yang terlibat pada kampanye tersebut. Muali dari tim produk, tim IT, bahkan bisa melibatkan petinggi dari perusahaan tersebut. Nah, dengan adanya kegiatan ini, sebagai staff marketing kamu harus memiliki kemampuan kolaborasi yang baik agar semua bisa berjalan dengan lancar.

Pada saat menjalanka promosi, akan ada kegiatan seperti diskusi, umpan balik terkait penerapan promosi tersebut. Atau cocok tidaknya konten pemasaran yang akan tampil di sosial media dan website. Nah, karena hal inilah kerja sama tim dan kemampuan kolaborasi haruslah berjalan dengan baik dan tidak menghambat kerja tim yang lainnya.

Komunikasi

Komunikasi untuk seorang staff marketing menjadi kemampuan dasar yang harus kamu miliki. Karena saat kamu menjadi staff marketing, penting untuk bisa menyampaikan pesan yang jelas pada pelanggan untuk meyakinkan mereka membeli produkmu.

Kamu juga harus bisa mengkomunikasikan pemilihan konten promoi, penggunaan platform, dan penawaran apa yang paling menarik untuk konsumen. Sehingga sebagai seorang staff marketing kamu harus memahami dengan siapa mereka berbicara, serta membuat komunikasi dua arah ini berjalan dengan baik.

Selain dengan konsumen, kemampuan komuniaksi ini jugapenting untuk keberlangsungan pekerjaanmu setiap hari. Di mana kamu harus menjelaskan ide dan rencana promosi produk pada tim dan devisi lain yang terlibat di dalamnya.

Terlebih seorang staff marketing memang harus untuk bisa banyak berinteraksi dengan devisi lain atau bahkan dengan petinggi di perusahaan. Oleh karenanya, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik sesuai dengan lawan berbicaramu.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang tugas dan skill yang harus kamu punya saat ingin menjadi staff marketing. Semoga tulisan ini bisa membantu menambah pengetahuanmu mengenai staff marketing jika memang kamu ingin bekerja pada bidang tersebut.

Kamu bisa menemukan berbagai artikel bisnis lainnya di laman Berita Terkini. Atau, kalau kamu mau konsultasi seputar maklon kosmetik atau ide produk yang ingin kamu buat bersama kami, langsung hubungi tim kami lewat tombol WhatsApp di bawah ini, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts