Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Bisnis, Simak Canya!

strategi komunikasi pemasaran adalah

Pemasaran adalah salah satu kegiatan paling penting untuk mencapai keberhasilan kerja penjualan terhadap suatu produk. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatak dalam kegiatan pemasaran. Salah satunya adalah strategi komunikasi pemasaran.

Komunikasi pemasaran memiliki peran yang penting agar tujuan pemasaran suatu produk dapat tersampaikan. Dengan begitu, kamu bisa menjaring konsumen dari segmentasi yang lebih luas dan menciptakan leads potensial untuk bisnismu.

Penasaran, kan, apa itu strategi komunikasi pemasaran itu? Serta apa saja manfaat dan bagaimana cara penerapannya?

Yuk, langsung simak ulasan mengenai strategi komunikasi pemasaran untuk bisnismu secara mendetail berikut ini!

Apa Itu Komunikasi Pemasaran?

Pada dasarnya komunikasi merupakan proses mengirimkan informasi antara pengirim dan penerima informasi. Komunikasi akan terjadi jika baik pihak pengirim maupun penerima informasi dapat memahami serta mengolah informasi yang disampaikan.

Proses komunikasi juga dapat dilakukan melalui prantara media. Dalam melakukan proses komunikasi melalui media baik perorangan maupun media masa akan terdapat perubahan respon terhadap informasi yang akan disampaikan.

Bentuk-bentuk kosmunikasi…

Pada umumnya kegiatan komunikasi memiliki tiga buah bentuk seperti berikut ini:

  1. Komunikasi massa – proses komunikasi jenis ini mempunyai sifat komunikasi yang menyebar dan cukup luas. Di dalam sistem komunikasi massa, naik pengirim informasi maupun penerima informasi dalam lingkup masa dianggap tidak saling mengenal.
  2. Komunikasi kelompok – jenis komunikasi ini cukup berbeda dengan komunikasi massa karena lebih pihak pengirim dan penerima pesan terjalin hubungan saling kenal.
  3. Komunikasi antar pribadi – jenis komunikasi bentuk ini adalah komunikasi pribadi atau komunikasi antar orang. Komunikasi seperti ini terjadi secara langsung diantara satu orang dengan orang yang lainnya.

Komunikasi pemasaran adalah…

Jika kamu sudah mengetahui bentuk-bentuk komunikasi, selanjutnya kamu perlu mengetahui apa, sih komunikasi pemasaran itu?

Jadi komunikasi pemasaran merupakan cara yang penjual lakukan untuk dapat memberikan informasi dan mempengaruhi publik , tujuannya agar mereka mau melakukan kegiatan pembelian produk.

Dalam komunikasi pemasaran akan meliputi branding dari suatu produk yang dijual sekaligus citra dari perusahaan. Kegiatan semacam ini adalah semacam bentuk usaha perusahaan ketika akan menjalin sebuah hubungan dengan calon konsumennya.

Ditinjau dari sisi konsumen, komunikasi pemasaran dapat memberikan informasi kepada konsumen tentang produk yang dijual beserta bagaiman cara penggunaannya.

Kehadiran komunikasi pemasaran ini akan membuat konsumen menjadi terpengaruh untuk melakukan transaksi pembelian produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Lingkup komunikasi pemasaran sendiri dibagi menjadi komunikasi pemasaran eksternal dan internal. Komunikasi eksternal  bertujuan untuk membangun citra perusahaan dan hubungan yang kuat antar perusahaan dengan pihak lainnya termasuk konsumen serta publik secra luas.

Kemudian komunikasi pemasaran internal lebih berfokus membangun hubungan antar perusahaan dengan organisasi di dalamnya, termasuk pegawai, pemegang saham dan stake holder.

Karakteristik Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran mempunyai beberapa macam karakteristik yaitu Wright dan Lovelock yang memaparkan bahwa komunikasi pemasaran harus meliputi karakteristik seperti berikut ini.

  1. Mendidik dan menginformasikan calon konsumen perihal barang dan juga jasa yang kan dijual.
  2. Membujuk target konsumen dangan cara menjelaskan bahwa produk yang akan dijual adalah produk terbaik dan berkualitas dibandingkan dengan produk kompetitor. Produk yang dijual ini harus mempunyai kesan bahwa produk bisa memenuhi ekspektasi para konsumennya.
  3. Mengingatkan kembali kepada pelanggan untuk sudi membeli lagi produknya.
  4. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan tetap serta memberikan update serta penjelasan perihal bagaiman lanjutan tentang produk tersebut. penjelasan ini harus melingkupi perihal bagaimana pelanggan dapat pengalaman yang berkesan terkait dengan produk.

Pentingnya Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif

Sebelum memahami strategi komunikasi pemasaran lebih jauh ada baiknya kamu mengetahui komunikasi pemasaran itu apa sih.

Jadi komunikasi pemasaran itu merupakan segala pesan dan media yang perusahaan sampaikan terhadap upaya berkomunikasi dengan pasar.

Hal ini bakan memerlukan sebuah strategi agar komunikasi pemasaran dapat berjalan lancara serta juga menjadi lebih efektif.

Dengan strategi komunikasi pemasaran yang efektif akan tercipta hal-hal baik seperti berikut ini.

Memperjelas Visi Perusahaan

Hal paling mendasar dari adanya strategi komunikiasi pemasarn menjadi penting adalah dapat membantu tim pemasaran mengembangkan perusahannya.

Hadirnya visi bisa memperjelas tentang bagaimana perusahaan sudah seharusna menciptakan dan berinovasi perihal sesuatu hal yang baru kepada pelanggan.

Hal tersebut menjadi penting untuk sebuah brand, karena akan membantu menambah nilai jual di tengah persaingan yang ketat dengan kompetitor.

Menciptakan Kesadaran Merek

Konsep kesadaran merek pada dasarnya akan berkaitan dengan cara perusahaan mempromosikan tujua serta visi secara keseluruhan.

Kehadiran brand awareness akan menjadi hal yang penting karena dapat membantu perusahaan menjadi lebih unggul dan mudah konsumen kenali daripada kompetitornya.

Secara keseluruhan manfaat seperti ini tidaklah jauh berbeda dengan apa yang telah kita bahas pada poin pertama. Namun, poin utamanya adalah bagaimana cara pelanggan memahami dan sadar akan kehadiran merk kosmetikmu. Serta bagaimana cara konsumen membedakan merkmu di antara berbagai merk kosmetik milik kompetitor lainnya.

Menciptakan Keunggulan Merek dan Produk

Di pasaran pastinya terdapat bermacam-macam merek yang menawarkan produk serta layanan yang sama sehingga membuat pelanggan harus memutuskan pilihannya.

Hal ini akan mengakibatkan persaingan produk dimana kompetitor dan perusahaan kan berlomba-lomba menciptakan produk atau merel yang unggul.

Maka dari itu dari strategi komunikasi pemasaran yang efektif akan dapat membantu perusahaan untuk mempromosikan penawarannya dengan cara yang inovatif dan juga unik.

Hal itulah yang akan membantu perusahaan menjadi meningkat penjualannya walaupun secara tidak langsung lebih mahal.

Mendapatkan Talenta Terbaik

Ada beberapa perubahan kebiasaan pada generasi muda saat ini dalam mencari pekerjaan. Hal ini pasti berhubungan dengan strategi komunikasi pemasaran.

Jika generasi jaman dahulu lebih mempertimbangkan gaji sebagai satu-satunya faktor, hal tersebut tidaklah berlaku untuk kamu millennials.

Terlebih para milenial juga tidak hanya mengukur value pekerjaan mereka dari gaji, melainkan mempertimbangkan berbagai faktor lainnya seperti perihal bagaimana cara pandang masyarakat terhadap perusahaan.

Dari sini perusahaan tidak perlu repot lagi untuk menawar gaji pada setiap talenta terbaik namu jga dengan menggunakan strategi komunikasi perusahaan.

Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Merk

Strategi komunikasi pemasaran yang efektif tidak hanya berhenti untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan, namun juga kepercayaan investor serta masyarakat terhadap merek.

Terdapat strategi komunikasi pemasaran yang bisa membantu perusahaan untuk terlihat menarik di mata investor. Sehingga membuat mereka menaruh kepercayaan terhadap merek.

Dengan cara mengandalkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif mulai dari visi sampai pendekatan ke pelanggan, akan membuat investor tertarik dengan merek kosmetik yang kamu miliki. Hal ini akan membantu perusahaan untuk mencapai target penjualan sesuai dengan tujuan awal.

Tips Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran

Ada hal yang perlu kamu ingat bahwa komunikasi pemasaran tidak bisa hanya kamu bangun lewat strategi biasa.

Perusahaan juga memerlukan pengetahuan mendasar terkait dengan tim marketing sebelum mereka menggunakan komunikasi pemasaran untuk meraih target pasar.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu prkatikan untuk membangun komunikasi pemasaran dengan efektif seperti berikut.

Ketahui Target yang ingin Kamu Raih

Sebelum kamu menyusun rencana komunikasi strategis, kamu wajib memahami dahulu audiens yang akan kamu targetkan. Hal tersebut sangat penting untuk diperhitungkan karena setiap rencana komunikasi pemasaran harus kamu sesuaikan dengan target tertentu.

Untuk menentukan target pasar ini, kamu bisa melakukan riset kemudian menyusun rancangan segementasi audience dari brand kosmetikmu. Kamu bisa pisahkan berdasarkan minat, usia, latar belakangan pendidikan, sosial, hingga wilayah dan alat akses yang mereka miliki.

Untuk mengetahui lebih jauh soal segmentasi pasar, kamu bisa cek di sini.

Mendefinisikan Unique Selling Proposition (USP)

USP merupakan dasar dari strategi komunikasi pemassaran. Adanya USP ini harus bisa mencerminkan setiap pesan yang telah dikirim oleh perusahaan kepada semua saluran komunikasi baik direct selling, public relation atau yang menggunakan konten.

Usp yang baik akan memastikan bahwa pesan sudah tersampaikan oleh perusahaan dengan konsisten, jelas dan mudah konsumen kenali.

Menggunakan Strategi Bauran Pemasaran

Bauran komunikasi pemasaran merupakan strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk menjual produk kepada semua pelanggan.

Pada umumnya strategi bauran pemasaran merupakan kombinasi saluran yang biasa perusahaan gunakan untuk menjangkau pelanggan potensial. Jenisnya ada strategi Marketing Mix 4P dan 7P.

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, yang dapat kamu sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Penting juga untuk mempertimbangkan faktor budget dan sumber daya manusia saat akan memilih strategi bauran pemasaran yang tepat.

Baca Juga: Definisi Marketing Mix 7P dan Penerapannya pada Brand Kosmetik

Mendefinisikan Branding

Branding adalah salah satu bagian terpenting dari proses penentuan strategi komunikasi pemasaran.

Secara luas branding mencakup dua hal yang bertama tentang bagaimana perusahaan me,mpunyai tampilan dan rasa yang konsisten baik offline maupun online.

Akan tetapi dalam takaran yang lebih dalam, branding merupakan identitas inti dari sebuha perusahaan.

Buat Tolok Ukur Keberhasilan

Jika kamu sudah memutuskan akan membuat strategi komunikasi pemasaran, kamu harus sudah merencanakan metrik untuk mengukur tingkatan keberhasilan.

Ini bertujuan agar setiap saluran komunikasi bisa mencapai target yang kamu tentukan. Metrik tersebut akan membantu untuk menentukan apakah hasil dari penerapan strategi pemasaran tersebut sudah sesuai dengan perencanaan awalmu.

Metrik atau tolok ukur ini bisa kamu sesuaikan dengan perencanaan bisnis yang telah kamu susun sebelumnya. Ataupun berdasarkan KPI Marketing dengan metode SMART untuk bisnismu.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah uraian mengenai strategi komunikasi pemasaran yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan brand kosmetikmu. Selain strategi ini, kamu bisa menemukan berbagai tips digital marketing dan branding produk kosmetik lainnya di laman Berita Terkini.

Jangan lupa untuk meninggalkan pendapatmu di kolom komentar dan selalu update informasi terbaru seputar maklon kosmetik di media sosial Mash Moshem Indonesia, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

cream penghilang bekas jerawat punggung

10 Kandungan Cream Penghilang Bekas Jerawat Punggung yang Efektif

Jerawat yang muncul di punggung seringkali menjadi masalah membingungkan dan mengganggu. Bekas jerawat yang meninggalkan jejak di punggung dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, banyak orang beralih pada cream penghilang bekas...

Continue Reading

Leave a Comment