Pentingnya Transparansi Merek dalam Industri Kosmetik, Apa Efeknya?

Transparansi Merek dalam Industri Kosmeti

Transparansi merek dalam industri kosmetik adalah hal yang sangat penting untuk kamu pertimbangkan sebagai brand owner. Selain karena tuntutan konsumen, adanya transparansi ini akan membuat masyarakat jauh lebih percaya dan mudah menerima brand ataupun produk kosmetikmu.

Sebelum transparansi merek menjadi begitu berperan seperti sekarang ini dalam industri kosmetik, dulu sangat jarang bagi pemilik brand membicarakan kandungan-kandungan dalam produk mereka. Dengan maksud untuk melindungi kerahasiaan produk, menjaga orisinalitas, dan mencegah adanya duplikasi dari kompetitor.

Selama waktu itu pula, transparansi merek kecantikan hampir tidak pernah terdengar, tetapi konsumen yang penuh perhatian sedang meningkat secara menyeluruh dan cara konsumen berbelanja terlihat berbeda.

Berdasarkan survei yang dilakukan Sociolla menunjukkan sebanyak 77% konsumen memilih produk kecantikan yang aman dan asli. Konsumen diberikan informasi, digerakkan oleh tujuan dan berfokus untuk menemukan merek yang selaras dengan kebutuhan mereka.

Tren terbaru dalam produk kecantikan yang dilontarkan oleh merek dengan visibilitas seperti sumber bahan, manufaktur, dan rantai pasokan yang mendukungnya.

Merek kecantikan menuntun kamu para perempuan untuk menentukan tujuan dan membantu konsumen mewujudkan nilai-nilai mereka melalui produk kecantikan yang mereka beli. Transparansi sudah menjadi kebutuhan untuk dimiliki.

Berikut adalah penjelasan seberapa penting transparansi produk terutama di industri kecantikan:

Bagaimana Kepercayaan Konsumen sangat Penting untuk Brand Kosmetik

Konsumen adalah tujuan utama dalam sebuah bisnis, dengan begitu penting bagi kamu menjaga relasi baik dengan konsumen. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah dengan membangun kepercayaan.

Hal ini bertujuan agar konsumen menjadi pelanggan tetap dan secara tidak langsung mejadi iklan gratis bagi produk yang kamu kembangkan demi keberlangsungan bisnis kamu.

Memang butuh upaya dan kerja keras lebih dalam meraih kepercayaan konsumen secara keberlanjutan dengan kurun waktu yang lama.

Konsumen sendiri memiliki kedudukan yang krusial untuk bisnis kosmetik kamu, maka dari itu, kanu perlu menjaga kepercayaan dan membuat reputasi brand kosmetik kamu tetap baik.

Apa Itu Transparansi Merk?

Banyaknya persaingan brand membuat konsumen akan ingin tahu mengenai produk kamu. konsumen ingin tahu informasi terperinci dari material atau bahan, proses pembuatan, tanggung jawab sosial perusahaan dan sebagainya.

Jika kamu tidak memberikan informasi detail mengenai produk kamu, besar kemungkinan konsumen akan mencari informasi pada produk lain sampai mereka menemukan jawaban yang mereka cari.

Untuk itu, penting bagi kamu dalam membuat informasi produk secara jelas dan detail agar kamu juga mendapatkan aset berharga yang membantu produk kamu unggul dalam persaingan.

Elemen Transparansi Merek dalam Industri Kosmetik

Menerapkan transparansi produk, kamu perlu melakukan analisis yang baik dalam memberikan informasi produk dengan baik dan benar. Kamu juga harus mengetahui elemen apa saja yang dapat membangun brand transparancy yang baik.

Terdapat dua elemen yang perlu kamu perhatikan yaitu elemen visual dan nonvisual. Yuk, simak penjelasannya:

kemasan produk kosmetik

Elemen Visual

Elemen visual adalah elemen yang berbentuk gambaran visual seperti identitas produk yang kamu tampilkan. Dalam elemen ini terdiri dari kombinasi warna, bentuk, gambar, unsur-unsur lainnya yang bisa menjelaskan identitas produk.

Elemen Non-Visual

Sementara itu, elemen nonvisual adalah elemen yang berkaitan dengan aspek verbal dalam penggambaran identitas produk seperti melalui kata-kata, brand voice, slogan dan gaya komunikasi yang dilakukan perusahaan.   

Transparansi Merek dalam Industri Kosmetik

Produk kecantikan menjadi tren masa kini dan kebutuhan yang perlu dimiliki. Begitu pula dengan transparansi bukan lagi hal menyenangkan tetapi kebutuhan. Brand transparancy penting dilakukan dalam industri kosmetik karena konsumen lebih memilih produk yang aman bagi tubuhnya.

Kamu perlu memperhatikan dengan baik informasi yang apa saja yang perlu disampaikan kepada konsumen agar mereka percaya dengan produk kosmetik kamu.

Konsumen sekarang pintar dalam memilih produk dengan bahan dan manfaat sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, konsumen tidak akan asal dalam memilih produk, apalagi cenderung membahayakan baginya.

Mengapa Transparansi sangat Diperlukan dalam Bisnis Kosmetik?

Dalam membangun bisnis produk kecantikan, kamu pasti memiliki rahasia yang perlu dijaga untuk menjaga kualitas produk kamu, sehingga kamu perlu berhati-hati dalam mempresentasikan produk pada saat transparansi merek.

Hal ini menghindari adanya kemungkinan terlibat skandal yang mungkin konsumen sebabkan nantinya. Kamu perlu mengatakan dengan jujur mengenai transparansi produk kamu untuk membangun kepercayaan dengan kosumen dalam jangka waktu yang lama.

Transparansi merek dapat menghasilkan berbagai manfaat yang berbeda tergantung pada jenis merek. Yuk, simak penjelasan alasan diperlukannya brand transparansi dalam industri kosmetik di bawah ini:

Membangun Kepercayaan Konsumen

Di industri kosmetik sangatlah erat kaitannya dengan persaingan bisnis, oleh sebab itu, banyak pembisnis yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap produk bisnisnya.

Membangun kepercayaan konsumen tentu tidaklah mudah, konsumen yang selektif akan lebih mencari informasi lebih detail terkait produk yang dipasarkan. Salah satu upaya dalam membangun kepercayaan konsumen adalah dengan membuat transparansi merek dengan baik dan benar.

Berdasarkan survei Sprout Sosial mengungkapkan 89% orang mengatakan merek dapat memperoleh kembali kepercayaan jika mengakui kesalahan dan transparan tentang langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Merek yang memprioritaskan transparansi dalam strategi pemasaran media sosialnya mendapatkan imbalan besar dengan mendapatkan kepercayaan konsumen, peningkatan penjualan, dan reputasi merek kian menguat. Ekspektasi transparansi konsumen tumbuh setiap hari, dan hubungan jangka panjang menginspirasi kepercayaan jangka panjang.

Meningkatkan Loyalitas Brand

Transparansi memungkinkan kepercayaan, dan kepercayaan adalah landasan penting untuk hubungan jangka panjang apa pun. Ketika sebuah merek membangun hubungan pelanggan yang baik, hal itu dapat membangun loyalitas dengan pelanggan mereka.

Sebuah studi dari Label Insights menunjukkan bahwa 94% responden akan tetap setia pada merek yang transparan. Sekitar 75% dari pelanggan yang sama ini akan dengan senang hati membayar lebih untuk produk atau layanan dari merek yang mereka yakini asli.

Tetapi jika merek tersebut tidak transparan, mereka tidak memiliki toleransi atas kesalahan apa pun yang merek tersebut buat dan dengan cepat beralih ke yang lain.

Ketika kamu jujur ​​tentang apa yang dilakukan, kamu menunjukkan kepada pelanggan setia bahwa kamu menghargai mereka, memahami serta menghargai peran yang mereka mainkan dalam mengembangkan bisnis kamu.

Mengembangkan Bisnis Kosmetikmu

Kepercayaan dan loyalitas pelanggan yang kuat memberi kamu keunggulan kompetitif, artinya kamu dapat menetapkan harga yang lebih tinggi atau meluncurkan produk baru dengan mudah.

Konsumen lebih cenderung menyebarkan berita tentang merek, berbagi pengalaman positif dengan teman, atau memberikan ulasan yang bagus. Ini mengarah pada peningkatan persepsi merek, membantu mendorong pertumbuhan dan kesuksesan lebih lanjut.

Transparansi juga membantu bisnis berkembang dengan mendorong keterlibatan dan kebahagiaan karyawan. Lebih dari satu studi bahkan menekankan bahwa transparansi perusahaan adalah faktor nomor satu dalam menentukan kebahagiaan di tempat kerja.

Dan saat karyawan merasa lebih bahagia bekerja, mereka 20% lebih produktif daripada karyawan yang tidak bahagia. Bagi tenaga penjualan, kebahagiaan memiliki dampak yang lebih besar lagi, meningkatkan penjualan sebesar 37%.

Mendorong Integritas Brand

Orang sering mendefinisikan integritas sebagai melakukan hal yang benar bahkan ketika tidak ada orang lain di sekitarnya. Ini adalah kemampuan untuk bertindak dengan kejujuran dan konsisten dalam apa pun yang kamu lakukan berdasarkan nilai moral atau kompas keyakinan tertentu yang kamu miliki.

Perusahaan tidak dapat mencapai integritas tanpa transparan terlebih dahulu. Ketika transparan, kamu perlu menetapkan aturan dasar, nilai, proses, dan kebijakan sendiri dan menunjukkan bahwa tidak ada yang fakta yang perusahaan sembunyikan.

Namun, ini bukan sekadar berbicara merek dengan menunjukkan komitmen penuh untuk memberikan nilai dan janjinya untuk benar-benar membuktikan keasliannya.

Memenuhi Keinginan Konsumen Terhadap Produk yang Aman

Kebutuhan konsumen adalah salah satu faktor penting dalam mengambil keputusan pembelian produk. Dengan memahami kebutuhan konsumen, kamu dapat menciptakan produk sesuai keinginan konsumen tentunya dengan aman. Aman maksudnya, produk tersebut tidak membahayakan untuk konsumen.

Contoh Penerapan Transparansi Merek pada Brand Kosmetik

Nah, Beautypreneurs, setelah mengetahui betapa pentingnya transparansi merek dalam industri kosmetik, sekarang kamu bisa memahami bagaimana cara penerapannya yang tepat. Berikut ini ada beberapa contoh penerapan transparansi merek pada brand kosmetik yang bisa kamu simak dan pelajari. Happy reading!

Lush

Merek kosmetik Lush menjual produk kecantikan alami dan buatan tangan. Lush adalah salah satu merek kecantikan digital paling sukses, terutama melalui media sosial, seringkali dalam bentuk konten buatan pengguna organik yang selalu didambakan.

Lush bertujuan untuk menempatkan keaslian dalam produknya dengan slogan “kosmetik buatan tangan yang segar” dan “bahan terbaik, teraman, dan terindah”. Produknya juga bebas dari kekejaman, artinya tidak pernah diuji pada hewan.

Cara Lush Membangun Transparansi Merek

  1. Menampilkan kebijakan dan nilai di situs web perusahaan, termasuk pembelian etis, penghindaran pajak, pengujian hewan, pernyataan perbudakan modern, dan etos Lush.
  2. Ungkapkan daftar bahan, perbedaan yang jelas antara bahan alami dan “sintetis aman”.
  3. Menunjukkan apresiasi pada nama dan gambar orang yang membuat stiker yang digunakan merek untuk kemasan produk.
  4. Lush membatasi jumlah jenis kemasan dan desain produk yang dijual tanpa kemasan, mengurangi penggunaan bahan.
  5. Kontrakkan audit reguler pihak ketiga atas kebijakan pengujian hewannya, praktik etika dan lingkungannya, serta audit bisnis regulernya.

Isla Beauty

Isla Beauty merupakan brand kosmetik yang menjual produk perawatan kulit dan kosmetik. Berawal dari kebiasaan dua saudara yang tumbuh dengan perawatan kulit dan percakapan yang intens dalam meja, tercetuslah mereka untuk melakukan kunjungan pabrik dan formula untuk mendapatkan bahan-bahan terbaik.  Dengan begitu hadirlah keyakinan dalam membangun isla beauty.

Cara Isla Beauty dalam Melakukan Transparansi Merk

Isla Beauty juga termasuk contoh brand kosmetik yang menerapkan transparansi dengan sebagai berikut:

Harga

Isla Beauty memberikan biaya kepada konsumen dengan sangat teliti kegunaannya, Isla menjelaskan untuk biayan produksi hanya mark-up 2x yang konsisten karena biaya lainnya teralihkan untuk biaya seperti pengangkutan, jaminan dan pengemasan

Formula

Mitra lab pihak ketiga adalah bagian penting dari kisah pengembangan produk Isla (dan banyak merek). Alih-alih mencoba menyembunyikannya di balik cerita manufaktur yang tidak jelas, Isla yakin pengalaman, rekam jejak, dan keberadaan partner labnya menunjukkan integritas produk.

Transparansi formula Isla memiliki tiga elemen utama, yaitu:

  1. Visibilitas lengkap ke semua bahan aktif dan konsentrasinya yang tepat,
  2. Perincian lengkap bahan-bahan Asal Alami dan Asal Sintetis untuk setiap produk
  3. Negara asal masing-masing produk, dicetak langsung di botol
Bahan

Ideologi dasar Isla seputar keberlanjutan adalah Reduce, Reuse, dan Recycle. Setiap produk tidak hanya memiliki deskripsi soal perincian setiap bahan kemasan dan sumbernya, Isla juga mengungkapkan petunjuk daur ulang dan daur ulang.

Setelah membaca dua contoh penerapan transparansi merek dalam industri kosmetik di atas, apakah kamu sudah ada gambaran bagaimana kamu membangun transparansi ini untuk merk kosmetikmu?

Transparansi ini tak hanya menjadi alat promosi bagi bisnismu dengan meningkatkan kepercayaan konsumen. Melainkan, menjadi cara bagi brand untuk memastikan keamanan produk mereka, membuat konsumen merasa nyaman dan aman ketika menggunakan produk tersebut.

Di Mash Moshem Indonesia, kami juga menerapkan transparansi yang sama. Kamu tak hanya menerima produk jadi siap jual tanpa tahu apa saja kandungan di dalamnya. Justru, tim formulator kami akan berdiskusi secara aktif denganmu untuk menemukan formula terbaik, aman, dan berkualitas bagi produk kosmetikmu.

Lebih dari itu, kami juga memfasilitasi kebutuhan promosimu dengan product knowledge, yang isinya membahas mengenai kandungan, manfaat, cara pakai, rekomendasi waktu penggunaan, dan banyak lainnya.

Gimana, berminat untuk bikin produkmu bersama kami? Langsung klik tombol WhatsApp di bawah ini, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts