4 Pentingnya Web Hosting untuk Bisnis dan Tips Memilihnya

Sebagai seorang pebisnis, kamu mungkin sudah melakukan banyak cara untuk meningkatkan penjualanmu. Terlebih, untuk mengembangkan bisnis dan bersaing dengan pasar memang bukanlah hal mudah dilakukan. Misalnya dengan mengembangkan Web Hosting untuk bisnis yang kamu jalankan.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, tren bisnispun juga ikut berubah. Jika memang pasar telah berubah, kamu sebagai pebisnis haruslah mengikuti arus dan tidak boleh ketinggalan zaman.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan sebuah bisnis memiliki perkembangan yang cinderung lambat. Lalu apa yang harus kamu lakukan jika hal tersebut terjadi pada usahamu sendiri?

Tentunya kamu harus paham tren-tren apa saja yang sedang hangat, sehingga kamu bisa membuat inovasi-inovasi terbaru terhadap bisnismu. Salah satu caranya adalah dengan beralih ke platform-platform digital, seperti beralih ke web hosting.

Sekarang pertanyaanya, apakah web hosting memang sepenting itu untuk pengembangan bisnismu? Well, kita bahas terlebih dahulu bagaimana web hosting bisa membantu pengembanan bisnis yang sedang kamu jalankan ini. Yuk simak artikel berikut ini dengan seksama!

Pengertian dari Web Hosting

Sebelum membahan hal yang lebih jauh mengenai web hosting ini, kamu harus tahu apa itu web hosting. Web hosting merupakan layanan internet yang berfungsi untuk menyediakan tempat penyimpanan pada berbagai data di sebuah website.

Cara kerjanya cinderung sederhana, di mana website dihosting atau disimpan pada sebuah komputer khusus yang disebut server. Sehingga, jika ada audiens ingin mengunjungi website bisnismu, si hosting inilah yang membuat mereka memungkinkan untuk mengakses websitemu.

Audiens bisa menggetikkan alamat website atau domain kamu di browser mereka. Nah barulah permintaan akses kemudian dihubugkat lewat jaringan server dan websitemu bisa ditampilkan pada audiens.

Kamu bisa menemukan web hosting ini melalui penyedia jasa hosting. Mereka akan mewajibkanmu untuk memiliki domain agar bisa mereka host. Jika kamu belum memiliki alamat website/domain, penyedia jasa tersebut biasanya akan menawarkan pembelian domain.

Kemudian, apa sih penntingnya domain dan mengapa kamu harus memiliki ini? Alasannya, karena domain merupakan alamat rumah kamu. Jika audiens kesulitan mengunjungi rumah kamu, maka kamu memerlukan alamat yang jelas ini, agar audiens bisa mengunjungi rumahmu. Nama domain ini biasanya ditulis oleh ekstensi domain tertentu, seperti: .com, .id, atau yang lainnya.

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana memilih penyedia jasa web hosting yang tepat untuk mengembangkan bisnismu. Kamu tidak boleh sembarangan dan harus mempertimbangkan banyak hal, terutama mereka akan bekerja sama denganmu untuk mengelola website dari bisnismu.

Nah, berikut tips memilih web hosting yang tepat untuk pengembangan bisnis, simak penjelasannya berikut ini:

Mengecek Performa Server

Sebelum menentukan pilihan penyedia jasa hosting, kamu perlu mengetahui server dari layanan tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai websitemu menjadi sulit di akses karena permasalahan teknis dari penyedia hosting yang kamu pilih.

Parameter yang bisa kamu lihat dari calon jasa hosting adalah lokasi server mereka. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari pada negara tempat bisnismu berada. Sehingga saat kamu ingin membuat website ini, maka lebih baik jika server website berada di Indoensia juga.

Selain itu, kamu perlu memperhatikan sprsifikasi dari server yang terletak di data center dari penyedia web hosting. Nah, spesifikasi tersebut mencangkup beberapa hal:

  • Kecepatan prosesor (jumlah core dan jenis prosesor yang digunakan)
  • Teknologi server
  • Network speed
  • Harddisk
  • Kapasitas RAM

Kamu bisa mencari informasi spesifikasi tersebut dari website layanan web hosting yang kamu inginkan. Jika kamu mengalami kesulitan, maka kamu bisa menanyakannya ke bagian customer support dari layanan web hosting yang bersangkutan.

Memastikan Customer Support Selalu Siap dan Berkualitas

Sebelum menentukan layanan web hosting, kamu harus mencari customer support yang berkualitas dari calon penyedia hosting tersebut. Idealnya, tim customer support akan tersedia 24 jam. Sehingga, mereka akan selalu siap kapanpun kamu butuhkan jika terjadi kendala teknis.

Tidak hanya itu, customer support harus mampu menyelesaikan permasalahan yang kamu keluhkan nantinya. Carilah yang memiliki customer support yang ramah, sopan, santun, karena kamu akan bekerjasama dengan mereka.

Kemudian kamu juga harus tahu bagaimana kamu bisa menghubungi customer support ini. Apakah mereka bisa dihubungi melalui email, live chat, ataupun dari panggilan telepon.

Mengecek Harga Paket

Tips yang ketiga sebelum memelih layanan web hosting adalah dengan mengecek harga paket hostingnya. Karena harga yang kamu bayar idealnya harus sesuai dengan paket maupun layanan yang kamu gunakan.

Kamu bisa membandingkan dan merinci spesifikasi maupun jenis dari paket antar layanan hosting, juga harganya. Biasanya harga paket yang lebih tinggi, biasanya memberikan performa yang lebih baik. Jangan memilih yang murah namun tidak menghasilkan performa yang baik.

Karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan layanan dari calon penyedia web hosting yang akan kamu gunakan nantinya. Pastikan kamu mendapatkan harga yang sesuai, dengan performa layanan hosting terbaik.

Mengecek Garansi Uang Kembali

Tips yang keempat untuk mendapatkan layanan jasa web hosting terbaik adalah dengan mengecek garansi uang kembali. Hal ini menjadi fasilitas terbaik yang bisa diberikan oleh penyedia jasa web hosting.

Karena hampir semua layanan hosting memiliki garansi ini. Hanya saja dengan ketentuan dan syarat yang berbeda-beda. Pastikan kamu memilih syarat dan ketentuan yang tidak rancu atau menyesatkan. Setidaknya, kamu harus mengetahui beberapa hal ini:

  • Berapa nominal garansi uang kembali yang nanti kamu dapatkan.
  • Bagaimana sistem pengembalian uang tersebut.
  • Berapa lama waktu yang mereka butuhkan hingga uang bisa kembali padamu.

Jika beberapa keterangan tersebut dirasa kurang jelas, kamu perlu menanyakan hal ini pada tim support dari penyedia jasa web hosting. Jika kamu tidak juga mendapat kejelasan, lebih baik kamu mencari jasa penyedia web hosting yang lainnya.

Perlu diingat, fasilitas ini harus membuatmu merasa aman, karena kamu akan memercayakan bisnis data websitemu. Jangan justru memilih jasa web hosting yang membuatmu ragu ya!

Memerhatikan Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Selain berfkus pada fitur utama dari jasa penyedia web hosting, kau juga harus mempertimbangkan fitur tambahan yang mereka tawarkan. Biasanya mereka memiliki banyak fitur tambahan, seperti yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan.

Selain itu, kamu bisa memperhatikan tool yang mengamankan server kamu dari serangan hacker, malware, atau botnet. Intinya, akan ada banyak fitur tambahan yang bisa disediakan oleh penyedia jasa web hosting ini. Kamu bisa mencari informasi lebih lengkap pada customer suppor dari penyedi jasa web hosting tersebut.

Jangan Lupa Cek Review Pelanggan

Nah, melakukan pengecekan terhadap review pelanggan ini bisa menjadi salah satu alasan kamu memilih penyedia jasa web hosting. Kamu bisa melihat review tersebut melalui blog dan forum, sehingga kamu bisa melihat ulasan mengenai suat layanan hosting.

Carilah ulsan dari blog atau forum terpercaya agar kamu mendapatkan gambaran yang lebih objektif. Cari kelebihan dan kekurangannya, simak terlebih dahulu pengalaman reviewer tentang penyedia jasa web hosting tersebut. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengukur baik buruknya suatu layanan web hosting dengan melihat ulasan orang lain.

Pentingnya Web Hosting untuk Bisnis

Setelah kamu memahami bagaimana cara memilih penyedia jasa web hosting yang baik. Kamu juga harus paham betapa pentingnya web hosting ini untuk mengembangkan bisnis. Ada beberapa poin penting yang bisa kamu temukan dalam menggunakan web hosting ini, yuk simak penjelasan berikut!

Kamu Akan Mendapatkan Kepercayaan dari Pasar

Alasan web hosting penting untuk pengembangan bisnis yang pertama adalah kamu akan mendapatkan kepercayaan dari pasar. Para audiens akan menilai sendiri saat mereka melihat website dari bisnismu. Karena dari sana akan terlihat kredibilitas dan profesionalitas dari bisnismu.

Dengan memiliki web hosting yang tepat, tentunya bisnismu akan lebih dipercaya oleh masyarakat. Karena dengan memiliki web hosting, bisnis yang kamu kembangkan akan terlihat lebih elegan dan profesional. Sehingga calon konsumenmu juga tidak akan ragu untuk membeli produk yang sedang kamu tawarkan ini.

Memiliki Kontrol yang Luas Pada Bisnis

Alasan web hosting penting untuk pengembangan bisnis yang kedua adalah kamu memiliki kontrol penuh dan lebih luas terhadap bisnis. Karena dengan menggunakan web hosting banyak fitur-fitur baru yang tidak terbatas dan bisa kamu gunakan.

Fitur-fitur ini bisa kamu atur dengan leluasa, sesuai dengan yang kamu inginkan untuk memberikan tampilan yang lebih baik di websitemu. Kamu bisa memilih fitur yang sesuai dengan kriteria bisnis, dan citra seperti apa yang kamu ingin tampilkan.

Intinya, dengan web hosting ini, kamu memiliki kontrol penuh terhadap website bisnismu. Aturlah aspek websute sesuai kepentingan bisnis.

Menjamin Bisnis Lebih Aman

Alasan web hosting penting untuk pengembangan bisnis yang ketiga adalah bisnis bisa terjaga dan lebih aman. Penyedia jasa web hosting yang profesional tentunya akan mengutamakan keamanan, karena mereka juga tidak ingin mengecewakanmu sepabai konsumen mereka.

Mereka akan membantumu saat ada peretasan, dan menjamin bisnismu akan tetap aman. Terlebih saat penyedia jasa web hosting yang kamu pilih memiliki customer support yang bersedia melayani 24 jam penuh. Semua kendala website yang membutuhkan penyelesaian yang cepat juga bisa menjamin bisnismu lebih aman.

Membantu Persaingan dengan Kompetitor

Alasan web hosting penting untuk pengembangan bisnis yang keempat adalah akan membantumu bersaing dengan kompetitor. Kamu jangan sampai lupa jika dalam berbisnis, selalu ada kompetitor yang juga bersaing denganmu.

Kamu tentunya tahu kan kalau kompetitor juga memiliki website mereka sendiri? Terlebih saat kamu memiliki bisnis dengan spesifikasi yang sama, kamu juga harus memiliki daya saing yang lebih. Jadi jangan sampai website bisnismu kalah dengan kompetitor, karena bisa jadi calon konsumenmu bisa beralih ke mereka.

Jadi, pilihlah penyedia jasa web hosting tebaik yang akan membantu meningkatkan kinerja dan profesionalitas dari website bisnis yang kamu punya.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai web hosting melalui artikel ini. Kamu bisa tahu alasan web hosting penting untuk pengembangan bisnis. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa penyedia web hosting agar website bisnis bisa terlihat lebih profesional.

Cukup sekian penjelasan mengenai web hosting penting untuk pengembangan bisnis. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya di lama Berita Terkini, ya! See you in another time guys! Bye!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment