6+ Cara Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Bisnis

cara memanfaatkan instagram reels untuk bisnis

Tahu nggak sih, tak mau kalah dari TikTok sekarang Instagram juga menyediakan fitur baru berbentuk video berdurasi pendek. Yep, namanya Instagram Reels. Fitur yang dulu hanya terdapat di beberapa Negara ini sekarang sudah tersedia di Indonesia.

Sejak diluncurkannya Instagram Reels pada 2021 lalu, firtur ini mampu memikat banyak pengguna. Bahkan Indonesia sendiri menjadi pengguna Instagram Reels teraktif di dunia. Wow! Selain bertujuan untuk menghibur, fitur video berdurasi 15 hingga 60 detik ini juga sangat berguna untuk keperluan bisnis.

Tentu hal ini menjadi peluang bagi kamu yang berkecimpung di dunia bisnis. Kamu bisa memanfaatkan Reels untuk mamasarkan produk. Nggak cuma itu, Reels dinilai juga sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness.  

Selain itu dengan menggunakan Reels, produkmu bisa mendapat jangkauan yang luas. Sebab Reels dinilai mempunyai algoritma yang lebih luas daripada fitur Instagram lain seperti Story, Feed maupun Video biasa.

Kamu yang nggak punya aplikasi untuk mengedit video pun tidak perlu khawatir. Sebab Reels sudah menyediakan beberapa opsi editing pada fiturnya. Seperti penambahan music, filter, teks hingga bahkan bisa menggabungkan beberapa video dan foto menjadi satu. Jadi kamu tidak perlu ribet download software untuk edit video lagi.

Kemudahan ini dinilai sangat cocok untuk menaikan performa branding dan meningkatkan penjualan pada produkmu. Lantas apa saja manfaat Instagram Reels untuk bisnis? Simak ulasannya berikut.

Manfaat Instagram Reels Untuk Bisnis

Instagram Reels mempunyai beragam manfaat untuk mendorong performa pada bisnismu. Mulai dari branding hingga bisa meningkatkan penjualan.

Oleh Karena itu, untuk kamu yang baru memulai bisnis, Reels sangat tepat untuk dijadikan opsi sebagai tempat promosi. Berikut beragam manfaatnya untukmu:

Meningkatkan Engagement Post Instagram

Manfaat Instagram Reels untuk bisnis yang pertama adalah meningkatkan engagement post Instagram. setiap postingan Reels akan masuk pada halaman feed dan explore. Masuknya konten pada halaman tersebut akan menjaring audience baru.

Sebab halaman tersebut biasanya diperuntukkan bukan untuk followers. Nah, dengan membuat konten yang menarik, non-followermu pun akan melihat konten yang sudah kamu upload. Sehingga jika mereka tertarikan akan mengunjungi profilmu.

Inilah yang membuat Reels sangat efektif untuk menjaring follower baru. Untuk follower yang lama pun juga akan bisa melihat pada halaman feed. Sehingga performa postingan di Instagrammu akan meningkat.

Menjaring Follower Baru

Buat kamu yang ingin meningkatkan jumlah follower, Reels adalah fitur yang sangat tepat untuk kamu manfaatkan. Sebab jangkauannya yang luas sangat berpotensi untuk masuk pada halaman explore. Jika sudah masuk pada halaman ini, kontenmu akan dilihat banyak oleh non-follower.

Inilah ajang yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaring follower baru. Dengan konten yang menarik, mereka akan mengunjungi profil dan meng-klik tombol follow. Dengan begitu followermu akan bertambah.

Jika followers-mu meningkat, brand awareness pun akan sama. Sehingga juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk yang sedang kamu jual.

Media Kolaborasi

Nggak cuma Instagram Feed, Story dan Video saja yang dapat dimanfaatkan sebagai media kolaborasi dengan Content Creator. Reels pun juga mempunyai manfaat yang sama. Kamu bisa mengajak Content Creator untuk membuat konten di Reels.

Dengan begitu kamu bisa mendapat atensi dari audience si content creator tersebut. Tentu ini mempunyai manfaat yang cukup banyak untuk meningkatkan performa bisnismu. Salah satu manfaat dari kolaborasi ini adalah kamu bisa meningkatkan follower baru.

Jika followermu semakin meningkat, perarti performamu di Instagram juga mendapat perhatian dari public. Ini sangat penting brandingmu di social media. Selain itu, jika branding sudah terbentuk, ini juga berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Dapat Memaksimalkan Promosi

Manfaat Reels selanjutnya adalah dapat memaksimalkan promosi. Dengan menggunkan Reels sebagai tempat untuk kamu promosi produk dan brand, kamu bisa mendapat lebih banyak perhatian dari audience. Sebab jangkauan Reels lebih luas dari fitur Instagram lain.

Jadi manfaatkan Reels dengan membuat konten semenarik mungkin untuk menarik perhatian audience dan juga untuk mendapatkan konsumen baru. Lantas bagaimana cara memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis? Simak tata caranya di bawah ya.

Cara Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Bisnis

cara memanfaatkan instagram reels untuk bisnis

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari performa Reels di Instagram, pasti kamu penasaran tentang bagaimana cara memanfaakan Instagram Reels untuk bisnis.

Nah, kami sudah merangkum dari berbagai sumber tentang cara memanfaatkan Reels ini dengan tepat. Yang mana jika kamu bisa konsisten menggunakan Reels ini, dijamin bisnismu akan melaju pesat. Berikut cara-caranya!

Konten Edukasi

Langkah pertama cara memanfaatkan Instagram Reels untuk bisnis adalah dengan membuat video-video edukasi. Seperti yang diketahui, jika pengguna social media tidak hanya suka dengan konten hiburan saja. Saat ini mereka juga menggunakan social media sebagai ajang untuk belajar.

Oleh karena itu, ini kesempatan bagus yang bisa diambil oleh Creator untuk membuat konten-konten yang mengedukasi. Seperti video singkat yang menjelaskan suatu tips, berita, life hacks, atau konten edukasi lain yang berkaitan dengan produk yang sedang kamu jual.

Jika itu kosmetik, kamu bisa membuat konten singkat tentang tutorial bermake up. Atau jika itu skin care, kamu bisa membuat video tentang tips memilih skin care yang baik, dan lain sebagainya. Yang penting kuncinya semua konten yang kamu buat berkaitan dengan produk yang kamu jual. Tentunya juga harus konsisten.

Selain lebih menarik, cara ini juga merupakah soft selling. Yaitu menjual dengan cara halus. Dengan cara ini audience merasa terdukasi juga akan tertarik dengan produk kita. Nggak lupa, kamu juga harus menggunakan hastag yang relevan dan konten yang kamu buat. Ini sangat berguna untuk meningkatkan reach agar performamu di Instagram lebih meningkat.

Behind The Scene

Dengan konten behind the scene atau di balik layar ini, audience bisa mengetahui keorisinal produkmu. Ini tentu juga menjadi alternative untuk meningkatkan follower. Meskipun terlihat sederhana, konten seperti ini bisa juga menjadi edukasi bagi audience.

Bahkan mereka juga akan merasa ikut bereksperimen di balik pembuatan produk yang kamu jual. Selain itu, konten di balik layar ini juga akan menambah kepercayaan audience terhadap produk. Jadi relationship antara kamu dan audience akan terbangun dengan erat.

Selain ide konten di balik layar pembuatan suatu produk. Kamu juga bisa membagikan keseharian dan kegiatan di kantormu. Kegiatan tersebut tidak hanya akan membangun kepercayaan audience terhadap produk yang sedang kamu bangun. Namun juga perusahaan yang sedang kamu jalankan.

Apalagi Reels mempunyai jangkauan yang luas, jadi ini juga kesempatan yang bagus untuk meningkatkan brading. Baik pada perusahaan maupun produk.

Tampilkan Produk

 Menampilkan produk pada sebuah konten memang terkesan hard selling. Teknik marketing hard selling terlihat seperti memaksa audience untuk membeli produk yang sedang kita jual. Namun untuk menghilangkan kesan hard selling tersebut, kamu bisa membuatnya menjadi lebih smooth dan tidak terkesan memaksa.

Kamu bisa menggabungkan poin yang pertama dan kedua dalam cara ini. Yaitu dengan menyelipkan produk pada konten edukasi dan di balik layar. Contohnya kamu sedang menjual produk kosmetik berupa skincare.

Nah, pada poin pertama kamu bisa membuat tips dan trik bagaimana skincare yang cocok untuk berbagai jenis kulit. Dengan poin tersebut kamu bisa masukkan produk yang sedang kamu jual. Cara seperti tidak terkesan hard selling. Bahkan akan menarik banyak perhatian dari audience karena mereka merasa terdukasi dengan konten yang kita buat.

Begitu juga dengan poin ke dua. Kamu bisa menyelipkan produk yang sedang dipasarkan dalam beberapa adegan. Dengan seperti ini audience pasti juga akan bisa melihat produk kita ada di antara konten tersebut.

Ikuti Tren

Cara memanfaatkan Instagram Reels untuk bisnis selanjutya adalah dengan mengikuti tren. Nggak bisa dipungkiri jika tren ini sangat membantu performa konten di social media. Dengan mengikuti tren yang sedang banyak dibicarakan, kontenmu akan ikut terangkat. Algoritma Instagram akan memuat kontenmu untuk masuk dalam explore dan dilihat banyak orang.

Inilah kesempatan para Creator  memanfaatkannya untuk meningkatkan performa bisnis. Tren ini tidak melulu soal topic saja. Namun bisa saja music yang sedang tren.

Perlu diketahui, dalam Reels pemilihan music juga sangat penting. Biasanya jika kamu menggunakan music yang sedang trending saat itu, kemungkinan besar juga kontenmu akan terangkat dan terus meningkat.

Kamu bisa memilih music yang sedang trending, pada rekomendasi music teratas di Reels. Biasanya memang sebelum mengunggah Reels, kita akan diberi pilihan atau rekomendasi untuk mengedit. Nah, pada bagian ini kamu bisa memilih music juga. Pilihlah rekomendasi music yang masuk pada sepuluh besar. Karena hal tersebut akan sangat membantu meningkatkan performamu.

Konten Original

Keoriginalan konten juga merupakan hal penting. Konsep video untuk Reels ini memang perlu dipikirkan dengan matang. Sebab semakin autentik video yang dibuat, semakin kuat juga cirri khas yang akan menonjol pada produk.

Sehingga ini akan sangat membantu dalam hal branding. Biasanya audience sangat menyukai video-video yang bersifat personal. Sebab video yang seperti ini mempuyai keterikatan yang lebih daripada video yang terlalu professional.

Oleh karena itu, buatlah video se-original mungkin. Sebab peronalitas dari brand akan terbentuk melalui konten-konten video yang dibuat. Selain itu, jika kamu teinspirasi dengan video orang lain, jangan lupa untuk memodifikasinya kembali.

Karena hal tersebut akan rentan sekali berkaitan dengan plagiasi. Jika sudah begini, tidak hanya kontenmu yang mendapat stigma negative dari audience, namun citra dari brand yang sedang kamu bangun juga akan ikut terseret.

Gunakan Instagram Reels Ads

Cara memanfaatkan Instagram Reels selanjutnya adalah dengan menggunakannya untuk beriklan. Ini tentu akan sangat membantu performa brandingmu. Sebab tak hanya mendapat jangkauan yang lebih jauh, dengan menggunakan Reels Ads, kamu juga bisa menargetkan langsung siapa konsumen yang ingin dituju.

Mulai dari gender, usia, kebiasaan hingga apa yang disukai pengguna. Sehingga jika konten videomu lebih tertarget, potensi bertambahnya follower dan konsumen kamu juga akan meningkat. Tentu hal ini sangat efektif sekali untuk meningkatkan performa branding di Reels.

Baca Juga: Cari Tahu Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Efisien

Nah, itulah cara memanfaatkan Instagram Reels untuk bisnis di Instagram. Jadi tidak perlu ragi untuk menggunakan fitur Instagram yang satu ini. Sebab manfaat yang ditawarkan juga sangat menguntungkan. Apalagi untuk kamu yang baru aja memulai berbisnis, Instagram Reels akan sangat cocok.

About Author

Related posts

Leave a Comment