Update Terbaru Daftar Kosmetik Berbahaya oleh BPOM Tahun 2023

Kosmetik kian hari kian menempati posisi penting di hati masyarakat. Bahkan telah berubah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Tak hanya perempuan muda, laki-laki, anak-anak dan orang tua pun telah menggunakan kosmetik.

Produsen kosmetik menganggap hal ini sebagai sebuah peluang emas untuk membuat dan memasarkan produk kecantikan yang menarik dan mampu bersaing secara ekonomi. Namun, jangan terburu-buru tergoda. Kosmetik murah belum tentu juga secantik kalimat iklannya.

Tak sedikit oknum-oknum nakal dan tidak bertanggung jawab menggunakan berbagai bahan berbahaya dalam formulasi produk kosmetik yang dibuatnya. Salah satunya, dengan mencampur kosmetik dengan merkuri.

Kamu pasti enggak asing dengan kosmetik bermerkuri, kan? Memang sih, sepertinya tidak ada habisnya orang-orang tidak bertanggung jawab ini untuk selalu menggunakan merkuri dalam memproduksi kosmetik.

Hal ini dapat dilihat dari Siaran Pers Badan POM pada Oktober 2022. Sepanjang Oktober 2021 hingga Agustus 2022 lalu, Badan POM telah mengungkap adanya 16 produk kosmetik dengan kandungan bahan terlarang dan berbahaya.

Melalui Siaran Pers yang sama, BPOM menyebutkan bahwa temuan kosmetik ilegal dan/atau mengandung bahan berbahaya selama periode Oktober 2021 hingga Agustus 2022, yakni sebanyak lebih dari 1 juta pcs dengan nilai kekonomian sebesar Rp 34,4 miliar.

Keenambelas produk tersebut semuanya mengandung pewarna berbahaya, seperti merah K3 dan K10. Seperti yang kita tahu pewarna berbahaya ini dapat menimbulkan iritasi dan kanker pada tubuh, karena sifat karsinogeniknya.

Telah banyak diketahui, kandungan hydroquinone dalam kosmetika bisa memicu iritasi kulit, kemerahan, menyebabkan sensasi terbakar, hingga menimbulkan Ochronosis (perubahan warna kulit jadi kehitaman/keabu-abuan).

Karena dampaknya yang berbahaya inilah kita harus waspada dan tidak menggunakan kosmetik bermerkuri. Seinstan dan semenggoda apapun efeknya, tetap perhatikan keamanan dan kesehatan diri sendiri.

Daftar Terbaru Kosmetik Bermerkuri dan Berbahaya Oleh BPOM

Supaya kamu dapat lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik. Berikut ini rilis daftar kosmetik bermerkuri yang dilarang beredar oleh Badan POM lewat siaran press Oktober 2022 lalu.

16 Jenis Kosmetik Berbahaya di Indonesia 2022 (Terbaru)

  1. Madame Gie Sweet Cheek Blushed 03 – Berkandungan K10
  2. Madame Gie Nail Shell 14 – Berkandungan K10
  3. Madame Gie Nail Shell 10 – Berkandungan K10
  4. Casandra Lip Balm Care with Aloe Vera varian Strawberry – Berkandungan Sudan III
  5. Casandra Lip Balm Magic varian Strawberry – Berkandungan Sudan III
  6. Casandra Lip Balm Magic varian Orange – Berkandungan Sudan III
  7. LOVES ME Keep Color Trio Eyeshadow LM3044 04 – Berkandungan K10
  8. LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3016 02 – Berkandungan K3
  9. LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3022 04 – Berkandungan K3
  10. MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No.2 – Berkandungan K3
  11. MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No.3 – Berkandungan K3
  12. MISS ROSE Matte 33Orchid 7301-043B33 – Berkandungan K3 dan K10
  13. MISS ROSE Matte 46 Love Bug 7301-043B46 – Berkandungan K3
  14. MISS ROSE Matte 52 Americano 7301-043B52 -Berkandungan K3
  15. MISS ROSE Matte 48 Beeper 7301-043B48 – Berkandungan K3
  16. MISS ROSE Matte 50 Loved 7301-043B50 – Berkandungan K3 dan K10

Daftar lengkapnya, bisa kamu simak dalam lampiran laporan dari BPOM berikut ini:

Kosmetika BB BD Pengawasan BPOM-01

Dampak Buruk Pewarna Berbahaya Rodamine K10 dan K3

Dari laporan daftar BPOM tersebut, bisa kita simak bahwa penggunaan bahan berbahaya dalam kosmetik sudah sangat jauh menurun daripada tahun-tahun sebelumnya. Bahan berbahaya yang ada pun sangat berbeda, dulu banyak produk yang menggunakan merkuri dan hidrokuinon, namun sekarang kedua kandungan tersebut tidak terendus oleh BPOM.

Sayangnya, masih saja ada produk-produk yang menggunakan bahan pewarna berbahaya yakni merah (rhodamine K10 dan K3) yang juga bahaya untuk kesehatan kulit dan tubuh, karena bersifat karsinogenik.

Apalagi beberapa produk terdaftar di atas, bahkan diaplikasikan pada area mata yang memiliki kulit lebih tipis dan sensitif daripada area wajah lainnya. Tentu kandungan pewarna berbahaya ini bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh atau mengiritasi mata.

Karenanya, ada baiknya bila kamu berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Pastikan untuk membaca daftar komposisi, cara penggunaan, tanggal produk, dan semua keterangan lain dalam kemasan produk.

Selain itu, BPOM juga menyediakan beberapa cara untuk mempermudah kamu memastikan keamanan produk kosmetik. Untuk tahu lebih lanjut, kalian bisa baca di sini.

Baca Juga:

Adukan Kosmetik Bermerkuri Ke BPOM

Saat tanpa sengaja mengetahui atau membeli produk kosmetik bermerkuri, segera laporkan hal ini ke pihak BPOM. Agar pengedar dan kosmetik-kosmetik bermerkuri itu segera diringkus. Serta mencegah agar tidak banyak orang yang membeli atau menggunakan produk tersebut.

Caranya mudah, cukup ikuti langkah di website resmi BPOM. Kalau kamu mau, bisa juga langsung menghubungi kontak BPOM lewat email, nomor telepon, nomor sms atau datang langsung ke kantor BPOM.

Stay Beauty and Healthy ya, Guys!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts