Jangan Bingung, Berikut Tips Memasarkan Produk Kosmetik Buatan Sendiri!

Kamu punya brand kosmetik sendiri? Tapi bingung cara melakukan pemasarannya gimana? Jangan khawatir ya, guys! Karena kamu bisa melakukan cara memasarkan produk kosmetik buatan sendiri yang efektif berikut ini!

Terlebih produk skincare dan make up sudah menjadi kebutuhan primer bagi siapapun di era saat ini. Hal inilah yang menjadikan produk kosmetik menjadi peluang besar untuk memulai bisnismu.

Bersamaan dengan berkembangnya permintaan produk skincare dan make up di pasaran. Tentunya akan bermunculan juga produk-produk baru yang lebih bagus dan lebih berkembang. Tidak hanya dari kalangan orang biasa, sekarang para selebritis juga sudah melirik untuk ikut terjun ke dalam bisnis kosmetik!

Nah, kamu jangan sampai ketinggalan juga! Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui cara memasarkan produk kosmetik buatan sendiri! Cek it out!

Tips Memasarkan Produk Kosmetik Buatan Sendiri

Kosmetik memiliki jumlah konsumen yang semakin meningkat pertahunnya. Itu sebabnya kamu mungkin menemukan merk baru yang bermunculan dan produsen-produsen kosmetik yang semakin besar.

Karena permintaan pasar yang semakin tinggi, rasanya memulai bisnis kosmetik bisa menjadi salah satu bisnis menguntungkan untuk saat ini. Lalu, apakah kamu sudah menjadi salah satu produsen kosmetik tersebut?

Jika iya, kamu harus mempelajari bagaimana cara memasarkan produk kosmetik buatanmu sendiri, bukan? Yuk simak artikel berikut ini!

Buatlah Konsep Bisnis Kosmetik yang Jelas

Jika kamu memiliki bisnis kosmetik dengan konsep yang jelas, maka kamu sudah memiliki kunci dari bisnismu. Untuk memudahkan kamu membuat kosmetik sendiri, kamu bisa menggunakan jasa maklon kosmetik, ya!

Namun sebelumnya, kamu harus menentukan terlebih dulu jenis produk kosmetik apa yang ingin kamu jual. Misalnya, kamu memiliki poduk skincare berupa face serum, toner, clay mask, whitening cream, atau yang lainnya.

Maka kamu harus membuat konsep yang sebaik mungkin untuk mengangkat brandmu, dan akan seperti apa perkembangan produkmu kedepannya.

Kamu juga perlu memerhatikan jenis kosmetik apa yang sedang tren dan berkembang, setidaknya untuk 1-3 bulan kedepan. Inilah yang perlu kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis kosmetik.

Kamu dituntun untuk update mengenai tren-tren kecantikan, dan mengikuti perkembangan pasar. Kamu juga harus menentukan apakan produk kosmetik milikimu akan dijual secara online atau melalui toko pusat penjualan.

Tentukan Target Pasar

Cara memasarkan produk kosmetik buatan sendiri yang selanjutnya adalah menentukan target pasar dengan jelas. Kamu harus tau kepada siapa produkmu ini akan kamu tawarkan dan kamu jual.

Contohnya, jika kamu membuat produk acne skincare series, maka target pasarmu adalah orang-orang yang sedang mengalami masalah jerawat. Atau saat kamu membuat produk kosmetik dengan konsep men’s skincare, maka tarket pasarmu adalah laki-laki.

Intinya, buatlah produk kosmetik sesuai dengan kebutuhan pasar. Saat lip serum mulai berkembang dan menghadirkan tag line mencerahkan bibir. Maka target pasar mereka adalah orang-orang yang memiliki bibir gelap ataupu orang-orang yang membutuhkan produk perawatan bibir.

Inilah mengapa target pasar yang jelas akan membuat bisnis kosmetikmu bisa lebih berkembang pesat.

Ingi tahu cara menentukan target pasar untuk bisnis kosmetik yang tepat? Cari tahu di sini!

Jangan Lupa untuk Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar merupakan hal wajib dan harus kamu lakukan saat kamu memulai bisnis apapun, termasuk bisnis kosmetik. Kamu harus tahu apa yang dibutuhkan oleh pasar dan apa yang sedang dicari oleh konsumen saat ini.

Dalam riset ini, kamu akan mempelajari tentang harga produk, hingga strategi marketing dari kompetitor kamu.

Jika kamu merupakan produsen kosmetik dan telah memiliki brand sendiri. Maka kamu harus bekerja sama dengan resseler atau dropshipper untuk menaikkan penjualanmu.

Promosi di Media Sosial

Lakukan promosi yang maksimal di media sosial. Karena media sosial merupakan salah satu platform yang memiliki banyak penggemar dan pengguna, maka kamu wajib melakukan promosi di sini.

Aktiflah melakukan kegiatan di media sosial, bahkan sebelum produkmu launcing. Carilah audiens sebanyak mungkin, kumpulkan orang-orang yang sesuai dengan target pasarmu.

Sehingga saat kamu sudah melakukan opening untuk brand kosmetik, kamu akan mudah menjangkau pasar dan mempromsikan produkmu.

Buka Toko di Market Place

Membuka toko di market place akan memudahkan customer untuk membeli produkmu. Meski kamu akan bersaing dengan pemiliki brand lainnya, namun membuka toko di market place bisa menjangkau pembeli lebih luas.

Dari marketplace juga para pembeli bisa memilih-milih produkmu, kemudian dengan mudah melakukan cek out barang.

Kamu bisa menyantumkan link market placemu di media sosial, agar saat ada audiens yang tertarik untuk membeli produkmu. Mereka bisa langsung membeli produk kosmetik melalui market place tersebut.

Mencari Mitra Kerja yang Sejalan

Mitra kerja yang dimaksudkan di sini adalah perusahaan yang ikut bekerja sama untuk mengembangkan bisnismu. Seperti, saat kamu menggunakan jasa maklon kosmetik untuk membuat produk kosemtikmu sendiri, pilihlah yang sejalan dengan visimu.

Carilah perusahaan maklon kosmetik yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi baik untuk memproduksi kosmetik milikmu.

Umumnya, perusahaan maklon kosmetik akan membantumu menemukan formulasi, desain, kemasan, hingga legalitas lainnya seperti HKI, BPOM, atau Halal. Inilah mengapa kamu tidak perlu membuat pabrik sendiri atau mengurus legalitas sendiri, karena kamu bisa menggunakan jasa maklon agar lebih efisien.

Sehingga, mitra kerja yang sejalan seperti ini akan memudahkanmu melakukan bisnis dan akan membantu mengembangkan bisnis kosmetikmu.

Menentukan Strategi Pemasaran Produk

Saat memulai bisnis harus sudah menentukan strategi pemasaran dari brand kosmetikmu. Kamu harus memikirkan bagaimana kamu akan menjual produk ini kepada konsumen. Apakah dengan cara online, offline, atau melakukan keduanya.

Dengan menentukan strategi pemasaran, maka kamu akan lebih mudah dan lebih terarah saat melakukan eksekusinya.

Contohnya, saat kamu memilih melakukan bisnis kosmetik secara offline, kamu harus mencari lokasi yang strategis untuk toko kosmetikmu. Kamu juga bisa menitipkan produkmu pada toko-toko lainnya atau menjualnya pada event-event tertentu.  

Sedangkan saat kamu memulai pemasaran melalui online, maka kamu harus mempersiapkan sejumlah tools marketing. Mulai dari pemasaran di media online, market place, website, atau lainnya.

Lakukan Pemasaran yang Maksimal dan Efektif

Cara memasarkan produk kosmetik buatan sendiri yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemasaran yang maksimal dan efektif.

Kamu harus melakukan pemasaran yang konsisten agar produkmu bisa dikenal oleh masyarakat. Misalnya, kamu harus sesering mungkin membuat konten di media sosial, melakukan iklan, paid promote, endorsment, atau yang lainnya.

Banyak strategi marketing yang mampu kamu pelajari untuk meningkatkan penjualan dari produk kosmetikmu. Kamu juga bisa membuat konten menarik yang menggunakan media seperti Instagram, Facebook, atau Tik Tok untuk memperkenalkan produkmu.

Dari konten yang menarik dan unik tersebut, kamu bisa mengarahkan audiens untuk ikut membeli produk kosmetik yang kamu jual. Jangan lupa cantumkan link market place atau website pada bio, agar pembeli bisa mudah menjangkau produkmu.

Inilah alasan mengapa pemasaran yang maksimal dan efektif akan membantu meningkatkan penjualan dari produk kosmetikmu.

Memasarkan Produk Kosmetik Buatan Sendiri dengan Influencer

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat kamu sudah memiliki produk kosmetik yang telah beredar di pasar, kamu perlu melakukan strategi marketing. Salah satunya dengan bekerja sama dengan influencer.

Kamu bisa menggunakan jasa mereka untuk memasarkan dan mengiklankan produkmu. Kamu dapat melakukan metode endors atau paid promote kepada akun-akun yang memiliki pengaruh publik.

Namun, sebelum melakukan endors atau paid promote, kamu harus tau apakah influencer tersebut sesuai dengan target pasarmu atau tidak. Karena jika kamu tepat sasaran, maka tidak sedikit pengikut influencer tersebut juga mau membeli produk kosmetikmu.

Pilih Kemasan dan Desain Produk yang Menarik

Sebelum membuat kosmetik dan bekerja sama dengan perusahaan maklon, kamu harus memikirkan kemasan dan desain dari produkmu.

Tidak sedikit orang-orang membeli produk kosmetik karena kemasan atau desainnya yang lucu dan menarik. Jadi kamu tidak boleh meremehkan hal ini ya. Karena hal tersebut bisa menjadi alasan orang-orang tertarik dengan produkmu.

Kemasan yang berkualitas, desain yang menarik, ataupun packaging yang oke akan membentuk citra yang baik dari produkmu. Terlebih kemasan pada produk skincare bisa membantu menjaga sediaan di dalamnya untuk selalu awet dan tidak mudah rusak.

Kamu harus memikirkan kemasan ini yang berkualitas, tidak mudah pecah, dan mampu melindungi skincaremu dengan baik.

Terus Berinovasi dengan Produkmu

Saat kamu sudah terjun pada dunia bisnis kosmetik, maka kamu dituntut untuk terus berinovasi. Karena kedepannya produk kosmetik ini akan terus berkembang dan semakin luas.

Karena perkembangan yang cepat, kamu juga harus melakukan inovasi-inovasi baru dengan produk kosmetikmu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa bertahan di dunia kosmetik dan produkmu bisa selalu digemari oleh masyarakat.

Teruslah membuat produk kosmetik baru yang akan membantu permasalahan kulit di Indoneisa. 

Nah, Beautypreneurs, kamu bisa terus mengembangkan produk kosmetik buatanmu dengan Mash Moshem Indonesia, lho. Sebagai perusahaan penyedia jasa maklon kosmetik berpengalaman, kami dapat membantu mengembangkan produk dan brand kosmetikmu hingga dapat bersaing di pasar Internasional, lho.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai layanan aftersales, seperti adanya pembuatan video company profile, foto produk, brosur, katalog, dan banyak lainnya. Semua media ini bisa membantu memperlancar proses memasarkan produk kosmetik buatan sendiri. Menarik, bukan?

Inilah cara memasarkan produk kosmetik buatan sendiri yang bisa kamu pelajari melalui artikel ini. Sebagai pemilik brand, kamu harus ikut berkembang dengan majunya pasar, terutama dalam bidang kiosmetik.

Semoga arikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang berjuang bisnis kosmetik! Semangat! Sampai jumpa di artikel berikutnya! See you!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment