Cara Menjadi Dropshipper Sukses Hingga Punya Brand Sendiri

cara menjadi dropshipper

Cara menjadi dropshipper yang sukses, cara ini sudah berhasil dilakukan oleh berbagai mitra bisnis kami. Hingga tak seditit pula yang sekarang sudah memiliki brand sendiri. Cara ini berhasil kami rangkum dari hasil interview beberapa mitra maklon kami.

1. Cara Menjadi Dropshipper

A. Pilih Jenis Produk

Memilih jenis produk adalah suatu keharusan. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memilih jenis produk.

Misalnya berdasarkan hoby, nice yang diminati pasar, produk yang dibutuhkan banyak orang, produk yang sedang trend, produk yang tidak mudah rusak dan masih banyak lagi. Salah satu jenis produk yang memenuhi semua kriteria itu adalah produk kosmetik.

Produk kosmetik memiliki nice yang sangat beragam, dan diminati oleh pasar. Mulai dari bayi, remaja, dewasa, tua, laki-laki, perempuan, kelas ekonomi rendah, hingga middle up.

Produk kosmetik juga memiliki trend-trend tersendiri, sehingga Anda bisa cepat menarik pasar dengan produk kosmetik terbaru Anda. Selain itu, kemasan produk kosmetik di desain dengan kuat, sehingga tidak mudah rusak ketika dilakukan pengiriman barang.

 

B. Hindari Produk Yang Bersifat Musiman

Produk yang Anda jual harus melewati masa promosi agar dapat dikenal orang. Sehingga Anda membutuhkan dana awal untuk memperkenalkan toko dan produk Anda.

Oleh sebab itulah, Anda harus memiliki produk yang penjualannya stabil dan terus diminati oleh pasar. Sebagai dropshipper pemula, tidak disarankan untuk menjual produk musiman seperti jenis mainan squisy ataupun LOL. Mainan anak-anak squisy maupun LOL memang sempat ramai diminati pasar. Namun, itu hanya berlangsung selama beberapa bulan. Sedangkan bulan berikutnya, mainan ini tidak lagi sangat digandrungi. Sebab, anak-anak sudah mulai bosan dengan mainan jenis tersebut.

 

C. Pilih Partner Bisnis Yang Sesuai

Partner bisnis dalam bisnis dropship umumnya adalah produsen atau supplier. Sebelum memilih partner bisnis tersebut, Anda harus memastikan bahwa pihak partner sudah memiliki pengalaman di bidang dropshipping yang cukup lama, memiliki track record yang baik, memiliki SOP yang jelas, dan tentu saja memiliki transparansi terhadap keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Oleh sebab itulah, sebelum memilih partner bisnis yang nantinya akan menjadi supplier Anda, maka pastikan terlebih dahulu bahwa partner tersebut benar-benar cocok untuk Anda. Sebab, jika ternyata di kemudian hari ada beberapa halangan, maka upaya branding yang telah Anda bangun selama ini terbuang sia-sia.

 

D. Tentukan Modal Awal

Meski modal untuk bisnis dropshipping ini tidak terlalu besar, namun Anda tetap harus mempersiapkan modal awal berupa asset dan uang cash. Asset yang dimaksud adalah smartphone dan laptop. Smartphone adalah asset pertama yang harus Anda miliki.

Ini berfungsi untuk mempromosikan atau memasarkan barang, menerima orderan, tracking pengiriman barang, melayani customer, dan masih banyak lagi. Asset berupa laptop dibutuhkan untuk memudahkan upload barang, chat customer, cari supplier, hingga me manage orderan yang masuk.

Selain memiliki smartphone dan laptop, Anda juga harus menentukan modal awal berupa uang. Ini beguna sebagai dana “talangan” awal, biaya promosi (branding), dan kebutuhan operasional lainnya.

 

2. Tips dan Trik Jitu Menjadi Dropshipper

Cara menjadi dropshipper selanjutnya yaitu dengan memamhami strategi dan tips dalam menjalani bisnis ini. Berikut ini beberapa tips dan trik yang harus Anda pahami ketika menjadi seorang dropshipper:

 

A. Jadilah Spesialis

Sejak awal, Anda sudah harus menentukan produk dan supplier yang tepat. Oleh sebab itu, Anda harus fokus dan menjadi seorang yang spesialis pada nice produk tertentu.

Dengan Anda memahami produk dengan baik, maka Anda bisa dengan mudah menentukan target pasar, menentukan konsep branding, hingga menjadikan produk atau brand tertentu sebagai signature Anda.

Jadi, ketika ada customer yang ingin mencari produk sejenis produk Anda, maka ia akan mengingat Anda sebagai penjual, lalu membelinya dari Anda. Dengan begitu, akan terbangun kepercayaan terhadap pribadi Anda dan produk Anda.

 

B.  Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Customer

Bisnis Dropship adalah bisnis jasa. Jadi, Anda bertugas untuk memberikan jasa terbaik kepada customer Anda. Berikan perlakuan terbaik untuk customer Anda.

Melalui pelayanan terbaik itu, Anda bisa diingat oleh customer. Terlebih jika pelayanan Anda ramah, cepat, dan solutif.

Sehingga customer akan kembali mencari Anda ketika membutuhkan produk nice sejenis. Dengan begitu, timbullah loyalitas pelanggan terhadap Anda, yang secara tidak langsung nantinya bisa membantu proses branding dengan testimoni-testimoni baik kepada calon customer lain.

 

C. Pilih Supplier/Produsen Dari Tangan Pertama

Pada poin ini sangat berkaitan dengan keuntungan yang bisa Anda peroleh. Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk memilih supplier dari tangan pertama, atau bahkan dari produsennya langsung.

Jangan pilih supplier/produsen pada rantai kedua, ketiga atau kesekiannya. Sebab, ini akan mempengaruhi harga jual, keuntungan dan kekuatan bersaing Anda di pasaran.

 

D. Pilih Supplier/Produsen Yang Professional Dan Tepat Waktu

Ke-efektifan penjualan Anda sangat dipengaruhi pada poin ini. Sebab, supplier yang professional dan tepat waktu bisa sangat mempengaruhi kelancaran dalam menjalankan SOP nantinya.

Anda bisa melihat atau memilih supplier yang professional ini berdasarkan lamanya supplier ini berkecimpung di dunia dropshipping, bagaimana testimoni/pendapat dropshipper lain, professionalitas pegawainya dan alur SOP yang diterapkan oleh supplier tersebut. Jika dirasa ada hal-hal yang tidak sesuai, maka disarankan untuk memilih supplier lain yang bisa bekerja dengan lebih professional, agar tidak menghambat Anda di kemudian hari.

 

E. Terapkan SOP Yang Jelas

SOP sudah harus ditetapkan sejak awal. Sebab, ini berkaitan dengan sistem penerimaan orderan hingga pengiriman barang orderan kepada customer.

SOP yang jelas sangat mempengaruhi kecepatan dan ketapatan pengiriman barang. Ada sedikit saja hal yang menghalangi berjalannya SOP, maka dapat mempengaruhi ke efektifan kerja Anda. Itulah yang menentukan customer bisa merasa puas dengan pelayanan Anda atau tidak.

 

F. Bangun Branding Secara Kuat

Branding kuat adalah kunci untuk mendatangkan pembeli. Dengan keberhasilan branding, maka calon pembeli dan pembeli akan merasa trust atau percaya terhadap pelayanan Anda maupun produk Anda.

Itulah yang menjadikan Anda sebagai seorang dropshipper sukses. Jadi, produk apapun yang Anda jual, maka dapat dipercayai oleh para calon pembeli Anda. Nah, maka dari itu, jangan remehkan kehebatan branding ya..

 

G. Tentukan Harga Jual Dan Keuntungan Yang Bisa Anda Peroleh

Harga jual dan keuntungan adalah hal yang harus Anda tetapkan sejak awal, sebelum menjualnya ke pasaran. Tentukan harga jual yang ideal, bersaing, bahkan jika bisa ya tentukan harga jual terendah di pasaran.

Hal itu berguna untuk menarik pembeli untuk datang ke lapak Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan keuntungan yang bisa Anda raih dari hasil penjualan produk tersebut.

Keuntungan ini berkaitan dengan harga jual produk, biaya operasional, biaya branding, biaya promosi/iklan, dan biaya lainnya. Dengan begitu, Anda harus mempertimbangkan harga jual ini dengan matang, agar tidak terjadi kerugian akibat kesalahan perhitungan. Oleh sebab itulah, Anda disarankan untuk memilih supplier/produsen dari tangan pertama, agar keuntungan yang Anda peroleh bisa lebih besar dan dapat bersaing dengan baik di pasaran.

 

3. Naik Kelas Dengan Memiliki Brand Sendiri (Private Label)

Setelah melakukan cara menjadi dropshipper diatas, kini saatnya Anda untuk memiliki brand sendiri (private label).  Saat ini, Anda tak perlu takut, ragu atau khawatir memiliki brand sendiri, sebab perusahaan jasa maklon kosmetik dapat menyedikan semua kebutuhan produk private label yang Anda inginkan secara lengkap.

Salah satu nice produk private label yang patut Anda pilih adalah kosmetik. Sebab, produk kosmetik memiliki pasar yang sangat luas, rangkaian produk yang banyak, konsumen yang loyal, serta kondisi pasar yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Pilihlah perusahaan jasa maklon kosmetik yang mampu memenuhi semua kebutuhan Anda, mulai dari menciptakan produk terbaik sesuai keinginan Anda dan minat pasar, mengurus legalitas BPOM dan HKI, menyediakan desain produk, packaging, merchandise, madia promosi, iklan, hingga mengirimkan barang ke tempat tujuan Anda secara cepat dan tepat.

Salah satu perusahaan maklon kosmetik terbesar dan paling berpengalaman dalam menciptakan produk kosmetik private label adalah PT.Mash moshem Indonesia. Ini dibuktikan dari kepemilikan sertifikat industri secara lengkap yang terdiri dari BPOM, Halal, dan CPKB (cara pembuatan kosmetik yang baik).

Perusahaan ini berkonsep One Stop Maklon Cosmetic Manufacturer, yang artinya dapat menyediakan jasa maklon kosmetik terlengkap dan terbaik di jajarannya. Jadi, hanya dengan menggunakan jasa maklon di PT.Mash moshem Indonesia, Anda tidak perlu repot lagi memikirkan hal-hal lain. Sebab, produk dan media promosi Anda sudah 100% siap release di pasaran.

Jadi, buat apa menjadi dropshipper jika Anda bisa memiliki merk/brand privet label sendiri? Tak perlu ragu tentang modal yang besar. Sebab, hanya dengan 1000 pcs, Anda sudah bisa memesan dan memiliki produk eksklusive dengan merk dan signature Anda sendiri.

Ayo tunggu apa lagi? Ciptakan produk Anda sendiri dan kuasai pasar kosmetik terbesar di Indonesia. Bersama PT.Mash moshem Indonesia, semua mimpi Anda pasti terwujud.

 

Related posts

Leave a Comment