Apa Itu Bisnis Dropship & Bagaimana Cara Menjadi Dropship Untuk Pemula

cara menjadi dropship untuk pemula

Cara menjadi dropship untuk pemula – Di era digital seperti sekarang, menjadi seorang pengusaha tak lagi membutuhkan banyak modal ataupun syarat-syarat yang memberatkan. Hal utama yang harus Anda miliki hanyalah niat dan ilmu atau pengetahuan terhadap usaha tersebut.

Jadi, jika kini Anda sudah memiliki niat untuk menjadi pengusaha sukses, maka yang Anda perlukan adalah ilmu dan pengetahuan tentang usaha yang akan Anda jalani. Nah, sekarang kami menawarkan Anda untuk mempelajari ilmu menjadi pengusaha melalui hal paling mudah, yaitu menjadi dropshipper.

Namun, sebelum memulai menjadi dropship, tahukah Anda, apa itu bisnis dropship? Atau apa itu dropshipper? Mengapa bisnis dropship sangat cocok untuk Anda? Dan bagaimana langkah awal menjadi dropshipper yang langsung untung? Oke, berikut ini adalah penjelasannya:

 

1. Apa Itu Bisnis Dropship?

Bisnis dropship menjadi bisnis termudah saaat ini yang bisa Anda lakukan, ketika tidak memiliki modal, gudang, ataupun tempat keahlian khusus. Sebab, bisnis dengan sistem dropship tidak membutuhkan modal besar, tempat untuk menyimpan barang, ataupun sistem bisnis yang rumit.

Pada intinya, bisnis dropship merupakan jenis model bisnis yang bisa Anda lakukan dengan menjual produk milik orang lain, dengan merk tertentu. Namun, kelebihannya adalah; Anda tidak perlu memiliki stok barang tersebut dengan cara membeli ataupun meminjam dari pemilik barang, sehingga resiko kerusakan barang tidak akan Anda alami.

Dengan begitu, Anda hanya perlu mempromosikan dan menjual barang tanpa memiliki barang, dan tentu saja tak perlu mengirimkannya secara manual kepada pembeli Anda. Sebab, yang bertugas untuk mengirimkan barang kepada konsumen Anda adalah si pemilik barang/produsen barang tersebut.

Mudah bukan? Itulah mengapa bisnis dropship tidak membutuhkan modal dan pergudangan yang besar. Karena tugas Anda hanya memasarkan dan menjual saja.

 

2. Apa Itu Dropshipper?

Dropshipper adalah orang yang memiliki peran sebagai pebisnis dropship. Jadi, jika Anda menjalankan bisnis dengan sistem dropship, maka Anda adalah dropshipper.

 

3. Mengapa Bisnis Dropship Sangat Cocok Untuk Anda?

Bisnis dropship adalah jenis bisnis yang cocok untuk siapapun. Bahkan jika Anda adalah pelajar atau mahasiswa yang tidak memiliki banyak uang dan waktu sekalipun.

Hanya bermodalkan Handphone atau laptop, Anda sudah bisa menjalankan bisnis dropship ini. Yang terpenting adalah Anda mampu menjual dan memasarkan produk sebanyak mungkin.

Tentu saja, memasarkan produk secara online adalah pilihan terbaik. Sebab, Anda bisa menjangkau massa yang sangat banyak dan luas, tanpa harus membuang-bunag waktu, tenaga dan transportasi untuk menemui para customer.

Cukup menggunakan gambar, video testimoni dan penjelasan Anda, maka produk yang Anda jual bisa mengenai pasar. Meski begitu, tentu saja pemasaran secara offline juga bisa menjadi tambahan untuk menjual produk ke orang-orang disekitar Anda.

 

4. Cara Menjadi Dropship Untuk Pemula Agar Bisa Langsung Untung.

A. Memilih Jenis Produk Yang Sesuai

Jenis produk yang ditawarkan untuk para dropshipper sangatlah banyak. Mulai dari produk fashion, obat-obatan herbal, broduk baby,  hingga berbagai macam kebutuhan rumah tangga dan lainnya.

Meski begitu, merk dan jenis produk yang Anda pilih haruslah tepat. Pilihlah produk yang dapat menghantarkan Anda pada konsumen yang luas dan dapat melancarkan bisnis Anda.

Untuk mempermudah Anda dalam memilih jenis produk bisnis yang tepat, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Pilih barang yang tidak mudah rusak, ringan, awet dan tahan lama (durable). Ini bermanfaat agar produk yang Anda jual tidak mengalami banyak kendala dalam proses pengiriman. Mengingat bisnis dropship adalah bisnis yang dijalankan secara online dan memiliki resiko dalam pengirimannya.
  2. Pilih produk yang memiliki pasar luas, diminati banyak orang, dan memiliki permintaan tinggi dalam jangka waktu lama.
  3. Manfaatkan trend yang sedang ramai dipasaran, namun tetap memiliki satu niche. Sehingga Anda bisa menarik banyak konsumen baru dari produk yang sedang trend, sekaligus memperkenalkan toko/portofolio barnag Anda yang lainnya.
  4. Pilih beberapa produk yang memiliki satu niche. Misal produk-produk kosmetik yang dapat menyasar konsumen setia kosmetik yang begitu luas.

Jadi ingat, cara menjadi dropship untuk pemula yaitu dengan memilih jenis barang yang pas.

B. Kenali Dan Pilih Partner Yang Tepat

Partner adalah kunci untuk menjalankan bisnis dropship. Tanpa adanya partner yang tepat, Anda akan kesulitan menjalankan bisnis dropship ini.

Bayangkan saja, jika partener Anda, yang merupakan produsen atau supplier produk ini tidak fast response, tidak komunikatif, dan tidak support Anda dengan baik, maka pesanan yang Anda berikan tidak akan dapat dikirimkan secara cepat dan tepat. Sehingga, konsumen Anda akan merasa kecewa dan beralih untuk membeli produk serupa pada penjual lain.

Tentu saja, hal itu dapat merugikan Anda sendiri. Ingat, di era ini, pelayanan cepat, ramah dan tepat adalah kunci untuk mendapatkan hati konsumen. Oleh sebab itu, pilih partner yang tepat adalah hal mutlak dalam memulai bisnis dropship.

 

C. Trik Memilih Partner Atau Supplier Yang Tepat

Memang tidak mudah memilih partner bisnis dropship yang tepat untuk Anda. Namun, bukan berarti tidak ada trik untuk memilih supplier yang tepat ya. Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada supplier ketika Anda ingin memulai bisnis dropship:

Pertanyaan Yang Dapat Menentukan Supplier Yang Tepat Untuk Dropship

  1. Apa jenis barang yang Anda jual?
  2. Berapa banyak jenis barang yang Anda jual?
  3. Berapa harga dari masing-masing jenis arang tersebut?
  4. Apa saja opsi pembayarannya?
  5. Apakah ada biaya yang harus Saya keluarkan dalam proses penjualan barang Anda?
  6. Bagaimana teknis atau SOP pemesanan barang?
  7. Bagaimana teknis atau SOP pengiriman barangnya?
  8. Sudah seberapa lama Anda berkecimpung dalam bisnis barang dengan sistem dropshipping?
  9. Wilayah mana saja yang bisa Anda cover dalam pengiriman barangnya?
  10. Bagaimana kebijakan pengembalian barang yang rusak (retur)?
  11. Berapa persen komisi/keuntungan yang bisa saya dapatkan setiap kali penjualan barang berhasil?
  12. Apakah ada promo atau support tertentu yang diberikan supplier untuk menunjang bisnis Anda?

Itu adalah beberapa hal yang bisa Anda tanyakan kepada supplier sebelum memulai bisnis dropship. Namun, selain beberapa pertanya tersebut, Anda juga harus belajar melihat secara objektif bagaimana kualitas supplier ini.

 

Lihat Penilaian Kualitas Supplier

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melihat ulasan dan penilaian dari pembeli maupun dropshipper lainnya.

Nah, setelah memilih partner bisnis berupa supplier yang tepat, kini saatnya Anda untuk mulai menjalankan bisnis dropship ini. Anda bisa menjual produk secara online maupun offline. Namun, lebih disarankan untuk menjual secara online, agar perkembangan bisnis Anda bisa berjalan dengan cepat.

Meski bisnis ini tampak mudah dan memiliki kelebihan, tentu saja Anda harus tahu bahwa bisnis dropship dengan menjadi dropshipper bukanlah langkah yang tepat jika Anda ingin mendapatkan keuntungan besar dalam jangka waktu cepat. Sebab, komisi atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan disetiap penjualan tidaklah besar.

Ini berkaitan dengan keuntungan yang harus dibagi antara produsen, supplier dan Anda sebagai dropshipper. Terlebih jika produsen/supplier Anda juga memiliki tim marketing tersendiri atau reseller yang juga menjualkan produknya.

Tentu saja, harga yang diberikan produsen/supplier kepada Anda adalah lebih tinggi dibandingkan dengan agen dan reseller mereka. Dengan bagitu, Anda harus bersaing secara lebih ketat dengan mereka.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dan lebih cepat, Anda bisa memulai bisnis milik Anda sendiri, bahkan dengan brand Anda sendiri. Bagaimana mungkin? Berikut ini caranya terbaiknya:

 

Baca Juga Cara Menjadi Dropshipper Sukses Hingga Punya Brand Sendiri

 

5. Menjadi Pemilik Merk/Brand Dengan Sistem Maklon

Kendala dari pemilik merk/brand yang selama ini ditakutkan adalah ketidakmampuan untuk membangun pabrik dan menciptakan produk yang diminati pasar. Namun, sekarang hal itu bukanlah masalah.

Anda hanya perlu bekerjasama dengan perusahaan maklon yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Salah satu bisnis maklon yang bisa Anda lirik adalah bisnis kosmetik.

Bisnis kosmetik adalah salah satu peluang terbaik untuk dijalankan di Indonesia. Sebab, produk-produk kosmetik memiliki pasar yang amat sangat besar dengan segmentasi pasar yang juga sangat beragam.

Anda bisa memilih satu atau dua segmentasi pasar kosmetik, atau bahkan semua segmentasi pasar bisa Anda kuasai dengan beragamnya produk yang Anda miliki. Ini bukanlah hal yang sulit, dan tentu saja bisa mendatangkan pundi-pundi keuntungan yang sangat besar.

Tentu saja, dengan sistem maklon, Anda tidak perlu lagi ragu memiliki produk kosmetik dengan merk Anda sendiri. Sebab, dengan adanya agen, reseller atau dropshipper yang mau turut membangun bisnis Anda, maka bisnis Anda bisa berjalan dengan sangat capat.

Berikut ini adalah kelebihan yang bisa Anda rasakan ketika memulai bisnis kosmetik dengan sistem maklon:

  1. Bisnis yang Anda bangun adalah milik Anda, bukan milik orang lain.
  2. Branding yang Anda lakukan tidak akan pernah rugi, karena semua upaya branding yang Anda lakukan adalah untuk membangun kerajaan bisnis Anda sendiri.`
  3. Keuntungan yang Anda dapatkan dapat Anda tentukan sendiri.
  4. Anda bisa memiliki begitu banyak partner bisnis yang bisa mendukung usaha Anda.
  5. Modal yang dikeluarkan tidak besar, namun keuntungan yang Anda dapatkan bisa melebihi 100% dari setiap penjualan produk yang dilakukan!
  6. Anda bisa mengambangkan bisnis Anda sesuai dengan prefernsi dan hasil analisa usaha Anda sendiri.
  7. Anda bisa membangun bisnis lain yang juga bisa mendukung penjualan produk kosmetik Anda. Seperti salon, SPA, aesthetic clinic, make up artist studio, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, Anda bisa menjadi pengusaha sukses di bidang kosmetik yang sangat powerfull.

 

Jadi, dari pada hanya menjadi dropshipper, kenapa tidak menjadi pemilik produk dengan merk sendiri? Ayo wujudkan impian menjadi pengusaha kosmetik sukses hanya dengan modal kecil bersama jasa maklon kosmetik di PT. Mash Moshem Indonesia.

Jangan lupa untuk pilih perusahaan maklon yang mampu memberikan pelayanan terbaik, mampu menciptakan produk berkualitas, mau memproduksi produk dengan kuantitas kecil dan tentunya menawarkan harga yang paling terjangkau.

Dapatkan semua penawaran terbaik dari perusahaan maklon, hanya di Mashmoshem Indonesia. Hanya di Mashmoshem Indonesia, Anda bisa memproduksi barang dalam jumlah kecil, yaitu sebanyak 1000 pcs, secara continue. Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan modal besar untuk bisa memiliki merk sendiri (private label).

Ayo miliki produk dengan merk Anda sendiri, dan kembangkan bisnis Anda sendiri. Hanya bersama Mashmoshem Indonesia, mimpi Anda bisa terwujud.

Related posts

Leave a Comment