Dukung Pelaku UMKM, Mash Moshem Indonesia Sediakan Webinar Bisnis Kosmetik Rutin
Pertumbuhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Pelaku UMKM ini bergerak dalam segala sector industri, termasuk di industri kosmetika.
Dilansir dari Databoks, dikatakan bahwa UMKM terus berkontribusi terhadap prdik bruto dari tahun ke tahun. Kontribusi UMKM terhadap PBD ini naik 22,9 % sepanjang tahun 2019 lalu, yakni dari Rp 7.034,1 triliun hingga meningkat sebesar Rp. 5.721,1 triliun.
Tak hanya itu, pada tahun yang sama, jumlah UMKM di Indonesia pun mengalami peningkatan yang cukup besar, yakni sebesar 1,98 %.
Selain memberikan dampak positif pada perekonomian dalam Negeri, adanya peningkatan ini juga menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup pun kian tinggi.
Sayangnya, meski banyak bermunculan, tak semua pelaku UMKM ini bisa bertahan lama. Ya, salah satu faktornya adalah karena strategi pemasaran dan bisnis yang mereka lakukan kurang matang.
Menyadari fenomena ini, Mash Moshem Indonesia memberikan langkah nyata untuk mendukung pelaku UMKM dengan mengadakan pelatihan lewat webinar. Pelatihan ini dilakukan secara rutin tiap bulan dengan tema berbeda-beda, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pelaku UMKM.
Edukasi untuk Para Pelaku Brand Cosmetic Owner
Berangkat dari pengalaman Mash Moshem Indonesia bekerja sama dengan lebih dari 531 brand kosmetik, perusahaan maklon kosmetik ini menyadari bahwa sangat penting bagi para pelaku bisnis kosmetik baru untuk memiliki ketrampilan berbisnis agar dapat survive di pasaran.
Mengingat persaingan di pasar kosmetik juga sangat ketat, tidak hanya dipenuhi produk-produk lokal, namun juga harus bersaing dengan brand luar yang telah lebih lama populer sebelumnya.
Salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh Mash Moshem Indonesia adalah dengan mengadakan event Webinar tiap bulan, yang berfokus untuk mengedukasi para pemilik brand kosmetik khususnya, juga pelaku UMKM seluruhnya pada umumnya.
Acara yang pertama kali di-launching pada Sabtu (30 Oktober 2021) ini bekerja sama dengan berbagai badan usaha di bidang aplikasi atau softwere bisnis, digital agency, hosting atau domain, hingga beragam ecommerce.
Tak hanya itu, Mash Moshem Indonesia pun menghadirkan para expert di bidang branding, pemasaran, dan digital marketer untuk memberikan tips serta pelatihan pengembangan bisnis kosmetik kepada para audiens.
Tujuan Adanya Webinar Tips Bisnis Kosmetik
Tujuan akhir dari Webinar ini adalah untuk membantu para pelaku UMKM lebih memahami strategi pemasaran dan bisnis dengan lebih baik. Sehingga, mereka dapat mengatur strategi yang paling ideal untuk bisnis mereka agar dapat bersaing dan bertahan di pasaran.
Menurut Head Digital Marketing (Digimar) PT. Mash Moshem Indonesia, kegiatan ini akan diselenggarakan secara rutin tiap bulan dengan tema yang sangat beragam. Dengan begitu, klien serta pelaku UMKM pada umumnya dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari kegiatan tersebut.
“Harapannya, kegiatan ini dapat dan akan dilakukan secara rutin tiap bulan. Kami juga akan selalu menghadirkan topik baru yang segar dan sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, khususnya yang berkaitan dengan bisnis kosmetik,” tutur Prasetyo (29).
Prasetyo menambahkan, sebenarnya ini bukanlah langkah pertama yang dilakukan Mash Moshem Indonesia untuk mendukung perkembangan brand kosmetik klien mereka. Ia mengungkapkan bahwa perusahaan telah memberikan informasi, tips bisnis dan tren minat konsumen, juga kiat memasarkan produk lewat artikel website dan live edukasi di Instagram.
Selain itu, Mash Moshem Indonesia juga memberikan layanan aftersales kepada klien mereka dengan menyediakan media promosi. Seperti foto dan video product, company profile video, FAQ, brosur, hingga memberikan channel distribusi produk kepada klien mereka.
Konsisten memberikan yang terbaik
Sepanjang tahun sejak didirikan, kami tidak pernah berhenti untuk melakukan riset demi menciptakan produk kosmetik terbaik. Sehingga dapat mendukung dan berkonstribusi secara aktif dalam laju industri kecantikan di Indonesia.
“Besar harapan saya, bahwa PT Mash Moshem Indonesia dapat memberikan konstribusi yang lebih besar dalam industri kosmetik Indonesia. Salah satunya dengan mendukung dan membantu para entrepreneur muda untuk mewujudkan impian mereka, yakni dengan menjadi brand owner dari kosmetik mereka sendiri.
Di mana produk kosmetik ini merupakan hasil produksi anak bangsa, yang tak kalah berkualitas dan dapat bersaing dalam skala nasional maupun internasional,” Tutur Scorpi Fillia, CEO PT. Mash Moshem Indonesia.