Bisnis Kosmetik

 Cara Riset Kata Kunci di Lazada untuk Tingkatkan Penjualan, Yuk Perhatikan!

cara riset kata kunci di lazada

Siapa bilang kata kunci hanya bisa dipakai untuk artikel online. Nyatanya, kamu juga perlu menerapkan cara riset kata kunci di Lazada untuk membuat toko dan produkmu lebih mudah terlihat oleh konsumen.

Kebiasaan belanja online masyarakat kian hari kian meningkat. Karenanya sebagai pebisnis, kamu perlu memasarkan usahamu lewat daring juga.

Misalnya dengan menggunakan Lazada, e-commerce dengan jumlah kunjungan per bulan yang besar dan konsisten.

Melansir dari Databoks, Lazada memiliki jumlah kunjungan lebih dari 56 juta kali per bulannya. Tingginya angka kunjungan ini, juga menjanjikan keuntungan pada bisnismu.

Nah, Beautypreneurs, enggak hanya satu orang yang menggunakan Lazada untuk mempromosikan bisnisnya. Sebab itu, tingkat kompetisi pada lapak online ini pun tak bisa diremehkan.

Salah satu cara untuk membuat produkmu kian laris dan bisa ditemukan dengan mudah oleh konsumen adalah lewat riset kata kunci. Dengan demikian kamu juga bisa mendorong angka penjualan yang lebih tinggi.

Penasaran, kan? Bagaimana cara riset kata kunci di Lazada untuk tingkatkan kunjungan toko dan pembelian produk?

Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Riset Kata Kunci (Keyword) Adalah

Kata kunci atau keyword merupakan salah satu bagian penting dalam upaya optimasi toko online/produk jualanmu dalam sistem pencarian Google. Baik toko yang kamu buat di website, postingan halaman media sosial penjualan, hingga di e-commerce seperti Lazada.

Karenanya ketika kamu berhasil memilih kata kunci yang tepat dan relevan, maka visibilitas toko maupun produk jualanmu akan lebih baik. Tentu, ini akan membuat pengguna internet lebih mudah menemukan tokomu dalam sistem pencarian.

Riset kata kunci di Lazada juga memiliki tujuan dan konsep yang sama. Sebab, penggunaan kata kunci ini bisa kamu sematkan pada nama produk/penawaran, halaman deskripsi, nama toko atau nama pengguna.

Dengan begitu, toko online-mu di Lazada akan mampu menjangkau konsumen potensial sesuai dengan kata kunci yang kamu sematkan.

Baca Juga: Cara Mencari Keyword untuk Toko Online yang Efektif, Jangan Dilewatkan!

Pentingnya Riset Kata Kunci di Lazada untuk Seller

Meski bisa berpengaruh besar pada peforma toko, sayangnya tak semua penjual memahami betapa pentingnya riset kata kunci di Lazada untuk bisnis mereka.

Padahal ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa penjual dapatkan dengan melakukan riset kata kunci serta menggunakannya pada toko mereka. Apa saja?

Simak beberapa hal yang membuat riset kata kunci penting di Lazada berikut ini!

Meningkatkan Visibilitas Toko di Sistem Pencarian

Pada dasarnya tiap jenis e-commerce dan lapak online lainnya, tak hanya bisa diakses lewat aplikasi mobile. Melainkan, pengguna juga bisa membuka halaman toko yang mereka inginkan lewat website dan pencarian Google.

Karena itu, halaman produk dan toko yang kamu miliki di Lazada akan terindeks dalam algoritma Google. Dan bisa saja muncul ketika pengguna memasukkan kata kunci produk yang mereka inginkan di mesin pencari.

Di sinilah peran penting penggunaan kata kunci, ketika kamu berhasil menentukan kata kunci yang tepat, maka toko dan halaman produkmu akan muncul pada halaman rekomendasi hasil.

Trafik Toko dan Halaman Produk Kian Bertambah

Manfaat menerapkan cara riset kata kunci di Lazada selanjutnya adalah mampu meningkatkan jumlah traffic halaman toko dan produk.

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, halaman produk dengan kata kunci paling relevan akan lebih mudah terbaca mesin pencari. Baik dari Google maupun dalam sistem Lazada sendiri, sehingga akan muncul pada bagian teratas halaman hasil pencarian.

Nah, karena itu produk akan mudah ditemukan oleh konsumen. Artinya, semakin besar juga kemungkinan mereka meng-klik penawaran tersebut dan mengunjungi halaman produk, maupun toko online-mu.

Meningkatkan Brand Awareness

Tak hanya menaikkan visibilitas penawaran, menggunakan kata kunci yang tepat bisa membantu brand awareness kian melejit. Sebab, konsumen bisa lebih tahu dan tertarik mengenai toko onlinemu ketika Google merekomendasikannya pada laman hasil pencarian utama.

Ingin tahu tips jualan di Lazada untuk pemula agar untung segunung? Klik di sini!

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Riset Kata Kunci di Lazada

Mengetahui betapa pentingnya kata kunci untuk toko online-mu, kamu pasti tak sabar ingin segera mengetahui bagaimana cara riset kata kunci di Lazada, bukan?

Well, jangan terburu-buru, Beautypreneurs. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika menerapkan cara riset kata kunci di Lazada. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini deh, ya!

Ketahui Kata Kunci untuk Daftar Produk

Pertama ketahui terlebih dahulu seperti apa kata kunci yang tepat untuk daftar produk. Karena umumnya, pengguna akan selalu memasukkan kata kunci pencarian yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Untuk itu, kamu perlu mengombinasikan kata kunci spesifik dengan jumlah pencarian tinggi. Namun, tetap memperhatikan relevansinya dalam mesin pencarian, baik aplikasi Lazada maupun Google Search Engine.

Penggunaan kata kunci ini dalam daftar produk akan memungkinkanmu menulis deskripsi penawaran yang lebih masuk akal dan sesuai kebutuhan konsumen.

Volume Pencarian untuk Kata Kunci

Kedua, perhatikan volume pencairan kata kunci yang akan kamu pakai. Semakin banyak kata kunci tersebut digunakan, maka akan semakin tinggi juga kemungkinan produk dan tokomu muncul dalam hasil pencarian.

Volume pencarian ini pun akan memberikan gambaran mengenai seberapa besar target konsumen yang akan kamu raih nantinya. Atau setidaknya seberapa besar presentase traffic yang bisa kamu hasilkan ketika mengaplikasikan kata kunci tersebut dalam penawaranmu.

Sistem Pemeringkatan Produk di Lazada

Terakhir bagaimana sistem pemeringkatan produk di Lazada. Hal ini penting untukmu merumuskan bagaimana penamaan, penulisan deskripsi, hingga mengoptimalkan berbagai aspek dalam SEO lainnya.

Misalnya, semakin banyak klik pada halaman penawaran, tingkat pembelian, dan jumlah suka pada produk tersebut. Maka semakin tinggi juga peringkatmu dalam daftar produk Lazada.

Namun, untuk menunggu reaksi yang sebesar itu dalam bisnis barumu tentu tidaklah mudah. Karena itu, sangat penting untuk memilih kata kunci yang tepat dan paling relevan dengan kebutuhan konsumen akan produk tersebut.

Alat dalam Cara Riset Kata Kunci di Lazada

Setelah memahami ketiga hal di atas sebagai bahan pertimbangan dasar ketika menentukan kata kunci di Lazada. Mempelajari alat-alat dalam cara riset kata kunci di Lazada juga sebuah hal yang tak boleh kamu lewatkan.

Setidaknya ada empat jenis tools riset kata kunci yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan peforma tokomu di Lazada. Apa saja? Simak penjelasan keempat tools tersebut di bawah ini!

Google Keyword Planner

Pertama adalah Google Keyword Planner, yang bisa membantu menampilkan berbagai metrik berdasarkan pencarian kata kunci pada Google Chrome.

Penggunaan Google Keyword Planner juga cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu mengunjungi laman Google Keyword Planner dan memasukkan kata kunci yang ingin diteliti pada bagian Keyword Box. Setelah itu kamu bisa klik enter, untuk memulai pencarian.

Setelah itu, alat ini akan menampilkan data-data keyword yang relevan sesuai kata kunci yang kamu masukkan sebelumnya. Beserta tingginya volume pencarian dari waktu ke waktu, hingga tingkat kesulitannya.

Kedua ada Google Trends, yang tak hanya membantumu melihat volume pencarian kata kunci tertentu. Namun juga bisa digunakan untuk mengukur dan memprediksi bagaimana perkembangan tren terkait produk yang akan kamu jual nantinya.

Penggunaan Google Trend dalam strategi SEO Website juga sangat popular. Sebab kata kuncinya telah disesuaikan dengan tren yang berkembang di masyarakat, kamu bahkan bisa mengatur rentang waktu tertentu sebagai bentuk riset.

Related search ini sebenarnya tidak merujuk suatu tools yang spesifik, namun sebuah trik untuk memanfaatkan rekomendasi pencarian ketika kamu memasukkan kata kunci di kolom search Lazada.

Sama halnya dengan rekomendasi kata kunci di Google, Lazada juga bisa memberikan saran keyword tertentu sesuai dengan jumlah penelusuran yang dilakukan oleh pengguna.

Berbagai Jenis Tools Berbayar

Selain menggunakan tiga alat riset keyword gratis di atas, kamu bisa menggunakan tools berbayar untuk mencari kata kunci terbaik di Lazada.

Alat-alat pencarian kata kunci berbayar ini biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap, seperti fitur untuk riset kompetitor, menghitung peforma toko, dan banyak lainnya.

Cara Riset Kata Kunci di Lazada yang Tepat

Untuk menjelaskan cara riset kata kunci di Lazada ini, akan lebih mudah menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Misal dari penerapannya di nama pengguna/toko, nama produk/barang, halaman deskripsi, hingga hashtag yang akan kamu gunakan nantinya.

Cara Riset Kata Kunci untuk Nama Toko dan Pengguna

Cara riset kata kunci untuk nama toko dan pengguna di Lazada sangat penting, sebagai alat branding dari bisnis online-mu.

Penting untuk menggunakan nama toko dan pengguna yang mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, gunakan keyword yang relevan dengan penawaran atau produk yang akan kamu jual nantinya.

Sebagai contoh, kamu ingin membuka toko kosmetik di Lazada. Maka, akan lebih baik menggunakan username dan nama toko yang bisa mendeskripsikan bisnismu tersebut. Misalnya dengan kata kunci “Toko Kosmetik Premium Surabaya”, “Toko Kosmetik Murah Surabaya”, “Beauty Store Makeup”, dan sejenisnya.

Setelah menentukan nama tokonya, kamu bisa mencari relevansi kata kunci pada Google Keyword Planner atau Lazada Search Engine. Gunakan kata kunci rekomendasi teratas dan paling relevan dengan bisnismu, ya!

Kata Kunci untuk Nama dan Deskripsi Produk

Kata kunci untuk nama produk bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena nilai kompetitifnya yang tinggi, namun jumlah penggunaan oleh konsumen sangat besar.

Untuk menamai produk, kamu bisa menggunakan kombinasi merk, jenis produk, dan manfaat unggulannya. Demi menarik perhatian konsumen, kamu bisa menggunakan kata kunci yang paling popular dan nge-tren di pasaran.

Misalnya, kamu menjual produk kosmetik dengan label Insane Beauty, yang manfaatnya untuk mencerahkan wajah. Kamu bisa melakukan riset keyword “krim pencerah wajah” dan menggunakan rekomendasi teratas ke dalam nama produkmu.

Seperti: Insane Beauty Skincare dan Krim Pemutih Wajah Alami

Kamu bisa menggunakan kata kunci ini dalam deskripsi produk juga. Dengan begitu, kemungkinan halaman penawaran muncul sebagai hasil pencarian kata kunci terkait pun akan semakin tinggi.

Gunakan Hashtag yang Relevan

Cara riset kata kunci di Lazada selanjutnya bisa kamu gunakan sebagai hashtag. Yap! Seperti yang kamu tahu, hashtag bisa berperan penting untuk membantu pengguna internet menemukan apa yang mereka cari sesuai kata kunci.

Menambahkan pencarian hashtag ke dalam postinganmu tentu bisa menambah visibilitas pada laman penawaran dan toko.

Nah, Ladies, itu adalah cara riset kata kunci di Lazada yang bisa kamu coba dan terapkan pada toko online-mu. Semoga artikel ini membantu dan dapat menjawab pertanyaanmu!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011