8 Cara Optimasi SEO Instagram untuk Tingkatkan Engagement Akun

cara optimasi Instagram seo

Search Enginge Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO dikenal sebagai salah satu aspek penting dalam mesin pencarian. Dengan adanya SEO konten yang dibuat akan berpotensi mendapatkan pengunjung yang banyak dan mudah ditemukan oleh orang.

Namun tahu nggak sih, ternyata saat ini SEO tidak hanya berlaku untuk mesin pecarian saja? Ya, SEO saat ini juga bisa diterapkan di berbagai platform sosial media. Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini sosial media memegang peranan yang cukup penting dalam strategi pemasaran. Salah satunya Instagram.

Siapa sih yang nggak kenal Instagram? Platform sosial media terpopuler di Indonesia yang juga sering digunakan sebagai strategi promosi. Untuk meningkatkan optimasi Instagram, tidak hanya konten saja yang harus kamu maksimalkan. Namun SEO juga sangat perlu.

Sebenarnya apa sih Instagram SEO itu? Apakah keberadaannya cukup penting untuk mengoptimalisasi Instagram? Daripada bingung, mending kamu simak artikel ini hingga selesai. Selamat membaca!

Apa Itu Instagram SEO?

Jika mendengar kata SEO pasti sudah tidak bisa dipisahkan dengan kata kunci. Sama halnya dengan SEO di mesin pencarian, Instagram SEO adalah sebuah proses untuk mengoptimasi konten. Tujuannya untuk meningkat pengunjung profil Instagrammu di Instagram search engine.

Dengan menggunakan Instagram SEO, kontenmu akan sangat berpotensi untuk ditemukan oleh orang. Tak hanya itu, pengunjung Instagrammu pun akan meningkat dengan signifikan. Dengan begitu, brand awareness pun akan meningkat.

Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk para pelaku bisnis. Dengan menggunakan Instagram SEO, bisnismu akan mudah ditemukan oleh orang. Bahkan hal ini juga berpotensi tinggi untuk meningkatkan penjualan.

Sebab konten-kontenmu akan tersebar dengan cepat dan dengan orang yang tepat. Oleh karena itu Instagram SEO sangat penting bagi para digital marketer. Lantas bagaimana cara optimasi Instagram SEO? Apakah sama dengan optimasi SEO pada mesin pencarian? Berikut penjelasan selengkapnya.  

8 Cara Optimasi Instagram SEO yang Bisa Kamu Coba

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya bahwa Instagram SEO memegang peranan cukup penting untuk kesuksesan sebuah konten di Instagram. Bahkan Instagram SEO juga banyak mempunyai manfaat yang lain. Seperti meningkatkan engagement hingga penjualan. Berikut cara optimasi Instagram SEO:

Optimalkan Profil Instagram Bisnismu

Langkah pertama cara optimasi SEO di Instagram adalah dengan mengoptimalkan profil Instagra. Profil Instagram tidak bisa dianggap sepele. Sebab branding sebuah perusahaanmu terdapat pada bagian yang satu ini. Artinya profil Instagram merupakan wajah utama perusahaan. Jadi harus sangat optimal.

Sebagaimana fungsi utamanya bahwa Inatagram SEO bertujuan menampilkan profil Instagram berdasarkan kata kunci yang dimasukkan pada search engine. Namun ternyata tidak semua profil berpotensi terdeteksi pada mesin pencarian Instagram.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu untuk mengoptimaslisasi profil Instagram agar terdeteksi oleh mesin pencarian. Berikut tahapannya:

Ubah Profil Akun Menjadi Publik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah profil akun Instagrammu menjadi public.

Gunakan Foto Profil yang Profesional

Kemudian gunakan foto profil sesuai bisnis yang kamu jalankan. Bisa juga menggunakan logo perusahaan atau produk yang kamu pasarkan.

Buat Brand Kosmetikmu Lebih Dikenal

Selanjutnya adalah membuat brand bisnismu menjadi lebih dikenali orang. Misalnya kamu sedang berkecimpung di dunia kosmetik. Pada bio Instagram, kamu bisa menambahkan kata beauty atau kosmetik. Dengan begitu orang bisa dengan mudah mengenali bisnis yang sedang kamu jalankan.

Daftarkan Akunmu di Instagram Bisnis

Setelah itu kamu juga bisa mendaftarkan Instagrammu ke Instagram Bisnis. Dengan begitu kamu akan tampak semakin profesiona. Tak hanya demikian, Instagram bisnis juga akan mendapatkan benefit lebih dari Instagram.

Tak cukup dengan itu, kamu juga bisa meyertakan link atau tautan websitemu di bio Instagram. Sehingga dengan hal ini profil Instagrammu akan lebih mudah terdeteksi oleh mesin pencarian.

Masukkan Kata Kunci Utama ke Username dan Display Name

Langkah selanjutnya untuk mengoptimasi Instagram SEO adalah dengan cara memasukkan kata kunci utama ke username dan display name. Seperti yang kamu ketahui bahwa dua aspek ini merupakan yang terpenting di Instagram.

Searh engine akan lebih mudah mengenali dan menemukan profilmu. Sebab kata kunci bisnis yang kamu jalankan ada pada kata kunci utama. Tak hanya itu, dengan menerapkan strategi ini, nama bisnismu juga akan mudah di ingat.

Contohnya kamu sedang menjalankan bisnis skincare. Nah, kamu bis memasukkan kata skincare ke dalam username utama. Selain itu kamu juga dapat memasukkannya ke display name.

Dengan begitu ketika orang mencari dengan kata kunci skincare, profil Intagrammu akan masuk ranah rekomendasi utama. Jadi konten dan pengunjung profilmu akan berpotensi meningkat dengan signifikan.

Tambahkan Kata Kunci Turunan pada Bio Instagram

Setelah memasukkan kata kunci utama ke username dan display name, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menambahkan kata kunci turunan pada bio Instagram. Seperti yang kamu ketahui bahwa bio Instagram beguna sebagai penjelas dari profil.

Kamu bisa mendeskribsikan tujuan atau maksud dari profil Instagrammu di bio. Untuk lebih mudah terbaca oleh mesin pencarian, kamu bisa menambahkan kata kunci yang sesuai di bio Instgram. Misalnya kamu sedang menjalankan bisnis kosmetik.

Nah, kamu bisa menambahkan kata kosmetik pada bio. Dengan begitu mesin pencarian lebih mudah untuk membaca dan melacak kontenmu.

Hal yang harus kamu ingat, bahwa hindari menambahkan bio Instagram dengan kalimat yang betele-tele. Cukup tambahkan kata yang singkat, padat dan jelas. Serta tambahkan kata kunci yang sesuai.

Maksimalkan Alt Text

Cara optimasi SEO Inatagram selanjutnya adalah dengan cara memaksimalkan alt text. Sama halnya dengan optimasi gambar pada website, alt text juga berfungsi untuk mengoptimaslisasi postingan gambar maupun video di Instagram.

Dengan menggunaan alt text postingan Instagrammu akan berpotensi tertuju pada orang yang menyukai gambar yang sama. Algoritma Instagram akan membawa postingan itu ke pengikut atau followers yang menyukai tipe konten yang sama.

Selain itu dengan menggunakan alt text juga akan memudahkan mesin pencarian Google untuk menemukan kontenmu. Yakni dengan menambahkan alt text yang sedang tinggi pada postingan Instagrammu.

Bagaimana sih cara menggunakan alt text di Instagram? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ketika akan posting konten, scroll ke bawah hingga kamu menemukan Advanced Setting
  2. Setelah itu klik Write Alt  Text
  3. Kemudian tulis deskribsi kontenmu lalu klik done
  4. Jika kamu sudah terlanjur posting dan ingin menambahkan alt text. Cukup klik titik tiga pada postinganmu lalu edit alt text.

Gunakan Kata Kunci pada Hashtag

Tak bisa dipungkiri bahwa selain konten yang menarik, hastag juga memegang peranan penting pada kesuksesan sebuah konten. Untuk lebih dikenali oleh mesin pencarian di Instagram, kamu perlu menambahkan hastag dengan kata kunci.

Kamu bisa menggunakan hastag yang relevan dengan konten dan bisnis yang kamu jalankan. Dengan begitu algoritma Instagram akan menampilkan postinganmu kepada followers dengan minat yang sama. Sehingga kontenmu akan berpotensi ditemukan oleh banyak orang.

Dengan menggunakan hastag yang sesuai, profilmu juga akan masuk ke dalam rekomendasi Instagram pada mesin pencarian. Sehingga orang akan dengan mudah menemukan bisnis dan profilmu. Sebagai contoh kamu sedang menjalankan bisnis kosmetik.

Kamu bisa menggunakan hastag #kosmetik #kometikorganik atau masih banyak lainnya yang relevan. Lantas bagaimana memilih hastag yang relevan agar konten berjalan dengan maksimal? Berikut tips-tipnya untuk kamu:

  1. Perhatikan hastag yang digunakan oleh kompetitor atau pesaing
  2. Lacak tingkat popularitas hastag dengan menggunakan tools
  3. Analisis hastag pasa postingan sebelumnya
  4. Jangan spam hastag

Gunakan Kata Kunci Turunan pada Caption

Cara berikutnya untuk optimasi Instagram SEO adalag dengan menggunakan kata kunci turunan pada caption. Ini merupakan bagian terpenting. Sebab dengan menggunakan kata kunci turunan pada konten, Instagram machine learning akan dengan mudah mengenali konten yang kamu buat.

Untuk diketahui bahwa Instagram machine learning bertujuan untuk menentukan konten mana yang akan dimunculkan pada eksplore. Seperti yang kamu tahu bahwa jika konten masuk di explore, itu artinya non follower juga berpotensi akan mengetahui kontenmu. Sehingga ini akan meningkatkan engagement.

Perhatikan Instagram Insights untuk Melihat Reach Konten

Selain mengoptimalisai kata kunci turunan pada caption, memperhatikan Instagram Insight juga sangat penting. Dengan Instagram insight, kamu bisa mengevaluasi performa konten yang kamu buat. Mulai dari feed, reels hingga story.

Melalui insight, kamu bisa mengevaluasi konten melalui beberapa metrics. Yakni reach, saves, impression, like, comment hingga audience. Beberapa metrics tersebut dapat menjadi bahan evaluasi untuk ke depannya. Supaya performa Instagrammu lebih meningkat.

Manfaatkan Tag dan Mention Instagram

Fitur tag dan mention juga sangat bermanfaat untuk mengoptimasi SEO di Instagram. Dengan menggunakan fitur ini, konten dan profil Instagram-mu akan lebih mudah untuk audiens. Sebab kamu melibatkan orang lain di sini.

Semakin banyak pengguna yang mention dan tag Instagram-mu, semakin banyak pula potensi profilmu akan mendapat banyak kunjungan dari followers mereka. Metode ini sudah sering digunakan oleh para digital marketer untuk system endorse. Dengan melibatkan public figure, metode yang satu ini akan jauh lebih terlihat.

Itulah beberapa cara untuk mengoptimasi Instagram SEO. Perlukah kita mengoptimasi Instagram SEO? Jawabannya sangat perlu. Sebab hal yang satu ini mempunyai beragam manfaat. Apa saja?

Manfaat Melakukan Optimasi SEO pada Instagram

cara optimasi Instagram seo

Jika kamu pelaku digital marketing, maka wajib hukumnya untuk mengetahui manfaat Instagram SEO. Dengan hal ini bisa kamu jadikan acuan untuk meningkatkan performa Instagrammu untuk ke depannya. Sehingga akan lebih baik dan meningkat. Berikut adalah manfaat optimasi SEO pada Instagram:

Meningkatkan Jangkauan

Manfaat yang pertama adalah untuk meningkatkan reach atau jangkauan. Semakin banyak reach yang kamu dapat, maka semakin sukses pula konten dan branding yang kamu buat. Dengan meningkatkan jangkauan, itu berarti akan ada banyak orang yang mengetahui kontenmu.

Meningkatkan Engagement

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa salah satu tolok ukur kesuksesan sebuah Instagram adalah terletak pada engagementnya. Engagement ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni like, comment, like share hingga follow. Seiring dengan meningkatkan jumlah jangkauan yang kamu dapat, akan berpotensi tinggi pula engagement yang kamu dapatkan.

Tak hanya itu, jika engagement meningkat, potensi penjualanmu meningkat pun akan semakin tinggi. Sebab akan ada banyak pula pengguna yang mengunjungi profilmu dan mengetahui bisnis yang sedang kamu jalankan.

Nah itulah beberapa manfaat SEO Instagram yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menggunakan tips ini ke dalam strategi pemasaran oline dari brand kosmetikmu.

Selain menggunakan SEO di Instagram, kamu juga bisa menggunakan strategi pemasaran lain yang tak kalah ampuhnya. Semua strategi ini dapat kamu akses lewat Berita Terkini, selain itu jangan lupa untuk mengikuti Webinar Gratis dan Eksklusif dari Mash Moshem Indonesia tiap bulannya, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment