Branding Kosmetik

Cara Mengatasi Perang Harga saat Berbisnis Online, Pemula Wajib Tahu!

cara mengatasi perang harga saat berbisnis online (1)

Setiap perusahaan pasti akan berusaha untuk mengambil hati konsumen, salah satu caranya adalah dengan melakukan penurunan harga. Namun, sebagai pengusaha baru, kamu juga harus memahami dan mengerti cara mengatasi perang harga saat berbisnis online.

Nah, di sini perang harga atau biasa disebut sebagai price war merupakan hasil dari diterapkannya strategi penurunan harga tersebut.

Tidak sedikit bisnis yang melakukan penurunan harga, dimana secara otomatis akan lebih banyak konsumen baru yang akan melakukan proses pembelian.

Harus kamu ketahui ya, ternyata menawarkan produk atau jasa dengan harga yang lebih murah tidak semerta-merta menjadikan bisnismu market leader.

Ika kamu menerapkan perang harga dengan tidak melalui strategi serta persiapan yang matang, bukan tidak mungkin bisnismu akan mengalami dampak yang buruk, bahkan memungkinkan terjadinya kenaikan harga.

Kok bisa begitu sih? Yuk, baca ulasan berikut ini agar kamu menemukan jawabannya!



Mengenal Strategi Perang Harga

Mengutip dari Wall Street Mojo, perang harga merupakan sebuah kompetisi yang terjadi antar pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk saling menurunkan harga pada produk atau jasa yang dijualnya.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk strategi untuk menyaingi kompetitor serta mendapatkan market share dan juga pangsa pasar.

Dengan memberikan tawaran harga yang lebih murah kepada pelanggan, kedepannya akan semakin banyak konsumen yang beralih kepada produk yang menawarkan harga lebih murah.

Akibatnya tidak sedikit perusahaan yang akan kesulitan untuk menarik hati konsumen.

Kemudian apa yang akan terjadi selanjutnya? Perusahaan-perusahaan yang merasa kalah mendapatkan konsumen akan melakukan balas dendam dengan cara menawarkan harga yang jauh lebih murah lagi.

Di lain sisi, fenomena perang harga dapat menguntukan bagi konsumennya. Akan tetapi penurunan harga yang ekstrim dapat memberikan dampak buruk kepada industri secara keseluruhan.

Dalam hal ini perusahaan yang sedang berada di tengah-tengah perang harga akan memiliki resiko lebih tinggi dimana akan mengalami penurunan di dalam profit margin-nya.

Penyebab Timbulnya Perang Harga

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya perang harga seperti berikut ini:

  1. Tidak sedikit perusahaan yang melihat bahwa perang harga dapat menjadi salah satu cara untuk memperoleh pangsa pasar serta meningkatkan pendapatan.
  2. Kondisi pasar yang cukup kompetitif akan menyebabkan banyak perusahaan yang menawarkan produk serupa. Hal ini akan memancing strategi penurunan harga untuk dapat bersaing dengan satu sama lain.
  3. Perusahaan pastinya akan menghindari terjadinya kebangkrutan, dengan ini perusahaan akan menarik konsumen baru yang bisa memperbaiki likuiditas perusahaan.
  4. Suatu perusahaan cenderung berambisi untuk memperluas pangsa pasar yang sudah diraih selama ini.

Kekurangan dan Kelebihan dari Strategi Perang Harga

Menerapkan strategi perang harga akan memberikan beberapa dampak, baik itu dampak buruk dan juga dampak baik.

Hal ini karena setiap perusahaan yang terlibat di dalam perang harga harus mengorbankan profit demi mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Selain itu perusahaan juga harus dapat menerapkan strategi serta networking yang tepat dan juga pemahaman yang mendalam mengenai kompetitor serta pasar jika ingin menang di dalam perang harga.

Berikut ini adalah kekurang dan kelebihan dari diterapkannya strategi perang harga:

Kekurangan

Adanya resiko rugi

Seperti yang telah kita ulas di atas, perusahaan yang tidak bisa bertahan dalam perang harga akan mendapatkan resiko kerugian.

Bukan hanya berhenti di situ, perusahaan juga harus rela kehilangan market share jika tidak dapat menjalankan strategi dengan baik dan benar.

Maka dari itulah kenapa beberapa perusahaan memilih untuk tidak terlibat dalam perang harga. Hal tersebut berdasarkan perhitungan yang matang, di mana tidak semua konsumen akan lebih langsung beralih ke harga yang lebih terjangkau.

Menyebabkan naiknya harga produk

Perusahaan yang sanggup bertahan pada akhirnya akan mempunyai kekuatan tersendiri untuk meningkatkan market-size-nya.

Di sini perusahaan dapat menyingkirkan beberapa jumlah kompetitor yang mengalami kebangkrutan karena sudah tidak mampu untuk bersaing.

Karena sudah tidak ada lagi saingan bisnis yang kompetitif, perusahaan dapat menaikkan harga produk kapanpun mereka mau.

Konsumen pada akhirnya sudah tidak memiliki pilihan lain selain menerima kenaikan harga yang telah pebisnis tetapkan tersebut.

Lapangan kerja kian sedikit

Jangan salah ya, bahwa strategi perang harga ini dapat menimbulkan kerusakan yang cukup signifikan, terutama untuk daerah yang hanya memiliki sedikit bisnis yang mampu menyediakan lapangan pekerjaan.

Jika semakin banyak perusahaan yang mengalami gulung tikar, maka akan semakin sedikit lapangan pekerjaan yang tersedia.

Hal tersebut akan mengakibatkan beberapa hal, di mana beberapa orang sudah tidak mau memilih peluang kerja dengan upah yang rendah, serta harus melakukan migrasi ke luar daerah untuk menemukan kesempatan kerja yang lebih baik.

Kelebihan

Konsumen mendapatkan harga murah

Seperti yang dalam penjelasan di atas, sudah sangat jelas bahwa perang harga yang terjadi akan menimbulkan dampak dimana harga produk di pasaran menjadi lebih murah.

Hal tersebut pastinya akan menguntukan pihak konsumen, dimana mereka tidak hanya menghemat biaya namun juga waktu.

Contohnya dalam perang harga marketplace. Tidak sedikit orang rela membeli produk sesuai harga minimum agar bisa mendapatkan potongan dan juga diskon.

Setelah terjadinya perang harga, beberapa marketplace akan berlomba-lomba untuk menawarkan harga produk semurah mungkin untuk para konsumennya.

Selain terjangkaunya biaya belanja, biaya ongkos perjalanan juga berkurang karena adanya jasa ongkos kirim gratis.

Tambahan fasilitas yang menarik

Tidak hanya melakukan penurunan harga, perusahaan yang terlibat di dalam perang harga biasanya akan menambahkan add on atau fasilitas baru untuk konsumennya.

Hal ini dilakukan agar produk dapat tetap menonjol di kalangan konsumen, mengingat bisnis produk serupa juga akan menurunkan harga produknya.

Fasilitas tambahan yang dimaksud disini rupanya beragam, seperti gratis ongkos kirim, garansi produk yang lebih lama, servis gratis bagi konsumen dan lain sebagainya.

Disini konsumen sangat diuntungkan dengan adanya perang harga.

Peluang mendapatkan konsumen baru

ketika perang harga terjadi, di situlah akan ada perusahaan yang kalah dan ada perusahaan yang memenangkan perang harga.

Berlangsungnya perang harga akan membuat perusahaan yang menang mendapatkan jumlah konsumen baru yang lebih banyak.

Terutama untuk mereka bisnis pendatang baru, akan sangat memerlukan strategi agar bisa menyaingi market leader.

Ditetapkannya harga yang lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh berbeda cenderung dapat menarik perhatian banyak konsumen.

Adanya keuntungan jangka panjang

Strategi perang harga kemungkinan akan membutuhkan pengorbanan di awal penerapannya. Disini angka penjualan berpeluang meningkat, akan tetapi harganya rendah dan membuat perusahaan kesulitan memperoleh profit.

Akan tetapi jika dijalankan dengan serius dan maksimal, brand akan memperoleh customer loyalty. Disini bisnis akan dapat bertahan lebih lama lagi serta perlahan bisa menaikkan kembali ke harga produk lebih normal.

Cara Mengatasi Perang Harga Saat Berbisnis Online

Tidak kita pungkiri lagi bahwa di dalam dunia bisnis pasti akan menjumpai persaingan harga, termasuk persaingan harga di jualan online.

Cukup banyak sebagian masyarakat yang merasa ragu ketika akan memulai berbisnis. 

Berlangsungnya perang harga akan membuat semakin banyak pebisnis pemula yang masuk ke dalam lingkup pasar, sehingga bisa menyebabkan persaingan pasar menjadi semakin berat.

Kemudian akibat dari perang harga ini akan membuat sejumlah barang di pasar yang konsumen perebutkan dan inginkan menjadi semakin kecil.

Akan tetapi untuk kamu yang sedang memulai bisnis saat ini tidak perlu khawatir lagi. Karena akan ada beberapa strategi yang bisa membantu kamu di dalam segala urusan bisnis agar dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah cara dan tahapan strateginya sepert:

Menentukan Harga Sesuai dengan Kualitas Produk

Yang pertama adalah tetap memberikan harga yang sebanding dengan kualitas produk meskipun kompetitor menurunkan harga produk yang serupa.

Di sini konsumen akan cukup cerdas, jika harga tidak selalu sebanding dengan kualitasnya. Akan tetapi kamu bisa menjadikannya peluang untuk mencegah terjadinya perang harga di marketplace pada produk berkualitas rendah.

Kamu juga harus memastikan bahwa sudah memberikan harga yang realistis dan juga sebanding dengan kualitas produk.

Menciptakan Produk Sekreatif dan Seinovatif Mungkin

Yang kedua adalah menciptakan inovasi dan kreativitas produk di tengah persaingan yang tidak sehat. Hal ini cukup efektif untuk menghadapi persaingan harga.

Hal tersebut sangatlah penting agar bisa menarik daya beli dan minat konsumen terhadap suatu produk. Di mana posisi produk terlihat semakin menarik di mata target konsumenmu.

Pada dasarnya tidak harus berkaitan dengan produk inti, akan tetapi juga bisa kamu inovasikan dengan produk lain yang mendukung seperti pada kemasannya.  

Menambahkan Nilai Produk

Yang ketiga adalah menambahkan nilai produk, di mana merupakan salah satu cara produsen agar bisa terus berjalan di dalam arus perang harga, namun kualitas dari produk tetap terjaga dengan baik.

Kamu bisa menambahkan nilai pada produk seperti meningkatkan mutu dan juga standar produk.

Kemudian pada strategi non harga kamu bisa menambahkan produk yang lain sebagai bonus atas setiap pembelian.

Menambah nilai pada produk bisa menjadikan produk tersebut menjadi lebih berkualitas, serta dapat konsumen pakai sebagai referensi utama dari berbagai macam pilihan produk lain.

Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Yang keempat adalah menjaga hubungan dengan konsumen. Hal ini akan membantu kamu untuk menghadapi persaingan produk yang serupa dengan memiliki kompetitor.

Hal tersebut sangat perlu kamu lakukan agar bisa membentuk sikap loyalitas terhadap produk. Kamu bisa memulainya dengan selalu menciptakan interaksi yang intens di dalam hubungan jangka panjang.

Hubungan ini akan selalu terjaga dengan berbagai macam cara. Contohnya seperti mengarahkan konsumen agar tetap bisa berinteraksi pada media sosial dengan memberikan promosi.

Sosialisasikan Perubahan Harga Jauh-Jauh Hari

Yang kelima adalah mensosialisasikan perubahan harga auh-jauh hari. Hal ini untuk mengatur menaikan dan juga menurunkan harga demi menarik banyak pelanggan, maka dari itu kamu membutuhkan pertimbangan terlebih dahulu.

Metode menaikkan harga produk ini membutuhkan sosialisasi perubahan harga jauh-jauh hari sebelumnya. 

Kedepannya pelanggan bisa memikirkan dan juga memahami keputusan yang kamu buat. Walaupun tidak sedikit pelanggan merasa kecewa, akan tetapi hal tersebut hanya terjadi beberapa saat, dan bisa kembali normal.

Perlu kamu ingat bahwa jangan sampai kamu membuat keputusan yang tidak melibatkan konsumen.

Lakukan Strategic Partnership

Apabila kamu tidak dapat menarik hari konsumen, kamu dapat mencoba untuk mengambil hati para supplier.

Suatu perusahaan akan memberikan penawaran menarik kepada suppliernya. Hal tersebut untuk menciptakan partnership yang eksklusif dengan mereka. Hal ini perlu kamu lakukan untuk memotong supply chain kompetitor bisnismu.

Supply yang maksimal akan dapat membantu perusahaan untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal pula kepada para konsumen.

Pilih untuk Tidak Terlibat

Seringkali pilihan ini menjadi salah satu solusi terbaik daripada harus mengikuti arus perang harga dalam waktu yang cukup panjang. Cara mengatasi perang harga saat berbisnis online ini juga sangat cocok untuk pengusaha baru.

Apabila kerugian perusahaan masih dapat kamu atasi, sebaiknya kamu memilih untuk fokus memaksimalkan strategi yang ada terelebih dahulu.

Perang harga akan memberikan dampak jangka panjang, salah satunya seperti ekspektasi konsumen yang akan selalu mengharapkan harga murah. Hal tersebut akan memberikan dampak buruk pada bisnis kedepannya.

Nah, selain tips dan cara mengatasi perang harga saat berbisnis online di atas, kamu dapat menemukan berbagai atikel menarik di halaman News. Atau, ikuti informasi terbaru seputar bisnis dan maklon kosmetik di berbagai media sosial Mash Moshem Indonesia. See you!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011