Analisis Peluang Bisnis Kosmetik: Manfaat & Cara Melakukan
Tren seputar kecantikan memang tak pernah jemu untuk disimak. Karena selalu ada inovasi baru yang ditawarkan setiap brand. Maka tak heran, kalau banyak orang yang tertarik dan mulai terjun demi menekuni bisnis legit ini. Namun, sebelum mulai, ada baiknya untukmu melakukan analisis peluang bisnis kosmetik terlebh dahulu.
Apalagi industri kosmetik diprediksi mencapai nilai US$ 180 miliar pada tahun 2024 mendatang. Sayang sekali untuk dilewatkan, bukan?
Jika kamu sedang berencana untuk membangun bisnis kosmetik mu sekarang, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan analisis peluang bisnis kosmetik terlebih dahulu. Pasalnya, sebagai seorang pemula kamu perlu memahami target pasar yang kamu incar.
Di artikel ini, kita akan mengupas tuntas seputar peluang bisnis kosmetik beserta cara melakukan analisisnya. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyimak artikel ini hingga akhir, ya!
Pentingnya Melakukan Analisis Peluang Bisnis Kosmetik
Tak bisa kita pungkiri bahwa peluang bisnis kosmetik memang menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Namun jika tak jeli melihat target pasarnya, laba besar hanya akan jadi angan.
Untuk itu perlu adanya analisis bisnis yang sesuai dan tepat sebelum kamu memulai bisnis kosmetik. Tujuannya untuk memudahkan kamu sebagai Beauty Preneur, dalam menyusun langkah dan strategi saat memulai bisnis. Serta menghindarkan bisnis dari berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan kerugian.
Cara Melakukan Analisis Peluang Bisnis Kosmetik
Nah, setelah tahu dan memahami pentingnya analisis peluang bisnis, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara melakukannya.
Berdasarkan Segmentasi Pelanggan
Cara analisis pertama yang dapat kamu lakukan adalah melihat segmentasi pelanggan. Cara ini dilakukan dengan membagi pelangganmu ke dalam beberapa kelompok berdasarkan masalah kulit, jenis kulit, usia, jenis kelamin, serta lokasi geografis.
Dari pengelompokan tersebut, kamu dapat menentukan produk apa yang akan dipasarkan menurut segmentasi pasar. Misalnya produk untuk remaja usia 14-18 tahun yang memiliki masalah kulit berjerawat, dan belum memiliki penghasilan mandiri.
Maka kamu dapat menyiapkan rangkaian skincare yang affordable bagi kantong remaja usia sekolah. Dan tetap menawarkan formula terbaik.
Menganalisis Perilaku Konsumen
Dengan menganalisis perilaku konsumen, kamu juga bisa memahami pola pembelian konsumenmu. Dengan kata lain, kamu dapat melihat bagaimana perilaku konsumen ketika berbelanja dan memilih suatu produk skincare.
Mulai dari di mana tempat mereka membelinya, metode pembayaran apa yang digunakan, hingga kapan waktu pembeliannya.
Ambillah contoh ketika konsumen lebih suka membeli kosmetik pada event promo atau diskon. Maka kamu bisa menyesuaikan dengan memberikan potongan harga dan voucher di waktu-waktu tertentu.
Lalu, jika konsumen lebih menyukai belanja secara daring, maka kamu dapat memasarkan produkmu lewat kanal online seperti media sosial, website, dan marketplace.
Lakukan Analisis pada Kompetitor Brand Kosmetikmu
Sebagai pebisnis, sudah sepatutnya kita memperhatikan bagaimana kompetitor kita bekerja. Dengan demikian kita dapat melihat kekurangan maupun kelebihan dari bisnis maupun produk kosmetik milik kompetitor kita.
Cara ini dapat kamu lakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut penjelasan dan panduan melakukan analisis kompetitor, simak ya!
Analisis Kompetitor Langsung
Cara ini dapat dilakukan dengan mengamati dan menilai secara langsung produk milik kompetitor yang serupa dengan produkmu.
Untuk itu, kamu bisa mulai dengan mencari tahu produk skincare dari brand mana yang sedang naik daun dan banyak digemari pelanggan. Cobalah untuk mendapatkan tiga sampai lima produk skincare. Kemudian lakukan analisis dengan pertanyaan seperti:
- Mengapa pelanggan menyukai produk tersebut?
- Apa poin unik yang membuat pelanggan tertarik untuk membelinya?
- Strategi marketing apa yang digunakan oleh pesaing tersebut?
- Apa keunggulan yang dimiliki skincare milikmu dibanding milik kompetitor?
Tipsnya adalah pilih produk skincare yang memiliki kesamaan dengan produk skincare yang sedang kamu kembangkan. Misalnya jika kamu berencana membuat produk facial wash untuk remaja usia 13-18 tahun, maka lakukan analisis terhadap produk serupa dari kompetitor.
Analisis Kompetitor Tak Langsung
Analisis kompetitor tidak langsung merupakan cara untuk mengidentifikasi produk kompetitor yang memiliki target pasar dan kebutuhan yang sama, namun produk yang dipasarkan berbeda.
Contohnya produk facial wash yang menargetkan konsumen remaja muslim dengan masalah kulit kering, namun produk tersebut bisa digunakan untuk segala jenis kulit tanpa mengkhususkan pasar muslim.
Berangkat dari sini, kamu dapat melihat dan mengidentifikasi kelemahan maupun kelebihan produk serta pemasarannya. Lakukan beberapa langkah berikut untuk memudahkan proses analisis:
- Kumpulkan tiga hingga lima produk kompetitor. Lakukan analisis mulai dari keunikan apa yang mereka tawarkan dan bagaimana cara mereka hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.
- Kamu bisa menggunakan metode analisis SWOT agar memperoleh gambaran kelebihan dan kelemahan produk.
- Setelah itu, gunakan analisis tersebut untuk mencari keunggulan produkmu. Perbedaan dan keunikan apa yang ingin kamu tawarkan kepada pelanggan, yang belum ada dalam layanan/produk kompetitormu?
Dengan melakukan analisis kompetitor secara tepat, kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang pasar kosmetik yang sedang menarik minat pelanggan saat ini. Produk-produk apa saja yang memiliki keunggulan menarik dan bisa mencuri perhatian konsumen.
Baca Juga: Jangan Gengsi, Ini Pentingnya Riset Kompetitor untuk Brand Kosmetik Milikmu
Menganalisis Produk dan Layanan Pelengkap
Bisnis skincare tak cuma sebatas produk kosmetik saja. Untuk menggaet minat pasar, kamu pun perlu memperhatikan layanan yang akan kamu tawarkan ke pelanggan.
Dalam hal ini, pelayanan dan produk yang saling melengkapi akan memberikan hasil positif untuk bisnismu. Contohnya selain produk skincare, kamu juga bisa menawarkan produk make up dan layanan konsultasi di toko resmi.
Lantas apa pentingnya menganalisis produk dan layanan pelengkap ini?
- Memahami perilaku pelanggan ketika memakai produk skincare bersamaan dengan produk pelengkap seperti make up.
- Memberikan insight baru tentang kebutuhan, peluang, dan ancaman seputar tren kosmetik.
- Mengetahui celah baru yang bisa dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Dengan demikian, kamu bisa terus mengembangkan produk yang sudah kamu miliki agar sesuai dengan kebutuhan pasar.
Secara tidak langsung, langkah ini dapat ikut menaikkan angka penjualan skincare serta kepercayaan pelanggan terhadap brand milikmu.
Analisis Lingkungan Bisnis Kosmetik
Saat ini kebutuhan skincare tak hanya berfokus pada masalah kulit saja, melainkan juga dampaknya terhadap lingkungan.
Tak bisa dipungkiri, bahwa faktor eksternal seperti lingkungan, perubahan kebijakan, serta kondisi ekonomi dapat memberi pengaruh signifikan terhadap bisnis kosmetik.
Dengan memberi perhatian pada faktor eksternal tersebut, akan secara langsung berdampak pada kesuksesan strategi bisnis yang kamu lakukan.
Ambillah contoh ketika pemerintah melarang penggunaan bahan kimia tertentu dikarenakan efek jangka panjang yang berbahaya bagi kulit.
Kamu perlu menyesuaikan diri dengan cepat untuk menawarkan produkmu yang bebas bahan kimia dan menggunakan bahan organik yang lebih aman untuk kulit.
Sebagai tambahan, skincare dengan bahan organik saat ini lebih banyak pelanggan minati. Karena minim resiko, ramah lingkungan, serta sesuai untuk semua jenis kulit.
Keuntungan Melakukan Analisis Peluang Bisnis Kosmetik
Analisis peluang bisnis kosmetik yang kita lakukan secara tepat akan memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis kosmetikmu, antara lain:
Sebagai Dasar Perencanaan Jangka Panjang
Berbekal hasil analisis yang matang, kamu akan mengetahui bagaimana tren pasar kosmetik terus berkembang setiap tahunnya. Dengan begitu, kamu bisa merancang strategi dan perencanaan yang sesuai dengan tren yang ada.
Hal ini cukup penting mengingat industri kosmetik selalu berubah seiring zaman. Contohnya jika 10 tahun lalu kosmetik vegan belum banyak orang kenal, saat ini justru banyak konsumen yang mencari skincare berbahan vegan dan organik.
Sebagai Bahan Evaluasi untuk Meningkatkan Kualitas Skincare
Melakukan analisis peluang bisnis bisa membantumu untuk membaca kebutuhan pelanggan. Sehingga produk yang kamu tawarkan dapat menjawab kebutuhan kulit mereka.
Dapat Digunakan untuk Merancang Strategi Pemasaran
Dengan melakukan analisis peluang bisnis, kita akan mengetahui poin menjual mana yang bisa kita kembangkan dari produk kita. Sehingga memudahkan kita untuk merancang strategi pemasaran yang tepat dan efektif.
Menghindari Hambatan dalam Berbisnis
Melakukan analisis bisnis juga memberi kita gambaran seputar tantangan dan hambatan ketika memulai bisnis kosmetik. Sehingga kita dapat bersiap dan menyusun perencanaan dengan lebih matang, agar meminimalisir kemungkinan rugi.
Memaksimalkan Peluang Bisnis Kosmetik dengan Produksi Brand Sendiri
Mengambil langkah pertama di dunia bisnis memang bukan hal yang mudah. Oleh karenanya penting bagi Beauty Preneurs untuk merancang langkah-langkah yang ingin diambil ke depannya.
Termasuk dalam urusan memilih mitra yang bisa membantu memuluskan jalan bisnis. Bagi calon Beauty Preneurs, tak ada salahnya untuk menggandeng jasa maklon kosmetik untuk mengawali bisnis skincare.
Bersama Mash Moshem Indonesia, memiliki brand kosmetik sendiri bukan lagi mustahil. Kamu bebas berdiskusi dengan tim Business Development (BD) kami untuk merancang produk skincare yang ingin kamu buat.
Tak sampai di situ saja. Sebagai brand owner, kamu juga akan terlibat untuk menentukan formula, desain kemasan, hingga logo yang paling sesuai dengan citra brand-mu.
Apalagi Mash Moshem Indonesia juga sudah mengantongi sertifikat CPKB tingkat A dari BPOM. Sehingga tak perlu khawatir dengan keamanan produk yang kami hasilkan nantinya.
Masih bingung dan punya banyak pertanyaan seputar analisis bisnis kosmetik? Diskusikan sekarang juga dengan tim kami via Contact Us atau langsung klik tombol di bawah, ya!