7+ Manfaat Garam Himalaya untuk Kecantikan yang Harus Kamu Tahu, Apa Saja?

manfaat garam himalaya untuk kecantikan

Baru-baru ini nama garam himalaya banyak menjadi perbincangan. Seperti namanya, garam himalaya biasa dijadikan sebagai bumbu memasak. Namun kali ini yang akan kita bahas adalah manfaat dari garam himalaya untuk kecantikan. 

Garam himalaya menjadi salah satu jenis garam larut yang banyak ditemui di pegunungan Himalaya, khususnya Pakistan. Uniknya, garam ini memiliki macam warna seperti merah muda, orange, abu-abu, dan putih. 

Garam himalaya tak hanya berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh tapi berguna juga untuk merawat kecantikan tubuh dan wajah. Pernahkah kamu mendengar manfaat ini sebelumnya? 

Garam  himalaya juga mengandung berbagai zat aktif yang bagus untuk kesehatan  seperti potasium, kalsium, mineral, dan magnesium.

Nah, kira-kira manfaat apa saja yang bisa diperoleh Beauty Preneurs jika menggunakan garam himalaya sebagai produk perawatan kulit? Biar kamu enggak penasaran, langsung simak ulasan berikut ini sampai habis, ya.

Apa itu Garam Himalaya?

Garam himalaya merupakan jenis garam laut yang diperoleh dari kaki gunung Himalaya dengan cara ditambang. Sejak jutaan tahun, garam ini tersimpan di pegunungan yang tertutup salju sehingga membuatnya bebas polutan.

Saat ini, keberadaan garam himalaya telah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk bumbu masakan, bahan pembuatan lampu, produk kosmetik, dan benda lainnya. 

Mungkin kamu juga pernah menjumpai garam himalaya ini di e-commerce, apalagi yang berwarna merah muda. Mengapa garam himalaya memiliki warna yang unik? Hal ini dipengaruhi oleh jumlah kandungan mineral di dalamnya. 

Melansir dari laman Healthline.com, banyak yang percaya bahwa garam himalaya lebih sehat dibandingkan garam biasa. Namun pada faktanya, kedua garam ini memiliki komposisi yang sama yaitu mengandung 98% natrium. Hanya saja, garam himalaya mengandung mineral lebih sedikit.

Secara umum, garam himalaya juga banyak digunakan untuk mandi karena dipercaya mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Manfaat Garam Himalaya untuk Kecantikan

Mengutip dari laman Klikdokter, garam himalaya memiliki banyak manfaat khususnya bagi kecantikan. Ada apa saja? Begini penjelasan lengkapnya:

garam himalaya untuk kecantikan manfaat

Membantu Melembutkan Kulit

Siapa yang tidak mau kulit lembut? Tentu hal ini menjadi keinginan banyak orang, terutama para beauty enthusiast. Bahkan mereka rela melakukan berbagai  treatment dan produk perawatan. 

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapat kulit lembut adalah dengan menggunakan garam himalaya ini. Garam himalaya bisa digunakan sebagai scrub alami yang mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lembut. 

Plus, membantu menghidrasi kulit dari dalam. Buat kamu yang memiliki jenis kulit kering, akan cocok menggunakan garam himalaya sebagai jawabannya agar kulit terhidrasi secara efektif.

Mengangkat Kotoran dan Sel Kulit Mati

Melakukan kegiatan sehari-hari akan membuat kulit mudah terpapar bakteri dan kotoran. Menggunakan pembersih saja tampaknya tidak cukup untuk membersihkan kulit, oleh sebab itu kamu butuh produk tambahan untuk memaksimalkannya. 

Garam himalaya akan membantu kamu dalam mengatasi masalah wajah kotor. Caranya dengan eksfoliasi kulit secara rutin menggunakan garam himalaya. Jadi, tak hanya kotoran saja yang terangkat, sel kulit mati yang menumpuk juga akan ikut bersih.

Melancarkan Peredaran Darah di Bawah Kulit

Kulit tubuh yang di eksfoliasi secara rutin juga bermanfaat untuk melancarkan aliran sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar di area kulit akan membuat produksi kolagen menjadi meningkat. 

Manfaatnya, kulit akan menjadi sehat, kenyal serta menghambat munculnya tanda penuaan. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan garam himalaya untuk eksfoliasi kulit mulai dari sekarang. 

Namun perlu diingat bahwa garam himalaya tidak bisa digunakan secara langsung untuk eksfoliasi kulit wajah karena teksturnya yang kasar akan memicu iritasi. Jadi solusinya dengan menggunakan produk skincare yang mengandung garam himalaya.

Berpotensi Menenangkan Eksim dan  Psoriasis 

Kulit biasanya sangat rentan terhadap masalah seperti psoriasis dan eksim. Jangan khawatir, karena kamu bisa menggunakan garam himalaya untuk mengatasinya. 

Dilansir dari laman Kitenest.com, garam himalaya dipercaya mampu meredakan gejala eksim dan psoriasis karena didalamnya mengandung mineral dan anti inflamasi. Khususnya kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan membutuhkan produk perawatan tertentu.

Cocok untuk Merawat Kulit Kepala

Garam himalaya tak hanya bagus untuk merawat kecantikan wajah kamu lho, Beautypreneurs. Tetapi juga  bagus untuk membantu merawat kulit kepala. Misalnya dalam mengatasi masalah ketombe yang mengganggu.

Ketombe umumnya disebabkan oleh adanya penumpukan sisa penggunaan produk hair care. Oleh karena itu, kulit kepala membutuhkan eksfoliasi juga karena keramas saja tidak cukup untuk mengangkat sisa kotoran di kepala secara efektif. Maka kamu membutuhkan produk khusus untuk memaksimalkan pembersihannya, seperti garam himalaya ini.

Manfaatnya hampir sama seperti garam himalaya untuk eksfoliasi kulit tubuh. Nantinya kulit kepala yang telah dieksfoliasi akan menjadi bersih sehingga sirkulasi darah di area kepala menjadi lancar. 

Keuntungan lain yang akan kamu dapat adalah proses pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat karena sirkulasi darah yang lancar. Terutama buat kamu yang memiliki masalah  rambut rontok.

Cocok untuk Kulit Sensitif

Tak perlu takut jika kamu memiliki jenis kulit sensitif. Mengapa? Karena penggunaan garam himalaya aman untuk semua jenis kulit termasuk  kulit sensitif. 

Meski penggunaan garam himalaya secara langsung tidak baik untuk kulit kepala. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampurkannya ke dalam bak mandi untuk berendam. 

Menyeimbangkan PH Kulit

Penggunaan produk perawatan yang mengandung tinggi asam memang tidak disarankan, khususnya untuk kulit. Kandungan asam yang terlalu tinggi dapat memicu penurunan pH kulit sehingga membuatnya menjadi tidak seimbang. 

Akibatnya akan muncul jerawat, komedo, ruam kemerahan, dan sejenisnya. Maka dari itu, penting untuk kamu memilih bahan dan formulasi produk perawatan yang tepat sesuai kebutuhan kulit, salah satunya dengan memilih produk yang mengandung garam himalaya. 

Garam himalaya memiliki manfaat utama untuk menyeimbangkan pH kulit. Baik itu penggunaan garam himalaya secara langsung maupun dalam sebuah produk treatment.

Mau coba buat produk spa dengan garam himalaya? Langsung isi formulir di bawah, ya:

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Adakah Efek Samping dari Penggunaan Garam Himalaya untuk Kulit?

    Garam himalaya memang menawarkan banyak manfaat bagi tubuh dan kecantikan. Tapi perlu kamu perhatikan dengan baik, karena penggunaan garam himalaya juga bisa memicu efek samping, terutama saat menggunakannya secara langsung.

    Tekstur garam yang kasar akan memicu iritasi, terutama buat kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. Misalnya kamu menggunakannya untuk scrub wajah, ini akan menimbulkan efek samping yang buruk sebab wajah tidak bisa menerima tekstur garam yang kasar.

    Tipsnya, kamu bisa menggunakan garam himalaya untuk perawatan kulit wajah lewat produk skincare. Atau kamu menggunakan bantuan benda yang lebih lembut seperti spons bila ingin menggunakannya secara langsung.

    Garam Himalaya v.s Epsom, Mana yang Lebih Bagus?

    Banyak yang berfikir bahwa garam himalaya sama dengan garam epsom. Namun pada faktanya, kedua garam ini berbeda, baik secara manfaat maupun kandungan di dalamnya. 

    Garam epsom sebenarnya bukan garam seperti namanya karena sejatinya adalah mineral yang biasa ditemukan dalam air. Umumnya pada air yang mengandung magnesium atau tinggi sulfat. 

    Selain itu, garam epsom memang berstruktur kristal seperti garam himalaya. Tapi sebenarnya garam epsom hanya senyawa murni dari mineral yang tidak mengandung natrium klorida.

    Biasanya garam epsom banyak digunakan untuk mandi atau berendam karena dipercaya bisa mengatasi nyeri otot dan kram. Sementara garam himalaya adalah garam sejati yang sifatnya antimikroba, antibakteri, dan antijamur. Maka tidak heran jika garam himalaya banyak terdapat dalam produk perawatan.

    Ciptakan Produk Spa dengan Garam Himalaya lewat Jasa Maklon

    Setelah menyimak penjelasan mengenai garam himalaya beserta manfaatnya, pasti kamu setuju kalau garam himalaya cocok digunakan sebagai produk perawatan. Mengingat di masa sekarang, produk perawatan tubuh  sampai wajah tinggi peminat, dan tampaknya akan terus mengalami peningkatan. 

    Hal ini tentunya bisa menjadi ladang bisnis tersendiri bagi kamu, khususnya untuk brand owner yang ingin berinovasi dengan membuat produk spa sendiri. Lantas bagaimana caranya membuat produk spa dari brand sendiri?

    Jangan khawatir, karena kamu bisa bekerjasama dengan jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia untuk mewujudkannya. Perusahaan kami memiliki tenaga ahli dan profesional dalam membuat private label

    Oleh karena itu, kamu bisa mempercayakan seluruh proses penciptaan produk spa dengan kandungan garam himalaya ini menjadi mudah dan cepat. 

    Plus, kamu juga bisa berkolaborasi bersama tim ahli di Mash Moshem Indonesia dan menciptakan produk spa sesuai dengan keinginanmu. Mulai dari proses pemilihan bahan, jenis tekstur, manfaat utama dari produk tersebut, sampai nilai dari produk spa milikmu sendiri. 

    Menariknya lagi, biaya maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia juga sangat fleksibel karena dapat kami sesuaikan dengan budget milikmu semaksimal mungkin. Tentunya hal ini akan memberi kemudahan bagi pemula yang ingin mulai berbisnis kosmetik. 

    Jadi bagaimana? Tertarik untuk membuat produk spa dengan kandungan garam himalaya menggunakan brand sendiri? Yuk! Mulailah berdiskusi dengan tim kami, caranya mudah cukup klik tautan di bawah ini.

    cta sampel body spa garam himalaya

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading