Manfaat Mandi Susu untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Serta Cara Melakukannya

manfaat mandi susu sampul (1)

Apakah kamu termasuk orang yang suka berlama-lama di kamar mandi untuk berendam dan merelaksasikan pikiran? Kalau iya, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya mandi susu atau milk bath treatment, yang punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan tubuh.

Perawatan kulit yang dilakukan dengan mandi susu ini telah dilakukan oleh para putri raja sejak berabad-abad tahun yang lalu. Salah satu manfaat mandi susu untuk kulit yaitu dapat menghaluskan kulit. 

Mandi susu bisa kamu lakukan di salon atau tempat spa maupun di rumah, lho. bahkan kamu bisa membuat produk yang dirancang untuk mandi susu. 

Tertarik untuk melakukan perawatan kulit dengan mandi susu? Apa saja manfaatnya? Bagaimana cara membuat produk perawatan untuk mandi susu? 

Let’s check it out, Beauty Preneurs!

Apa itu Mandi Susu?

Mandi susu adalah praktik perawatan kulit yang dilakukan pada beberapa budaya atau tradisi di beberapa bagian dunia. Praktik ini melibatkan seseorang atau sekelompok orang berendam dalam bak mandi atau bathup yang berisi susu dan kadang-kadang dicampur dengan bahan lain, seperti bunga, minyak essential, maupun madu. Hal ini bertujuan untuk perawatan kulit atau relaksasi.

Mandi susu sering dikaitkan dengan perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. Susu mengandung asam laktat dan protein yang dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi peradangan. 

Beberapa orang percaya bahwa mandi susu dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan berseri serta membantu mengatasi masalah kulit tertentu seperti kulit kering atau gatal. 

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat sebenarnya dari mandi susu mungkin terbatas dan tidak semua orang akan merasakan perubahan signifikan pada kulit mereka setelah mandi susu. Selain itu, mandi susu dapat menjadi penghamburan bahan, terutama jika digunakan dalam jumlah besar. 

Selain perawatan kulit, mandi susu juga memiliki aspek budaya dan sejarah. Beberapa tokoh sejarah terkenal seperti Cleopatra diyakini pernah mandi dalam susu untuk merawat kulit mereka.

Berbagai Manfaat Mandi Susu untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

manfaat mandi susu untuk kulit (1)

Susu merupakan pemutih alami untuk kulit. Maka dari itu, banyak produk kecantikan dan perawatan tubuh menggunakan susu sebagai formulasinya. 

Nah, lantas apakah mandi dan berendam menggunakan susu benar bisa memberikan manfaat untuk kecantikan kulit? Langsung simak penjelasannya di bawah ini, ya, Beauty Preneurs!

Mengatasi Kulit Kering

Manfaat pertama mandi susu untuk kesehatan dan kecantikan kulit yaitu mengatasi kulit kering. Perawatan mandi susu ini dapat mengatasi kulit kering dengan cara melembapkan kulit. Kandungan lemak dan protein dalam susu mampu menyerap dan menempel dikulit. 

Selain itu, susu mengandung asam laktat alami yang merupakan jenis alpha hydroxy acid (AHA). AHA membantu menjaga kelembapan kulit dengan menarik air ke permukaan kulit dan menjaga kelembapan di dalamnya. Sehingga cocok untuk merawat kulit yang cenderung kering dan mudah dehidrasi.

Mencerahkan Kulit

Manfaat lain dari mandi susu yaitu mencerahkan kulit. Mandi susu mampu mencerahkan kulit yang kusam. 

Asam laktat dalam susu juga memiliki sifat eksfoliasi ringan. Ini berarti asam laktat dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah. Dengan menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati, kulit baru yang lebih segar dan bersinar dapat terlihat.

Membuat Kulit Lebih Lembut dan Kenyal

Susu juga mengandung lemak alami yang dapat membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal. Kandungan ini bisa menghasilkan tekstur kulit yang lebih halus dan merata.

Susu mengandung protein yang dapat membantu memperbaiki dan memperkuat jaringan kulit. Protein membantu mempertahankan kekenyalan kulit, membuatnya terlihat lebih sehat dan cerah.

Mencegah Penuaan

Susu mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat memberikan nutrisi tambahan pada kulitmu. Nutrisi ini membantu memelihara kekuatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Kandungan vitamin E pada susu mampu menangkal radikal bebas yang dapat menstimulasi tanda-tanda penuaan. Selain itu, susu juga mengandung vitamin D yang dapat menstimulasi elastisitas kulit. Kulit yang memiliki elastisitas yang baik akan membuatnya tampak lebih muda dan sehat.

Mengatasi Masalah Sunburn

Paparan sinar matahari akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Kandungan protein, vitamin A, asam amino, dan lemak mempu mengatasi kulit yang terbakar. 

Mandi susu dapat membantu meredakan peradangan dan kemerahan yang berhubungan dengan sunburn. Susu memberikan sensasi menyejukkan yang nyaman pada kulit terbakar. 

Asam laktat dalam susu juga dapat membantu mengatasi kulit kering dan mengurangi pengelupasan yang sering terjadi setelah sunburn.

Meredakan Gatal di Kulit

Susu mengandung zat anti-inflamasi alami yang dapat membantu meredakan gatal dan iritasi pada kulit yang gatal. Susu dapat memberikan perasaan lega pada kulit yang gatal.

Rasa lega dari rasa gatal yang sering terkait dengan kulit kering ini dapat teratasi dengan mandi susu. Kandungan asam laktat dalam susu dapat membantu meredakan rasa gatal pada kulit.

Memberikan Rasa Nyaman pada Tubuh

Manfaat terakhir dari perawatan mandi susu yaitu memberikan rasa nyaman pada tubuh. Mandi susu dapat membantu meregangkan otot-otot tubuh dan meredakan ketegangan. Hal ini membantu menciptakan perasaan relaksasi dan kenyamanan yang sangat baik untuk mengatasi stres dan kelelahan.

Beberapa orang menambahkan minyak esensial atau bunga ke mandi susu mereka untuk memberikan aroma yang menenangkan. Hal ini dapat menciptakan pengalaman aromaterapi yang lebih menenangkan dan membantu meningkatkan suasana hati.

Memberikan Pengalaman Sensorik 

Sensasi dari cairan hangat dan lembut susu yang melapisi tubuhmu dapat menciptakan pengalaman sensorik yang nyaman dan menyenangkan. Hal ini dapat membantu menghilangkan kegelisahan dan menciptakan rasa nyaman.

Tertarik untuk membuat body bath product dengan ekstrak susu? Langsung ajukan pembuatan sampelnya dengan isi formulir di bawah!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Cara Melakukan Mandi Susu

    Tak perlu membayar mahal untuk mendapatkan manfaat dan sensasi mandi susu karena kamu bisa melakukannya di rumah. Caranya mudah, lho. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini. 

    1. Siapkan bak mandi atau bathup. Pastikan bak mandimu steril dan higienis. Artinya, bebas dari kotoran dan kontaminan apa pun. Bersihkan bak mandi jika diperlukan. 
    2. Siapkan susu. Kamu bisa menggunakan susu cair maupun bubuk, tetapi disarankan untuk menggunakan susu cair agar lebih praktis. Untuk jenis susunya, sebaiknya gunakan susu tinggi lemak dan laktosa tinggi, seperti susu murni atau susu kambing.
    3. Kemudian isi bak mandi dengan air hangat dan air mengalir. Campurkan susu dengan air hangat dan air mengalir tersebut. 

    Rasio antara susu dan air dapat bervariasi bergantung pada preferensimu. Namun, umumnya sekitar 2 hingga 4 cangkir susu dalam bak mandi penuh air. Kamu juga dapat menambahkan bahan tambahan seperti minyak esensial atau madu ke dalam campuran ini sesuai keinginan.

    1. Aduk susu dan air hangat hingga tercampur secara merata. 
    2. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial sesuai keinginanmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa kelopak bunga, seperti bunga mawar dan bunga lavender. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman aromatik mandi susu. 
    3. Mulailah berendam dalam campuran susu dan air selama 15 hingga 30 menit atau sesuai yang kenyamananmu. Kamu bisa melakukan perawatan mandi susu ini satu minggu sekali. Rentan waktu ini sudah cukup untuk melihat manfaatnya pada kulit. Selama berendam, kamu dapat merilekskan tubuh, merawat kulit, dan menikmati pengalaman ini.
    4. Bilas tubuh ketika selesai berendam. Gunakan air bersih bersuhu normal untuk menghilangkan sisa campuran susu. Pastikan kamu merasa segar dan bersih setelahnya.
    5. Setelah mandi susu, kamu bisa mengaplikasikan losyen atau produk perawatan kulit lain sesuai kebutuhan. Hal ini akan membantu menjaga kulit tetap lembap dan sehat.

    Tak Sempat Mandi Susu? Buat Produk Body Care dengan Kandungan Microbiome Saja!

    cara membuat body bath product dengan susu (1)

    Mandi susu memang bisa dilakukan di rumah maupun di tempat spa. Mandi susu juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, untuk kamu orang dengan aktivitas harian padat, mungkin tidak sempat melakukan mandi susu untuk mendapatkan segudang manfaatnya. 

    Tidak semua orang memiliki waktu untuk merencanakan dan melaksanakan mandi susu. Aktivitas harian yang padat, termasuk pekerjaan, keluarga, atau komitmen sosial dapat membuat waktu menjadi aset berharga. 

    Maka dari itu, perawatan tubuh yang praktis dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memberikan perasaan kenyamanan tanpa harus menghabiskan waktu yang lama.

    Menggunakan produk perawatan tubuh, seperti body wash, body scrub, atau body bath bomb yang mengandung ekstrak susu dan microbiome dalam formulanya bisa menjadi cara yang efisien untuk mendapatkan manfaat susu. 

    Ekstrak susu dapat memberikan nutrisi dan perawatan untuk kulit, sedangkan microbiome membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme pada kulit. Produk ini dapat membantu merawat kulitmu secara holistik.

    Membuat produk body care dengan kandungan susu dan microbiome juga bisa jadi ide bisnismu. Tentu saja hal ini juga akan memberikan manfaat untuk orang lain. 

    Mash Moshem Indonesia dapat membantumu untuk membuat produk-produk body care dengan ekstrak susu yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan kulit. 

    Tim ahli kami memiliki pengalaman dalam merancang dan memproduksi produk perawatan tubuh yang aman dan efektif.  Mash Moshem memiliki penawaran menarik yang membuat penciptaan produk body care dengan ekstrak susu dan microbiome jadi lebih mudah. 

    Penawaran menarik lainnya yaitu kamu bisa mendapatkan layanan after sales untuk memudahkan proses pemasaran produkmu. Dalam hal ini kamu akan dibantu oleh tim marketing Mash Moshem Indonesia.

    Jadi, tunggu apalagi? Hubungi tim kami untuk mulai mendiskusikan produk body care dengan ekstrak susu dan microbiome milikmu sekarang juga. Jangan tunda kesempatanmu untuk menjadi brand owner.

    Segera klik tautan di bawah ini, ya!

    cta mandi manfaat susu

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading