Beragam Manfaat Oleanolic Acid untuk Kulit dan Pemanfaatannya dalam Industri Kecantikan

manfaat oleanolic acid untuk kulit

Ada banyak jenis acid yang lazim dimanfaatkan sebagai komposisi produk skincare. Beberapa yang sering kita dengar misalnya hyaluronic acid, glycolic acid, dan salicylic acid.

Namun, adapun jenis asam yang jarang terdengar namanya. Padahal memiliki banyak manfaat yang tak kalah hebat, salah satunya adalah oleanolic acid.

Beauty Preneurs, oleanolic acid memiliki kemampuan yang baik dalam mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat dan kerutan halus. Jenis acid ini bisa kamu pertimbangkan sebagai bahan aktif dalam produk skincare milikmu.

Agar tak salah langkah, mari kita bahas berbagai manfaat oleanolic acid untuk kulit. Serta bagaimana penggunaannya dalam skincare. Dapatkan informasi lengkapnya dengan membaca artikel berikut hingga akhir!

Apa itu Oleanolic Acid?

Asam oleanolat atau oleanolic acid merupakan jenis antioksidan (triterpenoid) yang bisa ditemukan dan diekstrak dari tumbuhan seperti apel, minyak zaitun, dan bawang putih.

Kandungan terbanyak dari oleanolic acid ini ditemukan pada tanaman zaitun, khususnya bagian daunnya. Yang berfungsi sebagai menghalangi tanaman dari patogen dan kekurangan air.

Jenis acid ini juga dikenal mampu melembabkan kulit serta mengurangi peradangan saat kulit berjerawat. Maka, tak heran bila oleanolic acid cukup sering ditemukan dalam beberapa produk skincare.

Penggunaan Oleanolic Acid dalam Skincare

Oleanolic acid dalam produk skincare berfungsi sebagai asam yang membantu menjaga kelembaban kulit. Jenis bahan ini juga bekerja sebagai antioksidan, anti-inflamasi dan anti-mikroba.

Bahan ini pun banyak dimanfaatkan sebagai agen anti aging, untuk mengatasi masalah-masalah kulit yang berhubungan dengan penuaan dini.seperti kerutan halus dan flek hitam.

Oleanolic acid dapat diformulasikan sebagai bahan pembuatan produk skincare seperti cleanser, toner, serum, hingga sunscreen. Jenis asam lemak ini pun cocok untuk merawat hampir semua jenis kulit, karena manfaatnya yang beragam.

Manfaat Oleanolic Acid untuk Kecantikan Kulit

Dalam dunia kecantikan, oleanolic acid dikenal memiliki beragam manfaat terbaik bagi kulit. Di antaranya:

manfaat manfaat oleanolic acid untuk kulit

Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan

Salah satu manfaat terbaik dari oleanolic acid adalah mampu mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit. Hal ini karena kandungan asam di dalamnya yang mampu menghambat elastase, sehingga elastisitas kulit lebih terjaga.

Memudarkan Bintik Hitam dan Bekas Jerawat

Masalah bintik hitam seringkali menurunkan kepercayaan diri wanita. Karena membuat penampilan jadi kurang maksimal.

Oleanolic acid bekerja untuk menyamarkan noda bekas jerawat yang membandel serta memudarkan flek hitam pada wajah.

Bagi kamu yang memiliki tipe kulit oily, oleanolic acid ini bisa menjadi pilihan menarik untuk skincare-mu, loh. Sebab jenis asam oleanolat lebih efektif bekerja pada kulit berminyak.

Menangkal Dampak Buruk Sinar UV

Matahari memang bukan sahabat bagi kulit kita. Beragam masalah kulit acapkali muncul dari seringnya terpapar sinar UV tanpa perlindungan yang tepat.

Paparan sinar UV bisa menimbulkan berbagai masalah seperti kulit kusam, hiperpigmentasi, hingga tanda penuaan dini.

Oleanolic acid bisa menjadi solusi yang efektif untuk menghalau dampak buruk sinar UV pada kulit kita. Adanya kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, juga turut membantu memaksimalkan manfaat oleanolic acid bagi kulit.

Meningkatkan Kinerja Skin Barrier

Skin barrier bisa dapat kita analogikan seperti tembok pelindung kulit kita. Jika skin barrier rusak, maka akan mempengaruhi kesehatan kulit kita juga.

Kerusakan skin barrier ditandai dengan kulit yang kemerahan, mengelupas, mudah berjerawat, dan berubah sangat sensitif. 

Kandungan antioksidan dalam oleanolic acid dapat membantu memperbaiki kinerja skin barrier serta menjaga kekuatannya.

Dapat Mencegah Pembentukan Jerawat

Siapa sih yang nggak sebel kalau muncul jerawat di wajahnya? Meskipun normal, namun kemunculan jerawat tentu membuat kepercayaan diri jadi menurun.

Kabar baiknya, oleanolic acid dalam kandungan skincare mampu meredakan jerawat sekaligus mencegah pembentukan jerawat pada kulit wajah. 

Kandungan anti-inflamasi dalam oleanolic acid juga turut membantu meredakan jerawat yang kemerahan serta melindungi nya dari peradangan yang lebih parah.

Mereduksi Inflamasi

Peradangan pada kulit atau inflamasi bisa terjadi akibat paparan sinar UV yang terlalu lama maupun sebab lainnya.

Saat mengalami inflamasi, kulit akan menunjukkan beberapa tanda seperti kemerahan, rasa terbakar, dan perih saat disentuh.

Oleanolic acid memiliki manfaat untuk mengurang efek tersebut. Ini karena sifat oleanolic acid yang memberikan efek menenangkan pada kulit yang sedang meradang.

Cocok untuk Inflamasi

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, oleanolic acid berguna sebagai anti-inflamasi sekaligus anti-oksidan yang bisa mengurangi efek peradangan pada kulit. Sehingga jenis asam ini cocok untuk merawat kulit sensitif dan berjerawat.

Mau coba buat produk skincare berkandungan oleanolic acid versi pribadimu sendiri? Langsung ajukan sampel gratis dengan isi formulir di bawah:

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Produk Skincare yang Dapat Menggunakan Oleanolic Acid dalam Formulanya

    Jika menurutmu oleanolic acid merupakan bahan yang jarang ditemukan pada produk skincare, maka kamu salah besar, nih. Justru oleanolic acid cukup banyak terdapat dalam pembuatan produk perawatan kulit di Indonesia.

    Sebagai jenis asam yang berasal dari ekstrak tumbuhan, oleanolic acid memiliki kandungan yang beragam dan multifungsi. Kandungan oleanolic acid bisa kita manfaatkan sebagai komposisi dalam cleanser, toner, moisturizer, serum, bahkan sunscreen.

    Misalnya saja untuk produk moisturizer, oleanolic acid bekerja untuk melembabkan kulit dan menenangkan kulit. Kemudian untuk produk sunscreen, produk ini bisa bekerja sebagai anti-oksidan yang menghalau radikal bebas.

    Untuk mendapatkan formula produk yang tepat, oleanolic acid perlu kamu padukan dengan bahan-bahan lainnya agar manfaatnya dapat dirasakan secara menyeluruh.

    Untuk itu, jika kamu ingin membuat produk dengan bahan ini, kamu perlu berdiskusi dengan ahli formulator skincare.

    Cara Membuat Rangkaian Skincare dengan Oleanolic Acid

    cara membuat skincare dengan oleanolic acid

    Karena manfaatnya yang beragam, rasanya sayang jika kita melewatkan oleanolic acid begitu saja. Bahan ini memiliki banyak keunggulan yang bisa menjadi nilai tambah dalam produk skincare.

    Untuk membuat produk skincare dengan kandungan oleanolic acid tentu bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, kamu bisa menggandeng Mash Moshem Indonesia sebagai partner bisnis kamu.

    Mash Moshem Indonesia merupakan jasa maklon skincare yang bisa membantumu sebagai brand owner, menciptakan produk apapun yang kamu inginkan. Termasuk jika kamu tertarik membuat skincare berbahan oleanolic acid ini.

    Perusahaan kami didukung oleh tim ahli baik dalam bidang bisnis maupun formulasi produk. Mash Moshem Indonesia juga sudah mengantongi sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik), yang menjamin proses produksi kami aman dan dapat dipercaya.

    Bagi beautypreneurs yang belum pernah mencoba bisnis kosmetik, tak perlu ragu untuk bermitra dengan jasa maklon skincare kami. Sebab kami akan membantumu mulai dari pembuatan konsep produk hingga pemasaran produknya.

    Bekerja sama dengan Mash Moshem Indonesia akan memberimu sejumlah keuntungan. Hmm, apa saja ya?

    Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon Skincare Mash Moshem Indonesia

    jasa maklon kosmetik mash moshem indonesia

    Menjadikan Mash Moshem Indonesia sebagai partner bisnismu akan memberimu beberapa keuntungan sekaligus. Di antaranya:

    1. Dapat mempercayakan pembuatan produk sepenuhnya. Karena perusahaan kami telah berpengalaman selama 12 tahun lebih melayani kebutuhan brand owner.
    2. Mendapatkan formula kosmetik yang unik. Sebab perusahaan kami sangat memperhatikan privasi pelanggan. Sehingga formulasi produkmu dijamin original dan tidak digunakan pada brand lainnya.
    3. Selain legalitas utama seperti BPOM, kami juga akan membantu pengurusan sertifikasi produk tambahan. Selain produksi, tim kami pun akan membantu proses pendaftaran produk hingga legalitasnya ke BPOM. Sehingga sebagai brand owner, kamu tak perlu repot mengurusnya sendiri.
    4. Memiliki Minimum of Quantity (MOQ) yang rendah. Sehingga sebagai pebisnis pemula, kamu tak perlu khawatir produkmu akan tersisa banyak. Sebab dengan MOQ yang rendah, perputaran produk juga akan lebih cepat.
    5. Mendapat jaminan privasi bisnis. Sebab perusahaan kami berkomitmen untuk tidak menggunakan brand milik klien sebagai bahan promosi kami.
    6. Mendapatkan layanan after sales terlengkap. Selain produksi skincare, perusahaan kami juga melayani pembuatan media promosi serta memasarkan produk skincare mu kepada jaringan distributor kami. 

    Tak hanya berhenti pada sederet keuntungan di atas, Mash Moshem Indonesia masih akan memberikanmu berbagai layanan yang akan membuatmu merasa puas telah bermitra dengan kami. Sebab kesuksesan yang kamu dambakan, adalah kebanggan bagi kami.

    Ambil kesempatan memulai bisnis kosmetikmu, sekarang juga!

    cta manfaat oleanolic acid

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading