Ketahui Fungsi Firming Body Cream, Bahan-Bahan di Dalamnya, dan Cara Buatnya dengan Brand Sendiri

body firming cream

Seiring bertambahnya usia, kulit tubuh akan mengalami penurunan elastisitas. Salah satu tandanya adalah kulit akan terasa kendur dan kurang kencang. 

Faktor utama dari penurunan elastisitas ini karena kolagen alami tubuh semakin berkurang. Itulah kenapa kulit membutuhkan kolagen tambahan lewat produk perawatan seperti firming body cream.

Yup! Pasti kamu sudah tidak asing dengan produk pengencang yang satu ini. Firming body cream tak hanya membantu mengatasi kulit kendur saja. Ada beberapa manfaat lainnya seperti menutrisi kulit, melembapkan kulit lebih lama, melembutkan, dan memberi efek kenyal.

Penggunaan firming body cream akan membantu mencukupi serta mendorong produksi kolagen kulit. Secara tidak langsung hal ini akan memperlambat tanda penuaan dini saat produksi kolagen kulit menurun.

Tapi apa benar jika firming body cream efektif dalam mengencangkan kulit? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Beautypreneurs, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Firming Body Cream?

Mungkin, sebagian dari kamu sudah tak asing dengan yang satu ini. Firming body cream merupakan produk pengencang tubuh yang mengandung kolagen. Produk krim pengencang tubuh ini juga memiliki klaim mampu mengencangkan kulit tubuh.

Kulit akan mengalami penurunan elastisitas sehingga membuatnya menjadi kendur. Namun, ada faktor lain juga yang bisa membuat kulit menjadi kendur dan tidak kencang lagi. Salah satunya akibat kerusakan oleh paparan sinar matahari.

Menurut dokter kulit bersertifikat, Shari Marchbein, MD dalam laman Byrdie biasanya produk pengencang kulit akan membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin kulit. 

Khususnya saat musim panas, sebab kulit akan lebih banyak terpapar sinar UV dan membutuhkan produk perawatan seperti produk satu ini. 

Cara Kerja Firming Body Cream

Melansir dari laman Byrdie, Marchbein menyatakan bahwa manusia mengalami penurunan produksi kolagen saat usia 25 tahun. Diperkirakan hanya sebesar 1% per-tahun, jadi saat usia seseorang 50 tahun tubuhnya sudah tidak memproduksi kolagen baru lagi. 

Lalu apa yang terjadi pada kulit saat kadar produksi kolagen mengalami penurunan? Sisa-sisa kolagen akan terfragmentasi, terpecah, dan melemah. Kolagen yang melemah akan membuat kulit jadi kendur dan  tidak kenyal.

Oleh karena itu, tubuh membutuhkan sumber kolagen tambahan dari firming body cream. Penasaran bukan bagaimana cara kerja produk perawatan kulit tubuh ini? 

Nah, penggunaan krim pengencang kulit tubuh ini diklaim dapat mendorong produksi kolagen tubuh, terutama saat kolagen alami mengalami penurunan. Sebab dalam produk ini terdapat kandungan yang akan membantu merangsang produksi kolagen serta elastin kulit. 

Apakah Firming Body Cream Efektif?

Sebenarnya tidak ada produk tertentu yang mampu memperbaiki masalah kulit kendur. Bahkan prosedur medis pun tidak mungkin menghasilkan elastin lebih banyak, karena dibutuhkan molekul yang sangat kecil untuk bisa menembus lapisan kulit. 

Banyak produsen produk pengencang kulit dengan klaim mengandung kolagen dan elastin hasil rekayasa ulang. Hasil rekayasa tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan molekul cukup kecil agar bisa menembus permukaan kulit. Meski begitu, bahan-bahan tersebut tetap tidak bisa menyatu dengan kolagen dan elastin dalam kulit.

Meski firming body cream tidak sepenuhnya menggantikan perawatan lain dan kolagen alami. Produk ini masih bisa digunakan untuk membantu memperkuat hasilnya. 

Marchbein, MD juga menjelaskan bahwa produk pengencang ini mampu menjadi pelembap yang dapat mengencangkan lapisan kulit atas. Jadi kulit akan menjadi halus dan kencang. 

Keuntungan Menggunakan Firming Body Cream

manfaat body firming cream

Terlepas dari penjelasan sebelumnya, firming body cream memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit kamu, lho Beautypreneurs. Berikut penjelasan lengkap soal manfaat krim pengencang tubuh yang harus kamu tahu.

Melembapkan Kulit

Firming body cream merupakan tingkatan tinggi dari pelembap. Karena krim tubuh ini umumnya memiliki kandungan humektan dan emolien, maka penggunaan secara teratur dapat memberikan efek melembapkan dan melembutkan pada kulit.

Selain itu, jika kamu memformulasikan krim dengan bahan lainnya, seperti vitamin E dan antioksidan, produk ini juga membantu mencukupi kebutuhan nutrisi kulit kamu dengan cara melembapkan. 

Memberikan Efek Plumping

Firming body cream tak hanya melembapkan tapi juga menghidrasi kulit. Sebagai salah satu jenis pelindung kulit, produk ini juga memberikan efek kenyal.  Efek kenyal itulah yang akhirnya membuat kulit menjadi kencang seperti kolagen alami. 

Efektif untuk Peningkatan Kesehatan Kulit

Manfaat lain dalam produk krim pengencang kulit ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Sebab tak hanya mendorong pembentukan kolagen, namun menjaga kulit agar tidak terdehidrasi, menenangkan, dan memberikan nutrisi tambahan pada kulit tubuh.

Bahan-Bahan yang Umumnya Ada dalam Firming Body Cream

Firming body cream dibuat dengan bahan-bahan aktif yang berguna bagi kesehatan kulit. Adapun bahan-bahan aktif tersebut, meliputi:

bahan untuk body firming cream

Retinol

Kandungan retinol sudah banyak digunakan dalam produk perawatan wajah. Terutama khasiatnya dalam mengatasi masalah jerawat dan menyamarkan tanda penuaan. 

Retinol sendiri merupakan senyawa turunan dari vitamin A yang berguna untuk mempercepat regenerasi sel kulit. Biasanya banyak ditemui dalam produk serum wajah. 

Namun kali ini, kandungan retinol juga bisa digunakan sebagai bahan firming body cream. Kemampuannya dalam menyamarkan tanda penuaan akan membantu melembapkan dan merawat kulit, sehingga kulit akan menjadi halus.

Namun perlu diingat, bahwa penggunaan retinol tidak bisa sembarang. Dikarenakan bisa menimbulkan iritasi, khususnya bagi kamu pemilik kulit sensitif atau pemula. 

Antioksidan

Antioksidan merupakan zat atau senyawa yang mampu menghambat, memperlambat, serta mencegah oksidasi. Senyawa ini juga memiliki banyak manfaat bagi kulit. 

Beberapa di antaranya membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi tanda penuaan, mencegah penuaan dini, menjaga kelembapan kulit, mencerahkan kulit, dan memperbaiki kulit akibat sinar UV. 

Oleh karena itu kandungan antioksidan ini bisa kamu jadikan bahan firming body cream. Ditambah kegunaan antioksidan yang beragam tersebut, tentunya akan membantu kamu dalam mengencangkan kulit yang sudah kendur.

Asam Hidroksi

Firming body cream juga bisa menggunakan kandungan asam hidroksi. Pastinya, kamu juga sudah tidak asing dengan asam hidroksi atau hydroxy acids yang memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Asam hidroksi memiliki macam yaitu AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan BHA (Beta Hydroxy Acids). Kedua kandungan tersebut sudah familiar dalam produk perawatan. 

Masing-masing dari jenis asam hidroksi memiliki manfaat, terutama bagi kulit. AHA memiliki manfaat utama untuk merangsang proses regenerasi sel kulit serta membantu mempertahankan kelembapan. Sementara BHA memiliki kemampuan khusus untuk mengatasi jerawat. 

AHA dan BHA bisa kamu gunakan secara bersamaan, khususnya saat kulit mengalami kerusakan parah akibat paparan sinar matahari. Umumnya kandungan ini banyak ditemukan dalam produk exfoliant.

Peptida

Peptida termasuk ke dalam golongan asam amino, dan bermanfaat untuk merangsang kolagen. Kandungan peptida juga bagus untuk membangun protein dalam tubuh termasuk pada kulit.

Kandungan peptida dapat kamu jadikan sebagai bahan krim pengencang tubuh. Ada beberapa manfaat yang nanti akan kamu dapat, seperti memperlambat penuaan, memperbaiki lapisan terluar kulit, meredakan peradangan, dan mengencangkan kulit.

Peptida sendiri memiliki kemampuan dalam mendorong produksi kolagen serta menyusun elastin. Jadi kulit akan menjadi kencang dan awet muda.

Kafein

Kandungan kafein tak hanya menunda rasa kantuk, tapi juga bermanfaat untuk kulit. Kandungan kafein tidak hanya berasal dari kopi, di beberapa sumber seperti coklat dan teh. Bahan ini juga kerap diolah menjadi bahan baku produk masker, eye cream, moisturizer, dan facial cleanser.

Kafein memiliki dalam mengatasi peradangan karena sifatnya anti-inflamasi. Lalu bagaimana jika kandungan kafein ini kamu jadikan sebagai bahan firming body cream

Kemampuan kafein dalam melawan efek radikal bebas dan paparan sinar UV mampu menyempurnakan manfaat dari krim pengencang tubuh dalam menjaga kulit. 

Terutama untuk kulit sensitif, efek paparan sinar UV tak hanya menyebabkan peradangan dan iritasi tapi bisa juga mengendurkan kulit. 

Oleh sebab itu, kamu membutuhkan bahan aktif seperti kafein ini dalam produk firming body cream.

Jamur Shiitake

Kemudian ada kandungan jamur shiitake atau lentinula edodes. Salah satu jamur populer yang biasa dijadikan campuran makanan Asia ini ternyata punya kemampuan tersendiri untuk kulit. Mungkin belum banyak yang tahu jika jamur shiitake sudah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional sejak dulu.

Jamur shiitake mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Terutama dalam menangkal efek paparan radikal bebas, serta menurunkan tanda penuaan dini.

Melansir dari laman Byrdie, seorang dokter kulit bersertifikat, Joshua Zeichner, MD menyatakan khasiat jamur shiitake untuk kulit. 

Selain itu, dalam artikel tersebut juga menyebutkan bahwa jamur shiitake juga biasa ditemukan dalam produk krim pengencang, karena membantu meningkatkan produksi serat elastin kulit.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan jamur shiitake sebagai salah satu bahan dalam firming body cream.

Beda Firming Body Cream Vs. Cellulite Cream

Firming body cream memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang, khususnya dalam mengencangkan dan menghaluskan kulit. Tak jarang, ada yang berpikir bahwa kemampuan tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi selulit. 

Meski keduanya memang memiliki susunan bahan yang hampir sama, tapi firming body cream dan cellulite cream sebenarnya berbeda. Apa yang membedakan? 

Jadi, krim pengencang memiliki fokus utama dalam meningkatkan elastin serta kolagen. Sementara krim selulit ditargetkan untuk menghilangkan selulit. 

Dari segi khasiat tersebut, krim selulit akan lebih banyak mengandung bahan aktif seperti aminofilin karena digunakan dalam mengurangi sel lemak. 

Meski sebagian besar produk krim selulit juga sebagai krim pengencang. Tapi tidak semua produk krim pengencang tubuh mampu menghilangkan selulit.

Buat Firming Body Cream dengan Jasa Maklon

Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah kamu terpikir untuk membuat firming body cream sendiri? Ada banyak bahan yang bisa kamu pilih untuk membuat krim pengencang tubuh dengan brand sendiri, lho. 

Produk ini pun hingga sekarang masih memiliki penggemar yang tinggi, terutama buat kamu yang akan memasuki usia lanjut dan punya masalah kulit kendur. 

Nah, sebagai bisnis owner tentu hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang. Caranya bagaimana? Jadikan jasa maklon terpercaya sebagai partner bisnis kamu, seperti Mash Moshem Indonesia.

Guna menjamin partner yang kompeten dan profesional, Mash Moshem Indonesia akan memberikanmu banyak kemudahan dan keuntungan. Hal ini meliputi penyediaan bahan-bahan terbaik, tenaga ahli yang profesional, pabrik luas dengan peralatan canggih, dan masih banyak lagi.

Tentunya kami akan menawarkan syarat dan modal yang cocok untuk pebisnis pemula. Mulai dari modal yang bisa disesuaikan dengan budget kamu, dan tahapan-tahapan yang bisa kamu pantau langsung. 

Tenang! untuk proses pemasaran produk krim pengencang tubuh milikmu, Mash Moshem Indonesia juga memberikan pelayanan pascapenjualan. 

Oleh karena itu kami akan menyediakan media pendukung, seperti pembuatan katalog atau brosur, foto produk krim pengencang kulit tubuh, video produksi, serta produk knowledge.

Jadi Beautypreneurs, apakah kamu tertarik untuk membuat firming body cream sendiri? Untuk memulai berdiskusi bersama tim kami, kamu bisa klik tombol WhatsApp berikut ini, ya.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading