6+ Manfaat Biji Pala untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit, Apa Saja?

manfaat ekstrak biji pala untuk kecantikan kulit

Hai, Beautypreneurs! Selama ini mungkin yang kamu tahu biji pala merupakan salah satu rempah Indonesia yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Siapa sangka kalau ekstrak biji pala juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan dapat kamu olah sebagai formula kosmetik, loh.

Pala (myristica fragan houtt) merupakan tanaman asli Indonesia yang asalnya ada di kepulauan Banda dan Maluku. Pada buah pala terdapat berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan, diantaranya karbohidrat, protein, minyak atsiri, Vitamin A, C, E, B1, dan kalsium. 

Untuk itu, selain sebagai penambah rasa dan aroma dalam masakan, buah ini juga banyak digunakan sebagai obat tradisional maupun minyak pijat.

Kandungan dalam buah pala memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-mikroba yang baik untuk kesehatan.

Adapun manfaatnya untuk kesehatan antara lain dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan otak, mengurangi peradangan, mengontrol gula darah, bahkan mengobati insomnia.

Pada buah pala yang telah disuling dan menghasilkan minyak terdapat komponen kimia yakni β- pinen, carene, sabinen, limonen, terpinen, terpineol, safrol, asam oleat asam linoleat, resin, dan Trimiristin.

Tahukah kamu? Di balik semua khasiatnya tersebut, ternyata biji pala juga memiliki manfaat yang baik untuk perawatan kecantikan lho, seperti mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, dan banyak lagi. Penasaran? Kita simak ulsan berikut, yuk! Simak sampai akhir, ya!

Penggunaan Ekstrak Pala dalam Industri Kosmetik

Minyak pala dihasilkan dari proses penyulingan pada biji dan fuli pala (kulit pembungkus). Biji pala yang masih muda biasanya yang digunakan dalam penyulingan karena kandungan minyaknya lebih tinggi.

Minyak pala hasil penyulingan berupa cairan jernih yang hampir tidak berwarna sampai kuning muda, dan memiliki aroma yang khas.

Minyak pala memiliki beberapa fungsi seperti zat penyedap, zat pewangi, zat pengawet, dan zat penghilang rasa sakit. 

Itu sebabnya, minyak pala banyak digunakan dalam industri makanan dan minuman, kosmetik dan parfum, bahkan industri farmasi.

Pada industri kosmetik dan parfum penggunaan minyak pala difungsikan sebagai pewangi karena aromanya tidak kalah dengan minyak atsiri yang berasal dari ekstrak bunga.

Aroma yang khas dari minyak buah pala ditentukan oleh senyawa-senyawa tertentu yang terkandung dalam minyak tersebut.

Sehingga, dalam industri parfum, minyak pala dipergunakan sebagai bahan pencampur minyak wangi. Selain itu, minyak pala juga digunakan pada sabun dan sikat gigi. 

Tentu saja, minyak pala tersebut dapat berfungsi dengan baik dalam berbagai industri jika digunakan dalam dosis tertentu sesuai dengan aturan.

Kandungan yang Baik dalam Ekstrak Biji Pala untuk Merawat Kecantikan

Berikut adalah  beberapa kandungan baik yang terdapat pada ekstrak biji pala yang bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit.

berbagai manfaat ekstrak biji pala untuk kecantikan

Asam Oleat

Asam oleat bermanfaat baik bagi kesehatan kulit seperti melembabkan, mempercepat penyembuhan luka, serta melembutkan kulit. Kandungan ini juga memiliki fungsi antiradang dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit.

Asam Linoleat

Asam linoleat membantu menstimulasi pergantian sel-sel yang rusak, sehingga akan muncul sel-sel baru kulit yang lebih sehat, sehingga kulit akan tampak cerah bebas dari kusam. Kulit pun akan terasa lebih lembab dan halus.

Trimiristin

Trimiristin memiliki fungsi antioksidan, analgesik, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-jamur sehingga cocok digunakan untuk bahan membuat sabun yang bermanfaat untuk kulit.

Vitamin C

Kandungan ini sangat populer dalam formulasi produk-produk perawatan kecantikan, utama pada produk skincare. Ini karena vitamin C dapat merawat kulit yang kusam menjadi lebih cerah, menghaluskan kulit, memudarkan hiperpigmentasi pada kulit, serta memudarkan bekas jerawat dan bintik pada wajah.

Vitamin A

Dalam biji pala, juga terkandung vitamin A memiliki manfaat yang baik pada kulit seperti mengatasi kulit kering, mengurangi kerutan, dan mengatasi jerawat.

Vitamin E

Selanjutnya, biji pala juga mengandung vitamin E, yang dapat bekerja sebagai antioksidan, antiinflamator, serta menutrisi kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu meregenerasi sel-sel yang rusak, menyamarkan flek hitam, bekas jerawat, melembabkan kulit, dan membantu memulihkan kulit yang terpapar sinar matahari.

Ekstrak pala memiliki banyak nutrisi penting untuk mendukung kesehatan kulit. Mau coba buat sampel skincare dengan ekstrak alami ini? Ajukan sekarang!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Manfaat Ekstrak Biji Pala untuk Perawatan Kecantikan Kulit

    Seperti dalam penjelasan sebelumnya bahwa berbagai kandungan nutrisi dalam biji pala memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Apa saja manfaat biji pala untuk kecantikan kulit tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

    manfaat ekstrak biji pala untuk kecantikan

    Mengatasi Jerawat

    Manfaat ekstrak biji pala untuk kecantikan yang pertama adalah untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang terkandung dalam ekstrak pala dapat mencegah datangnya jerawat sekaligus menghilangkan adanya bekas jerawat. Kamu dapat menggunakan biji pala sebagai masker wajah anti-jerawat.

    Mencerahkan Kulit

    Kandungan vitamin yang ada pada biji pala dapat membantu mengatasi kulit kusam dan tidak bercahaya. Ekstrak pala yang terkandung dalam skincare biasanya dapat membantu mencerahkan kulit, sehingga kulit tampak lebih bersih bersinar.

    Menyamarkan dan Mengurangi Kerutan 

    Manfaat ekstrak biji pala untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah dapat menyamarkan dan mengurangi kerutan halus. Sifat antioksidan pada biji pala dapat mengatasi penuaan dini pada kulit seperti menyamarkan dan mengurangi kerutan. Kandungan asam oleat dan linoleat dapat membantu kulit tampak sehat dan awet muda.

    Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

    Kandungan asam linoleat dan vitamin E dapat membantu eksfoliasi pada kulit yakni mengangkat sel kulit mati, dan merangsang sel kulit baru dapat muncul, sehingga kulit akan lebih cerah, bersih, lembut, dan bersinar.

    Menyeimbangkan Produksi Sebum

    Kandungan dalam buah pala dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit sehingga kandungan ini dapat menyeimbangkan produksi sebum pada kulit. Sehingga kulit pun sehat, bebas minyak, dan jerawat.

    Melawan Radikal bebas

    Antioksidan yang terkandung dalam ekstrak pala dapat membantu kulit melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kecantikan kulit. Seperti membuat kulit kusam, kerusakan skin barrier, hingga memicu terjadinya penuaan dini.

    Jumlah radikal bebas yang tinggi dapat mengakibatkan stress pada kulit. Sehingga menggunakan ekstrak pala ini dapat membantu melawan hal tersebut.

    Efek Samping Menggunakan Ekstrak Pala untuk Perawatan Kecantikan Kulit

    Meskipun secara umum, ekstrak biji pala aman untuk kulit, namun kamu wajib tetap berhati-hati. Penggunaan pada dosis kecil tidak menimbulkan efek samping. Namun penggunaan yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan.

    Untuk itu, pastikan kamu selalu membaca petunjuk pemakaian jika menggunakan skincare dengan bahan ekstrak biji pala ini. Gunakan sesuai dosis yang dianjurkan agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan.

    Lebih amannya, sebelum menggunakan biji pala, lakukan uji alergi terlebih dahulu pada kulit. Oleskan kandungan ini di belakang telinga atau lengan tangan bagian dalam.

    Tunggu selama satu jam, lihatlah apakah ada tanda iritasi atau alergi pada kulit seperti gatal, kemerahan, atau bengkak. Jika ada reaksi negatif pada kulit, segera hentikan penggunaan dan cuci bersih kulitmu.

    Namun jika tidak ada reaksi negatif, kamu dapat melanjutkan penggunaan. Apabila kamu menggunakan kandungan pala ini untuk tujuan eksfoliasi, kamu hanya dapat menggunakannya satu kali dalam seminggu.

    Kamu dapat membuat bahan eksfoliasi dengan bahan-bahan alami. Campurkan satu sendok bubuk pala dengan satu sendok teh madu, baking soda, dan sari cuka apel. Lalu oleskan pada wajah selama dua menit.

    Lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut secara perlahan.

    Kamu juga dapat menggunakan bubuk pala untuk masker alami. Kamu dapat mencampurkannya dengan satu sendok teh madu, plain yogurt, sari lemon, dan sedikit bubuk kayu manis.

    Campur dan aduk semua bahan lalu oleskan pada wajah sebagai masker. Kemudian biarkan selama 10-15 menit lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. Keringkan wajah dengan handuk yang lembut.

    Membuat Produk dengan Ekstrak Biji Pala

    Nah, beautypreneurs, bagi kamu yang memiliki ketertarikan dengan bisnis di dunia perawatan kecantikan, tentu akan bisa mempertimbangkan ekstrak pala ini sebagai formula utama produk skincare atau kosmetik yang akan kamu ciptakan.

    Jasa maklon kosmetik dan skincare Mash Moshem Indonesia, dapat berpartner denganmu dan tentu akan sangat membantumu dalam menciptakan dan mengembangkan produk perawatan kulit dengan ekstrak pala dan bahan terbaik lainnya.

    Mash Moshem Indonesia merupakan jasa maklon dan partner terbaik yang dapat kamu gandengn dalam penciptaan produk yang sesuai dengan preferensimu. Bersama formulator handal kami, kamu dapat merencanakan dan menyusun konsep produk dengan ekstrak pala terbaik yang pernah ada.

    Apakah kamu tertarik dan berminat menggunakan jasa maklon di Mash Moshem Indonesia? Ayo segera diskusikan produk perawatan kecantikan dan kosmetik yang ingin kamu ciptakan bersama tim ahli kami. 

    Kamu bisa mengklik tombol WhatsApp di bawah ini. Atau kamu juga bisa menghubungi tim pemasaran kami melalui nomor yang tertera pada Contact Us.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading