Cara Membaca Instagram Insight dengan Mudah dan Tepat!

cara membaca instagram insight (2)

Saat ini Instagram masih memegang kendali yang cukup besar sebagai media promosi. Penggunanya pun mencapai 191,4 juta per Februari lalu. Bahkan juga menjadi media sosial yang paling popular di Indonesia. Tak heran bila para pebisnis menggunakanya sebagai media promosi utama.

Tapi tahukah kamu bagaimana cara mengukur kesuksesan promosi di Instagram? Kesuksesan Instagram dipengarhi oleh engagement. Seperti like, komen, share dan save. Kesuksesan itu dapat kamu lihat melalui tools yang sudah disediakan oleh Instagram, yakni Instagram Insight.

Tools yang satu ini hanya dapat digunakan oleh pengguna yang sudah mengubah akunnya menjadi akun bisnis. Kegunaannya pun sangat beragam. Tak heran bila tools yang satu ini diklaim dapat memaksimalkan potensimu di Instagram

Penasaran apa itu Instagram Insight dan bagaimana cara bekerjanya? Simak ulasannya dengan membaca artikel ini hingga selesai ya. Happy reading!

Apa itu Instagram Insight?

Instagram Insight merupakan tools yang disediakan gratis oleh Instagram untuk mengetahui dan mengukur performamu. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa untuk mendapatkan fitur ini, kamu harus mengubah akun Instagrammu menjadi bisnis.

Jika akunmu masih bersifat personal, kamu bisa mengubahnya dengan memilih menu setting. Dengan mengubah akunmu menjadi bisnis, kamu dapat mengetahui bagaimana aktivistas dan performamu selama beberapa periode di Instagram.

Mulai dari seminggu, sebulan dan bahkan hingga setahun. Oleh karena itu, Instagram Insight sangat berguna untuk membantumu menganalisis pasar. Bahkan juga dapat merencakan strategi pemasaran untuk ke depannya.

Sebab Instagram Insight menyediakan semua data yang kamu butuhkan. Mulai dari followers, demografi follower, gender hingga semua data terkait konten yang kamu buat. Semua data yang telah disediakan ini akan sangat berguna untuk analisa pasar.

Setelah mengetahui apa itu Instagram Insight, sebenarnya seberapa penting sih fitur ini untuk bisnis? Well, kamu nggak perlu bingung. Berikut ulasan mengenai seberapa peting Instagram untuk bisnismu.

Pentingnya Instagram Insight untuk Bisnis

Apakah Instagram Instagram Insight penting untuk bisnis? Jawabannya adalah sangat penting. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Instagram Insight menyediakan semua data terkait performamu di Instagram.

Mulai dari data tentang konten hingga followermu. Bahkan Instagram Insight juga dapat menyediakan gender, demografi hingga kebiasaan aktif followermu. Tentu data-data tersebut sangatlah penting dan berguna untuk menyusun strategi pemasaran ke depannya.

Dari data tersebut kamu juga dapat menganalis keinginan pasar dengan mengetahui konten mana yang paling di suka. Dengan begitu kamu juga bisa lebih inovatif membuat konten sesuai dengan keinginan audience.

Baca Juga: Cara Menghitung Engagement Rate Instagram dan Trik Meningkatkannya!

Lantas bagaimana langkah mengaktifkan dan cara membaca Instagram Insight? Supaya tidak keliru, berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Mengaktifkan Instagram Insight

Instagram Insight tidak serumit Google Analytic. Sebab fitur ini sudah ada di dalam aplikasi Instagram. Kamu tidak perlu mendownload akplikasi lain untuk mengaktifkan tools yang satu ini. Tak hanya itu, penggunaan Instagram Insight juga tidak dipungut biaya sepeser pun.

Nah, untuk mengaktifkan Instagram Insight, kamu perlu melewati beberapa tahap. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk mendapatkan tools ini, Instagrammu harus menjadi akun bisnis telebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

Setting

Untuk mengubah akun personal menjadi bisnis, kamu perlu mengubahnya di menu setting. Menu ini terdapat pada profil. Lalu klik tiga titik yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu setting.

Account

Setelah masuk ke setting, klik account. Opsi akun berfungsi untuk mengatur akun sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Switch To Personal Account

Selanjutnya klik switch to personal account dan selesai. Instagram bisnismu siap digunakan dan tools Insight siap digunakan. Tools ini akan sangat membantumu meningkatkan performa dan mendapat engagement yang lebih.

Instagram Insight siap digunakan tapi kamu masih bingung tentang fitur-fiturnya? Berikut adalah penjelasan mengenai fitur-fitur Instagram Insgiht dan cara membacanya.

Cara Membaca Instagram Insights dari Fitur yang Ada

cara membaca instagram insight (2)

Mungkin saat membuka insight untuk pertama kali dalam benakmu adalah rumit. Sebab tampilan akan dipenuhi dengan grafik dan angka. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena sebenarnya membaca Instagram Insight tidak serumit yang dibayangkan.

Yang perlu kamu tahu sebelum membaca Instagram Insight adalah mengerti tentang fitur-fitur di dalamnya. Apa saja, berikut penjelasannya.

Activity

Fitur yang pertama adalah activity atau biasa disebut dengan aktivitas. Fitur ini pun ada dua metrics. Yakni Interaction dan Discovery. Berikut penjelasan mengenai ke duanya.

Interaction

Interaction merupakan interaksi yang dilakukan para audience pada kontenmu. Dalam fitur ini kamu dapat melihat seberapa banyak like, komen, shae dan save yang didapat dari konten dalam periode yang telah ditentukan. Biasanya Instagram akan menampilkan angka untuk interaksi sepekan saja.

Namun jika kamu ingin melihat performamu dalam sebulan, kamu cukup menggantinya menjadi periode sebulan. Di dalam Interaction terdapat beberapa metric yang perlu kamu ketahui. Seperti berikut:

– Call: yakni seberapa banyak audience yang memencet tombol call yang ada di profilmu

– Comment: banyaknya audience yang meninggalkan komentar di konten yang kamu buat.

– Likes: seberapa banyak audience yang menyukai postinganmu

– Email: banyaknya orang yang mengklik tombol email yang telah kamu cantumkan di profil

– Profil visit: seberaba banyak orang yang mengunjungi profilmu dalam periode tertentu

– Website click: orang yang mengunjungi website yang telah kamu cantumkan di laman profil.

Lantas untuk apa matriks tersebut dalam cara membaca Instagram Insight? Dengan mengetahui jumlah dari matriks tersebut kamu bisa mengetahui engagement yang kamu dapatkan. Selain itu kamu juga dapat menganalisa performa instagrammu guna untuk menciptakan strategi pemasaran baru.

Discovery

Setelah mengetahui tentang Interaction, kini saatnya kamu mengenal tentang Discovery. Fitur ini menampilkan seluruh perfoma di Instagram dalam periode tertentu. Namun bedanya, Dicovery menggunakan matriks Reach dan Impression.

Lantas gunanya apa sih? Dua matriks ini berfungsi untuk menghitung rasio antara jumlah pengguna dan impresinya terhadap konten yang telah kamu buat. Apa perbedaan dua matriks ini?

Reach merupakan jumlah total pengguna yang melihat kontenmu. Reach tidak hanya berkutat pada follower saja, namun non follower juga dapat dihitung apabila mereka melihat konten yang telah kamu buat.

Selain itu tak terhitung berapa kali mereka membuka foto dan videomu, jumlahnya akan tetap dihitung satu.

Sedangkan Impression adalah menghitung berapa kali kontenmu ditampilkan dan dilihat oleh orang. Jika orang tersebut melihat kontenmu secara berulang, penghitungannya pun akan berulang kali pula.

Misalnya orang tersebut melihat kontenmu seribu kali, maka impressionnya juga akan dihitung 1000 kali pula.

Semakin tinggi impression yang kamu dapat, itu menandakan bahwa kontenmu menarik dan banyak diminati banyak orang. Ini bisa kamu jadikan acuan untuk menyusun konten yang lebih menarik lagi untuk ke depannya.

Interaction dan Discovery di Masing-masing Postingan

Untuk mengecek interaction  dan discovery tidak hanya bisa dilakukan di tab Insight umum. Namun juga di masing-masing postingan. Caranya pun cukup mudah. Yakni dengan mengklik tombol view insight yang terdapat pada setiap postingan yang ingin kamu ketahui performanya.

Dalam insight tersebut kamu dapat langsung melihat berapa banyak interaction yang terjadi pada konten. Mulai dari like, komen, share hingga save. Bahkan juga menampilkan seberapa banyak orang yang mengunjungi profilmu karena postingan tersebut.

Sedangkan discovery akan memperlihatkan seberapa banyak orang yang melihat postinganmu, seberapa banyak presentase pengguna yang tidak mengikutimu hingga banyaknya follower baru karena postingan tersebut.

Impression pada discovery ini akan menampilkan data orang yang melihat postinganmu dari berbagai sumber. Mulai dari tagar, geotag, feeds maupun profil. Sehingga tak heran bila presentase yang diberikan biasanya cenderung akan lebih banyak orang yang tidak mengikutimu ketimbang para follower.

Content

Selain activity, cara membaca Instagram Insight lewat fitur selanjutnya adalah content. Fitur ini akan menampilkan berapa postingan yang kamu buat dalam periode tertentu. Nantinya juga akan terdapat perbandingan postinganmu dengan minggu sebelumnya. Jika semakin menurun, keaktifanmu di Instagram pun juga dinilai menurun. Begitu pun sebaliknya.

Pelu diketahui bahwa ada tiga konten yang saat ini ada dalam perhitungan instagram. Apa saja? berikut penjelasan selengkapnya.

Feed Posts

Feed post merupakan konten pertama yang wajib ada di Instagram. Di Insight akan menampilkan data postingan feed dengan urutan mulai dari yang paling tinggi ke yang buruk.

Dari data ini kamu bisa mengetahui postingan mana yang paling diminati oleh audience. Sehingga akan mempermudakan kamu untuk membuat strategi konten untuk ke depannya.

Yang lebih bagusnya lagi kamu bisa memfilter insight menjadi beberapa kategori. Mulai dari foto, video, reels hingga keseluruhan konten. Sehingga akan lebih efektif untuk menyeleksi konten dengan format apa yang paling diminati.

Dalam Instagram feeds kamu juga bisa melihat beberapa acuan terkait insight. Yakni sebagai berikut:

– Calls: yakni jumlah pengguna yang memencet tombol telfon di profilmu setelah melihat postingan 

– Comments: pengguna yang berkomentar di setiap postingan

– Emails: banyaknya pengguna yang mengklik tombol email di profil setelah melihat konten yang kamu buat

– Engagement:pengguna yang menyukai, berkomentar, dan menyimpan postingan

– Follows: banyaknya pengguna yang mengklik tombol follow setelah melihat postingan

– Get directions: jumlah pengguna yang menekan tombol get directions setelah melihat konten

– Impressions dan Views: banyaknya jumlah penanyangan postigan

– Likes: banyaknya orang yang menyukai kontenmu

– Profile visits: banyaknya pengguna yang mengunjungi profilmu setelah mengetahui postingan tersebut

– Reach: banyaknya pengunjung yang melihat kontenmu

– Saved: banyaknya pengguna yang menyimpan postinganmu

– Texts: jumlah pengguna yang mengirim SMS setelah melihat kontenmu

– Website Clicks: jumlah pengunjung yang mengeklik tautan web setelah melihat postingan

Stories

Selain Instagram Feed, konten Instagram yang selanjutnya adalah Stories. Format Instagram Story tidak sama dengan feed. Story berbentuk vertical dan hanya tayang selama 24 jam. Tidak seperti feed yang bisa dilihat kapanpun oleh pengguna.

Untuk mengetahui Instagram story kamu membutuhkan bebepa tools yang wajib kamu ketahui fungsinya. Berikut penjelasan detalnya:

Pertama, Back: banyaknya pengguna yang memecet layar untuk melihat foto dan videomu

Kedua, Stories Calls: pengguna yang mengklik tombol call di profil setelah melihat storymu

Ketiga, Stories Emails: banyaknya pengguna yang mengklik tombol email setalah melihat story

Keempat, Stories Exited: banyaknya pengguna yang keluar sebelum storymu selesai

Kelima, Stories-mu Follows: pengguna yang mengikutimu setelah melihat story

Keenam, Stories Forwards: jumlah pencetan layar yang dilakukan pengguna untuk melihat

Ketujuh, Stories selanjutnya Get Directions: banyaknya pengguna yang mengklik tombol Get Direction di profil setelah melihat story

Kedelapan, Stories Impressions: jumlah total penayangan

Kesembilan, Stories Link Opens: banyaknya pengguna yang mengklik link yang sudah kamu tautkan di story

Kesepuluh, Next Story: jumlah pengguna yang langsung loncat ke Stories akun lain

Kesebelas, Profile Visits: pengguna yang mengunjungi profilmu setelah melihat story

Kedua belas, Stories Reach: total pengguna yang membuka

Ketiga belas, Stories Replies: pengguna yang membalas storymu

Keempat belas, Stories Texts: jumlah akun yang mengirim SMS setelah melihat

Terakhir, Stories Website Clicks: pengguna yang mengklik webstite di profilmu

Promotions

Dengan menggunakan Instagram Insight, kamu juga dapat memantau performa iklan. Yaitu di fitur Promotion.melalui fitur ini kamu bisa memantau iklan melalui berbagai indikasi. Berikut penjelasan selengkapnya:

– Audience demographics: berisikan gender, usia, serta lokasi akses

– Engagement: banyaknya likes, komentar, dan penyimpanan postingan yang diterima

– Impressions: total penayangan postingan

– Profile visits: jumlah pengguna yang mengunjungi profiilmu setelah melihat iklan

– Reach: banyaknya akun yang melihat postingan iklanmu.

Kamu bisa menggunakan insight ini untuk memantau kesuksesan iklan. Dengan adanya hal ini, kamu bisa mengevaluasi dan merencanakan strategi pemasaran untuk ke depannya.

Audience

Fitur selanjutnya yang dapat kamu pantau melalui Insight adalah audience. Melalui fitur ini kamu dapat memantau katrakteristik dari audiencemu. Mulai dari usia, gender, demografi hingga hobi. Instagram Insight juga menampilkan rentan usia yang aktif.

Selain itu melalui insight ini, kau juga bisa mengetahui kapan saja audiencemu aktif di Instagram. Waktu itu bisa kamu gunakan untuk upload konten. Sebab di waktu audience aktif akan berpotensi mendapatkan banyak engagement pula.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara membaca Instagram Insight. Untuk kamu para pebisnis, wajib hukumnya untuk memakai fitur yang satu ini. Supaya kamu bisa menyusun strategi pemasaran untuk ke depannya nanti.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment