Cara Membuat Bedak Dingin dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit, Intip Yuk!

cara membuat bedak dingin sendiri

Meski banyak produk perawatan kulit dengan formulasi yang lebih modern mendominasi pasar. Merawat wajah dengan cara tradisional juga bisa menjadi alternatif yang masih menarik untuk dicoba. Misalnya dengan cara membuat bedak dingin dari bahan-bahan alami.

Perawatan wajah yang terbuat dari tepung beras ini dan kombinasi berbagai rempah ini, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Apa saja manfaat dan bagaimana cara membuat bedak dingin dari bahan alami? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Apa Itu Bedak Dingin?

Jauh sebelum adanya berbagai jenis produk perawatan wajah modern saat ini, perempuan Indonesia menggunakan berbagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit dan rambut mereka.

Bedak dingin adalah salah satu contoh cara mereka merawat kecantikan dengan bahan alami. Perawatan ini terbuat dari kombinasi tepung beras, rempah, serta sari bunga-bungaan tertentu.

Ketika digunakan pada kulit, bedak dingin memberikan sensasi sejuk dan dingin. Perawatan ini membantu menenangkan kulit, sebagai relaksasi, namun tetap memberikan nutrisi tinggi pada kulit wajah.

Nilai lebihnya lagi, bedak dingin cukup aman digunakan untuk semua jenis kulit. Karena terbuat dari bahan alami yang minim efek samping, kecuali ketika kamu menggunakannya pada luka terbuka, kulit yang meradang parah, ataupun saat menambahkan kandungan yang memicu alergimu di sana.

Sebenarnya, hingga kini ada banyak merk kosmetik yang menjual bedak dingin. Sehingga kamu bisa dengan mudah menggunakannya dan tak perlu repot-repot membuatnya sendiri.

Manfaat Bedak Dingin untuk Kecantikan Kulit

manfaat bedak dingin untuk kecantikan kulit

Sering dibenderol dengan harga yang murah, manfaat bedak dingin untuk kecantikan dan kesehatan kulit enggak kaleng-kaleng, lho!

Produk dengan bahan sederhana ini terbuat dari rempah-rempah berkualitas yang mengandung nutrisi tinggi. Ah, bayangkan kamu memberi makanan dengan aneka vitamin dan mineral dalam satu produk saja.

Sayangnya ada banyak para beauty enthusiast yang kurang memahami dan mengenali manfaat bedak dingin untuk kecantikan kulit. Hingga akhirnya perawatan tradisional ini tertinggal dan memiliki peminat yang sedikit.

Nah, biar kamu tak sama clueless-nya, simak berbagai manfaat bedak dingin untuk kecantikan kulit berikut ini, ya.

Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat membandel dan meradang memang bisa jadi sangat menganggu. Tak hanya membuat penampilan nggak maksimal, jerawat ini bisa menimbulkan rasa tak nyaman dan berbekas bila tak diatasi dengan tepat.

Nah, salah satu manfaat popular dari bdak dingin adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah jerawat. Sebab, bahan alami yang ada dalam perawatan ini mengandung anti bakteri alami dan senyawa antiinflamasi yang baik untuk merawat kulit berjerawat.

Beras putih, sebagai bahan dasar bedak dingin, mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, dan gamma oryzanol. Ketiga kandungan ini merupakan agen perawatan yang sangat baik dalam menjaga kulit dan menghalau gangguan dari jerawat membandel.

Khususnya kandungan gamma oryzanol, melansir dari Jurnal Penelitian Universitas Negeri Jakarta Tahun 2019, meregulasi produksi kolagen, menangkal dampak buruk radikal bebas dan sinar UV, dan memiliki segudang manfaat kecantikan lainnya.

Agar efek ini kian maksimal, kamu bisa menambahkan ekstrak kunyit ke dalam bedak dingin buatanmu. Bahan alami ini memiliki senyawa antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri P. Acnes, sehingga dapat mencegah kemunculan jerawat kembali.

Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Punya wajah yang terlalu berminyak memang kadang cukup merepotkan. Apalagi kalau kamu tipe orang yang harus bekerja di luar ruangan, sudah bisa kamu bayangkan seberapa banyak kotoran dan polusi terperangkap dalam permukaan kulitmu.

Minyak berlebih ini bisa menyumat pori-pori, membuat bakteri penyebab jerawat dan komedo berkembang biak pesat.

Kabar baiknya, menggunakan bedak dingin secara teratur bisa membantumu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Kamu bisa menambahkan rempah dan bahan alami yang relevan untuk menambah keampuhan khasiatnya dalam mengontrol sebum. Seperti menambahkan sedikit madu, air mawar, dan bahan alami non-comedogenic lainnya.

Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

Menggunakan bedak dingin secara teratur bisa membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Ini karena beras mengandung vitamin E, yang bisa menutrisi dan merawat kesehatan kulit.

Vitamin E juga dikenal sebagai antioksidan alami, sehingga mampu menangkal dampak buruk sinar UV dan memperbaiki sel kulit yang bermasalah. Akhirnya proses regenerasi sel kulit pun akan berjalan optimal, sehingga wajahmu tampak lebih cerah terawat.

Selain itu, kamu bisa menambahkan bahan alami dengan manfaat sejenis untuk menambah khasiat bedak dingin dalam mencerahkan wajah. Seperti kunyit, air mawar, beberapa tetes minyak zaitun, lemongrass essential oil, dan banyak lainnya.

Bahan-bahan ini kaya akan kandungan mineral, vitamin dan senyawa kimiawi yang mampu merawat kesehatan dan keremajaan kulit dari dalam.

Meminimalisir dan Menangkal Dampak Buruk Sinar Matahari

Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun terpapar di bawahnya tanpa menggunakan perlindungan dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulitmu. Mulai dari perubahan warna kulit, peradangan, luka bakar, hingga memicu kerusakan sel kulit.

Untungnya senyawa antioksidan dalam beras bisa membantumu mengatasi masalah ini. Selain menenangkan kulit, kandungan ini bisa membantu mencegah kerusakan sel kulit dan memulihkannya kembali.

Kandungan antiinflamasi dalam bendak dingin pun bisa membantu menenangkan iritasi kulit akibat sinar matahari, serta mencegahnya menimbulkan bekas kehitaman pada kulit.

Meredakan Gejala Iritasi Kulit

Menggunakan bedak dingin pada wajah bisa membantu meredakan gejala iritasi kulit. Baik akibat jerawat meradang, penggunaan kosmetika yang salah, maupun terkena sunburning.

Kandungan vitamin E dalam bedak dinginlah yang bekerja optimal di sini. Karena kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit, meregenerasi sel-selnya, meningkatkan sirkulasi darah, pun meredakan peradangan.

Menambahkan beberapa tetes minyak mawar dan parutan/perasan timun segar. Kedua bahan ini bisa memberikan sensasi dingin dan kesegaran tambahan pada kulit yang teriritasi.

Menghidrasi dan Melembutkan Kulit

Salah satu manfaat utama bedak dingin untuk kecantikan kulit adalah menghindrasi dan melembutkan kulit wajah. Bahan-bahan yang ada pada perawatan ini memang bekerja sangat efektif untuk menjaga hidrasi kulit.

Misalnya bengkoang, kunyit, air mawar, tomat, dan madu yang mapu menjaga kandungan air dalam wajah. Selain itu, kandungan-kandungan ini pun dapat mendorong regenerasi sel kulit, bersifat sebagai antioksidan, dan mampu menutrisi kulit.

Membantu Mengecilkan Pori-pori Wajah

Meski mampu melembapkan kulit, bedak dingin terkenal efisien dalam mengontrol produksi minyak berlebih. Hal ini akan berpengaruh pada ukuran pori-pori wajahmu.

Ketika produksi sebum terjadi secara berlebihan, pori-pori wajah membesar dan minyak wajah tak bisa terkontrol.

Nah, bedak dingin mampu mengangkat kotoran, minyak, dan endapan residu dari pori-pori. Kemudian kandungannya yang mampu menyegarkan kulit akan membuat pori-pori wajah mengecil.

Cara Membuat Bedak Dingin dari Bahan Alami Sendiri

cara membuat bedak dingin dengan brand sendiri

Setelah mengetahui berbagai manfaat bedak dingin untuk kecantikan kulit di atas, kamu pasti udah enggak sabar ingin mencoba perwatan ini di rumah, bukan?

Meski bisa membeli produk jadinya, enggak ada salahnya untuk membuat bedak dingin dari bahan alami sendiri. Selain kamu bisa mengontrol bahan yang ingin digunakan, ini bisa menambah pengalaman baru yang menyenangkan dan menenangkan.

Nah, berikut ini cara membuat bedak dingin dari bahan alami berdasarkan resep khas masyarakat Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Alat dan Bahan

Sebelum mencoba cara membuat bedak dingin yang khas ini, sebaiknya siapkan alat dan bahan berikut ini:

  1. Blender atau food processor
  2. Baskom
  3. Panci
  4. Alat pengering
  5. Mixer
  6. Beras kualitas baik
  7. Rempah-rempah
  8. Pilihan ekstrak tambahan:
  9. Tomat
  10. Daun ketepeng
  11. Belimbing wuluh
  12. Temulawak
  13. Air secukupnya

Cara Membuat Bedak Dingin Sendiri

  1. Pertama rendam beras sebagai bahan dasar hingga lunak seperti bubur dalam rentang waktu 7 hari. Pastikan kamu mengganti airnya secara berkala.
  2. Haluskan beras yang sudah direndam dan lunak, kemudian saring dengan kain selama tiga hari dan biarkan terkena angin.
  3. Jemur beras halus tersebut di bawah sinar matahari selama satu hari.
  4. Haluskan rempah-rempah yang telah kamu siapkan dan sisihkan terlebih dahulu. Sementara itu, haluskan belimbing wuluh serta bahan tambahan lainnya.
  5. Kemduian campurkan adonan yang telah kering tersebut dengan rempah-rempah tersebut, kemudian tambahkan air secukupnya.
  6. Kamu bisa menambahkan ekstrak tanaman, buah, dan bunga yang telah dihaluskan dan aduk hingga merata.
  7. Setelah selesai, kamu bisa membentuk pasta bedak dingin ini menjadi bulat-bulat sedang dan menjemurnya selama 1-2 hari atau hingga mengering sempurna.

Cara Membuat Bedak Dingin dengan Brand Skincare Sendiri

Cara membuat bedak dingin dari bahan alami di atas memang bisa kamu praktekkan, namun hanya untuk penggunaan pribadi saja.

Karena untuk memasarkan produk ini dengan brand kosmetikmu sendiri, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan, termasuk legalitas dan formulasi produk.

Meski begitu berbisnis dengan menjual produk kosmetik yang otentik ini pun sebenarnya ide yang sangat menarik. Sebab kamu tak hanya memberikan manfaat kecantikan yang menjanjikan, namun juga pengalaman dan kenanangan akan perawatan tradisional perempuan Indonesia.

Nah, agar impianmu menjadi brand owner kosmetik kian mudah, kamu bisa membuat bedak dingin-mu lewat Mash Moshem Indonesia.

Bersama tim formulator kami, kamu bisa memilih bahan-bahan yang kamu inginkan, manfaat bedak dingin yang ingin kamu tonjolkan, dan aroma produk sesuai seleramu.

Selain itu, proses produksi kosmetik kami pun terbilang cukup cepat. Terhitung paling lama 2-3 bulan setelah formulasi produk kita sepakati, kosmetikmu bisa segera diluncurkan ke pasaran.

Menarik, bukan? Yuk, bangun bisnis kosmetikmu bersama Mash Moshem Indonesia!

About Author

Related posts

Leave a Comment