Cara Membuat Eye Cream dan Memasarkannya dengan Merek Sendiri, Mudah!

cara membuat eye cream (1)

Salah satu jenis produk skincare untuk mata yang paling banyak dibutuhkan adalah eye cream. Sehingga, tidak heran jika produk eye cream masuk dalam rangkaian night skincare routine. Kebutuhan konsumen akan produk ini pun makin tinggi seiring dengan gaya hidup dan pola tidur yang kurang teratur.

Banyak begadang dan konsumsi alkohol secara berlebihan bisa memicu munculnya mata panda dan kerutan atau garis halus di sekitar mata yang bakal merusak penampilan. 

Oleh karena itu, banyak sekali konsumen yang membutuhkan produk ini untuk mencerahkan area sekitar mata dan menyamarkan garis halus sebagai tanda penuaan dini.

Banyaknya permintaan konsumen akan produk eye cream ini bisa kamu jadikan peluang bisnis yang menjanjikan, loh. Ya, kamu bisa menjadi seorang brand owner eye cream yang sukses di pasaran dengan menjual produk eye cream yang berkualitas. 

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara membuat eye cream dan memasarkannya dengan merek sendiri? Let’s check this out!

Mengapa Memulai Bisnis Kosmetik dengan Produk Eye Cream?

Jika muncul pertanyaan mengapa harus memulai bisnis eye cream, jawabannya adalah banyaknya permintaan produk eye cream di pasaran. Permintaan pasar ini seiring dengan kebutuhan konsumen yang makin bertambah. 

Tapi, sebelum membicarakan mengapa kamu harus menjajal bisnis eye cream, kamu perlu tahu dulu tren eye cream saat ini dan relevansi nilai guna produk untuk konsumen.

Tren Terbaru untuk Produk Eye Cream

Nah, ada beberapa tren eye cream yang bisa dicoba buat para produsen eye cream yang pengen sukses di pasar, berikut penjelasannya.

Eye Cream dengan Bahan Organik

Saat ini, makin banyak konsumen yang mencari produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami dan organik. 

Eye cream yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti aloe vera, minyak kelapa, ekstrak teh hijau, dan vitamin C makin populer di kalangan konsumen yang peduli dengan lingkungan dan kesehatan kulit.

Berteknologi Anti-aging

Yang kedua, teknologi anti-aging. Eye cream dengan teknologi anti-aging makin populer di kalangan konsumen yang ingin mengurangi garis halus, kerutan, dan lingkaran hitam di sekitar mata. 

Beberapa eye cream mengandung bahan-bahan seperti retinol, asam hialuronat, dan kolagen untuk membantu meremajakan kulit dan meningkatkan elastisitas.

Memiliki Kemasan Ramah Lingkungan

Yang ketiga adalah kemasan yang ramah lingkungan. Makin banyak perusahaan kosmetik yang menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. 

Kemasan yang terbuat dari bahan-bahan seperti kaca, logam, dan karton makin populer di kalangan konsumen yang ingin meminimalkan dampak lingkungan dari produk perawatan kulit.

Inovasi Aplikator

Dan yang terakhir adalah inovasi aplikator. Ya, beberapa eye cream dilengkapi dengan aplikator khusus seperti rollerball atau kuas untuk memudahkan aplikasi dan meningkatkan efektivitas produk. 

Aplikator ini juga membantu mengurangi risiko kerusakan pada kulit di sekitar mata karena aplikasi yang berlebihan atau terlalu kuat.

Manfaat Eye Cream

Produk eye cream memiliki nilai guna yang sangat relevan bagi konsumen karena memiliki beberapa manfaat dan kegunaan yang penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit di sekitar mata. Apa aja sih manfaatnya?

  1. Mengurangi kantung mata dan bengkak pada area mata.
  2. Menyamarkan garis halus serta merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit di sekitar mata.
  3. Menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering di sekitar area mata.
  4. Mencerahkan dan meratakan warna kulit di sekitar mata sehingga memberikan tampilan yang lebih segar dan cerah.

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dari penggunaan eye cream dan makin meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk ini, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, loh

Apalagi saat ini eye cream telah masuk dalam rangkaian night skincare routine yang wajib digunakan. Jadi, kamu bisa menjual produk eye cream dengan merekmu sendiri dan merajai pasar kosmetik.

Menggunakan Jasa Maklon Eye Cream

cara membuat eye cream (3)

Menggunakan jasa maklon untuk membuat produk eye cream bisa menjadi pilihan yang tepat kalau kamu tidak mempunyai pengalaman atau sumber daya untuk memproduksi produk sendiri. 

Apalagi, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan jasa maklon Mash Moshem Indonesia untuk memproduksi eye cream dan menjualnya dengan merekmu. Apa aja? Simak di bawah ini.

Pertama, kamu bisa menghemat waktu dan biaya produksi karena kamu tidak perlu memikirkan proses produksi dan alat yang diperlukan untuk membuat produk eye cream. 

Perusahaan maklon kami sudah memiliki peralatan produksi yang lengkap dan bisa menangani produksi dalam skala besar, loh.

Kedua, perusahaan maklon kami memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam pembuatan produk eye cream. Dengan begitu, kami bisa memilihkan bahan-bahan yang tepat dan formulasi yang efektif untuk membuat produk yang berkualitas.

Ketiga, tim kami juga akan membuat produk, kemasan, dan labelnya dengan menarik dan sesuai dengan identitas merekmu. Selain itu, tim kami juga akan mengurus segala bentuk perizinan produk seperti BPOM, HAKI, HAS, Halal, dan Vegan.

Tidak kalah penting dari semua itu, proses produksi eye cream di Mash Moshem Indonesia juga cepet banget, loh. Jadi, kami bisa segera memasarkan produkmu dengan merekmu sendiri. Nanti kami juga akan bantu promosi, kok.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Eye Cream

Nah, sebelum memutuskan untuk membuat eye cream dengan merek sendiri, coba kamu perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Pahami Nilai Utama dari Produkmu

Sebelum menciptakan produk eye cream, kamu perlu memahami nilai utama dari produkmu. Misalnya dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Pahami Fungsi Utama Produk

Pertama-tama, kamu harus memahami tujuan dari produk eye cream-mu, apakah untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, menghilangkan kerutan, atau memperbaiki tampilan kulit di sekitar mata. 

Jika kamu sudah menentukan tujuan produk, baru kamu bisa menyesuaikan formula dan bahan-bahan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Bagaimana Kualitas dan Efektivitas Produk

Kedua, pahami juga soal kualitas dan efektivitas produk eye cream yang kamu ciptakan memiliki. Maka dari itu, penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan mengikuti standar produksi yang ketat. 

Bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan aman digunakan akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merekmu.

Nilai Unik Produk

Ketiga, keunikan produkmu juga menjadi suatu hal yang perlu kamu pahami. Kamu harus memikirkan cara untuk membuat produkmu terkesan unik dibandingkan produk lain yang sudah ada di pasaran. 

Nah, kamu bisa menggabungkan bahan-bahan atau formulasi yang tidak biasa atau dengan menawarkan manfaat tambahan yang tidak ditemukan pada produk sejenis.

Pengemasan Produk

Last but not least, kamu juga harus memahami nilai utama dari kemasan dan branding produkmu. Perlu dipahami bahwa kemasan yang menarik bisa membuat produkmu menonjol dan mudah dikenali oleh konsumen. 

Branding yang kuat juga bisa membantu meningkatkan brand awareness dan membedakan produkmu dari milik pesaing. Jadi, pastikan bahwa kemasan dan branding-mu sesuai dengan nilai utama produk Anda.

Tentukan Nama Merek dan Karakter Produk

Menentukan nama merek dan karakter produk eye cream yang tepat bisa menjadi sesuatu challenging buat kamu. Nih, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menentukan nama merek dan karakter produk eye cream-mu.

Untuk membuat nama merek, kamu bisa menggunakan kata-kata yang mudah diingat dan mudah diucapkan. Kata-kata yang pendek, jelas, dan mudah diingat cenderung lebih efektif dalam menciptakan merek yang mengesankan.

Nah, untuk menentukan karakter merek, kamu bisa menciptakan kesan eksklusif dan mewah atau santai dan ramah. Apa pun karakter merek tersebut, pastikan sesuai dengan nilai utama produkmu. 

Hal terpenting, nama merek dan karakter merek harus bisa memperkuat kesan dan manfaat yang ingin kamu sampaikan pada produk eye cream-mu.

Cek juga ketersediaan domain, akun media sosial, dan merek dagang terkait nama yang kamu pilih. Jangan sampai nama merek yang kamu pilih sudah dipakai oleh orang lain. 

Nama dan karakter merek yang unik bisa meningkatkan brand awareness dan membuat produkmu mudah diingat oleh konsumen. 

Siapa Target Pasarmu?

Menentukan target konsumen adalah langkah penting dalam memasarkan produk eye cream yang kamu buat. Ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan saat menentukan target konsumen.

Kamu bisa menentukan target konsumen berdasarkan usianya. Produk eye cream umumnya digunakan oleh orang dewasa yang lebih tua. Namun, usia target konsumen bisa bervariasi bergantung pada manfaat utama dari produkmu. 

Jika kamu menargetkan konsumen yang ingin mengurangi kerutan di sekitar mata, maka usia target konsumenmu mungkin lebih tua daripada konsumen yang ingin memperbaiki lingkaran hitam di sekitar mata.

Kamu juga bisa menentukan target konsumen berdasarkan pada jenis kulitnya. Karena jenis kulit tiap orang berbeda-beda, jadi pastikan produkmu sesuai dengan jenis kulit target konsumenmu. 

Jika produkmu cocok untuk kulit kering, maka target konsumenmu mungkin termasuk orang-orang dengan kulit kering. Sementara jika produkmu lebih cocok untuk kulit berminyak, maka target konsumenmu mungkin termasuk orang-orang dengan kulit berminyak.

Selain jenis kulit yang berbeda-beda, gaya hidup masing-masing orang juga berbeda, loh. Nah, kamu juga bisa pertimbangkan gaya hidup target konsumenmu. Apakah mereka sering terpapar polusi atau paparan sinar matahari yang tinggi? 

Jika ya, mereka mungkin memerlukan produk yang dapat melindungi kulit di sekitar mata dari kerusakan lingkungan. 

Proses Pemasaran dan Budget Promosi

Proses pemasaran dan budget promosi yang efektif sangat penting dalam memasarkan produk eye cream-mu. Dalam proses pemasaran eye cream meliputi beberapa tahapan seperti segmentasi pasar, penetapan harga, promosi, distribusi, pengembangan produk, dan evaluasi.

Menentukan Segmentasi Pasar

Dalam hal ini, kamu perlu mengidentifikasi target pasar atau kelompok konsumen yang menjadi fokus pemasaran eye cream. Segmentasi pasar bisa dilakukan berdasarkan faktor usia, jenis kulit, jenis kelamin, dan gaya hidup.

Penentuan Harga Produk

Selanjutnya, tentukan harga yang wajar untuk produk eye cream berdasarkan bahan-bahan yang digunakan, merek, dan kualitas. 

Promosi Produk

Setelah itu baru dilakukan promosi untuk meningkatkan brand awareness terhadap produkmu. Promosi tersebut bisa dilakukan melalui iklan di media cetak atau elektronik, media sosial, atau promosi langsung.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Distribusi

    Adapun distribusi produk bisa kamu lakukan melalui berbagai saluran distribusi seperti toko-toko kosmetik, toko obat, apotek, atau e-commerce. 

    Jangan lupa untuk melakukan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas produk eye cream-mu agar bisa bersaing dengan produk sejenis di pasaran.

    Evaluasi

    Terakhir, lakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui efektivitas proses pemasaran yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan jika diperlukan. 

    Penetapan Budget Promosi

    Nah, untuk menentukan budget promosi yang sesuai, ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan seperti target konsumen, media pemasaran, dan tingkat persaingan.

    Jika target konsumenmu lebih aktif di media sosial, maka alokasikan lebih banyak budget untuk pemasaran digital. Kamu juga harus mempertimbangkan media apa yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan produkmu. 

    Apakah kamu akan menggunakan media online seperti iklan Facebook atau Instagram, atau media offline seperti televisi atau billboard? Biaya promosi bisa bervariasi bergantung pada media yang kamu gunakan.

    Selain itu, biaya produksi untuk pembuatan katalog dan brosur juga harus kamu perhitungkan. Apalagi, makin ketat persaingan di pasar, makin tinggi juga biaya yang promosi yang harus kamu keluarkan.

    Bahan yang Tepat

    cara membuat eye cream (2)

    Menggunakan bahan yang tepat untuk eye cream sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit di sekitar mata karena area ini sangat sensitif dan rentan terhadap keriput, garis halus, kantung mata, dan lingkaran hitam. 

    Beberapa bahan yang biasanya ada dalam eye cream yang efektif meliputi peptide, vitamin c, asam hialuronat, retinol, kafein, ekstrak teh hijau, dan ekstrak bunga chamomile.

    1. Peptida sangat bagus untuk merangsang produksi kolagen dan elastin yang membantu memperkuat serta mengencangkan kulit di sekitar mata.
    2. Vitamin C sebagai antioksidan akan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencerahkan kulit di sekitar mata.
    3. Asam hialuronat bisa membantu menarik kelembaban ke kulit di sekitar mata serta membuatnya terlihat lebih lembut dan terhidrasi.
    4. Retinol akan mempercepat pembaharuan sel kulit dan mengurangi kerutan serta garis halus di sekitar mata.
    5. Kafein mampu membantu mengurangi kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata.
    6. Ekstrak teh hijau sebagai antioksidan membantu mengurangi peradangan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.
    7. Ekstrak bunga chamomile mampu menenangkan kulit di sekitar mata dan mengurangi kemerahan.

    Mitra yang Ahli

    mash moshem indonesia di ppid 2023 (1)

    Bekerja sama dengan mitra yang ahli adalah langkah penting dalam memproduksi eye cream yang efektif dan berkualitas tinggi. 

    Nah, untuk mencapai itu kamu bisa bermitra dengan perusahaan maklon kosmetik yang sudah ahli dan berpengalaman dalam memproduksi berbagai produk kosmetik yaitu Mash Moshem Indonesia.

    Mash Moshem Indonesia memiliki tim produksi, tim riset dan pengembangan, tim desain, tim pemasaran, dan tim RO yang sangat expert di bidangnya. Mesin, peralatan, teknologi yang kami gunakan dalam proses produksi juga sangat canggih.

    Jika kamu tertarik untuk memproduksi eye cream dengan merekmu sendiri kamu bisa memanfaatkan jasa maklon kami. 

    Nah, untuk mewujudkan kerja sama yang baik dan menghasilkan produk yang berkualitas, kamu bisa segera menghubungi kami melalui “Contact Us”.

    Cara Membuat Eye Cream dengan Jasa Maklon Mash Moshem Indonesia

    jasa maklon kosmetik mash moshem indonesia

    Kamu pasti penasaran deh gimana sih caranya bisa membuat eye cream di Mash Moshem Indonesia. Buat kamu yang penasaran coba cari tahu jawabannya di bawah ini.

    Siapkan Syarat dan Biaya

    Ya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan syarat dan biaya maklon eye cream. Sebenarnya, syaratnya sangat mudah yaitu KTP dan nama merek yang akan kamu gunakan nanti. 

    Jika kamu belum memiliki nama merek, kamu bisa diskusikan dengan tim kami untuk menentukan nama merek yang paling sesuai dengan jenis produkmu, tren yang sedang happening di pasaran, dan pastinya belum pernah brand lain gunakan.

    Nah, untuk biayanya berapa sih? Biaya yang perlu kamu keluarkan tidak banyak, kok. Kenapa bisa begitu? Karena minimal MOQ pada perusahaan kami hanya 1000 buah. 

    Kamu bisa memproduksi produk lebih dari 1000 buah sesuai dengan keinginan kamu. Tentunya, ini jauh lebih hemat daripada ketika kamu harus mempersiapkan pabrik, peralatan, tenaga ahli, dan sumber daya lainnya.

    Diskusikan Konsep Produkmu Bersama Ahli

    Setelah membuat kesepakatan untuk memproduksi eye cream pada perusahaan kami, segera diskusikan konsep produk bersama tim kami. Konsep produk tersebut harus jelas agar kami bisa membuatkan produk yang sesuai dengan keinginanmu. 

    Nah, untuk membuat konsep produk yang tepat, kamu bisa mencari tahu produk eye cream apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh target konsumenmu.

    Diskusikan juga tentang jenis produk, formulasi dan konsentrasi bahan, serta desain kemasan produk. Tentunya, konsep produk kamu bisa disesuaikan dengan tren yang ada dan diusahakan untuk tetap terlihat unik dibanding dengan merek lain yang sudah ada.

    Ciptakan Prototipe atau Sampel Produk

    Setelah mendiskusikan konsep produk hingga mendapatkan gambaran yang jelas, langkah selanjutnya adalah penciptaan prototype dan sampel produk. 

    Proses ini akan dilakukan oleh tim riset dan pengembangan kami untuk mendapatkan prototype dan sampel produk yang paling mendekati konsep produk yang telah disepakati sebelumnya.

    Jika tim kami telah menyelesaikan prototype dan sampel produk, kami akan segera mengirimkannya agar kamu bisa melihat dan menilainya. 

    Jika masih ada ketidaksesuaian atau kekurangan, kami bisa segera melakukan revisi. Nah, jika sudah sesuai kami bisa segera melakukan produksi massal.

    Pengurusan Legalitas

    Perusahaan maklon kami tidak hanya menyediakan jasa produksi saja, loh. Untuk memudahkan klien kami, tim RO kami juga akan mengurus segala bentuk legalitas produk, seperti sertifikat HAKI, Halal, BPOM, HAS, dan Vegan. 

    Biasanya, kami mengerjakannya bersamaan dengan produksi massal. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi mengurus legalitasnya. Kamu hanya tinggal menunggu proses produksi selesai dan bisa langsung memasarkan produkmu.

    Pembuatan Desain dan Pemilihan Kemasan 

    Desain produk dan kemasan menjadi suatu hal yang perlu kamu perhatikan, loh. Hal ini menjadi salah satu penentu keputusan pembelian konsumen. Jika desain produk terkesan praktis dan kemasan terlihat menarik, konsumen akan lebih yakin untuk membeli produk tersebut.

    Oleh karena itu, kami juga menyediakan tim desain yang berpengalaman dan kreatif dalam membuat desain produk serta kemasan produk. Desain produk dan kemasan akan tim kami sesuaikan dengan image produk dan tren yang ada tanpa terlihat pasaran.

    Baca Juga: Pentingnya Desain Kemasan Produk Kosmetik, Bisa Bikin Bisnismu Laris Manis

    Produksi Massal

    Produksi massal dilakukan di pabrik kami yang sudah dilengkapi dengan mesin, peralatan, dan teknologi yang canggih serta higienis. Tim produksi kami juga sangat berpengalaman dalam memproduksi produk kosmetik sehingga proses produksi menjadi lebih cepat.

    Luncurkan Eye Cream-mu di Pasaran!

    Yay! Setelah semua langkah-langkah di atas telah dilalui, kini saatnya produkmu bisa segera kamu pasarkan! 

    Untuk meluncurkan produkmu di pasaran, kamu memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar produkmu lebih mudah konsumen terima. Selain itu, kamu juga harus menggunakan media promosi yang paling sesuai.

    Tapi, jangan khawatir karena kamu juga akan membantu kamu mempromosikan produkmu di berbagai saluran pemasaran kami. 

    Selain itu, kami juga akan membuatkan video company profile, foto produk, katalog, juga brosur produk kosmetik yang bisa menjadi media promosi untuk eye cream-mu. Kami juga akan menyediakan seminar bisnis yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan potensi bisnismu.

    Jadi, gimana menarik bukan berbisnis produk eye cream dengan merek sendiri? Jika kamu masih ragu karena tidak memiliki cukup pengalaman dan sumber daya yang memadai kamu bisa bermitra dengan perusahaan maklon kosmetik kami yaitu Mash Moshem Indonesia.

    Caranya gampang banget, kamu bisa hubungi kami terlebih dahulu via Contact Us.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts