Cara Membuat Katalog Produk di Media Sosial yang Menarik!

Seperti yang kamu tahu, belakangan ini pertumbuhan brand kosmetik sangatlah pesat. Enggak hanya dipenuhi brand-brand lokal, persaingan semakin ketat dengan masuknya brand kosmetik Global di Tanah Air.

Sebagai brand owner kosmetik, kamu tentu harus dapat mengatur strategi untuk mengatasi masalah satu ini. Misalnya dengan mengoptimalkan strategi pemasaran yang kamu miliki.

Katalog merupakan salah satu media pemasaran yang bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan strategi marketing bisnismu. Karena media promosi ini bisa membantu mengenalkan produk dan brand kosmetik yang kamu miliki kepada konsumen dengan rinci.

Tak hanya bisa dipublikasikan lewat media cetak, kamu juga bisa membuat katalog yang menarik dan mempublikasikannya secara online, lho. Salah satunya lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, juga Website.

Apa Itu Katalog?

Untuk menjadi Beautypreneur yang sukses, kamu harus memiliki banyak startegi menarik utnuk mengelola brand kosmetik milikmu. Tak hanya memproduksi barang dengan kualitas tinggi, kamu juga harus memaksimalkan kegiatan promosi.

Katalog sebenarnya merupakan alat promosi yang telah lama digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan dan menarik minat konsumen pada produk mereka.

Dulu, katalog banyak dicetak dan dibuat seperti majalah. Isinya memuat berbagai jenis produk dan penawaran yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Kalau menerapkan sistem katalog di jaman dulu saja, kamu mungkin enggak bisa memaksimalkan kegiatan promosi yang kamu lakukan. Karenanya, kamu perlu mengetahui cara membuat katalog di media sosial yang menarik untuk pembeli.

Terlebih lagi, ketika ada perubahan dan penambahan penawaran, ketika mengandalkan katalog cetak kamu pasti juga cukup kerepotan. Karena harus terus-terusan mencetak kembali katalog produk tersebut.

Manfaat Membuat Katalog Produk di Media Online

Nah, sebelum membahas berbagai cara membuat katalog produk di media online. Kamu perlu mengetahui apa saja sih keunggulan dna manfaat membuat katalog produk seperti ini.

Karenanya, langsung simak ulasan lengkap soal manfaat katalog produk di media sosial untuk bisnis dan konsumen berikut ini!

Akses Jauh Lebih Mudah

Salah satu keunggulan membuat katalog produk di media sosial adalah akses yang jauh lebih mudah. Terutama untuk menghemat waktu ketika memilih bagaimana mereka akan membeli produk kosmetik yang diinginkan.

Selain itu, kebiasaan konsumen yang cenderung membandingkan harga pun akan lebih mudah ketika kamu membuat katalog produk kosmetik di media sosial.

Mempermudah Update Penawaran Produk

Manfaat selanjutnya adalah mempermudah meng-update penawaran produk kosmetik yang ada di dalam brand milikmu. Baik jenis promosi, deskripsi harga dan mangaat produk, hingga diskon-diskon yangs edang berjalan.

Tak hanya itu, katalog produk pun akan semakin menarik karena kamu bisa mengubah foto produk tersebut dengan rutin.

Performa Pengadaan Barang/Jasa Lebih Efektif

Keunggulan lain dari pembuatan katalog produk di media sosial adalah performa pengadaan barang/jasa yang lebih efektif. Kamu bisa memberitahu konsumen dengan cepat mengenai ketersediaan produk dan mengupdate informasi bila ada launching.

Dapat Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Manfaat lainnya dari membuat katalog produk di media sosial adalah jangkauannya yang luas. Dengan begitu, omset dan jumlah permintaan produk pun akan kian meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Tak hanya itu, dengan fitur yang ada di media online, memudahkan pelanggan menemukan katalog produk yang kamu buat. Misalnya, lewat fitur hashtag di Instagram, Facebook, dan TikTok akan memudahkan konsumen menemukan produkmu pada kategori kosmetik.

Lebih Efisien dan Efektif

Meski media sosial memungkinkan menjangkau pasar yang lebih luas, katalog produk di media sosial justru sangat mudah diatur karena sifatnya yang lebih efisien.

Mereka yang tertarik dengan tren dan produk kosmetikmu akan melakukan pencarian lewat tagar, Google, mesin pencarian di media sosial, sehingga dapat menemukan katalog tersebut.

Karenanya, katalog produk ini pun akan menjangkau konsumen potensial dari bisnis kosmetik yang kamu miliki.

Cara Membuat Katalog Produk yang Menarik di Media Online

Telah disinggung sebelumnya, bahwa katalog produk memiliki fungsi yang sangat penting untuk memperkenalkan apa saja produk yang kamu jual dari brand kosmeitkmu.

Karenanya, ketika kamu menyusun katalog produk yang menarik, kamu bisa menarik perhatian konsumen dan membuat mereka merasa ‘ingin’ membeli produk tersebut.

Lantas bagaimana cara membuat katalog produk yang menarik di media sosial? Gampang banget, Guys! Cukup ikuti step by step-nya berikut ini.

Buat List Informasi, Produk, dan Layanan yang Ingin Kamu Masukkan

Langkah pertama dalam cara membuat katalog produk yang menarik di media online adalah menyusun terlebih dahulu hal-hal yang ingin kamu masukkan. Misalnya informasi kontak dan brand, produk kosmetik yang dijual, hingga layanan pembelian dan pelanggan.

Agar bisa menyusunnya dengan lebih mudah dan strategis, kamu harus mengorganisir semua data tersebut terlebh dahulu. Pisahkan beberapa produk berdasarkan kriteria tertentu, misalnya dari fungsi, harganya, bahkan promosi yang mungkin kamu tawarkan.

Tulis Fitur Setiap Produk Kosmetik dengan Padat dan Jelas

Seperti yang kamu tahu, media online seperi Instagram, Facebook, dan Website sangat mendukung tampilan visual. Karenanya, aspek utama yang ditonjolkan juga visualisasi dari tiap produk yang kamu buat.

Untuk itu, langkah selanjutnya dalam cara membuat katalog produk di media online selanjutnya adalah dengan menulis fitur / keunggulan produk kosmetik dengan padat dan jelas.

Meski begitu, bukan berarti kamu cuma menuliskan nama merk, jenis produk, dan harga saja ya. Kamu juga harus menonjolkan kegunaan produk, bagaimana cara menggunakannya, kandungan apa saja yang ada, dan nilai unik dari produk kosmetik tersebut.

Namun, kemas dalam tulisan yang padat dan ringkas, sehingga tidak memakan tempat yang terlalu besar pada desain katalog. Selain itu, dengan metode ini, juga akan membuat konsumen lebih mudah menangkap nilai lebih dari brand kosmetikmu.

Beri Highlight pada Produk yang Didiskon atau Promo

Ngomongin soal diskon dan promo pasti enggak bakal ada habisnya. Soalnya, siapa juga yang bisa menolak kedua hal menggoda tersebut? Apalagi jika diskon yang ditawarkan ini memiliki nilai yang lumayan dan punya bonus pembelian.

Kamu juga bisa memasukkan promo dan diskon yang kamu buat di katalog produk, lho. Dengan begitu, kamu dapat menarik perhatian konsumen dan memberikan nilai wow pada katalog tersebut.

Gunakan Gambar yang Menarik dan Berkualitas Tinggi

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa gambar memiliki aspek paling penting dalam strategi marketing online. Sebab, pada dasarnya konsumen akan melihat gambar ilustrasi produk terlebih dahulu, sebelum benar-benar mengecek deskripsi dan harga barang.

Karenanya, ketika gambar yang kamu buat ini enggak bisa menarik mereka dalam pandangan pertama. Bukan enggak mungkin, kalau katalog produk yang kamu buat pun bakalan langsung di swipe begitu saja.

Baca Juga: Foto Produk – Manfaatnya untuk Bisnis Kosmetik dan Tips Pengambilannya

Desain Katalog Produk Sebaik dan Seefisien Mungkin

Langkah selanjutnya adalah dengan mendesain katalog produk sebaik dan seefisien mungkin. Terlebih di media online, ruangnya cukup terbatas sebesar layar smartphone pengguna.

Meski kamu bisa memberikan beberapa slide dan postingan sekaligus, namun kamu juga harus memperhatikan susunan dan bagaimana cara penulisan fitur.

Pastikan pemilihan warna, komposisi tulisan dan gambar katalog seimbang. Sehingga audience pun akan merasa nyaman untuk melihat-lihat dan membaca katalog produk yang kamu buat.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment