Anti-Penuaan! Ini Manfaat Ekstrak Krokot untuk Kecantikan Kulit

Meksipun sudah sangat familiar dengan bahan-bahan kosmetik ternama, seperti vitamin C, niacinamide, ataupun retinoid. Namun, masih banyak juga kandungan lain yang masih misterius dan mungkin belum kamu kenal dengan baik manfaatnya buat kecantikan wajah, seperti esktrak krokot.

Padahal manfaat ekstrak krokot dalam skincare sangatlah beragam. Diambil dari Portulaca oleracea yang lezat, ekstrak krokot memiliki kemampuan antioksidan yang sangat baik dan efektif untuk menyehatkan kulit wajah.

Bahkan kandungan ini memiliki asam lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak ikan, serta memiliki lebih banyak vitamin jika dibandingkan dengan sayuran dan vitamin.

Enggak heran, kalau banyak produk perawatan yang menggunakan ekstrak krokot untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Nah, kira-kira apa sih sebenarnya ekstrak krokot ini dan apa saja manfaatnya untuk kecantikan kulit?

Langsung baca ulasan berikut ini agar kamu bisa tahu lebih banyak soal mangfaat ekstrak krokot untuk kecantikan kulit!

Apa itu Ekstrak Krokot?

Ekstrak krokot adalah ekstrak dari tanaman krokot (succulent) yang dikenal memiliki manfaat anti-inflamasi, antioksidan, anti-penuaan, dan menghidrasi.

Bahan alami ini memiliki berbagai nutrisi yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit. Seperti vitamin, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam askorbat.

Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukan ekstrak krokot dalam formula krim anti penuaan dan antiinflamasi, karena manfaatnya untuk kulit.

Pada dasarnya bahan alami satu ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Timur, khusunya untuk menangani masalah luka di kulit, gigita, dan sengatan.

Tak hanya pada produk kosmetika, penggunaan ekstrak krokot untuk merawat kulit ini juga ditemukan dalam produk-produk kesehatan. Seperti krim oles topikal, yang bekerja untuk meredakan gejala peradangan dan alergi pada kulit.

Kandungan dalam Krokot yang Baik untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Bahan-bahan organic umumnya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, begitu pula dengan krokot. Yang memiliki banyak micronutrient sehingga mampu memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Kira-kira apa saja kandungan dalam krokot yang baik untuk kecantikan kulit? Yuk, simak daftar dan penjelasannya berikut ini.

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam krokot yang baik untuk kecantikan kulit dan rambut adalah vitamin A. Yap! Kamu pasti udah enggak asing dengan senyawa ini bukan?

Lebih dikenal dengan sebutan retinoid, vitamin A kerap digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan. Seperti serum wajah, krim, losion, essence, toner, dan masih banyak lainnya.

Ini dikarenakan vitamin A memiliki banyak manfaat, mulai dari mencerahkan, melawan tanda-tanda hiperpigmentasi kulit, juga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C

Vitamin C juga banyak ditemukan dalam kandungan krokot. Tak kalah hebohnya dengan vitamin A, senyawa ini pun banyak digunakan dalam formula produk perawatan kecantikan kulit. Utamanya yang bekerja untuk mencerahkan dan meremajakan kulit.

Senyawa yang juga tergolong dalam antioksidan alami ini membantu menetralisir radikal bebas, memulihkan sel-sel kulit yang bermasalah, juga mengembalikan keremajaan kulit.

Asam Lemak Esensial (Omega-3 dan Omega-6)

Selain berbagai jenis vitamin, kamu pun bisa mendapatkan kandungan Omega-3 dan Omega-6 yang tak kalah bermanfaatnya untuk kecantikan kulit.

Asam lemak esensial akan membantu mengembalikan kelembutan kulit, memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh, juga membuat wajah tampak lebih sehat dan awet muda.

Beragam Manfaat Krokot untuk Kecantikan Kulit

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa banyak produk kosmetik yang telah menggunakan manfaat kerokot untuk kecantikan dalam formula mereka.

Baik itu dalam produk pelembap wajah, serum wajah, juga beberapa produk lain yang bisa bekerja sebagai antipenuaan dan antiinflamasi.

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat krokot untuk kecantikan kulit. Sampai banyak banget produk yang pakai kandungan ini dalam formulanya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Menawarkan Perlindungan dari Dampak Buruk Antioksidan

Satu hal yang membuat ekstrak krokot ini menjadi begitu bermanfaat untuk kecantikan kulit adalah sifatnya sebagai antioksidan yang sangat tinggi.

Seperti yang kamu tahu, sebagian besar masalah kecantikan yang muncul di kulit diakibatkan oleh jumlah partikel radikal bebas yang terlalu besar dalam tubuh.

Radikal bebas ini akan merusak jaringan kulit, membuatnya menua lebih cepat, menghambat metabolisme kulit dan berdampak pada produksi kolagen pada kulit.

Untungnya, krokot memiliki rangkaian antioksidan yang sangat beragam, mulai dari vitamin C, vitamin E, Glutathione, dan beta-karoten.

Sehingga dapat melawan pembentukan radikal bebas oleh stressor lingkungan, serta mencegah kerusakan kulit dan memulihkan sel kulit yang bermasalah.

Bersifat Antiinflamasi

Manfaat krokot untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu meredakan peradangan kulit dan mencegah adanya kerusakan pada jaringan kulit, karena sifatnya sebagai agen antiinflamasi alami.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan ini banyak ditemukan dalam ramuan pengobatan tradisional Timur. Ini tidak lain dikarenakan sifatnya yang dapat membantu meredakan peradangan, mencegah adanya kerusakan pada jaringan kulit, dan mencegah adanya reaksi alergi pada kulit.

Mendukung Metabolisme Sel Kulit

Karena memiliki kandungan vitamin A, manfaat ekstrak krokot untuk kecantikan kulit lainnya adalah memabntu mendukung proses pembelahan sel dalam tubuh. Termasuk membuat metabolisme sel kulit yang sehat pun kian meningkat.

Penumpukan sel mati di permukaan kulit, akan menyebabkan penyumbatan pori-pori dan membuat pembetukan sel kulit baru yang lebih sehat akan lebih optimal.

Meningkatkan Hidrasi Kulit

Salah satu langkah pertama untuk membuat kulit sehat adalah menjaganya terhidrasi dengan baik. Dan inilah yang akan kamu dapatkan dari manfaat ekstrak krokot untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh kamu.

Kandungan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, sehingga mampu mengembalikan kelembapan kulit dan mempertahankannya seharian.

Sebab itu, kandungan krokot pun biasanya digunakan dalam formula pelembap wajah, losyen tubuh, juga produk lain yang bekerja untuk menghindrasi kulit.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Manfaat krokot untuk kecantikan kulit lainnya adalah mampu membantu mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Bahan alami ini mengandung berbagai komponen antioksidan yang bisa menghambat dampak buruk radikal bebas, termasuk membuat jaringan kulit bermasalah dan menyebabkan penuaan sel.

Nah, untungnya krokot mengandung vitamin A, vitamin C, dan mineral lain yang bekerja sebagai antioksidan alami. Sehingga dapat mencegah berbagai dampak buruk yang diakibatkan oleh radikal bebas untuk kulit ini.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Tak hanya mempercantik kulit, krokot ini juga memiliki manfaat lain yakni mempercepat proses penyembuan luka. Karena kandungan vitamin A, yang dikenal bermanfaat untuk mengatur pergantian sel kulit.

Inilah yang kemudian akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka, serta dianggap dapat membantu memperbaiki kerusakan sel kulit wajah kamu.

Ramah untuk Semua Jenis Kulit

Hal yang membuat bahan alami ini kian istimewa adalah sifatnya yang sangat ramah untuk semua jenis kulit, sehingga tidak akan menyebabkan iritasi kulit.

Terlebih, krokot memiliki manfaat untuk bekerja sebagai antiinflamasi, yang mampu meredakan dan mencegah adanya peradangan pada kulit.

Mudah untuk Ditemukan

Untuk mencoba menggunakan manfaat krokot untuk kecantikan kulit, kamu tidak perlu khawatir akan susah mencarinya. Karena, bahan alami ini sebenarnya sangat mudah ditemukan dan sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Kamu bahkan bisa menemukannya dengan mudah dalam produk obat atau salep kulit yang dijual di apotek-apotek terdekat.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment