Cara Membuat Lulur Tubuh dan Memasarkannya dengan Merek Sendiri

cara membuat lulur tubuh (1)

Belakangan ini penggunaan produk perawatan tubuh kian meningkat, seperti losyen, lulur, dan scrub. Karenanya, Beautypreneurs, mencoba membuat lulur dan memasarkannya dengan merek sendiri pasti memberikan banyak keuntungan buatmu.

Melansir dari laporan Compas Market menyebutkan bahwa produk perawatan tubuh memiliki angka share market sebesar 14,9% dari total Rp 22.1 triliun pada segmentasi produk Beauty and Care di e-commerce populer. Jumlah ini juga diperkirakan akan terus mengalami peningkatan hingga tahun 2025 mendatang.

Melihat jumlah peminat dan permintaan yang tinggi, tentu memulai bisnis body care dengan merek sendiri cukup menjanjikan. 

Terlebih pembuatan lulur tubuh ini bisa lebih mudah dengan jasa maklon body care Mash Moshem Indonesia. Dengan biaya fleksibel dan syarat yang mudah, kamu bisa menciptakan lulur tubuh berkualitas berkandungan terbaik.

Sekilas Soal Lulur Tubuh

Lulur memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Di pasaran produk kecantikan ini dikenal dengan nama body scrub. Bahan scrub sendiri memang rata-rata bersifat abrasive, sehingga mampu untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang telah menumpuk. 

Sabun mandi hanya mampu membersihkan tubuh dari kotoran, tetapi tidak bisa mengangkat sel kulit mati. Bila sel kulit mati terus dibiarkan, kulit akan cenderung kering dan bertekstur kasar. Oleh sebabnya kamu memerlukan lulur untuk menghilangkan sel kulit mati agar kulit menjadi halus dan sehat.

Tak sampai di situ saja, lulur juga memiliki manfaat lain seperti meratakan warna kulit, menjaga kelembapan, membuat tampilan kulit tidak bersisik, mengencangkan kulit, memudarkan bekas luka, merilekskan otot dan memperbaiki tekstur. 

Jadi tak ada salahnya kamu mempertimbangkan untuk rutin memakai lulur dalam serangkaian perawatan kulitmu.

Peluang Berbisnis Lulur Tubuh dengan Brand Sendiri

Berdasarkan data dari FMCG (Fast Moving Consumer Good) Overview 2022, produk beauty & care mencapai angka yang gemilang dalam data penjualannya. Tercatat produk perawatan kulit selama setahun terakhir mencapai 652 juta unit terjual. Beberapa kategori unggulan yang membantu pencapaian itu ialah produk perawatan wajah 39,5%, perawatan tubuh 14,9% dan perawatan rambut 8,6%.

Market beauty and care di Indonesia diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2025. Apalagi peluang untuk brand di kategori perawatan tubuh bisa berkembang sebesar 1:1128. Jadi Ini adalah waktu yang tepat bagi kamu yang ingin memiliki brand lulurmu sendiri. 

Tak pakai lama dan ribet, kamu bisa memakai jasa  maklon brand lulurmu sendiri di Mash Moshem Indonesia. Jadi apa saja jenis lulur yang bisa kamu produki di Mash Moshem Indonesia? Simak terus ya.

Jenis Lulur Tubuh Menurut Bahannya

cara membuat lulur tubuh (2)

Umumnya, lulur memiliki banyak varian dengan manfaatnya yang berbeda-beda. Setiap bahan alami yang digunakan akan memiliki efek tersendiri bagi tubuh kita. Berikut jenis lulur beserta manfaatnya yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu:

Lulur Kuning Jawa

Memakai bahan dasar tepung beras, kunyit, pandan wangi dan temu giring. Jenis lulur ini memiliki khasiat untuk membuat kulitmu tampak bersih, halus dan cerah bersinar. 

Lulur Bengkoang

Lulur bengkoang menjadi variasi yang paling banyak diminati sampai saat ini. Menggunakan bahan utama dari ekstrak bengkoang, lulur ini sangat cocok untuk mengatasi kulit kusam dan mencerahkan kulit secara alami. 

Manfaat lain yang bisa diperoleh lulur bengkoang ialah, mengangkat sel kulit mati, melancarkan peredaran darah, dan mengencangkan kulit agar tidak cepat keriput.

Lulur Kopi

Kopi tak hanya bisa diminum saja, tetapi juga bisa menjadi bahan dasar pembuatan lulur tradisional.  Kamu bisa mencampurkan kopi dengan beras merah, ketan hitam ataupun beras putih. 

Lulur ini berfungsi menghilangkan kotoran, debu, mengangkat sel kulit mati, dan memperbaiki sirkulasi oksigen yang ada dalam peredaran darah. Selain itu, lulur ini juga bisa memudarkan stretch mark pada permukaan kulit bila dipakai secara rutin.

Lulur Boreh Bali

Lulur tradisional dari Bali ini memiliki manfaat untuk merilekskan sekaligus mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Biasanya, perawatan lulur Bali ini diawali dengan proses pemijatan agar peredaran darah bisa lancar. 

Kemudian, terapis akan mengoleskan lulur boreh yang terbuat dari campuran kunyit, cengkeh, lengkuas, jahe, kayu manis dan air mawar. 

Lulur ini memiliki manfaat menghangatkan dan memberikan keseimbangan suhu tubuh. Bagi kamu yang mengalami gejala flu, pegal-pegal dan kecapekan, maka perawatan lulur boreh Bali sangat pas untukmu.

Lulur Coklat

Memiliki aroma manis yang menenangkan, lulur coklat memiliki kandungan cocoa butter yang bisa mengharumkan badan sekaligus menutrisi kulit sampai ke bagian dalam. 

Lebih dari itu, lulur coklat kaya akan antioksidan sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan sangat pas bagi kamu yang memiliki kulit kering.

maklon moq rendah

Lulur Murut Bali

Hampir mirip denga lulur Boreh, lulur murut Bali juga dibuat dari bahan alami yang baik untuk tubuh. Mengandung bahan utama minyak kelapa, jahe, kunyit dan kemiri, kandungan dari bahan ini mampu untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan tubuh dari bakteri, dan menjadi stimulant alami untuk menghangatkan suhu tubuh. 

Lulur Teh

Kamu bisa memilih memakai daun teh hijau atau teh hitam, kemudian kamu campurkan bahan lainnya seperti beras putih dan air mawar lalu tumbuk bahan itu bersama. Teh sendiri kaya akan kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antibakteri. 

Sehingga lulur ini secara alami mampu memberikan nutrisi pada kulit, mencegah keriput, mencegah tumbuhnya jerawat punggung dan dapat menyamarkan selulit.

Lulur Pepaya

Lulur Pepaya terkenal dengan kandungannya yang baik untuk menutrisi kulit. Kandungan vitamin A,E,F dan H bisa menghaluskan sekaligus mempertahankan elastisitas kulit. 

Lulur Sea Salt

Selain cocok untuk berendam, garam laut ternyata juga bisa digunakan sebagai lulur atau scrub. Garam laut sendiri memiliki kandungan antiseptic yang mampu menghilangkan bau badan dan gatal-gatal. Caranya, kamu perlu menyiapkan 100 gram garam laut dan campurkan dengan 30 ml soy bean oil. Bila ingin, kamu bisa tambahkan enam tetes minyak aromaterapi. Voila…kotoran dalam tubuhmu akan terangkat.

Cara Membuat Lulur Tubuh Alami dengan Brand Sendiri

jasa maklon hand cream

Sudah mengetahui bermacam jenis lulur, apakah kamu tertarik untuk membuat brandmu sendiri? Jika ia ini adalah waktu yang tepat untukmu. Bila kamu berpikir membuat body care atau lulur tubuh sulit. Sebab sekarang ini menjadi brand owner terbilang sangat mudah, loh.

Kamu bisa menggunakan jasa maklon yang terpercaya, seperti di PT. Mash Moshem Indonesia, kamu nggak perlu ribet untuk menciptakan brand lulurmu sendiri. 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan hanya  datang ke Mash Moshem Indonesia dan niatkan dirimu untuk menjadi pengusaha skincare yang mumpuni. Jadi tunggu apa lagi? Biar gak penasaran mengenai syarat dan prosedurnya di Mash Moshem Indonesia, simak yuk selengkapnya.

Siapkan Syarat dan Modal yang Dibutuhkan

Memakai jasa di Mash Moshem Indonesia, kamu tak perlu khawatir jadi ribet. Yang harus kamu lakukan  hanya perlu membawa KTP, atau NPWP. 

Dan jangan lupa untuk menyertakan nama brandmu sendiri. Jika sebelumnya kamu sudah memiliki brand sendiri, jangan khawatir sebab Mash Moshem Indonesia akan membantumu mengurus pendaftarkannya di Dirjen HKI. 

Tak sampai di situ saja, Mash Moshem Indonesia juga memiliki tim pemasaran yang kompeten, sehingga nantinya kamu bisa berkonsultasi dengan tim yang sudah ahli di bidangnya.

Bila kamu menganggap biaya untuk jasa maklon mahal, faktanya sama sekali tidak. Dengan Mash Moshem Indonesia modal yang kamu keluarkan akan jauh lebih hemat. 

Tentunya, kamu bisa menghemat biaya operasional karena dari konsep, produksi hingga pemasaran sudah bisa kamu dapatkan di Mash Moshem Indonesia.

Lebih menariknya lagi, kamu bisa menyesuaikan maklon lulurmu sesuai dengan modal yang kamu miliki. Dari formula sampai kemasan, semuanya bisa diatur sesuai budget. Nah jadi tunggu apa lagi? Ciptakan produk kecantikan pilihanmu dengan Mash Moshem Indonesia. 

Lantas bagaimana tahapan maklon lulur di Mash Moshem Indonesia? Simak penjelsannya. 

Diskusikan Konsep Produk Bersama Tim Ahli

Pertama kamu harus melakukan perencanaan ide dan konsep produk yang ingin kamu ciptakan. Tentunya kamu akan berdiskusi dengan tim andalan dari Mash Moshem Indonesia. Beberapa topik perencanaan yang akan kita bahas bersama meliputi;

  • Gambaran untuk bentuk dari lulur yang mau kamu buat. 
  • Formula yang ingin kamu gunakan dalam lulurmu.
  • Komposisi produk yang meliputi tekstur, aroma, warna dan bentuk lulur.
  • Memilih kemasan yang menarik
  • Mengurus surat legalitas serta sertifikasi produkmu
  • Menyesuaikan biaya produksi maklon (bisa disesuaikan dengan modal yang kamu miliki).

Pembuatan Sampel dan Formula Lulur

Setelah melalui tahap perencanaan ide dan konsep produk, Selanjutnya tim andalan akan mulai membuat formulasi yang tepat untuk produk lulur-mu. Perkiraan jangka waktu untuk menemukan formula itu kurang lebih akan selesai 2-4 minggu. 

Setelah sampel formula itu ditemukan, kamu akan kembali diajak berdiskusi dengan tim. Diskusi kali ini akan mematenkan formula dalam produkmu, jika kamu cocok maka langsung bisa ke tahap selanjutnya. Yaitu bagian legalitas, desain dan produksi.  Tetapi, jika tidak, kamu bisa mengajukan revisi. Di Mash Moshem kamu bisa meminta revisi formula sebanyak tiga kali.

Pengurusan Legalitas dan Sertifikasi Produk

Setelah melalui tahapan di atas, bagian paling penting ialah mengurus legalitas, desain di kemasan dan mulai untuk produksinya. Jangan khawatir tim dari Mash Moshem akan melakukan semua proes itu untukmu. Desain dan proses legalitas sudah selesai, kamu bisa langsung memproduksi lulurmu secara massal.

Pembuatan Desain Kemasan dan Produksi Massal

Pembuatan desain kemasan sampi produki massal juga akan dilakukan oleh tim andalan dari Mash Moshem Indonesia. Tentunya desain kemasanmu akan kami buat semenarik mungkin agar pembeli tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Lulur Tubuh Siap Kamu Pasarkan!

Setelah melalu berbagai proses, akhirnya lulurmu siap untuk dipasarkan. Nah, memakai jasa Mash Moshem Indonesia, kamu akan mendapatkan fasilitas  product knowledge seperti Frequently Asked Questions (FAQ), katalog produk, hingga foto produk sampai video produksi loh.

Hebatnya lagi, bila kamu kebingungan bagaimana cara memasarkan produkmu. Kamu akan mendapatkan fasilitas lain seperti webinar gratis soal digital marketing. 

Menarik, bukan? Langsung hubungi tim kami dengan klik Contact Us untuk memulai cara membuat lulur tubuh idamanmu.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts