9 + Cara Membuat Nama Toko Online yang Mudah Diingat dan Menarik
Kira-kira apa sih, hal pertama yang kamu pikirkan ketika akan memulai bisnis toko online? Apakah menentukan barangnya terlebih dahulu? Strategi pemasaran? Ataukah jenis media yang akan digunakan berjualan?
Well, kadang jauh sebelum menentukan beberapa hal di atas, enggak sedikit juga yang masih bingung menentukan nama toko online yang mudah diingat dan menarik. Apa kamu juga begitu?
Tak perlu malu, hal ini sangat wajar terjadi dan banyak juga pebisnis besar juga mengalami kondisi serupa denganmu sekarang. Sebab, dengan menentukan nama toko online yang menarik merupakan investasi jangka panjang juga, lho!
Gimana enggak? Nama toko yang unik dan menarik akan lebih mudah dikenal dan diingat. Sehingga akan lebih memudahkan proses promosi dan branding bisnis kamu. Apalagi kalau nama tersebut tak gampang ketinggalan zaman.
Nah, menyadari betapa pentingnya soal penamaan toko online ini. Artikel ini bakalan menyajikan berbagai tips dan cara membuat nama toko online yang mudah diingat dan menarik.
Penasaran? Baca terus artikelnya sampai mentok ya, Beautypreneur!
Cara Membuat Nama Toko Online yang Mudah Diingat dan Menarik
Setelah membaca uraian singkat di atas, kamu pasti memahami bahwa perkara nama toko online ini memang sangat penting dan perlu diperhatikan baik-baik.
Di satu sisi, kamu enggak bisa membuat nama yang terlalu pasaran. Namun, di lain hal kamu juga enggak bisa membuat nama yang kelewat unik, jatuhnya malah terkesan aneh dan asing di telinga konsumen kamu.
Karenanya, enggak heran kalau cara membuat nama toko online ini kadang kala membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan, mungkin kamu membutuhkan tim tersendiri untuk brainstorming menentukan nama yang tepat.
Supaya dapat memiliki gambaran yang jelas, kamu bisa mencoba mempraktikkan cara membuat nama toko online yang mudah diingat dan menarik berikut ini!
Sederhana dan Tidak Terlalu Panjang
Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam cara membuat nama toko online yang mudah diingat dan menarik adalah dengan tidak membuatnya terlalu panjang. Akan lebih baik juga, kalau nama tersebut cukup sederhana dan mudah diingat oleh pembeli.
Meski sederhana, tidak lantas kamu bisa menggunakan kata sembarangan saja untuk bisnismu. Justru kamu harus bisa menggunakan kata yang tepat.
Misalnya, perhatikan jenis toko online yang akan kamu buat, produk apa saja yang akan lebih dominan kamu jual.
Selain itu, nama toko akan lebih baik mengandung satu hingga dua suku kata yang mudah dieja. Atau kalau mau menggunakan dua kata, kamu bisa menggunakan kata yang berima dan memiliki nada yang menarik.
Pastikan Nama Toko Unik dan Berbeda
Selain membuat yang sederhana, nama toko online kamu nantinya pun harus memiliki nilai unik dan berbeda dari toko competitor. Kamu bisa menciptakan nama yang cukup filosofis, hingga menggunakan namamu sendiri.
Kalau kamu memiliki self branding yang kuat, menggunakan nama ke dalam brand kosmetik yang kamu buat pun enggak akan rugi. Karena followers atau orang-orang yang mengikutimu akan lebih familiar serta tergugah untuk mencoba produk tersebut.
Salah satu contoh brand kosmetik yang menggunakan nama pemiliknya sendiri adalah Kylie Cosmetic. Yap! Brand kosmetik ini dimiliki oleh Kylie Jenner.
Hindari Menjiplak Nama Toko Lain
Membuat nama yang menarik dan terdengar asyik untuk toko onlinemu emang enggak mudah. Tapi bukan berarti kamu bisa menjiplak atau memodifikasi nama brand yang sudah ada sebagai nama tokomu. Big NO!
Kalau begini, bukannya nanti brand kosmetikmu dikenal dengan reputasi yang baik. Justru, orang-orang akan mempertanyakan keaslian produk dan keamanan tokomu.
Karenanya kamu harus membuat nama toko kosmetik online yang otentik dan original. Misalnya dengan memastikan nama toko yang akan dipakai ini enggak pernah digunakan oleh orang lain atau bahkan kompetitormu.
Kamu bisa melakukan riset nama di Google dan media sosial. Selain itu, bisa juga melalui halaman resmi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).
Memiliki Sifat Deskriptif
Yang tak kalah penting, nama toko kosmetik online milikmu pun harus memiliki sifat deskriptif. Maksudnya, nama ini harus bisa menjelaskan produk apa yang akan kamu perjualbelikan nantinya. Sehingga kamu enggak perlu menjelaskan panjang lebar pada pembeli mengenai produk yang kamu jual.
Cara membuat nama toko kosmetik online yang mudah diingat ini bisa dimulai dengan menggunakan keyword. Yap! Kata kunci ini harus bisa menggambarkan produk yang kamu jual, yakni kosmetik atau skincare.
Pastikan Nama Mudah Dieja
Membuat nama toko online yang unik memang hal yang harus kamu pertimbangkan. Namun, unik ini juga berarti membuat namamu sangat mudah untuk dieja atau sulit untuk diungkapkan oleh konsumen.
Selain bisa membingungkan, nama yang terlalu rumit pun akan meningkatkan potensi typografi ketika kamu menulis copy atau brosur pemasaran.
Tak hanya itu, konsumen pun akan susah mengingat nama tokomu. Alhasil ketika mereka kembali mencari tokomu lewat pencarian Google atau E-comerce, bisa jadi toko onlinmu tidak ditemukan.
Tentu hal ini akan sangat merugikan untuk toko kosmetikmu, bukan?
Hindari Menggunakan Tanda Hubung
Cara membuat nama toko online selanjutnya adalah menghindari penggunaan tanda hubung (-), atau yang dikenal juga dengan hypen.
Mengapa begitu? Tanda hubung ini akan membingungkan ketika diucapkan. Juga akan menjadi rancu ketika nama toko dimasukkan ke dalam domain toko online.
Memiliki Nilai Filosofis
Untuk membuat nama toko online yang menarik lainnya, kamu bisa menambahkan nilai filosofis tersendiri. Tak perlu berhubungan dengan jenis produk dan tidak harus berkaitan dengan kemudahaan teknis, nama yang filosofis bisa memberikan citra tersendiri untuk tokomu.
Terlebih, kini dalam membeli produk kecantikan, fungsi bukanlah hal utama bagi konsumen. Karena, ada banyak produk kosmetik baru yang bermunculan di pasaran, dengan manfaat dan range harga yang beragam.
Pilihan mereka pun enggak hanya berpatok pada kualitas dan kuantitas, melainkan dari bagaimana kamu bisa mempromosikan dan membranding toko online-mu sebaik mungkin.
Dengan menambahkan nilai filosofis atau nilai tambah pada nama tokomu, bisa memberikan tambahan dorongan kepada konsumen untuk membeli produk.
Gimana enggak? Kini banyak juga konsumen yang membeli produk hanya karena ‘gengsi’ atau ‘tren’. Ketika tren skincare organic dan ramah lingkungan tengah naik, konsumen berbondong-bondong ingi membeli produk terkait.
Nah, untuk nama toko online, kamu bisa menyisipkan nilai peduli lingkungan ini ke dalam nama toko / brand. Misalnya, seperti yang dilakukan oleh brand skincare organic dari luar negeri, Love Beauty and Planet.
Pastikan Nama Toko Konsisten di Tiap Media Pemasarnan
Langkah selanjutnya dalam cara membuat nama toko online adalah dengan memastikan penggunaan nama konsisten pada tiap platform penjualan.
Kamu mungkin sudah mencari banyak di media social dan Google mengenai keberadaan nama toko yang akan kamu gunakan. Namun, apakah kamu sudah mengecek semua platform penjualan online terkait?
Coba cek semua media pemasaran dan social, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan TikTok. Cek juga di berbagai jenis e-commerce tempat kamu akan memasarkan produk kosmetik yang akan kamu buat nantinya.
Pastikan tak ada nama toko serupa atau hampir mirip dengan yang akan kamu pakai. Selain menjaga reputasi brand, ini juga termasuk dalam upaya untuk melindungi dan memberikan kenyamanan transaksi pada konsumen kamu.
Gunakan Nama Toko Sebagai Domain
Cara membuat nama toko online yang mudah diingat dan menarik selanjutnya adalah dengan memasang nama tersebut sebagai domain. Ini merupakan langkah pamungkas, lho!
Kamu mungkin berpikir, mengapa penting menggunakan nama toko sebagai domain? Terlebih kalau sekarang kamu baru memulai bisnis ini lewat e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia.
Sebenarnya, kalau kamu serius dengan toko kosmetik online yang akan kamu rintis ini, maka mengecek ketersediaan nama domain tokomu adalah hal yang penting.
Dengan memakai nama toko sebagai domain, kamu bisa membuat toko online-mu lebih mudah terdeteksi oleh Google. Konsumen pun akan mudah menemukan toko kosmetik yang kamu rintis tersebut.
Itu adalah berbagai tips dan cara membuat nama toko online yang mudah diingat oleh konsumen. Ingat ya, jangan terlalu terburu-buru menentukan nama toko online-mu, sebaiknya lakukan riset dan sesuaikan dengan karakter bisnismu nantinya.
Sampai dulu tips bisnis kali ini, semoga membantu!