Cara Mengatasi Blackhead di Wajah dan Mencegahnya Muncul Kembali

cara mengatasi blackhead di wajah

Komedo merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat sering muncul dan mengganggu. Hampir semua orang pasti berurusan dengan komedo, khususnya komedo hitam atau yang dikenal juga dengan blackhead.

Tonjolan kecil bewarna hitam yang kerap ditemukan tumbuh di pori-pori kulit, khususnya pada bagian wajah ini biasanya akan membuat tekstur kulit tampak kasar. Bahkan ketika tidak rutin dibersihkan akan menyumbat pori-pori dan memicu kemuculan jerawat.

Tak hanya itu, sebagian orang juga merasa terganggu karena blackhead membuat tekstur riasan wajah tidak halus.

Well, kalau kamu mengalami masalah kecantikan satu ini, enggak perlu khawatir ya, Ladies. Karena blackhead sebenarnya dapat diatasi dengan cukup mudah.

Penasaran? Langsung baca ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi blackhead di wajah berikut ini, yuk!

Penyebab Kemunculan Blackhead di Wajah

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi blackhead di wajah, kamu juga harus mengetahui apa saja hal yang menyebabkan kemunculannya.

Dengan begitu kamu bisa merawat wajah dengan baik dan menghidari kemunculan blackhead di wajah. Yuk, ketahui penyebab kemunculan blackhead di wajah berikut ini!

Iritasi pada Folikel Rambut

Pada kulit wajah kita sebenarnya juga ditemukan folikel rambut yang super halus. Nah, salah satu penyebab kemunculan blackhead di wajah adalah adanya iritasi pada folikel rambut.

Produksi Minyak Berlebih

Tak hanya adanya iritasi pada folikel rambut, produksi minyak berlebih pada kulit juga menyebabkan kemunculan blackhead. Sebab, minyak berlebih ini berpotensi menyumbat pori-pori dan memerangkap kotoran pada permukaan kulit.

Hasilnya, kotoran dan minyak yang menumpuk tersebut akan teroksidasi, kemudian akan berubah menjadi komedo hitam.

Penumpukan Bakteri Propionibacterium Acnes di Kulit

Selain itu, penyebab munculnya blackhead juga dapat disebabkan oleh penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit.

Tak hanya bisa menyebabkan komedo hitam, bakteri ini pun bisa berkembang biak dan menyebabkan kemunculan jerawat!

Perubahan Hormon Tubuh

Tak cuma disebabkan oleh faktor luar, kemunculan blackhead di wajah ini juga bisa terjadi karena perubahan hormone tubuh. Misalnya ketika kamu mengalami menstruasi, mengonsumsi pil KB atau obat-obatan tertentu, hingga ketika stress.

Diet yang Kurang Sehat

Pola makan yang kurang sehat sangat berpengaruh pada penampilan kulit kita. Termasuk ketika kamu menjalani diet yang kurang sehat, maka ada kemungkinan terbentuknya komedo hitam di wajah.

Misalnya, ketika kamu terlalu sering meminum atau mengonsumsi makanan berkandungan gula dan olahan susu bisa menyebabkan kemunculan blackhead.

Untuk merawat kecantikan kulit, kamu bisa mulai dengan perawatan dari dalam. Misalnya mendetoks segala toksin yang ada di tubuh dengan clear skin diet.

Kamu bisa cari tahu soal clear skin diet di sini.

Cara Mengatasi Blackhead di Wajah

Setelah mengetahui apa saja yang bisa membuat komedo hitam muncul, untuk mencegahnya kamu harus menghindari berbagai factor penyebabnya.

Namun kalau memang sudah terlanjur ada, kamu enggak perlu khawatir atau panic sendiri. Karena ada banyak cara mengatasi blackhead di wajah yang mudah dilakukan di rumah.

Hal yang perlu diingat adalah kamu enggak boleh mengoreknya sendiri menggunakan tangan secara langsung. Apalagi tanpa mencucinya terlebih dahulu, it is No No!

Bukannya membuatnya hilang dan sembuh, mengoreknya sembarangan justru dapat menambah peradangan dan membuatnya lebih infeksi. Karena ada banyak kotoran dan bakteri yang menempel di tanganmu akan berpindah ke komedo tersebut.

Well, kalau kamu sudah paham, langsung simak cara mengatasi blackhead di wajah dengan tepat berikut ini!

Lakukan Double Cleansing

Langkah pertama dalam cara mengatasi Blackhead di wajah adalah dengan melakukan double cleansing. Pembersihan wajah dengan dua langkah ini akan membantu mengangkat kotoran dan minyak hingga ke bagian terdalam pori-pori kulit.

Pertama, kamu bisa membersihkan wajah sehabis seharian beraktivitas, pada sore hari. Dengan begitu kotoran seperti debu, asap kendaraan, residu makeup dan minyak, bisa terangkat dan tidak menyumbat pori kulit.

Dalam langkah pertama ini kamu akan menggunakan pembersih yang berbahan dasar minyak, seperti cleansing oil, cleansing balm, ataupun cleansing milk.

Sementara itu, di langkah kedua kamu bisa menggunakan facial foam atau sabun wajah. Pastikan kamu menggunakan produk sesuai dengan jenis kulit wajahmu, ya, Ladies!

Penasaran apa manfaat dan cara double cleansing yang benar? Cari tahu di sini!

Menggunakan Produk Berkandungan Asam Salisilat

Cara mengatasi blackhead di wajah selanjutnya adalah mempertimbangkan penggunaan produk berkandungan asam salisilat, atau salicylic acid.

Kandungan skincare yang tergolong dalam kategori AHA ini dapat membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan jerawat dan komedo.

Salicylic acid mampu mengangkat sel kulit mati, membesihkan minyak berlebih, juga mempercepat proses pengeringan jerawat. Manfaat dan cara kerja yang sama pun berlaku ketika kamu menggunakannya untuk menyingkirkan komedo hitam.

Baca juga: Manfaat Salicylic Acid untuk Kecantikan Kulit dan Cara Aman Menggunakannya

Mengaplikasikan Krim Wajah Berkandungan Retinoid

Bagi pecinta kosmetik, retinoid bukanlah barang baru yang kamu temui. Yap! Kandungan yang didapatkan dari turunan vitamin A ini pun jadi salah satu bahan yang harus dipertimbangkan untuk mengatasi komedo hitam

Penggunaan krim wajah retinoid sebagai cara mengatasi blackhead di wajah terbilang cukup efektif. Karena bahan ini bisa membuka pori-pori, serta mendorong proses regenerasi kulit.

Sayangnya, retinoid membuat kulit wajah jadi lebih sensitive, khususnya jika berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama. Karenanya, penggunaan krim wajah retinoid selalu disarankan pada malam hari.

Tak hanya itu, umumnya penggunaan krim retinoid ini pun memerlukan adanya perawatan dari dokter. Namun enggak sedikit juga skincare dengan merk pasaran mengandung bahan ini dan dijual bebas.

Untuk mengimbangi efek iritatif dari retinoid kamu bisa menggunakan sunscreen secara teratur. Dengan begitu, wajah akan dapat terhindar dari dampak buruk sinar matahari.

Ketahui Juga: Manfaat Retinoid dan Cara Aman Menggunakannya!

Melakukan Chemical Peeling

Perawatan lain yang bisa kamu coba sebagai cara mengatasi blackhead di wajah adalah dengan melakukan chemical peeling.

Metode pengangkatan kotoran dan sel kulit mati ini menggunakan bahan-bahan kimiawi, seperti penggunaan berbagai jenis AHA dengan kadar cukup tinggi.

Peeling ini akan mengelupas lapisan teratas kulit wajah kamu, sehingga mendorong pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat dan halus.

Tak hanya itu, lewat metode ini sel kulit mati dan minyak berlebihan yang memicu kemuncuan komedo hitam pun akan dengan efektif terangkat dari kulit.

Menggunakan Terapi Laser

Selain menggunakan berbagai jenis skincare, cara mengatasi blackhead di wajah lainnya juga bisa dilakukan dengan pergi ke klinik kecantikan. Nah, dalam hal ini kamu bisa menggunakan terap laser ya, Ladies!

Terapi laser ini merupakan metode perawatan kulit dengan cara menembakkan laser ke kulit wajah kamu. Enggak seseram kedengarannya, prosedur ini sangat aman untuk kamu coba.

Laser akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih, serta menghambat dan membunuh bakteri penyebab masalah kecantikan di wajahmu.

Tips Mencegah Kemunculan Blackhead di Wajah

Selain mengetahui cara mengatasi blackhead di wajah, sangat penting juga bagimu untuk mencegah kemunculannya sejak dini.

Karena memiliki blackhead tentu kurang menyenangkan, selain menyebabkan tekstur kulit tak rata, masalah ini bisa memberikan infeksi baru jika tidak diatasi dengan baik.

Untuk itu, kamu bisa memperhatikan beberapa tips untuk mencegah kemunculan blackhead di wajah berikut ini!

Mencuci Wajah Secara Teratur

Langkah yang pertama dalah mencuci wajah secara teratur, yakni ketika kamu bangun dan sebelum tidur kembali. Langkah ini akan membantumu mengangkat kotoran dan bakteri penyebab kemunculan blackhead.

Meski dilakukan secara teratur, hindari mencuci wajah terlalu sering. Cukup lakukan sebanyak dua kali sehari, ya!

Untuk membersihkan wajah, kamu juga harus melakukannya dengan lembut. Tidak perlu juga menggunakan sikat atau spons yang justru dapat memicu iritasi.

Menggunakan Sunscreen

Untuk mencegah kemunculan blackhead, kamu juga harus menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Bukan hanya menggunakan masker berlapis-lapis, ya. Kamu juga harus menggunakan sunscreen secara teratur.

Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Telah disinggung sebelumnya, bahwa cara mengatasi blackhead di wajah yang paling dasar adalah dengan menghindari menyentuhnya secara langsung dengan tangan.

Mengapa begitu? Tangan kita, bila tidak dicuci, tentu membawa berbagai jenis kotoran dan bakteri. Nah, keduanya ini bisa memicu berbagai masalah kecantikan kulit, termasuk menimbulkan blackhead atau komedo hitam.

Menggunakan Skincare yang Bebas Alkohol

Tips mencegah kemunculan blackhead lainnya adalah menghindari skincare berkandungan alcohol. Seperti yang kamu tahu, alcohol bisa memicu reaksi iritasi pada kulit dan menyebabkan peradangan. Ini pun secara berkelanjutan akan membuat blackhead muncul di wajah.

Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Tak hanya rajin mencuci wajah, kamu juga direkomendasikan melakukan eksfoliasi secara teratur menggunakan scrub yang lembut.

Eksfoliasi ini tidak bisa dilakukan tiap hari, ya. Kamu hanya perlu melakukannya sebanyak 2 minggu sekali, dan bila produk yang kamu gunakan ternyata mengiritasi kulit sebaiknya hentikan penggunaan produk.

Pakai Skincare Berlabel Non-Comedogenic

Untuk menghindari kemunculan komedo hitam, kamu bisa menggunakan skincare yang berlabel non-comedogenic. Skincer jenis ini enggak akan membuat wajah jadi berminyak secara berlebihan, dan mencegah kemunculan komedo hitam di wajah.

Mengatur Pola Hidup Sehat

Lagi-lagi pola hidup sehat merupakan hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan demi merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Begitupun untuk menghindari kemunculan komedo hitam.

Apa yang kita makan, pola tidur juga pola aktivitas kita, akan sangat berpengaruh pada tubuh serta penampilan fisik nantinya. Untuk itu, kamu bisa mulai menjaga kecantikan kulit dari dalam.

Misalnya dengan rajin meminum air putih, mengonsumsi makanan tinggi protein dan vitamin, juga mengurangi apapun yang manis-manis. Jangan lupa juga untuk selalu berolah raga secara teratur, tidur cukup dan mengolah stress dengan baik.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment