Tren Clear Skin Diet dan Cara Melakukannya untuk Kulit Sehat Bebas Jerawat

clear skin diet (2)

Sudah pakai skincare lengkap dan sesuai jenis kulit, tapi wajah masih sering jerawatan bahkan bisa sampai breakout?

Well, jangan keburu negative thinking dengan skincare yang kamu pakai terlebih dahulu. Karena banyak hal yang bisa menyebabkan kulit mudah berjerawat, terasa lebih berminyak, hingga mengalami banyak komedo.

Salah satu hal yang juga berpengaruh besar pada kondisi dan kesehatan kulit adalah karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Sebab enggak sedikit lho, jenis makanan dan minuman yang dapat berpengaruh besar pada kesehatan kulit. Misalnya dengan membuat kulit jadi lebih berminyak, dehidrasi hingga membuat kadar insulin dalam tubuh kian meningkat.

Hal-hal inilah yang keudian membuat kulit rentan mengalami masalah kecantikan, seperti jerawat dan komedo.

Nah, berkaitan dengan masalah satu ini, belakangan ada tren perawatan kesehatan kulit yang banyak dibicayakan oleh para beauty enthusiast. Yap! Apalagi kalau bukan clear skin diet!

Apakah kamu sudah pernah dengar soar clear skin diet? Bagaimana cara melakukannya dan apa manfaat metode perawatan ini untuk kesehatan kulit wajahmu?

Biar kamu enggak ketinggalan, langsung simak ulasan lengkap soal clear skin diet dan cara melakukannya dengan mudah lewat artikel berikut ini. Yuk!

Sekilas Soal Clear Skin Diet yang Perlu Kamu Tahu

clear skin diet (1)

Clear skin diet merupakan salah satu metode yang cukup baru untuk membantu mengurangi terjadi masalah kecantikan pada kulit wajah.

Metode ini sedang hangat dibicarakan di kalangan pecinta kecantikan, karena klaimnya dalam membuat kulit sehat, cerah dan bersinar, dan bebas jerawat secara alami.

Tak hanya akan berdampak baik pada kesehatan kulit wajah, dengan melakukan clear skin diet kamu pun bisa menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Sehingga, bisa membuat tubuh menjadi lebih langsing, sehat, dan berat badan jadi semakin mudah dikontrol.

Dikutip dari buku The Acne Free Diet Plan karya Dr. Goodless nih, metode clear skin diet merupakan cara pengurangan jerawat dengan mengonsumsi makanan rendah gula, tinggi serat, menghindari gorengan dan garam, pun mengonsumsi makanan tinggi karbo.

Cara ini terbilang sangat menjanjikan, sebab pada dasarnya kesehatan tubuh kita akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

Nyatanya, enggak sedikit juga jurnal penelitian, artikel kesehatan dan kecantikan, yang kerap menyebutkan bahwa makanan dan pola konsumsi yang buruk bisa menyebabkan banyak masalah kulit.

Cara Melakukan Clean Skin Diet untuk Mencegah dan Mengatasi Jerawat

beda jerawat purging dan breakout (2)

Nah, menyadari betapa besar makanan yang kita konsumsi terhadap kesehatan dan kecantikan kulit, pasti kamu sudah enggak sabar ingin mencoba clean skin diet, bukan?

Untuk itu, berikut beberapa cara melakukan clean skin diet yang bisa kamu coba. Yuk, simak baik-baik step by step-nya, ya, Ladies!

Tingkatkan Konsumsi Makanan Sumber Karbohidrat

manfaat kentang untuk kecantikan

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk clear skin diet ini adalah meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Dengan begitu, kesehatan dan kecantikan kulit akan lebih terjaga, bahkan berat badan akan lebih mudah terkontrol.

Sumber makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks tinggi adalah bijji-bijian dan gandum. Jenis makanan ini biasanya akan dicerna lebih lama, apalagi jika dibandingkan dengan makanan dengan karbohidrat sederhana seperti dalam nasi.

Kamu enggak perlu takut kalau makanan ini bisa menimbulkan masalah berat badan, ya, Ladies. Karena makanan berkarbohidrat kompleks ini sangat aman untuk kamu konsumsi setiap hari.

Sebab sumber makanan ini akan rendah gula, sehingga bisa membantu mengontrol kadar gula, produksi minyak di kulit wajah pun akan jadi lebih stabil dan jerawat juga dapat lebih terkontrol.

Mengonsumsi Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan

bahan-bahan masker organik

Satu lagi kandungan dalam makanan yang sangat kamu butuhkan untuk merawat kesehatan kulit adalah antioksidan. Yap! Karenanya untuk melakukan clear skin diet ini kamu harus meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, Ladies!

Seperti yang kamu tahu, radikal bebas menjadi salah satu penyebab utama kerusakan pada jaringan dan sel kulit. Bahkan, radikal bebas bisa memicu penuaan sel, munculnya keriput, garis halus, bintik hitam, dan membuat wajah tampak kusam.

Di sinilah peran penting kandungan antioksidan dalam tubuh. Yap! Untuk menetralisir kadar radikal bebas yang ada dan melawan dampak buruknya pada tubuh serta kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, antioksidan pun bisa bekerja mendukung pertumbuhan sel kulit dan mencegah kadar kolagen dalam jaringan kulit menghilang.

Makanan yang memiliki kandungan antoksidan yang tinggi adalah buah-buahan, sayuran hijau, juga wortel atau jenis umbi-umbian tertentu.

Kamu juga bisa mengetahui beberapa hal soal antioksidan di sini.

Mengonsumsi Makanan Bervitamin Tinggi

bahan skincare alami

Selain antioksidan dan karbohidrat, untuk mencegah adanya jerawat atau masalah kesehatan kulit lainnya, kamu pun bisa lebih rajin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, dan vitamin C.

Ketiga jenis vitamin ini telah lama dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat bagus buat kulit. Tak hanya itu, ketiganya juga telah banyak digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan kulit dan rambut.

Vitamin A atau yang biasnya lebih dikenal dengan retinoid, merupakan senyawa yang dapat berperan aktif dalam melawan hiperpigmentasi dan mencegah penuaan kulit. Enggak heran, kalau kandungan ini banyak ditemukan dalam formula skincare antiaging.

Sumber makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi antara lain, seperti tomat, wortel, juga beberapa jenis buah-buahan lainnya.

Sedangkan vitamin E, merupakan senyawa yang dikenal sangat baik untuk menutrisi dan menenangkan kulit. Kandungan ini umumnya digunakan untuk menyehatkan, melembutkan, dan menghidrasi kulit.

Sumber makanan yang kaya akan vitamin E adalah buah alpukat, kiwi, berbagai jenis minyak carrier seperti minyak zaitun. Selain melembapkan, vitamin E juga diketahui dapat menyamarkan bekas jerawat dan membuat kulit tampak lebih cerah secara alami.

Selanjutnya adalah vitamin C, yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan ini umumnya dikenal karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit, melawan tanda penuaan, menyembuhkan jerawat yang meradang lebih cepat, juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Kamu dapat mendapatkan banyak kandungan vitamin C ini dengan mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, jeruk, apel, buah berry, dan masih banyak lainnya.

Sebaiknya Hindari Makanan Olahan Susu

Langkah selanjutnya untuk menjalankan clear skin diet adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang dibuat ataupun mengandung bahan-bahan dari olahan susu. Misalnya, yogurt, ice cream, keju, butter, kental manis, dan masih banyak lainnya.

Meski lezat, makanan dan minuman dari olahan susu ini bisa berpengaruh cukup signifikan pada kadar insulin yang ada dalam tubuh. Akhirnya, produksi minayk di kulit wajah akan jadi lebih banyak, komedo dan jerawat pun akan semakin bermunculan.

Selain itu, kandungan susu pun kaya akan kandungan protein bisa meningkatkan hormone androgen pada tubuh. Ini diketahui akan menyebabkan peradangan pada kulti wajah, mempercepat pertumbuahn jerawat dan meningkatkan masalah kulit lainnya.

Menjaga kecantikan kulit wajah dan rambut enggak hanya membutuhkan perawatan dari luar, ladies. Langkah pertama yang harus selalu kamu ingat adalah menjaga kesehatan tubuh dan mengatur pola diet sehat.

Diet ini bukan berarti kamu mengurangi makan, ya! Melainkan kamu beralih ke pola konsumsi yang lebih sehat, seperti menghindari junk food dan memperbanyak mengonsumsi makanan organic.

Nah, apakah setelah membaca uraian mengenai clear skin diet di atas kamu tertarik untuk mulai merawat kecantikan kulit dengan mengatur pola makan sehat?

Jangan lupa untuk membagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment