Dijamin FYP! Intip Ide Konten Promosi Brand Kosmetik di TikTok Ini!

ide konten promosi brand kosmetik di tiktok

Siapa sih, yang enggak suka mengunjungi TikTok belakangan ini? Well, meski enggak sepanjang hari, namun TikTok bisa menjadi media sosial yang sangat menghibur di kala waktu-waktu yang membosankan.

Kalau kamu juga merasa begitu, sebenarnya kamu enggak sendirian lho. Karena menurut databoks.katadata.id dikatakan setidaknya pada tahun 2020 lalu, Indonesia menjadi negara dengan pengguna TikTok tertinggi nomor empat di dunia.

Untuk lebih jelasnya simak data berikut ini, ya!

pasar tiktok di indonesia

Meski pada di atas, Indonesia bukan jadi yang pertama tapi jumlah ini dipastikan terus meningkat, lho. Tentu, ini akan menjadi angin segar bagi para pengusaha baru, termasuk bagi kamu yang tengah merintis binis kecantikan dengan brand kosmetik sendiri.

Yap! Apalagi kalau bukan untuk memasarkan dan meningkatkan brand awareness dari produk kosmetik yang kamu buat.

Sebenarnya, dengan menggunakan dan memaksimalkan TikTok sebagai media pemasaran termasuk dalam strategi marketing yang wajib banget kamu pelajari.

Sebab, dengan begitu kamu bisa mengembangkan dan membuat brand kosmetik yang kamu buat akan semakin banyak dikenal oleh masyarakat atau target pasar yang diinginkan.

Nah, lantas mengapa pemasaran lewat TikTok ini penting? Well, baca ulasan ini sampai habis dan temukan juga berbagai rekomendasi ide konten promosi brand kosmetik di TikTok yang dapat kamu coba!

Indonesia Sebagai Pasar Terbesar Nomor Dua di TikTok

Bukan tanpa alasan, mengapa kamu perlu mengembangkan strategi promosi yang kamu lakukan dan merambah media sosial seperti TikTok.

Yah, karena jumlah pengguna aktif dalam media sosial ini kian hari kian bertambah. Artinya, semakin banyak juga kemungkinan audiens yang akan dijangkau oleh konten promosi yang kamu buat nantinya.

Terlebih, selama pandemic masyarakat banyak mengalihkan kegiatan belaja mereka secara online. Sebagai gambaran, kamu bisa melihat grafik oleh Databoks berikut ini.

pasar tiktok di indonesia

Pada data di atas disebutkan bahwa Indonesia menjadi pasar kedua terbesar TikTok di dunia pada tahun 2020. Dijelaskan pula, bahwa setidaknya ada 22,2 juta pengguna aktif bulanan TikTok di seluruh pelosok Indonesia.

Nah, meski audiens-nya banyak, kamu pun harus memahami bahwa brand competitor yang kamu miliki juga cukup banyak. Dan mereka semua juga turut meramaikan pemasaran di TikTok.

Karenanya, kamu harus bisa jadi lebih kreatif, inovatif, paling terdepan, dibandingkan dengan brand-brand competitor bisnis kosmetikmu.

Ide Konten Promosi Brand Kosmetik di TikTok yang Menarik dan Trendy

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, TikTok menjadi media yang sangat menjanjikan untuk binis kosmetik kamu.

Misalnya, pada tahun 2018, telah ada 1,5 miliar pengguna TikTok dari berbagai kalangan di seluruh penjuru dunia. Tentu akan sangat disayangkan kalau kamu tidak memanfaatkan fenomena ini untuk membuat brand kosmetik yang kamu rintis jadi meningkat.

Nah, agar kamu dapat memaksimalkan promosi brand kosmetikmu lewat TikTok. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan ide konten promosi brand kosmetik di TikTok berikut ini!

Konten Promosi dengan Hashtag Challenge

Ide konten promosi Brand Kosmetik di TikTok yang perrtama adalah dengan melakukan hashtag challenge.

Cara ini bisa membantu mempromosikan bisnis kosmetik kamu dengan cukup cepat. Di mana kamu dapat menggunakan salah satu produk unggulan kamu ke dalam challenge tersebut.

Kamu tak perlu menggunakan challenge yang baru, melainkan dengan melakukan atau membuat konten dari challenge yang sudah ada sebelumnya.

Challenge ini pun bisa sangat beragam, karenanya kamu harus bisa memilih mana challenge atau campaign yang cocok dan sesuai dengan brand kosmetik kamu.

Beberapa contoh challenge yang sempat populer di masanya antara lain, Pass the Brush Challenge, Fridge Challenge, Any Song Challenge, dan masih banyak challenge lainnya.

Ketika kamu membuat konten promosi untuk brand kosmetik di TikTok dengan hashtag challenge ini, maka konten ini pun akan semakin mudah ditemukan oleh target pasar yang kamu inginkan.

Namun, perlu diingat untuk selalu memastikan hashtag yang kamu gunakan tersebut relevan, mudah diingat, serta memiliki kesesuaian dengan produk atau imej dari brand kosmetik kamu.

Konten tentang Produk Kosmetik yang Kamu Buat

Ide konten promosi brand kosmetik di TikTok selanjutnya adalah dengan membuat konten tentang produk kosmetik yang kamu jual.

Ada banyak hal yang bisa kamu bedah tentang produk kosmetik yang kamu miliki, misalnya dari sisi bahan, cara penggunaan, proses pembuatan, pengemasan, hingga pengiriman produk kosmetik yang kamu buat ke konsumen.

Dengan adanya konten seperti ini, kamu bisa mengenalkan keunggulan dan sisi positif dari brand kosmetik yang kamu miliki. Dan kemungkinan bisa memberikan pemahaman pada konsumen, kalau brand kosmetik milikmu ini patut diperhitungkan.

Beauty Tips and Hack

Kalau ngomongin soal kecantikan, pasti enggak jauh dari soal beauty tips dan beauty hack. Karena nih, enggak bisa dipungkiri juga kalau banyak dari kita yang masih suka ‘meramu’ sendiri perawatan wajah mereka.

Nah, konten-konten seperti ini mungkin tidak secara signifikan memberikan pengaruh pada leads. Namun, jumlah viewers atau audience yang tertarik pun terbilang cukup besar.

Karenanya akan sangat menjanjikan kalau kamu bisa membuat konten beauty hack and tips secara rutin. Untuk menambah nilai promosi, kamu bisa menyisipkan konten soft selling di dalam video tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa menarik aundiens untuk tetap menonton video sekaligus bisa mempromosikan brand atau produk kosmetik yang kamu buat.

Melakukan Kolaborasi dengan Beauty Influencer

Ide konten promosi brand kosmetik di TikTok selanjutnya adalah dengan melakukan kolaborasi dengan beauty influencer atau orang-orang dengan profesi dalam industri kecantikan. Seperti makeup artist (MUA), beauty reviewer, juga beauty blogger.

Cara ini terbilang cukup efektif dan menjanjikan, karena bisa membantu meningkatkan jumlah pengikut, serta meningkatkan penjualan bisnis kosmetik kamu di TikTok.

Kamu bisa membuat konten pemasaran yang berkualitas, misalnya mengajak influencer untuk membahas salah satu issue kecantikan, cara mereka merintis karir dalam industri kecantikan, hingga membicarakan bagaimana pandangan mereka terhadap brand-brand kosmetik lokal.

Nah, di sela-sela konten bersama influencer ini, kamu bisa menyisipkan poin penting yang dapat membantu meningkatkan brand awareness dari merk kosmetik kamu.

Namun, hal yang perlu kamu ingat adalah kamu enggak bisa memilih influencer ini dengan sembarangan. Ada baiknya untuk menganalisis terlebih dahulu audience yang dimiliki beauty influencer ini.

Apakah dari sekian besar audience mereka telah mencakup target konsumen dari brand kosmetik yang kamu miliki, serta lihat bagaimana keaktifan followers yang ada lewat like dan comment di akun si influencer.

Baca juga Endorsement untuk Bisnis Kosmetik, Ini Kekurangan dan Kelebihannya!

Optimalkan Fitur Duet Me di TikTok

Dengan mengoptimalkan fitur duet me di TikTok, kamu bisa menciptakan konten promosi yang menarik untuk brand kosmetik kamu.

Yap! Fitur ini memungkinkan para audiens TikTok untuk berkolaborasi dengan pengguna lainnya. Baik dari dalam negeri, maupun audiens dari negara lain.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat campaign mengenai produk dan brand kosmetik kamu. Ajak para audiens/followers akun bisnismu untuk membuat konten duet, disertai dengan jasa influencer ternama.

Setelah itu, gunakan kembali hashtag yang ada dalam campaign tersebut sebagai ajang promosi. Untuk menarik minat, kamu bisa memberikan hadia khusus kepada audiens yang memberikan video duet paling menarik dan kreatif.

Konten ‘Behind the Scene’ dari Brand Kosmetikmu

Salah satu tujuan ketika akan melakukan promosi adalah menciptakan kepercayaan konsumen. Karena ketika konsumen percaya dan menaruh perhatian pada brand kosmetik kamu, maka akan semakin mudah juga bagi mereka untuk melakukan transaksi di masa mendatang.

Nah, untuk mendapatkan kepercayaan konsumen ini kamu bisa memberikan transparansi mengenai brand dan produk kosmetik yang kamu buat.

Untuk itu, ide konten promosi brand kosmetik di TikTok yang paling ideal adalah dengan membuat konten ‘behind the scene’.

Dalam konten ini, kamu bisa menunjukkan bagaimana produk kosmetik tersebut dibuat, dikemas, serta bagaimana proses pengiriman dan distribusi barang.

Dengan cara seperti ini, kamu dapat meyakinkan audience bahwa produk kosmetik yang kamu jual tersebut dibuat dengan sungguh-sungguh. Ada banyak komitmen, usaha, dan detil yang kamu perhatikan baik-baik.

Sehingga, produk kosmetik tersebut menjadi begitu berkualitas, aman, dan memiliki banyak manfaat ketika digunakan.

Membuat Konten Tutorial

Salah satu ide konten promosi untuk brand kosmetik di TikTok selanjutnya adalah dengan membuat konten tutorial. Konten ini agak berbeda dengan beauty hack dan tips, di mana kamu menyajikan tutorial di ranah pembelian/pengiriman/pemesanan produk.

Konten ini terbilang cukup penting, karena banyak konsumen yang terpengaruh ingin membeli suatu produk ketika tahu bahwa prosesnya sangat mudah dilakukan.

Dengan begitu, kamu bisa memperkenalkan bagaimana kemudahan dan keunggulan administrative yang diberikan oleh brand kosmetik kamu.

Untuk memberikan warna yang berbeda pada konten kamu, enggak ada salahnya untuk mengajak influencer untuk berkolaborasi.

Gunakan Efek yang Disediakan Sekreatif Mungkin

Untuk mendapatkan ide konten promosi brand kosmetik yang menarik di TikTok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan efek yang disediakan, sekreatif mungkin.

Seperti yang kamu tahu, TikTok menghadirkan banyak fitur dan video effect yang sangat menguntungkan bagi penggunanya. Kamu pun bisa menggunakan efek ini untuk membuat konten promosi yang kamu buat jadi tambah menarik.

Banyak efek yang bisa kamu pertimbangkan, misalnya menggunakan efek yang telah trending sebelumnya, beauty, animal, funny, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, bahkan TikTok juga sering menggunakan efek green screen yang cukup populer di kalangan content creator. Kamu bisa memanfaatkan berbagai efek yang telah disediakan tersebut untuk dapat berkreasi sekreatif dan infovatif mungkin!

Nah itu, adalah berbagai ide konten promosi brand kosmetik di TikTok yang bisa kamu coba. Mash Moshem Indonesia memberikan banyak media promosi yang bisa kamu olah menjadi konten TikTok. Seperti, foto dan video produk kosmetik yang kamu buat bersama kami.

Tim Multimedia kami juga sangat berpengalaman dalam membuat konten serta media promosi untuk brand kosmetik milikmu. Ringkasnya, kamu bisa mendapatkan berbagai aftersales service yang menguntungkan dengan maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia.

Jadi, apakah kamu berminat untuk memulai brand kosmetikmu bersama kami?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment