Cara Mengatur Modal Usaha Agar Keuntungan Berlimpah, Penmula Wajib Tahu!

cara mengatur modal usaha

Modal merupakan hal yang sangat krusial untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Tak peduli seberapa kecil usaha tersebut dimulai, kamu perlu mengetahui cara mengatur modal usaha yang tepat hingga bisnis dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan tersendiri.

Ibaratnya nih, modal usaha merupakan sebuah bahan bakar agar bisnis dapat berjalan sesuai arah dan sampai pada tujuan yang dikehendaki. Tidak hanya satu tujuan, melainkan ada banyak tujuan lain yang harus kamu raih agar perusahaan kian berkembang.

Sayangnya, enggak semua pengusaha baru mengerti bagaimana cara mengelola modal usaha agar dapat keuntungan yang besar. Padahal, selain memastikan usaha dapat berjalan semestinya, pengetahuan ini akan menghindarkan usaha dari kebangkrutan.

Untungnya, kami merangkumkan beberapa cara mengatur modal usaha yang sebenarnya cukup sederhana berikut ini. Simak baik-baik ya, Beautypreneurs!

Cara Mengatur Modal Usaha dengan Sederhana

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ada banyak cara mengatur modal usaha yang cukup sederhana dan mudah diterapkan. Apa saja? Langsung baca ulasan berikut ini sampai habis biar kamu tahu langkah-langkahnya!

Membuat Rekening Terpisah Agar Pengaturan Lebih Mudah

Cara mengatur modal usaha yang pertama adalah dengan membuat rekening terpisah agar pengaturan jadi lebih mudah.

Kamu mungkin merasa bahwa usaha yang kamu jalankan ini masih sangat baru. Namun enggak ada salahnya untuk berpikir lebih jauh dengan membuat rekening hasil usaha secara terpisah dari rekening pribadi kamu.

Dengan bagitu akan semakin mudah juga bagimu untuk melacak, mengetahui, di mana dan bagaimana modal tersebut akan disalurkan di masa mendatang.

Ini tak hanya akan membantumu dalam mengatur keuangan, namun juga menyusun strategi bisnis nantinya agar bisa berjalan dengan lebih efisien.

Membuat Perancangan Pengeluaran yang Matang

Setelah memisahkan rekening usaha dengan pribadi, kamu bisa lanjut ke cara mengatur modal usaha agar keuntungan berlimpah selanjutnya.

Langkah selanjutnya adalah membuat perancangan pengeluaran yang matang, kamu perlu mencatat pengeluaran apa saja yang diperlukan? Lalu seberapa besar total nominalnya, juga berapa besar target laba yang kamu tentukan?

Kamu bisa mengatur pengeluaran ini seefektif mungkin, degan meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu dan mengalokasikan dana pada aspek yang lebih krusial.

Selain itu, kamu juga perlu menyisihkan uang untuk kas cadangan. Kas ini dapat kamu gunakan untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan darurat dari bisnis yang kamu rintis tersebut.

Membuat Catatan Pembukuan (Jurnal Keuangan) Sedetil Mungkin

Langkah selanjutnya dalam cara mengatur modal usaha adalah membuat catatan pembukuan (jurnal keungan) usaha dengan seditil mungkin.

Langkah ini mungkin terkesan cukup menyulitkan, dan tidak dipungkiri kalau banyak pebisnis baru yang enggan melakukannya. Padahal, keberadaan jurnal pengeluaran ini sangatlah penting untuk mengatur keberadaan modal usaha.

Bahkan, keperluan pengeluaran sekecil apapun haruslah kamu catat. Dengan begitu, kamu jadi bisa mengetahui dimanakah sumber pengeluaran terbesar, yang bisa diminimalisir, hingga manakah yang bisa memberikan dampak paling nyata pada perusahaan.

Ini tentu akan membantumu dalam mengatur upaya penghematan pengeluaran dan mengatur modal usaha yang kamu miliki.

Hindari Kemungkinan Mengambil Pinjaman Modal

Untuk mendapatkan modal tambahan, enggak sedikit para pengusaha yang nekat mengambil pinjaman modal dalam jumlah besar. Padahal, bisa jadi ini bukan langkah solutif untuk membuat bisnis yang kamu jalankan berkembang dengan cepat, lho!

Kok bisa? Yap! Sebab enggak sedikit hal yang membuat bisnis tidak bisa berjalan lama adalah jeratan utang itu sendiri. Karenanya, ketika baru memulai usaha, akan lebih baik kalau kamu menghindari meminjam uang, bila memang tidak terlalu perlu.

Misalnya, ketika kamu baru saja membuka toko kosmetik milikmu sendiri. Daripada memaksakan diri untuk segera membuat toko fisik, akan lebih baik mengalokasikan modal dengan efisien dan mencoba memasarkannya secara online terlebih dahulu.

Baru, setelah semua hasil usaha yang kamu kumpulkan ini telah memenuhi target. Kamu bisa perlahan mengembangkan usaha toko kosmetikmu dengan membangun atau menyewa tempat usaha yang bisa dikunjungi.

Baca Juga: 11 Cara Mudah Mencari Modal Usaha yang Bisa Dipertimbangkan

Memonitor dan Mengontrol Arus Keuangan (Cash Flow)

Cara mengatur modal usaha selanjutnya adalah dengan memonitor dan mengontrol arus keuangan dengan cermat. Karena dengan arus keuangan yang lancar, maka kewajiban usaha pun akan dapat terpenuhi dengan baik.

Jika arus keuangan tersebut tidak berjalan semestinya, maka ada yang salah dengan cara mengatur modal usaha yang kamu lakukan selama ini.

Sebagai seorang pemula, kamu bisa membuat anggaran bulanan, dwi bulanan, atau mungkin per tiga – enam bulan sekali. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui lebih rinci mengenai arus keuangan yang ada dalam bisnismu.

Semakin sering dilakukan, maka monitoring dan control cash flow pun akan semakin mudah dilakukan. Kamu bisa mendeteksi masalah sejak dini, juga mengatur strategi agar bisnis jadi lebih stabil.

Konsultasikan pada Kenalan yang Lebih Berpengalaman

Salah satu trik untuk mengatur modal usaha yang bisa kamu tiru adalah merangkul partner bisnis yang terpercaya dan lebih berpengalaman.

Kamu tidak perlu benar-benar harus join dengan mereka, cukup lakukan tukar pikiran mengenai strategi pemasaran dan bagaimana cara mengatur modal usaha agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

Atau, kamu juga bisa langsung menyewa jasa konsultan keuangan professional. Ya, tentu alternatif ini juga akan memerlukan biaya tambahan yang tidak murah.

Fokus Pada Satu Bisnis Terlebih Dahulu

Kamu pasti memiliki mimpi untuk mengembangkan bisnis kosmetik yang kamu rintis seluas mungkin. Bahkan kalau perlu, kamu bias menjalankan beberapa jenis bisnis kosmetik juga nantinya.

Eits! Punya tujuan bisnis yang visioner memang baik, tapi bukan berarti juga kamu menjalankan semua jenis usaha ini sekaligus saat memulai bisnis utama kamu.

Selain akan membutuhkan lebih banyak tenaga dan konsentrasi, ini juga akan berpengaruh pada cara mengatur modal usaha yang lagi kita bahas sekarang.

Dengan membuka lebih satu usaha di awal karir kamu, bisa membuat fokusmu terpecah. Karena tiap usaha pasti membawa kendala masing-masing, serta membutuhkan modal yang tidak sedikit pula. Hasilnya pengembangan usaha tidak akan maksimal.

Nah, itu adalah 7 langkah cara mengatur modal usaha agar keuntungan berlimpah yang bisa kamu coba lakukan untuk bisnis yang kamu mulai.

Meski modal yang kamu miliki dalam jumlah besar, bila tidak dikelola dengan baik maka penghasilan dan keuntungan yang kamu dapatkan pun tidak akan maksimal.

Karenanya, daripada secara sembarangan mengeluarkan modal ikuti tips di atas agar strategi bisnis yang kamu miliki jadi lebih terarah. Modal yang kamu keluarkan pun akan jadi lebih efisien dan dapat menjaga bisnis tetap berjalan sampai semua tujuanmu terpenuhi.

Selain cara mengatur modal usaha di atas, kamu juga perlu rekan bisnis yang dapat kamu andalkan. Misalnya, dengan bekerja bersama Mash Moshem Indonesia!

Yap! Maklon kosmetik bersama kami akan memberikan banyak keuntungan buatmu. Selain tim yang telah berpengalaman di bidangnya, kami juga memberikan pelayanan aftersales yang bisa membantu brand kosmetikmu berkembang dan bersaing di pasaran.

Penasaran? Langsung mulai beauty industry-mu bersama kami!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment